Suasana baru di masa putih abu-abu, dengan teman baru membuat hari-hari semakin lebih seru. Setelah genk coro bubar, gue dan anak-anak lain berpencar mencari kehidupan baru, tapi walaupun begitu Sahabat takan pernah terlupakan.

Hari-hari berikutnya gue menghabiskan waktu bersama teman-teman baru gue di ruangan kelas yang tertutup rapat sampe mataharipun terkadang susah menembus pertahanan hordeng kelas ini, kelas kita ini sering disebut oleh beberapa siswa lain dengan julukan kelas misterius, karena selama kegiatan belajar berlangsung orang-orang yang berada di luar tidak tau apa yang sebenernya terjadi di dalamanya, sampe ada juga kakak kelas yang ngasih julukan kelas kita dengan sebutan kelas mesum. 

        Dan kata guru sejarah kita, kalau dia sedang berada di dalam kelas ini, suasana dan rasanya udah kaya di dalam ruangan isolasi, tapi bagi penghuninya kita ngasih julukan kelas ini dengan singkatan simple dari sepuluh sebelas yang disebut SEPSEB, ya julukan kelas yang kurang enak banget didenger mungkin bikin telinga sakit juga. Tapi bagi kita apalah arti dari sebuah nama ini, karena cerita dan kenangan selama kelas X semuanya berawal dari sini.

Selama gue jadi penghuni kelas ini, gue satu ranjang bangku (satu bangku apa satu meja ya, kalau satu bangku tar dikira gue pangku-pangkuan lagi, ya udah deh terserah lo aja mau nyebutnya apa, asal jangan nyebutnya satu ranjang aja ya hehehe) dengan temen gue bernama Herdi. Herdi ini orangnya unik, ya gue baru petama kali ketemu dengan orang yang kaya Herdi ini, gue sempat mikir dia ini sebenernya dari planet mana sih, atau dia ini sebenernya masih keturunan darah drakula ya. 

       Masa dia ini paling takut dengan yang namanya sinar matahari, Kalau kata guru biologi matahari itu sumber kehidupan kalau gak ada matahari kita gak bisa hidup, tapi si Herdi malah kebalikanya kalau ada sinar matahari dia malah kesulitan buat hidup nyaman. Emang sih dia orangnya putih banget saking putihnya aja gue terkadang kalau berada di sebelahnya, dianggap sama yang lain, gue sama Herdi ini kaya jebra cros buat orang nyebrang jalan, Herdi yang putih gue yang itemnya. 

       Padahal mah waktu pertama gue lihat dia ketika pembagian kelas sebelum OLS, wih kayanya nih orang anak genkster motor nih dari rambutnya aja keliatan banget sangarnya, udah gitu kalau jalan kaya orang mabok. Eh pas gue tau setelah OLS ternyata dia ini takut sama matahari, kalau dia sedikit aja kena matahari, bisa-bisa dia langsung meleleh kaya ice cream. 

      Udah gitu dia ini kalau setiap istirahat ke kantin padahal itu masih jam 10 pagi, dia pasti jalannya mencar sendiri lewat koridor kelas yang jalannya muter-muter yang adem biar gak kena matahari, kaga mau bareng sama kita-kita yang jalannya langsung cepet sampai ke kantin lewat lapangan. 

      Ketakutan ini bocah dengan matahari juga kelihatan jelas kalau pas dia pake motor, udah dari ujung ramput sampai ujung kaki pasti rapet semua, tertutup tanpa celah matahari bisa menembus kulitnya, mulai dari helm, masker yang tebel, jaket yang cupluk kepalanya dipake juga, padahal dia pake helm masih tetap aja cupluknya dipake, dan sarung tangan. Kalau dia lupa bawa sarung tangan, lengan jaket pun bisa dia pake sampe digulung ke jari-jarinya. Buset deh semuanya super protek dari sinar matahari, gue pernah bilang ke dia 

      “kenapa lo gak pake aja sekalian kain kafan biar gak ribet makenya, sekali gulungan langsung tertutup semua, dari pada kaya gini nungguin lo buat make perlengkapan yang super ribetnya, bisa-bisa gue bangkotan dulu hahaha.” 

         Dan si Ardi temen kelas kita juga pernah bilang ke dia “santai Her, biar lo kalau kemana-mana kaga ribet kaya gini lagi, tar kalau gue jadi walikota disini, gue langsung jadiin indoor kota ini. Biar gak ribet liat lo kaya gini terus hahaha.”

