Hai guys, apa kabar nih ? Masih pada jomblo apa udah taken ? Yaelah udah tahun2016 gini, masa jomblo aje, ngapain aja lo tahun-tahun kemarin ? Stalking doang, cuma bisa liatin dia doang dari kejauhan jalan orang lain, terus baper, nangis di bawah shower. Sama berarti kalau gitu sama gue hahaha. 

Okelah kalau gitu, kita sesama jomblo gak boleh saling memojokan, demi terciptanya kesejahteraan dan perdamaian kaum jomblo. #SalamJomblo. Oh iya ngomongin tentang jomblo, gue waktu kemarin bikin cerpen yang judulnya Bintang Hidup. Lo masih ingetkan, gimana karakter si Fahmi (itu fahmi bukan gua ya,tapi fahmi fiktif) dengan lika-liku percintaannya, yang bisa dikatakan ngenest, tiga kali nembak cewe, dan hasilnya ditolak semua. Dan yang membuat si Fahmi ini menjadi jomblo lumutan, dan trauma dengan kasus percintaan. 

Dan kali ini gue akan melanjutkan cerpen yang kemarin, oh iya bagi yang belum baca awalan ceritanya, bisa diliat disini : Bintang Hidup. Dan perlu diingat, cerpen ini fiktif ya, bukan real kajadian. Jadi jika ada kesamaan tokoh, tempat kejadian, ataupun cerita. Itu adalah kebetulan semata dan tidak ada unsur kesengajaan, apalagi dikait-kaitkan dengan gue. 

Selamat membaca guys...



***


Senin pagi di kelas, sebelum pelajaran pertama dimulai, gue tertidur di atas meja, ketika gue lagi tertidur sambil membayangkan cewe Cafe itu, Dimas yang duduk di sebelah gue, membangunkan gue,

“Mi bangun mi... Liat tuh di depan, siapa yang datang.”

Gue mulai bangun dan membuka mata melihat ke depan kelas “Ah paling juga Pak Mar....”

Ketika gue membuka mata gue dan lihat ke depan dengan jelas, gue kaget melihat cewe Cafe itu berdiri di depan gue. Gue bilang ke Dimas,

“Mas tabok gue, ini bukan mimpi kan !”

Dimas dengan semangatnya menabok muka gue “PLAKK...”

 “Ah... Aduh, sakit kampret.” Teriak gue.

 “Lah, tadi lo bilang, gue suruh nabok lo, ya gue tabok lah. Ini bener Mi, bukan mimpi.”

Cewe Cafe itu memperkenalkan dirinya di depan kelas “Selamat pagi teman-teman, perkenalkan nama saya Resya Herdianti, saya pindahan dari Bandung.”

Wajahnya yang anggun dan cantik, dengan suaranya yang lembut untuk didenger, membuat aliran darah gue mengalir lebih cepat, dan kini gue terasa memiliki semangat baru lagi. Dimas berbisik ke gue,

“Oh namanya Resya bro. Lo sekarang punya kesempatan nih buat deketin dia.”

 “Tapi bro, gue masih belum berani untuk deketin dia lebih dekat lagi, gue masih takut untuk memulainya.”

 “Oke bro, gue akan bantu lo, buat deketin dia.”

 “Gimana caranya ?”

 “Udah lo serahkan aja semuanya ke gue. Lo bermain layaknya seorang straiker tunggal yang matok di depan, tar gue akan menggiring bola dari tengah lapangan, dan lo siap-siap aja menerima umpan gue, lalu lo masukan bola itu ke gawang.”

Gue mempercayai Dimas, dan gue harap dia bermain cantik dan tidak agresif.

***

Tiga hari kemudian, gue yang lagi nyari-nyari akun social media Resya, di twitter dan facebook. Tiba-tiba Dimas menelepon gue “Hoy Mi, udah siap belum lo. Malam ini giliran lo yang beraksi, lo ketemuan sama Resya di Cafe yang kemarin.”

Setelah Dimas memberi kabar, gue langsung mandi besar yang wangi dan memakai pakaian yang rapih. Nge-date pertama gue kali ini dengan Resya, gue gak mau keliatan jelek, dan gue akan memberikan kesan yang baik buat dia.

