Setiap sekolah mulai dari SD sampe SMA pasti mempunyai yang namanya ekstrakulikuler, atau yang biasa kita sebut ekskul, di ekskul ini kita dibentuk untuk bisa berkreativitas dan mengembangkan bakat kita. 

        Dari setiap sekolah ini mempunyai ekskul yang unik-unik, bahkan mempunyai ciri khas tertentu, mulai dari yang biasa aja, luar biasa, sampe yang anti mainstream. Gue pernah tahu ada satu ekskul yang gak pernah kepikiran sama gue juga, kalau itu bisa jadiin  ekskul, ya mungkin ini juga yang pertama kalinya di Indonesia. 

        Ekskul di sekolah itu namanya ekskul pom-pom boys. Kebayangkan lo baru denger namanya aja kayanya agak-agak geli gimana gitu, emang sih ini ekskul unik banget. Biasanyakan kalau yang sejenis cheerleader itu personilnya cewe semua, lah ini cowo, pake pom-pom lagi.

        Gue juga gak tau tuh yang ikut ekskul ini kriteria cowonya yang kaya gimana, apa iya sejenis manusia setengah dewi juga, yang kalau siang namanya Doni tapi kalau udah lebih jam 6 sore namanya Dona, yang kerjaannya nongrong di taman-taman terus sering godain para jomblo kalau malam minggu. 

        Terus tujuan ekskul ini dibuat itu untuk apa gitu, kalau cheerleader pada umumnya kan buat nyemangatin cowo-cowo main basket kalau lagi tanding, nah ini buat apa ? masa iya nyemangatin cowo-cowo yang lagi main basket juga, yang ada pas para pom-pom boys ini nyemangatin mereka, lapangan langsung sunyi sepi, orang-orang pada kabur, takut kena razia satpol PP gara-gara tuh pom-pom boys tampil. 

        Jangan-jangan juga nih, pom-pom boys ini tampil kalau ada acara-acara musik kaya dahsyat, inbox gitu. Yang kerjaannya kalau ada yang nyanyi itu, cuci cuci... jemur jemur... cuci cuci... jemur jemur.... ini dari tadi kapan keringnya, orang udah dijemur malah dicuci lagi. Terus sama penyanyinya Rian d’masiv dikasih motivasi “jangan menyerah... jangan menyerah...”.

        Tapi walaupun begitu, ekskul pom-pom boys ini patut kita hargai dan pantas diberi apresiasi sebagai ekskul yang unik. Karena mereka berani menampilkan sesuatu yang berbeda. (Boleh minta tepuk pundaknya tangannya untuk mereka).



Di sekolah gue juga ekskulnya gak kalah unik, bahkan sekolah gue punya 2 ekskul unik yang jadi ciri khas sekolah gue. Ekskul yang satu ini patut diacungi jempol, yaitu ekskul Bridge (ekskul main kartu).

        Tapi lo jangan salah artikan ekskul ini ya, ekskul ini bukan yang kerjaanya kalau setiap malam buka lapak di pos ronda, terus pada jaga malam sambil main kartu remi atau poker, sambil ditemanin botol oplosan, dan kalau di kelas kerjaannya ketika gak ada guru yang ngajar, malah buka lapak judi, tapi mainnya sama guru juga. 

        Ekskul ini gue bilang patut diacungi jempol, bukannya bagus karena bisa mendatangkan uang buat sekolah, tapi ekskul ini pernah juara nasioanal. Dan bukan kejuaraan main kartu judi kaya gitu ya, tapi kejuaraan olah raga cabang brigde, dan cara bermainnya pun beda seperti poker (ya masih terbilang cukup baru juga di Indonesia). 

        Dan ekskul kedua yang sangat unik di sekolah gue ini. Dan mungkin ini cuma satu-satunya di dunia, yaitu ekskul Smanda Tampan. Keren jugakan namanya, ya ekskul ini udah jelas dari namanya, anggotanya udah pasti cowo semua, dan bukan cowo jadi-jadian kaya ekskul pom-pom boys tadi. 