Gue sama Herdi ini kalau duduk di kelas paling pojok dan paling belakang, tapi kaga setiap hari juga sih, karena setiap seminggu sekali tempat duduk kita dirolling, tapi walaupun dirolling gue sama Herdi kaga pernah duduk dipaling depan. Paling kalau rolling milihnya 1 meja kedepan atau 1 meja ke samping, soalnya males banget kalau duduk di depan jadi gk bisa tidur, apalagi kalau ketemu dan berhadapan depan muka dengan guru killer yang lagi ngajar (langsung pasang muka sedatar mungkin,dan apapun yang terjadi nanti kita harus pasrah dan tetap tersenyum hehehe).

         Dan satu lagi sifat dari Herdi ini, dia itu kalau di kelas suka tidur apalagi kalau pelajaran eksak : matematika, fisika, kimia. Herdi ini satu-satunya murid yang paling berani di kelas tidur di mata pelajaran yang susahnya gak kebayang buat mahamin dan ngertiin semua teori + rumusnya serta gurunya juga yang terkadang killer, disaat semua siswa lagi berusaha buat bisa mahamin dan ngertiin pelajaran tersebut terkadang bikin otak sampe ngebul keluar asap, si Herdi malah enak-enaknya tiduran di meja dengan dilapisi buku.  

         Pernah ada kejadian waktu itu pelajaran matematika, kita semua lagi belajar trigonometri yang rumit gak kebayang, waktu itu gurunya lagi jelasin di papan tulis + ngasih contohnya tapi tetep aja kita gak ngerti-ngerti, disaat semua siswa bertanya ini itu buat ngertiinnya. Si Herdi yang duduk di kompor sebalah gue malah tidur dengan nyenyaknya (gue elus-elus kepalanya sambil nyanyiin nina bobo “nina bobo oh nina bobo, kalau tidak bobo digigit coro.”)

         Dan tanpa disangka guru yang tadi lagi ngejalasin materi tiba-tiba ngeliat ke arah Herdi, dan nyuruh gue buat bangunin dia. Gue udah coba bangunin dia dengan cara lembut 

        (“beb bangun beb,ayo dong bangun udah pagi beb” sambil ngelus-ngelus keningnya. Amit-amit najis tralala) 

        Sampe dengan cara kasar (gue ambil air bekas pelan terus gue guyur ke kepalanya) tapi si Herdi tetep aja tidur. Eh malah Bu guru ngasih kebebasan buat Herdi untuk ngebokep (bobo cakep), enak banget si Herdi dibolehin tidur di kelas ditengah-tengah pelajaran yang susah gini. 

         Dan 10 menit kemudian si Herdi bangkit dari kubur tidurnya, pas gue liat ke arah Herdi ketika dia bangun, buset deh gue liat di buku tulisnya ada bercak-barcak lengket gitu mengalir dengan derasnya dari gua. Bu guru yang melihat Herdi bangun, langsung bertanya 

        “gimana Herdi, udah puas tidurnya mimpi apa tadi, dibangunin sama Fahmi gk bangun-bangun.” 

        Si Herdi tidak menjawabnya dan masih belum sadar dari mimpinya sambil mengusap eces yang banyaknya hampir ngebanjirin kelas. Dan ketika itu semua siswa tertawa semua ngeliat Herdi yang baru bangun dari tidurnya dengan meninggalkan bercak di atas buku tulisnya. Lalu Bu guru menyuruh Herdi 

       “Herdi kamu cuci muka dulu sana, elap tuh eces kamu, terus kamu maju kerjain soal-soal yang ada papan tulis.”

        Si Herdi kayanya baru aja mimpi buruk, setelah bangun malah langsung disuruh maju kedepan buat ngerjain, gue udah bangunin kaga bangun-bangun juga sih. Ya si herdi alhasil harus ngerjain soal-soal di papan tulis yang menurut gue dan beberapa anak lain susah untuk ngertiin dan mahaminnya.

Di kelas misterius ini yang tertutup rapat dengan hordengnya sampe tidak telihat dari luar. Ketika kelas kosong dari pelajaran, kita juga sering melakukan aktivitas-aktivitas sedikit agak menyimpang dari perilaku seorang pelajar, mulai dari tidur-tiduran di belakang kelas sampe-sampe ada yang bawa tiker dan bawa bantal (untung gk ada yang bawa kasur dan bawa TV, kalau udah gitu, ini sama aja kaya bikin kosan ilegal). 