Jam 7 malam gue berangkat menuju Cafe. Di Cafe gue duduk di sebuah meja, persis dimana ketika waktu malam minggu kemaren dia ke Cafe ini. Sambil menunggu kedatangan dia, gue kuatkan mental dan rileks biar gak grogi, dengan menggoyang-goyangkan pantat kaki dan meremas-remas tangan Mba pelayan Caffe gue.

Tak lama kemudian gue mendengar seseorang memanggil gue dari belakang “Fahmi !”

Gue langsung menengok ke belakang, dan gue kaget “Loh kok Rita, ngapain lo di sini ?”

Rita duduk di depan gue “Malam ini kan kita berdua nge-date !”

Gue semakin kaget “Hah ! Nge-date. Siapa yang bilang ?”

“Kan 2 hari yang lalu, lo kirim surat sama bunga ke gue, terus ngajak gue nge-date.” Rita menjelaskannya dengan kepala menunduk sambil sesekali membenarkan kaca matanya.

Kampret si Dimas ngerjain gue nih. Gue bilang ke Rita “Wah salah paham nih. Eh Rit, bentar ya ada telfon nih, gue tinggal dulu ke belakang.” Gue berjalan meninggalkan dia sambil menaruh smartphone gue di telinga, dan berjalan sambil berpura-pura mengangkat telefon.

Gue pulang meninggalkan Rita di Cafe, dengan beralasan mau mengangkat telfon di toilet. Dan gue telfon Dimas suruh datang ke rumah gue.

Di kamar, gue yang lagi menyetel senar gitar yang terdengar fals, Dimas datang “Eh bro, gimana nge-date pertamannya, kayanya bahagia sekali nih. Datang-datang udah langsung main gitar aja.”
 “Bahagia kepala lo, tau gak yang datang siapa ?” Sewot gue ke dia.

 “Resya kan ?”

 “Resya dari mana, yang datang Rita. Lo ngerjain gue ya, kampret lo. Cewe culun kaya bakpou gitu, lo kasih ke gue.”

Dimas gak percaya “Hah Rita ? yang bener sih. Gue gak ngerjain lo, kok.”

Gue tanya ke Dimas “Emang lo kirim suratnya gimana ?.”

 “Ya gue kirim surat cinta biasa, dan gue tulis teruntuk R. Herdianti.”

 “Pantesan aja lo bikin suratnya untuk R. Herdianti, dikira buat Rita Herdianti, bukan Resya Herdianti. Tolol banget sih lo, kenapa yang lo singkat nama awalnya bukan naman belakangnya.” Gue mulai kesel, rasanya pengen nih anak, gue iket di kamar mandi.

 “Biar keliatan misterius Mi.”

 “Ah misterius otak lo. Lo kalau setiap bantu gue pasti ujung-ujung selalu salah. Udahlah gak usah bantuin gue buat deketin Resya lagi.”

Sebelumnya gue punya firasat gak enak sih, ketika Dimas nawarin bantuan ke gue, karena dia ini kalau bantu gue pasti gak pernah bener, ada aja kesalahannya. Waktu itu, gue pernah minta bantuan ke dia, untuk nemenin gue beli pembalut buat kakak cewe gue. Ya karena gue gak mau dipandang sebagai cowo jadian-jadian, yang suka beli pembalut, untuk menanggung malupun gue minta ditemin Dimas.

***

Gue dan Dimas pun pergi ke supermarket,  ketika gue lagi nyari-nyari pembalut buat kakak gue, gue tanya ke Dimas “Mas, pembalut buat cewe tuh yang kaya gimana ya ?”

“Gue juga kaga tau Mi, Emangnya gue suka beli pembalut.” Balas Dimas.

“Ya kali aja lo tau Mas, lo kan biasanya hal-hal yang berbau cewe hapal betul. Ya udah deh kalau gitu, gue tanya dulu ke Mba-Mba pelayannya.”

Ketika gue mau nanya ke Mba pelayan supermarketnya, si Dimas ngelarang gue “Eh jangan Mi, kalau lo tanya ke Mba pelayan supermarket, tar kita dikira tipe cowo yang gak peka, hal-hal cewe yang kaya ginian aja gak tau. Walaupun kita gak tau, tapi kita harus keliatan cowo yang elegant bro.”

“Terus, kita bisa tau pembalut cewe yang mana, gimana caranya ?” tanya gue.

“Udah tenang aja, kita serahkan semua itu dengan feeling dan insting kita.” balas Dimas.