       Hampir semua cowo yang ada di sekolah gue ikut ekskul ini, gue juga gak tau pasti awal mula dibentuk ekskul ini buat tujuan apa, tapi dari yang gue denger dari kakak kelas, ekskul ini tuh bukan untuk pengembangan bakat ketampanan buat cowo-cowo yang mau jadi model atau artis. 

       Tapi ekskul ini dibentuk mula-mula hanya sekedar komunitas biasa yang isinya dominan para cowo jomblo di sekolah gue yang lagi berjuang dapetin hati cewe di sekolah, yang kerjanya kalau pulang sekolah nongkrong di depan masjid sambil ngobrolin dan ngeliatin cewe-cewe cantik yang lewat atau sedang kegiatan ekskul.

        Terkadang kalau ada adik kelas yang cantik lewat, itu sering digodain sama kita-kita, bukan digodain dalam arti konotatif yang jelek ya. Ya Cuma sekedar menyapa aja “Hay... cantik...” terus bilang lagi  “Minta senyum manisnya dong...” 

        Dan kebanyakan adik kelas mana berani nyuekin kakak kelasnya, alhasil dia pun menyapa balik dengan memberi senyuman manis ke kita-kita. waduh... udah deh, kalau udah dapet yang kaya gini semuanya pada kegirangan abis sampe klepek-klepek. 

        Dan lama-lama ekskul ini berkembang pesat, yang bergabung pun bukan hanya para jomblo cowo disekolah gue aja, tapi dari yang udah punya pacar sampe yang mukaya abnormal kaya gue ini pun ikut bergabung ke ekskul smanda tampan. 

         Tapi seiring berkembangnya ekskul ini tak pernah diakui oleh kesiswaan, ya bisa dibilang ekskul yang hampir 50 % anggotanya dari seluruh siswa di sekolah ini, masih tergolong ilegal. Tapi walaupun begitu kita tetep mempertahankan ekskul ini yang tetep jadi ciri khas sekolah ini. 

         Dan pada saat pemilihan ketuanya kita gak perlu ribet-ribet harus ngambil suaranya dan menghitungnya yang cukup banyak. Cukup diliat dari track record dari sekian lamanya menjomblo yang tak pernah berhasil pada saat menembak cewe, atau walaupun namanya smanda tampan pemilihan ketua pun gak harus berkriteria tampan dan cool aja dimata cewe. 

         Terkadang ketua dipilih berdasarkan mukanya yang abnormal kaya gue ini. Bukannya kita-kita rasis atau menghina ya, tujuan kita begitu itu, kita membantu mengangkat pamor populeritas orang tersebut dimata cewe dengan cara dijadikan ketua.

       Ternyata sekolah sebelah gue gak mau kalah juga dengan ekskulnya, mereka punya ekskul yang cukup unik dan sudah terkenal dimana-mana bahkan terkenalnya bisa sampe masuk TV setiap minggu. 

        Dan terkenal bukannya hanya disekolah-sekolah lain aja, tapi dikantor polisi juga mereka udah sangat terkenal. Ya ekskul mereka ini adalah ekskul lempar batu (termasuk golongan tawuran pelajar). 

        Gue pernah dapet info dari temen gue yang sekolah disitu, kalau setiap sabtu sore mereka itu khususnya para cowo wajib mengikuti teknik pelatihan lempar batu, mulai dari batu krikil, batu bata, batu nisan, batu baterai, batu ginjal sampe batu akik mereka lempar. 

        Cara lemparnya pun bermacam-macam, mulai dari gaya orto-dock atau o’brien teknik tolak peluru, sampe gaya pribahasa ”Lempar batu sembunyi tangan”.  Ya setelah lemparannya kena sasaran, dan pihak lawan nanyain 

       “woy... siapa tuh yang barusan lempar batu ke gue ?”.  

       Mereka pun jawabnya “Gak tau tuh bang tukang bangunan disebelah kali, liat aja tuh mereka pada pegang batu bata”. 

