Setiap pilihan mempunyai konsekuensinya, dan disaat kita sudah memilih kita harus menerima konsekuensi tersebut serta harus bisa menjalaninya sampe selesai. Begitupun dengan gue, gue yang udah memilih sekolah ini untuk tempat melanjutkan pendidikan gue, mau gk mau gue harus mengikuti semua peraturan yang ada disini.

Hari ini adalah hari terakhir OLS, gue bangun pagi gk seperti biasanya. Gue kali ini bangun jam 3 pagi, dengan badan yang masih pegel-pegel selama 2 hari full makanannya push up terus tapi otot lengan gue belum juga gede kaya Ade Ray. Mata gue yang masih ngantuk harus dipaksa bangun dari mimpinya, padahal mimpi gue lagi seru-serunya nih. 

        Di mimpi gue pas banget kejadiannya lagi OLS, dalam mimpi gue tanpa disengaja ketemu dengan salah satu bidadari genk sabinsa yang dulu sempet jadi temen bimbel gue. kejadiaanya gini waktu evaluasi lapangan gue disuruh sama panitia buat bantuin salah satu orang yang lagi dihukum sama panitia, ya gue pun mengiyakan perintah panitia tersebut, tapi ketika gue maju ke depan lapangan gue bingung mau bantuin siapa, Dan diliat dari aura-auranya panitia yang sedang menghukum peserta keliatan mukanya seram-seram kaya algojo yang dikirim dari neraka, (gue cari aura kasih,tapi sayangnya dia kaga ada disini) 

       Gue pun akhirnya ngeliat di pojokan ada dua panitia cowo dan cewe yang keliatannya dari auranya gk seserem kaya panitia yang lainnya. Ya gue menghampiri panitia tersebut pas gue bilang 

      “Permisi Mas Mba”,

       Dan mereka berdua langsung berbalik ke arah gue, dan tanpa disangka gue terkejut melihat cewe yang sedang push up di belakangnya, dan ternyata cewe itu adalah Nadya salah satu anak dari genk sabinsa. Belum terlalu lama gue menatap Nadya gue dikagetkan dengan suara dari panitia 

      “mau apa kamu kesini ?”. 

       Dan gue bilang ”maaf mas, saya mau bantu nadya. Kesalahan dia apa ya ?” 

       Panitia bilang “oh kamu mau bantuin nadya, tau gak salah dia apa, pita nyawa dia udah habis dan sekarang dia udah gak punya nyawa lagi di OLS ini, sekarang dia lagi kita kasih konsekuensi push sampe 25 kali.” 

       Dan gue bilang ke panitia tersebut “boleh dikurangin gak konsekuesinya, dia kan cewe mas kasian.” 

       Panitia ngebentak gue “Enak aja kamu nawar-nawar, kaya saya orang jualan aja.” 

       Dan gue bilang “yaudah mas biar saya aja yang lanjutin konsekuesinya.”. 

       Panitia bilang “yakin kamu mau gantiin dia ?” 

       Dan gue bilang “ yakin mas.” Dan panitia bilang “boleh deh kalau gitu, oke sekarang kamu Nadya berdiri, dan kamu Fahmi lanjutin push upnya 20 kali lagi.”. 

       Setelah gue selesai push up dan kita berdua kembali lagi ke barisan, Nadya ngucapin sesuatu ke gue 

      “eh lo anak genk coro yang waktu bimbel bareng kan ? makasih ya udah bantuin gue....”  

      Disaat moment-moment mimpi gue lagi bagus-bagusnya, tiba-tiba gue terbangun  mendengar suara alarm dari HP gue, gue terpaksa harus meninggal mimpi itu dan bergegas mandi.

Di dalam kamar mandi gue masih ngelamun ngebayangin gimana senengnya mimpi gue itu, andai saja mimpi gue itu bisa jadi kenyataan, kayanya di SMA ada yang bisa nyemangatin hidup gue lagi. Ingatan gue kembali sadar setelah gue dengar 

       “Goncrang....” dari arah dapur. 