“Ya udah deh kalau gitu mah.” balas gue.

Dan kita berduapun, mulai mencari pembalut cewe dengan feeling dan insting kita.
“Eh Mas, kayanya pembalut cewe yang ini deh.” Ucap gue sambil menujukan pembalutnya.

“Yakin, pembalut cewe yang itu ?” Tanya Dimas.

“Ya insting gue sih bilang gitu.” Balas gue.

“Mi, nentuin hal-hal yang berbau dengan cewe itu harus pake perasaan,  jangan cuma insting doang. Gue gak yakin, pembalut cewe yang itu.” balas Dimas.

“Terus menurut lo, pembalut cewe itu yang kaya gimana ?” tanya gue.

“Bentar... hmm... Nah, yang ini nih pembalut cewe.” balas Dimas sambil menunjukannya ke gue.

“Lo yakin pembalut cewe yang itu ?” tanya gue.

Feeling gue bilang gitu Mi.” balas Dimas.

“Terus instingnya mana Mas ?” tanya gue.

“Insting gak penting buat cewe mah, apa yang kita beri ke cewe itu harus dengan perasaan bro.”

Gue mulai gak ngerti apa yang dikatain Dimas, omongan dia udah kaya motivator jomblo yang sering tampil di acara sunatan dan pernikahan aja.

“Nah, nih baca motonya, lembut dan tahan lama hingga 12 jam. Cewe itu butuh kelembutan bro, gue yakin ini pasti pembalut cewe.” Ucap Dimas.

“Tapi Mas....” Belum juga gue selesai ngomong udah langsung dipotong.

“Pembalut kak Fina ukuran apa ?” Tanya Dimas

“Gue gak tau Mas. Kakak gue itu tingginya 162 cm, berat badannya 56 kg, diameter pinggangnya, kalau gue liat sekitar 75 cm.” Balas gue.

“Oke fix, berarti ukuran pembalut Kak Fina itu L.” Ucap Dimas.

“Lo yakin Mas ?” tanya gue.

“Udah..., percaya deh sama gue, gue tuh udah katab dengan hal-hal yang berbau  cewe. Yuklah buruan bayar ke kasir, gue udah laper nih.” Ucap Dimas sambil menarik gue ke kasir.

Karena kita berdua udah hampir sampai ke kasir, gue pun mengikuti Dimas membayar pembalut cewe yang dia bawa, dan menghindari debat di depan Mba-mba kasir tentang pembalut cewe.

Sesampainya di rumah gue pun langsung mengasihkannya ke kakak gue, “Nih kak, pembalutnya.” Gue ulurkan sekantong plastik ke kakak gue.

“Apaan nih ? ini mah bukan pembalut, Fahmi. Ini mah pempes bayi.” Ucap kak Fina yang terkejut.

“Hah, yang bener sih ? bukannya itu pembalut kak, kan itu motonya lembut dan tahan lama hingga 12 jam.” Ucap gue dengan bodohnya.

“Pembalut apaan, ini mah pempes bayi, lo aja gih yang make sana. Lo kira gue masih umur 2 tahun pake kaya ginian.” Sewot kak Fina sambil ngelempar yang kata Dimas pembalut cewe.

Dimas kampret, emang sotoy banget tuh anak, sampe-sampe gue kena sewot kakak gue. Udah gue bilang itu bukan pembalut, masih tetep aja maksa buat dibeli.

“Woy Mas, tadi lo laper kan ? Makan nih pembalut !” sewot gue ke Dimas yang lagi tiduran di kasur.

Wait wait... kenapa nih ? datang-datang bukanya gue dikasih makanan atau minuman kek, yang udah nemenin lo ke supermarket, malah dilempar pembalut.” Balas Dimas.

“Lo bilang itu pembalut, itu pempes bayi, somplak. Makan tuh pempes !” ucap gue ke Dimas.
Dimas emang gak bisa gue andalkan kalau diminta bantuannya, dan kelakuan dia, ada yang lebih parah lagi dari ini.

***

Waktu itu malam minggu, di rumah gue Bokap ngadain pesta BBQ sekeluarga, dan gue pun mengajak Dimas yang satu-satunya sahabat gue untuk ikutan pesta BBQ.