        Pihak lawan pun gak terima dengan ini mereka langsung serbu tukang bangunan tersebut ”Wah Bangsat.... udah tua-tua masih aja blagu awas lo, ayo serbu.....!” 

        Ya alhasil tawuran pun dimulai antara pelajar dengan tukang bangunan, sementera pihak yang ngelempar batunya menonton tawuran itu dengan cara merekamnya terus diupload ke yousuf youtube. Para pelajar tawurannya pake cerulit, gir motor.... nah tukang bangunan tawuranya pake linggis, mobil buldozer, sama mobil excavator buat galih tanah.


Dan gue waktu sekolah dulu selain jadi member di smanda tampan, gue pernah ikut ekskul pramuka. “Yuk kakak-kakak... tepuk pramuka 2 hari... “ 

        Itulah pembukaan kalau kita ikut kegiatan pramuka, gue ikut pramuka itu udah cukup lama mulai gue dari SD kelas 4, yang muka gue masih unyu-unyu gimana gitu, sampe muka gue berevolusi jadi abnormal gini semenjak SMP. 

        Emang sih ekskul pramuka ini biasa-biasa aja gak ada unik-uniknya dari ekskul yang barusan tadi. Awal gue berminat ikut pramuka itu gara-gara ada film ditektif conan, ya gue pengen banget jadi ditektif cilik kaya dia, bisa mecahin masalah-masalah. 

Tapi setelah gue masuk pramuka, bukannya gue bisa mecahin masalah malah gue buat masalah besar, gara-gara sok jadi ditektif terus nuduh orang sembarangan sampe dibawa ke kantor polisi. 

        Emang sih sebenarnya gak ada hubunganya pramuka sama ditektif, ya walaupun di pramuka diajarin sandi-sandi gitu. Ya itulah namanya cita-cita anak kecil apa pun meraka bisa ngebayanginnya dan mengait-ngaitkannya. 

        Sama aja kaya lo waktu kecil dulu, ditanyain 
      ”Mau jadi apa kalau udah besar nanti ?“ 
       Dan jawabnya “Mau jadi Spiderman, soalnya mau bisa terbang”. 
       Padahalkan Spiderman gak bisa terbang, dia cuma bisa lompatin gedung-gedung tinggi dengan cepat doang. Ya itulah namanya juga anak-anak.


Menurut gue ekskul pramuka ini ekskul yang cukup lengkap karena kita bisa mengembangkan bakat apa aja, kaya baris-berbaris ada, P3K ada, climbing gitu kaya anak pencinta alam juga ada, kecuali yang kaya ekskul pom-pom boys tadi ya, itu gak termasuk kedalam pramuka. hehehe. 

        Terus kita di pramuka itu diajarkan mandiri, cerdas, dan kreatif. Dengan tongkat dan tambang, kita bisa buat apa aja sesuai keahlian kita, kaya buat jembatan, rumah pohon, sampe replika tenk juga bisa. Asal lo jangan terlalu kreatif, cerdas, dan mandiri juga, manfaatin tongkat dan tambang, buat lo gantung diri karena lo tak kunjung dapet jodoh juga. 

         Selain itu juga kita bisa nyalurin bakat kita, misalnya lo pengen jadi polisi, bisa ikut saka (satuan karya) Bhayangkara, tar lo disana bakalan dikanalin sekaligus praktek tentang kesibukan dan tugas-tugas polisi itu apa aja. Ada juga kalau lo mau masuk surga, lo tinggal ikut saka ini aja, Sakaratul maut, tapi saratnya lo harus mati dulu, ya lo bisa lah ngikutin saran yang tadi gantung diri pake tongkat sama tambang. Hehehe

        Selain itu kita juga di pramuka diajarkan semaphore sama niup peluit morse, dan bagi lo yang mau jadi hakim baris sama tukang parkir lo wajib menekuni bidang ini. 