        Gue yang kaget segera menanyakan ke nyokap “suara apa tuh mah ?”. 

         Nyokap gue langsung nyaut “Ini piring jatuh, tadi ke senggol sama mamah.” 

         Setelah itu gue pun langsung bergegas mandi, sambil nunggu adzan shubuh gue cekin lagi sesajen-sesajen yang harus dibawa jangan sampe dihari terakhir OLS ini gue bakalan jadi bulan-bulanan Panitia lagi. Setelah sarapan yang mungkin bisa dibilang terlalu kepagian untuk makan pagi, setelah mendengar adzan gue langsung sholat shubuh dan terus langsung berangkat ke sekolah. 

         Di hari terakhir ini gue dari rumah harus berangkat jam 4 pagi, yang dimana orang-orang masih tidur dengan mimpi basah indahnya, Para hansip baru pada pulang setelah jaga malam, dan kuntilanak baru pulang dari tugas malamnya yang gk berhasil nakutin orang. Dan di jalan gue menaiki angkot bareng ibu-ibu yang mau pada berjualan di pasar dengan berbagai macam barang dagangannya, mulai dari sayuran, tahu tempe, sampe balon-balonan mainan anak kecil. 

         Dalam angkot gue sempet tertidur dan setelah nyampe di pasar gue dibangunin sama supirnya 

        “dek turun dimana ?”,

        Dan gue liat di angkot tinggal gue sendir, penumpang lainnya udah pada turun semua di pasar, lalu gue jawab 

       “tuparev pak,masih lanjutkan ?” 

        Supir menjawabnya “Mau MOS ya dek, ya udah deh kalau gitu saya anterin ade dulu  mau dioper, di belakangnya gk ada angkot lagi.” 

        Dan gue bilang “Ya pak mau MOS.” 

        Untung pak supirnya baik hati mau nganterin gue sampe tempat tujuan walaupun angkotnya kosong gk ada penumpang lain, tak lama juga gue sampe di jalan tuparev, dan gue pun tak lupa mengucapkan terimakasih ke pak supir yang udah baik hati nganterin gue.

Sesampenya di Pos 1 yang berjarak kurang lebih 1 KM dari sekolah gue, jarak yang jauh dari pos-pos yang sebelumnya, disini gue harus mendapatkan tanda tangan untuk bisa melewati gerbang sekolah. Gue nyampe di POS 1 sekitar jam 5 kurang, tapi gue gk liat ada panitia yang berjaga, dan dari kejauhan gue melihat beberapa anak memakai seragam sama seperti gue. Pas gue deketin, eh ternyata itu temen-temen gue anak genk coro : Gugun,Doni,Eki,dan Fiki, mereka semua berjalan dari arah kosannya yang tak jauh dari sini. 

         Di pos 1 kurang dari jam 5 pagi, baru kita berlima yang udah sampe disini, gue menanyakan ke mereka untuk memastikannya 

        “eh,kita gak salah tempatkan, ini bener pos 1 ?” 

        Doni menjawabnya “ya bener, kan kita disuruhnya nungguin di jembatan depan diler suzuki jam 5 pagi.” 

        Gue bilang “kok belum ada satu panitia yang datang ya ?” 

        Doni menjawabnya dengan bercanda “mungkin mereka semua masih lelah hahaha”. 

        Setelah kita ngobrol sambil bercanda, tak lama kemudian 3 panitia datang dan langsung diserbu peserta OLS yang udah lama menunggu mereka. Setelah mendapatkan tanda tangan kita berjalan menuju sekolah, sambil berjalan gue menceritakan mimpi gue ke anak-anak genk coro 

        “Eh,gue semalam mimpi ketemu Nadya pas OLS...” 

         Eki memotong cerita gue “Cie... cie ketemuan nie...”,

         Si gugun ikutan “ketemu sama Keysha juga gk mi ?” 

        Gue jawab “ogah ah gue ketemu sama Keysha, sosoknya kaya gunduruwo gitu hahaha”,

         Dan si Doni bilang “Eh si Nadya juga keterima di SMANDA juga loh.” 