Ketika itu, Bokap gue yang lagi memanggang daging, menyuruh Dimas “Oy Mas, dari pada kau nyanyi-nyanyi bikin telinga kita sakit, kau ambilkan kecap saja di dalam. Suara fales mu itu, bikin telinga ku penging saja.”

Suara Dimas emang fales, kaya speaker rusak. Gue aja sebenernya gak tahan kalau dengerin dia nanyi, tapi karena malam ini pesta BBQ, gue pun mempersilakan Dimas untuk menghibur kita dengan suara falesnya.

Setalah Bokap gue selesai memanggang daging dan jagung bakar, kita semua pun memakannya bersama-sama. Dan ketika itu barulah keanehan pun muncul, kakak gue tiba-tiba merasa mual dan muntah-muntah, ketika memakan sosis bakar “Huaag... huaagg....”

“Eh eh, kenapa tuh si Fina ? Kau hamil ya” Ucap Bokap gue.

“Sembarangan aja nih papah ngomongnya. Gak tau nih pah, kepala Fina tiba pusing dan serasa mau muntah.” Ucap kak Fina.

“Apa tadi papah manggangnya kurang matang ya, perasaan tadi udah matang kok.” Ucap Bokap gue sambil mencicipi daging bakarnya.

“Ah sudah matang kok, nih daging yang papah makan rasanya empuk sekali. Ayo-ayo dimakan, nanti keburu dingin duluan.” Ucap Bokap gue sambil menawarkan daging panggang buatannya.

Setelah kak Fina yang mual-mual, kini giliran Nyokap gue yang mual-mual setelah makan daging panggang. “Pah, pah... Kepala Mamah pusing, perut Mamah mules, rasanya mual.” Ucap Nyokap gue yang berdirinya udah kaya orang mabuk sambil megangin kepalanya.

“Mah, Mah, Mamah kenapa ? Mamah hamil lagi ya, Alhamdullilah... Fina, Fahmi kau bakalan punya adik baru.” Ucap Bokap gue yang senengnya ngeliat istrinya mual-mual.

Situasi lagi genting kaya gini, Bokap gue malah sempet-sempetnya memikirkan kedatangan adik baru gue. Dan tak lama pun, Nyokap gue pingsan “Pah, Mamah udah gak kuat lagi...”

Situasi pun makin kacau, nyokap gue pingsan, dan kakak gue muntah-muntah. Bokap gue pun mulai panik, dia langsung menyuruh Kak Beni (Pacarnya Kak Fina) untuk menelopon ambulance “Hey Ben, cepat kau telfonkan ambulance. Jangan kau elus-elus saja bundak si Fina, tar anak ku bisa lecet lagi.”

“Oke Om, siap !” Ucap Kak Beni

Gue mulai curiga, ini pasti ada yang gak beres sama daging pangggang buatan Bokap gue. Gue pun, menanyakannya ke Dimas “Eh Mas, tadikan lo disuruh Bokap gue ngambil kecap, lo ngambilnya dimana ?”

“Gue ngambil di meja TV ruangan deket garasi Mi.” Balas Dimas yang sambil asik memakan jagung bakar.

“Bego lo, itu bukan kecap. Itu oli motor vespa gue, Ahhh....!” Gue terkejut dan sewot, yang sambil memakan daging panggang.

Ya malam itu Dimas berhasil ngeracunin keluarga gue, sampe kita semua masuk rumah sakit. Gue bener-bener gak ngerti sama jalan pikirannya dia, kecap sama oli aja dia gak bisa bedain. Entah deh, otak si Dimas yang di lutut, apa dia waktu pembagian otak datangnya telat, makanya dia sering salah mlulu.

***

Dan setelah kejadian ini, gue berusaha sendiri untuk mendekati Resya. Selama satu minggu di kelas gue hanya bisa memandangi dan menyapa dia. Dan perlahan gue beranikan tekat untuk mengobrol dan kenal lebih dekat dengan dia.

Ketika pulang sekolah gue melihat Resya berdiri sendiri di depan kelas, sambil melihat anak-anak Paskibra yang sedang latian di lapangan. Gue beranikan diri untuk menghampiri dia.

“Hai Res, belum pulang ?”

Resya menyapa balik gue “Hai Mi, iya nih lagi nunggu dijemput.”

Dan gue memberanikan untuk mengajak dia nge-date, sembil gue kasih coklat yang ada di dalam tas gue “Res, gue mau...”