        Terus nama istilah jabatan di pramuka itu bagus-bagus loh. Ketua pramuka aja disebutnya pradana atau pratama, terus kalau lagi mimpin PBB disebutnya danton (mirip kaya merek susu fotmula ya, yang motonya aku dan kau suka danton). 

        Terus wakil ketuanya itu disebut pemangku adat atau juru adat (untung bukan juru kunci, tar dikirain yang jaga makam lagi), dan sekretarisnya disebut Kerani (wah... kera ni... ada kera... ni. Kasian juga kalau mukanya ganteng malah dipanggil kera). 

        Dan satu lagi jabatan yang udah serasa kaya anak mahasiswa aja, yaitu teknik pramuka (Tekpram), temen gue yang ngejabat ini waktu pramuka SMA dulu, saking cintanya sama pramuka, pas dia ditanyain sama guru BP, 

       ”kamu tar mau ngambil jurusan apa ?” 

       Dia jawabnya “Saya mau ngambil jurusan Tekpram Bu, di ITB (Intitut Tukang Bangunan)”. Yang kerjaannya tawuran sama anak pelajar tadi.

21 komentar:

  1. Di sekolah gue trending ekskul tawuran malah :D

    BalasHapus
  2. dari smp sampa sma
    w ga pernah ikutan eskul sama sekqli
    cz suka males pulang sore
    haha
    tpi w geli bgt lihat foto yang di atas

    BalasHapus
  3. Gue kok ngira lu malah ikutan Eskul yang di foto pertama gitu mi. Ngaku aja, deh. Gak usah malu. Kan keren tu. BIsa pamer ketampanan (Meski alakadarnya).

    Eskul pramuka juga seru, tuh. Keknya gue jadi pengen ikutan laig eskul itu. Meskipun gue gak lama di eskul yang sering banget buat gue dipushup. -_-

    Tapi, begitulah indahnya masa itu. Banyak kegiatan yang bisa kita tau dari eskul

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan buka rahasia gue disini pangeran plis-plis. :D

      pramuka emang paling mangasikan.

      Hapus
  4. Ekskul bridge kayaknya seru tuh, mungkin disekolahku mesti bikin ekskul bridge juga. Mengingat banyaknya pokerers dikelas . Kalo jam kosong mereka suka main poker. Daripada hobinya cuma gitu aja kan lumayan tersalurkan.

    Aku sekarang gak ikut ekskul sama sekali, males aja hari minggu keskolah buat latian. Padahal smp dulu alu sering ikut ekskul, dulu ikut jurnalistik

    Ada gitu ekskuk tawuran, terus target prestasinya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya coba aja bikin, tapi gue gak negrti cara main bridge,lebih ngerti main pokernya. hehehe
      di sekolah lo kalau latian ekskul hari minggu ya ? kalau gue mah jadwal ekskul tuh dikasih sama sekolahnya hari kamis,jum'at sama sabtu. kalau hari minggu gak boleh ada kegiatan disekolah. jadi seru.

      prestasi ekskul tawuran,mungkin mecahin kaca kali ya, hehehe

      Hapus
  5. Apa apaan da itu eskul Smanda tampan. Kalo boleh tau, kegiatannya ngapain sih? selain godain cewek cewek gak berdosa?

    Haha tiap sekolah pasti ada yg namanya eksul tawuran yaa

    Gue waktu SD pernah ikut eskul pramuka tuh, biar bisa ikut persami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gosipin cewe-cewe cantik dan obrolan para lelaki lainya. ya gitu deh. :D

      tapi untungnya di sekolah gue gak ada ekskul tawuran. sekolah gue cinta perdamaian. hehehe

      Hapus
  6. iya sih. gue juga rada heran sama cir li der..

    dan bener kata lo, pramuka memang salah satu ekskul yang cukup lengkap.
    meskipun lengkap, tapi jaman sekarang pramuka dianggap kurang keren. parah kan...

    kalau gue sih lebih suka ekskul olahraga buat have fun bareng temen. kayak.... volley.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terkadang gue merasa sedih, ketika ekskul pramuka mulai sedikit peminatnya. ;(
      padahal di pramuka itu mengasikan lo bukan membosankan yang hanya bisa nyanyi2 doang.

      kalau dalam bidang olahraganya gue suka futsal sama sepak bola, volley juga gue suka, asalkan jangan basket aja gue gak suka.