         Eki gk percaya “sok tau lo,tau dari mana ?” 

         Doni menjawabnya “Lah gk percaya gue chat-chatan di facebook boy, coba aja cek di kelas X 1 ada yang namanya Nadya gak.” 

         Gugun nanya ”terus keempat temennya gimana ? sekolah di SMANDA juga gak ?” 

         Doni menjawabnya “gak,dari genk sabinsa yang diterima di SMANDA Cuma dia sendiri.” 

         Gue bilang “wah mimpi gue bisa jadi kenyataan nih,semoga aja dia bisa jadi jodoh gue.” 

         Gugun menyanggahnya “ weh ngarep banget lo, udah lo sama Keysha aja sana.” 

         Selama kita berempat ngobrol si Fiki Cuma bisa bengong aja dengerin kita, terus dia nanya 

        “Heh yang kalian omongin, genk sabinsa tuh siapa sih ?” 

        Doni menjawabnya “Kepo lo hahaha.”

Sesampai di depan gerbang sekolah, kita langsung berbaris untuk pengecekan validasi tanda tangan, setalah kita lolos dari validasi kita langsung menuju ke lapangan dan dikejutkan dangan suara para panitia yang menyeramkan dan mencekam seperti para algojo dari neraka. Saat itu peserta yang sudah datang baru sedikit dan kebanyakan cowo. Setelah evaluasi lapangan yang cukup membuat kita semua merasakan senam jantung menjelang terbitnya matahari, kita yang berhasil sampai sekolah sebelum jam 6 lewat mendapatkan remisi berupa pembebasan kesalahan selama mengikuti OLS dangan mencabut postnote yang bertulisan kesalahan kita. 

          Gue merasa bersyukur tak sia-sia juga gue bangun jam 3 pagi kaya orang mau sahur dan langsung berangkat ke sekolah, akhirnya gue bebas juga dari hukuman gue. Sambil menunggu peserta lain yang belum datang kita diberi waktu untuk istirahat sambil sarapan, dan kali ini sarapan beneran bukan push up lagi sarapannya yang bikin perut malah tambah laper lagi. Menjelang apel pagi setelah semua peserta sudah datang semua, kita tiba-tiba dikejutkan dengan suara panitia berteriak sambil membawa anak cewe 

          “woy mana temen-temannya Santi, X 8 yang ngerasa ini teman kamu maju sekarang juga”. 

          Suasana mulai memanas ketika anak-anak kelas X 8 maju ke lapangan dan berusaha untuk membela dan menyelamatkan santi. Panita berteriak diatas mimbar sambil memegang santi 

          “Perhatian buat semuanya, ini teman kalian semua, dan tau apa kesalahan dia. Panitia menyuruh kalian datang ke sekolah sebelum jam 6 pagi, dan harus melawati pos 1 dulu untuk meminta tanda tangan, tapi dia berani-beraninya datang ke sekolah jam 7 pagi, udah gitu enak-enakan dianter sama orang tuanya pake mobil” 

           Setelah mba panitia bilang gitu,si Santi langsung jadi bulan-bulanan santapan panitia lainnya 

           “dasar anak manja kamu gitu aja dianter sama orang tua, kamu anak TK apa anak SMA” 

           “Anak mami,gk cocok kamu sekolah disini.” 

            Dan dalam hitungan menit tubuh Santi sudah dipenuhi dengan postnote dengan berbagai macam pelanggaranya, dan saat itu juga dia dijulukin manusia postnote.

 Suasana kembali memanas ketika Santi disuruh pulang, anak-anak kelas X 8 menoba untuk membujuk panitia agar bisa memaafkan Santi. Tapi disisi lain panitia mencoba memanas-manaskan suasana dengan cara menegakan keadilan, dan gara-gara santi akhirnya kita semua berada diposisi pro dan kontra. Panitia bertanya 

        “bagi peserta yang setuju kalau Santi harus pulang karena telah melanggar aturan harap mengacungkan tangan, dan maju kedepan memberi pendapatnya”. 

