Lo yang sekarang masih bersekolah atau yang udah lulus sekolah pasti lo pernah ngerasain yang nama siklus anak sekolah. lo masih ingetan tentang siklus ini,kita datang ke sekolah untuk belajar,dan kita ujian untuk diremedial. Sebenernya bukanya kita yang gk berusaha belajar dengan baik,tapi sebelajar-belajarnya kita,pada saat ulangan dari ke-5 buku yang ada,3 buku yang kita baca, malah 2 buku lainya yang keluar pada saat ujian. Terus pada saat ujian matematika,soalnya sama pada saat latian soal kemarin,tapi pada saat ujian yang ditanyakanya berbeda.

Sebagai yang pernah bersekolah selama 12 tahun,gue jadi  inget siklus pada saat gue jadi seorang siswa yang berjuang untuk mendapatkan ilmu,mulai dari ilmu pengetahuan saince,ilmu pengetahuan umum,ilmu keagamaan dan keterampilan,sampe yang namanya ilmu gaib ( ettss... ilmu gaib yang gue maksud bukan ilmu yang buat nyatet atau pelet anak orang ya,walau gue jomblo begini,gue gk pernah main pelet-peletan,takut dosa bro ). Ilmu gaib yang gue maksud itu ilmu menyontek,demi terhidar dari siklus yang diatas,terkadang gue dan beberapa siswa lainya terpaksa untuk melakukan hal ini. lo juga pasti pernah ngelakuin hal ini kan ? udah jujur aja,gk usah malu-malu gitu,nyontek itu kesiswaian. Sebagai pelajar juga kita memaklumi hal itu kok ( tapi jangan terlalu sering juga ya, gk baik. lo nyontek kalau lagi kepepet aja ). Gue juga pernah ngelakuin hal ini,malah gue bisa dibilang cukup ahli juga dalam menyontek (jadi keliatan deh gue sering nyontek),ya maklum aja gue ini siswa yang gk terlalu pinter-pinter amat kalau dikelas,apalagi kalau mata pelajaran Matematika,udah deh gue nyerah langsung lambaykan tangan ke kamera.

Tapi nyontek juga butuh keahlian loh,makanya gue sebut sebagai ilmu gaib,ilmu yang gk pernah diajarin disekolah tapi hampir semua siswa bisa melakukanya. Malah ada kata-kata “ pada saat ujian itu,bukanya guru yang mengawasi siswanya,tapi siswanya yang mengawasi guruya” ya kata-kata ini memang bener terjadi pada saat kita sedang ujian,hampir separuh waktu ujian kita fokuskan untuk mengawasi guru untuk mencari celah agar bisa menyontek,bukanya fokus pada soalnya yang diberikan.

Cara menyontek pun bermajam-majam,dari jenisnya ada dua tipe yaitu : individu dan gruop. Ya kalau individu itu kita nyontek hanya untuk kita sendiri,caranya pun macam-macam,ada yang bikin catetan dikertas sampe kecil terus ditaruh dibawah papan tes,ada juga diselepin dikaos kaki,kerah baju,sampe dimasukin kedalam bulpen,bahkan ada juga yang diselipin dibagian terlarang (ya itu, gk usah disebutin juga namanya). Dan yang bergruop,(yang satu ini nih yang gue sering lakuin kalau nyontek hehehe ) serunya kalau yang bergruop itu kita nyontek rame-rame terus ngawasin gurunya juga rame-rame,jadi kalau kita sempet hampir ketangguan sama guru,kita lansung dikasih tau sama temen kita,dan kalau ketangguan gk dihukum sendirian terkadang bareng-bareng juga,jadi  enakan ada temenya,gk ngerasa kesepian (udah jomblo,dihukum gara-gara nyontek aja masih sendirian,bener deh kasian banget nasibnya,sabar ya kalau lo ada yang pernah ngalamin situasi ini).

Cara nyontek bergroup pun bermacem-macem,ada yang sebelumnya kita sepakat bikin kode dulu,kalau jawaban A kodenya garuk-garuk kepala,kalau Jawaban B kodenya megang hidung,terus kalau jawab C kodenya nyubit guru (ettss kode yang satu ini jangan dilakuin juga ya,bukanya lo sukses nyonteknya,inimah malah lo sukses dikeluarin dari ruangan ujian) . Dan masih banyak lagi, kodenya pun unik-unik yang gk bisa dicurigai sama guru. Ada juga yang dengan cara Answer walking ( jawaban berjalan ) bukanya kita yang ngasih jawabanya keliling ya,terus bilang “ayo-ayo siapa yang mau nyontek silakan liat ke gue,mumpung gue lagi baik “ ya walaupun lo dapet pahala karena kebaikan lo membantu orang yang sedak kesulitan dan lo juga dapet bonus hukuman dari guru. Tapi untuk cara yang satu ini kita bener-bener harus sudah ahli malakukannya (gue untuk yang satu ini bisa dibilang cukup ahli juga) karena kita akan perpaju dengan mata guru yang setiap saat ngawasin kita,loe disini boleh aja pake mata sharinggan biar lo bisa nebak gerak-gerinya pengawas. Dan apalagi kalau cara yang satu ini dapet gurunya itu yang ngawasinya sambil tiduran,udah deh bener-bener kita dikasih leluasa untuk ngapain aja (mau ngerjain gurunya yang lagi asik-asiknya tidur juga gk papa,kalau lonya berani juga).

Pernah gue waktu ujian,gue sama temen-temen sepakat buat beli majalah,koran sama minum + permen buat pengawas. Dengan tujuan pada saat ujian,guru kita bukannya ngawasin kita malah asik baca koran atau majalahnya,jadi punya kesempatan buat nyontek hehehe. Pernah juga ada temen gue dengan cara giliran pergi ke toilet,ya jawaban yang buat dicotekin udah disediain ditempat rahasia oleh si pemberi jawabanya,alhasil jika lo gk tau jawaban no sekian apa,lo tinggal permisi aja ke toilet buat nyontek,hehehe...

           Okedah cukup sekian aja gue ngasih penjelasan tentang menyontek,sebenernya mah ini gk baik dilakuin,tapi gue Cuma mau berbagi pengalaman aja tentang semasa gue masih berstatus pelajar. Mungkin itu juga bisa dikatakan wajar,tapi semua itu terserah pada lonya sendiri. Dan ingat bro dimana ada kesempatan disitu ada jawaban,waspadalah-waspadalah !

0 komentar:

Posting Komentar