Belum juga gue selesai ngomong, tiba-tiba Resya menerima telfon dan memotong gue “Eh bentar Mi, gue ngangkat jemuran telfon dulu ya.”

Gue memberikan isyarat kepada Resya untuk menerima telfonya dengan menganggukan kepala. Lalu Resya menerima telfonnya,

“Halo Sayang. Oh, udah ada di depan ya, oke deh, tunggu sebentar ya.”

Gue shock mendengar Resya menerima telfon dengan mengucapkan sayang, gue tanya ke Resya “Res, yang tadi nelfon, itu pacar lo ya ?”

 “Iya Mi, dia baru datang dari Bandung, terus langsung jemput gue. Oh ya tadi lo mau bilang apa ya ?” ucap dia, yang membuat gue shock untuk merima kenyataan ini.

Gue urungkan niat untuk mengajak dia nge-date dan memberinya coklat, dan gue bilang “Oh iya, gue mau balikin buku catetan Matematika lo, makasih ya udah mau minjemin.”

Gue ambil buku catetan Matematika dari tas gue, lalu gue kasih ke Resya, dan dia bilang “Oh iya Mi, sama-sama. Eh Mi, gue duluan ya, udah ditunggu sama pacar gue di depan.”

Resya pergi meninggalkan gue, setiap langkah kakinya yang semakin jauh meninggalkan gue, menandakan harapan gue untuk mendapatkan dia, semakin hilang. Sore itu gue pulang dengan kekalahan, di jalan sambil mengandari vespa gue meratapi harapan yang gini hilang begitu saja.

Sesampanyai di kamar, gue bermain gitar untuk menepis semua kerinduan tentang Resya, yang kini sudah menjadi angan-angan dalam ingatan gue. Ketika gue lagi bernyanyi sambil bermian gitar, Si kutu kumpret Dimas datang.

“Hai Mi, gue lihat tadi lo di depan kelas ketemuan sama Resya ya, gimana hasilnya ?”

Gue jawab sambil memainkan gitar “Dia udah punya pacar bro, tadi juga dijemput sama pacarnya.”

Dimas merespon curhatan gue “Hmm...  Enak banget ini, mantep banget, Mi...”

Gue kaget mendengar respon Dimas, dan gue curiga dia takutnya berbuat... Ah sudahlah. Gue langsung lihat ke belakang, dan melihat Dimas yang ada di atas kasur “Eh Kampret, kenapa lo makan coklat gue, itu seharusnya buat Resya, bukan buat lo.”

Dimas bilang sambil memakan coklat gue “Kan Resya udah punya pacar Mi, lo gak mungkin juga kan, ngasih coklat ini ke Resya. Dari pada mubajir mending ini buat gue aja.”

Coklat yang seharusnya untuk Resya itu, gue ikhlaskan dimakan sama Dimas, dan menegaskan juga gue harus merelakan Resya pergi dan bahagia dengan orang lain. Kehadiran dia udah membuat hidup gue lebih berwarna dan bersemangat lagi dalam menjalani hari-hari.


Walaupun dia bukan milik gue dan bukan apa-apanya gue, tapi gue menganggap dia sebagai bintang hidup gue, yang selalu memberikan cahaya dan menyinari hidup gue. Dan untuk melepas semua harapan gue, di jendela kamar gue bermain gitar sambil menyanyikan lagu dari Ipank - Bintang Hidupku.

The End....

Ya begitulah akhir dari ceritanya guys, disaat harapan dan kesempatan itu ada, tapi realita yang terjadi tidak sesuai dengan ekspetasi yang kita inginkan. Memang cinta tak selamanya harus memiliki, karena cinta yang abadi adalah cinta yang melekat dalam hati dari yang mencintainya. 

Dan kita doakan saja ya, semoga saja si Fahmi ini, kedepannya diberi kemudahan dalam menemukan jodohnya, dan bisa hidup bahagia dengan pasangannya. Amin... hehehe

1 komentar:

  1. Pertama-tama #SalamJomblo
    Wahh salah nama R. Herdianti nya .. sama2 Herdiantinya jangan2 mereka sodara .. hmmm
    karakter Dimas ini sotoy gitu ya .. terus si Fahmi nya juga agak longor gitu masalah cewek .. Wahahaha ..
    Oke deh .. lanjutin cerbungnya yes ...

    BalasHapus