         Peserta OLS banyak juga yang setuju kalau Santi harus pulang, tapi teman-teman Santi dari kelas X 8 dan beberapa peserta lain termasuk gue yang membela dan memilih santi harus bisa ikut acara OLS ini sampai dengan selesai. Peserta akhirnya terbelah berada di kedua kubu pro dan kontra, masing-masing menguntarakan pendapatnya di depan mimbar.

         Kubu pro mendukung panitia kalau Santi harus pulang karena peraturan tetap peraturan dan harus ditaati dan ditegakan, bagi mereka yang melanggarnya harus menerima konsekuensinya agar mereka sadar. Tapi bagi kubu kontra mereka membujuk para panitia agar tidak memulangkan santi,mereka berpendapat berdasarkan kekompakan dan kebersamaan satu angkatan karena walau bagaimanapun juga dia telah berusaha untuk datang kesini dan dia sadar kalau perbuatanya salah, dan dia juga datang kesini udah siap dengan apapun yang terjadi nanti. 

          Dan dari kubu kontra meminta untuk bisa meringankan hukumannya agar tidak disuruh pulang, dan kita siap menerima konsekuensi massal untuk menebus kesalahan santi, agar dia bisa mengikuti OLS sampai selesai. Setelah adu argumen yang cukup lama dengan panitia dan beberapa teman yang pro dengan keputusan panitia, akhirnya panitia mengambil keputusan kalau Santi tetap harus pulang dan tidak bisa mengikuti OLS lagi, adegan dramatis pun terjadi antara panitia yang memaksa santi pulang dangan anak-anak kelas X 8  yang menahan santi pulang.

Tak lama setelah itu apel pagi dimulai, karena ini hari terakhir OLS dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang, kita akan disuguhi dengan penampilan display ekskul-ekskul. Setalah kita merasa terhibur dengan penampilan-penampilan ekskul yang keren-keren, baru saja kita merasakan kedamaian dan ketentraman suasana sekolah ini. Tak lama setelah kita menyasikan penampilan dari ekskul jurnalistik di dalam aula, dari luar lapangan sudah menunggu para panitia dan mereka langsung memanggil kita 

        “kepada seluruh peserta OLS dalam hitungan 30 berbaris di lapangan sekarang.” 

         Suasana kembali gaduh kita semua berlari ke lapangan secepat-cepatnya, tak berapa lama setelah kita semua berbaris salah satu panitia langsung memberi instruksi 

         “PANTIA TURUN !” (JEGGGERRRR..... Tidak... kiamat sudah dekat) 

          Ditengah-tengah siang hari yang panas gini, kalimat yang sama sekali tidak diharapkan oleh peserta OLS keluar dari mulut panitia, cuaca yang panas menambah suasana di lapangan semakin terasa panas dengan Para panitia yang menyerbu kita semua dari segala penjuru yang berbaris di lapangan dengan suara yang keras dan menyebut-nyebut nama kita 

          “ALDI....DONI....TIARA...” 

          “KALIAN KALAU BARIS YANG TEGAK....” 

          “KEPALA JANGAN NUNDUK, MATANYA KEDEPAN !.” 

           Dan kita yang merasa namanya disebut harus  melontarkan suara dengan tegas 

           “SIAP !.” 

           Karena ini hari terahkir OLS, evalausi lapangan semakin mencekam tidak seperti kemarin-kemarin dengan tampang Panitia yang menyeramkan seperti para algojo. Sempet ada rumor yang mengatakan kalau DK (Dewan Keamanan) itu pembantu dari salah satu peserta OLS, kalimat tersebut membuat panitia dari DK gerang dan marah besar, setelah dipanggil-panggil untuk maju siapa yang bilang DK pembantu, dan tanpa disangka seorang anak cowo dari kelas X 10 maju kedepan bernama Kiki, dia langsung diserbu dengan beberapa panitia DK layaknya lampu yang terang yang dikerubunin sekelompok laron. 