      Hapus
  7. Waduh, kayaknya gue mesti masuk ekskul Smanda Tampan nih, bisa gak nih ekskulnya buka cabang di sekolah gue, kali aja nanti bisa jadi ekskul nasional xD

    Oh iya, masalah pramuka, sekarang pemerintah udah ngewajibkan pramuka di kurikulum 2013, walau udah dicabut, tapi beberapa sekolah, termasuk sekolahku, yang masih menerapkan kurikulum 2013 tentu masih mewajibkan pramuka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh-boleh ajuin aja, tar bakalan gue langsung acc. :D biar para jomblo di indonesia ada tempat komonitas untuk bernaungnya. hehehe

      Bagus... tingkatkan terus pramuka di sekolah lo. pramuka adalah alat pemersatu bangsa. hehehe

      Hapus
  8. Wah, di sekolah lu ada ekskul bridge? serius tuh?

    Kayaknya gue juga harus ngebentuk ekskul itu juga deh di sekolah gue. Soalnya gue dan temen-temen gue adalah pecinta bridge sejati. Permainan mainstream yang biasa kita mainin sih poker, tapi kadang-kadang kita juga main yang lain. Kita biasa main di kelas, kantin, bahkan saat dipanggil ke ruang BK pun kita masih sempet main. Kan lumayan tuh hobby gue bisa tersalurkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bro, tapi gue gak ikut ekskul bridge, gue bisanya cuma main poker doang. hehehe

      buset rajin aman tuh main kartunya sampe di ruang BP juga, itu guru BPnya juga ikutan main ya, atau kalian disuruh datang ke ruang BP karena diajak main kartu sama gurunya. :D

      Hapus
  9. eh lo skolah di SMANDA yah? nitip otak-otak dong hahahaha

    gue udah tau kalo ada ekskul pom-pom boys, tapi di luar negri. cuman di indonesia mah baru tau kalo ada.

    gue rasa Smanda Tampan akan terus abadi, selama jomblo2 di smanda tetp ada. gue saranin sih mending yang jadi ketuanya lo ajah ji.. biar terkenal :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang tapi udah lulus tahun kemarin. kalau nitup ke gue, harganya 2 kalipat ya bang. :D

      tapi santai bang di SMANDA gak ada ekskul pom-pom boys, jadi aman kalau mau beli otak-otak SMANDA. hehehe

      iya bener bang, ekskul ini bakala terus abadi sebelum jomblo di smanda belum pada merdeka. hehehe

      gue sekarang udah jadi penasehatnya bang. :D

      Hapus
  10. Beneran deh, gokil banget ekskul-nya!!
    Pertama, aku baru tau ada ekskul bom-bom boys itu.
    Nah, yang kedua SMANDA Tampan, kok lucu banget sih. Selama sekolah, di tempatku dulu ekskulnya paling hanya melukis, kaligrafi, tilawah, LKTI, pramuka, PMR, basket, silat. dll gitu.
    Yang ini memang unik.

    BalasHapus
  11. Eh, itu serius ada ekskul pom pom boys? dari fotonya sih cowok cowok bule ya. nggak kebayang kalau ternyata mereka orang indonesia..

    enak banget bisa mainan kartu di sekolah. lah, dulu sekolahku main UNO aja dilarang loh.

    Itu apa coba smanda tampan -_____-

    BalasHapus
  12. pom pom boys baru denger.. yang ada pombensin. keren juga yang bridge ya. lulus bisa jadi dewa judi #eh

    btw yang smada tampan itu legal apa gmna? maksudnya dapat dana ato diresmikan sekolah apa nggak? kayaknya meragukan :D

    BalasHapus