           Sempat juga dia diajak gulat dengan salah satu panitia DK yang gak terima dengan perkataannya, suasana kembali memanas ketika kiki diseret ke belakang sekolah oleh 3 orang Panitia DK, dan teman-temannya mencoba untuk mengahalangi panitia tersebut, adu argumen antara peserta dan panitia terus terjadi. 

           Dan disisi lain para peserta sibuk dengan kesalahannya masing-masing dan beragumen agar tidak menerima konsekuensi (sebenernya masalah kita sama Cuma satu yaitu PANITIA,ya kenapa panitia ini disaat evaluasi langsung berubah 1800, yang tadinya baik hati dan tidak sombong, serta rajin menabung langsung berubah ganas dan menyeramkan serta rajin menghukum.) 

           Gue yang masih berbaris dilapangan dengan beberapa peserta lain,masih terus tegang dengan panitia yang menyebut-nyebutkan nama kita, karena apa yang diperlukan dan yang dicari panitia untuk kesenangan batinnya, semuanya lengkap ada di diri peserta, mulai dari objek amarah, eksistensi, sampai asmara. Ya bagi panitia yang sedang merasa kesal karena sesuatu hal bisa dilampiaskan ke kita, dan bagi panitia yang ingin merasa terkenal bisa melalui kita, serta bagi panitia yang bergelar jomblo ingin melepas masa kesendiriannya, bisa juga didapatkan di kita (biasanya kalau yang satu ini sering dilakukan oleh panitia cowo, dan pastinya yang dicari bukan cowo juga ya.) 

           Saat itu nama gue disebut berkali-kali dengan panitia yang berbeda-beda, dan gue pun bilang 

          “SIAP !”, 

          Tiba-tiba panitia yang menyebut nama gue menghampiri gue “Heh kenapa kamu bilang siap ?” 

           Dan gue jawab ”karena mas nyebut nama saya.” 

           Panitia ngebentak gue “GR sekali kamu,walaupun nama kamu Fahmi, tapi yang saya maksud bukan Fahmi kamu, push up kamu sekarang.” 

           Apes deh gue, gue udah jawab malah kena push up. Ya memang siswa baru yang namanya Fahmi disekolah ini ada 4 orang, dan gara-gara nama gue ada yang sama gue jadi salah paham sendiri.

Setelah gue selesai push up dan berbaris lagi, tak berapa lama ada panitia yang menyebut nama gue lagi, gue kali ini diem aja gk bilang apa-apa, karena gue yakin dia bukan manggil gue. Tiba-tiba panitia yang barusan nyebut gue datang ke gue 

         “FAHMI... kamu anggap saya tembok, saya panggil-panggil kamu, kamu malah diem aja, kamu budek apa gak ?” 

         Dan gue jawab “Maaf, mas manggil nama saya ?” 

         Dan panitia bilang “ bukan, manggil tukang becak. Ya iyalah saya manggil kamu udah sampe berkali-kali saya manggil, kamu diem aja.” 

         Gue jawab “oh maaf mas, saya kira mas manggil fahmi yang lain.” 

         Panitia bilang “udah jelas-jelasnya saya ada di deket kamu, ya jelas saya manggil kamu, ya udah saya cape manggil-manggil kamu, kamu push up aja 10 kali.” 

         Buset gue jawab salah, gue diem aja juga salah. Apasih maunya panitia itu seandainya gue bisa bilang gini 

         “Mas maunya apasih, gini salah gitu salah, semua serba salah dimata mas. Pulangkan saja aku pada orang tua ku, aku mau pulang...” (adegan suami istri yang lagi bertengkar) 

         Bahagia deh hidup gue bisa lolos dari jeratan para algojo hehehe. Setelah evaluasi lapangan yang cukup lama, kita para peserta sudah sebisa mungkin berargumen, tetapi para panitia tetep kurang puas dengan kita selama 3 hari ini, yang melakukan banyak kesalahan sampe ada yang menghina panitia, akhirnya kita mendapatkan hukuman massal push up 30 kali, beberapa peserta ada yang gak terima dengan keputusan panitia yang seanaknya aja ngambil keputusan. 

         Peserta yang gak terima maju kedepan meraka berargumen dan berorasi diatas mimbar membangkitkan semangat kita untuk tidak push up, tapi yang ada mereka yang berada di depan langsung jadi santapan para panitia karena sudah berani-beraninya menantang panitia. Usaha mereka sia-sia pada akhirnya kita semua satu angkatan dihukum push up 30 kali. Setelah konsekuensi masal, akhirnya kalimat perdamaian keluar juga 

        “Panitia cukup”. 

         Ya perintah itu membuat kita semua bisa menghirup udara bebas seperti narapida yang lolos dari hukuman matinya. Setelah upacara penutupan selesai, seluruh panitia dan wakasek kesiswaan memberikan selamat kepada kita telah berhasil melawati masa OLS ini dengan semengat 45nya yang pantang menyerah dan bisa menyelesaikan sampe akhir. Ya akhirnya masa pembantaian orentasi siswa baru kelar juga, dan kini kita sekarang sudah resmi menjadi keluarga baru di sekolah ini. Dan dengan semangat baru, harapan baru, lingkungan baru, kita siap mengikur lembaran baru disekolah ini.

Dengan membuka lembaran baru kini siap menjadi putih abu-abu. Bersambung...

14 komentar:

  1. hahaha kasian giliran jawab bukan kamu yang di maksud ekh giliran kamu diam malah kamu yang di maksud panita :D sabar ya,,kalau gitu ganti nama aja deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ganti nama tar malah ribet,harus syukuran bikin tumpeng dulu terus curak. :D

      Hapus
  2. Gue doain biar berjodoh deh bro sama si Nadya wkwk..
    Geng coro geng coro wkwkw

    BalasHapus
  3. Lu harusnya bilang. Kak, kalo namanya disebut untuk namaku, artinya kakak minta namaku disebut namanya. "BIngung. Emang iya." :D

    Mungkin kesalahfahaman panita sama lu itu, karena wajah yang udah umum banget. Wajah lu udah masuk kategori umum makanya. Saat harusnya lu yang jawab, malah orang lain yg dimaksd. Saat lu gak jawab, lu yang dimaksd.

    Sabar, ya bro. "Wajah mempengaruhi pilihan." :D

    BalasHapus
  4. Beruntung gak tinggal dan sekolah disana.. bisa bisa habis dimarahin terus sakit hati nggak mau sekolah deh..

    BalasHapus
  5. nahh, ini dia kelanjutannya. kemarin gue mbaca awal-awal lo orientasi, sekarang udah hari terkhir aja.

    yaelaah bro, kirain yang kejadian sama Nadya itu beneran, eh ternyata cuman mimpi doang. tapi lo beruntung banget sih, soalnya si Nadya masuk SMA yang sama dengan lo. yaa, semoga saja mimpi lo itu suatu saat jadi kenyataan.

    BalasHapus
  6. Masih ada aja ya masa orientasi yang kayak begitu -____-, jadul banget. di daerahku udah nggak ada lagi kok yang dibentak bentak.

    eh iya, kayaknya fontnya kegedean deh, jadi keliatan panjang banget tulisannya ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitulah apa dareha gue ketinggalan peradaban dunia ya. :D

      sebelumnya banyak yang ngeluh,font gue kekecilan,makanya gue gedein lagi fontnya bro.

      Hapus
  7. Sok banget ya seniornyahahahaha..... tapi kalo aku jdi yg telat tu dan disuruh pulang ya udah pulang aja napa..kalo diapa apainn tgl blng sama mamah papah di rumah wkwkwkw..terus tuh soal fahmi. Hrusnya hg dhuku ya seniorrr..emng kita cenayan bisa tau fahmi yg mana yg dipanggil..senior apaan tuh..knp aku yg jdi emosiiiii..abisnya gitu bangettt soooooooook

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha santai mba santai,tarik napas dulu... tenang
      ya gitulah kerjaannya panitia. :D

      Hapus