        Bikin bioskop dadakan nonton film bareng lewat screen view yang pas nonton lampunnya dimatiin, mulai dari film horor, belum juga hantunya keluar anak-anak cewe udah jerit duluan pas liat gue lagi beneren kabel conectornya, film romantis yang setelah habis nonton terkadang anak-anak cewe pada nangis, dan tiba-tiba si Herdi yang duduk disebelah gue langsung jadi ikutan romantis pake pegang-pegang tangan gue 

       “Heh ini apaan sih her tangannya ?” 

       “Gue takut mi.” 

       “Takut apaan, ini genre filmnya romantis kali bukan horor, yang ada gue takut kalau lo kaya gini”,


Dan hampir semua jenis film udah diputer di kelas ini, kartun, komedi, action, adventure, sampe film ah sudahlah gk usah dibahas (film kekerasan) semuanya pernah kita tonton. Selain nobar, terkadang kita anak-anak cowo pada main PES di laptop sampe bikin kompetisi, atau main game online tiba-tiba buka warnet dadakan. 

        Dan sampe-sampe juga kita buka lapak buat main kartu, Kalau udah buka lapak gini, udah deh cowo-cowo gak ada yang ribut buat rebutan giliran main, sampe-sampe ada level lapaknya, mulai dari N’cop (alias kandidat yang sering kalah), Amatir, sampe level kelas buaya (yang terkadang yang main disini level kecurangnya udah tinggi. Tukuren kartu diem-diem,sampe kongkalikong buat ngalahin orang).  

        Dan terkadang juga kalau gak ada kartu, gak ada laptop, kita para cowo ngumpul dibelakang sambil duduk santai tiduran terus buka forum, mulai ngobrolin tentang cewe-cewe cantik di sekolah ini, sampe obrolan yang gak penting juga, dibahas di forum ini.
Bersambung...

Beginilah ulah kita kalau gak guru

18 komentar:

  1. begitulah indahnya masa sma. gue beruntung masih bisa merasakannya...
    temen2 gue juga ekstrim2 parah bandelnya waktu sma, kampret banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sob,masa SMA emang masa2 paling kampret :D

      Hapus
  2. Beneran, deh. Ini akan jadi sinetron.

    Zaman SMA emang penuh cerita banget, ya. Gue dulu gak ada temen separah itu. Sampe tidur ngences sekelas (Ini lebay, ya.)

    Temen-temen gue dulu, rata2 mereka rajin semua. Soal ngerti atau enggak, nanti di ending baru kami saling tanya jawab. Kadang, sampa gurunya bilang "Pertanyaanya buat besok, lagi ya?"

    Saran, sih. Sebaiknya temen lu suruh bawa bantal kalo ke sekolah. Jadi, gak harus tidur di atas buku. Kalo buku dia gak apa-apa, kalo gak sengaja ada tumpukan buku, lu di situ. Terus penuh dengan iler. Hihhh, geli banget dah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tinggal nunggu sutradara yang mau ngangkat cerita gue aja nih pangeran hehehe.

      Si herdi pas tidur beneran ngeces bang,tapi untungnya gk sampe ngebanjirin kelas juga sih hehehe.

      itu pertanyaanya buat besok lagi,itu guru yang gk bisa jawab apa waktu pelajarannya udah habis. :D

      Hapus
  3. Wee.. masa2 sma emang paling seru. Ada gitu temenku yg skill tidur dikelasnya lebih dewa daripada temen lo.. dia emang pinter pelajaran apalagi pelajaran produktif.
    Kalau dia sudah bisa sedangkan gurunya baru ngejelasin ditingal tidur, padahal dia duduk depan dekat papan tulis, pernah juga guru ngajar tapi duduknya depan bangkunya dan dia tidur tapi guru yg duduk depannya nggak ngerti dia tidur. Hebat kaan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah itu temen lo punya mukjikjat yang luar biasa tuh,jarang2 orang seperti itu,bisa ngerti pelajran dengan sendirinya

      Hapus
  4. Emang enak banget rasanya kalo udah gini :)

    BalasHapus
  5. Cerita si Herdi mengingatkan dengan kisah temen gua. Gua juga punya temen gitu, suka tidur tiap pelajaran eksak. Tapi entah dilindungi setan apa, dia gak pernah ketauan.

    Kasian juga Herdi. Masa takut sama sinar matahari. ckckck. Pasti kalo main layangan, maunya di indoor

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh boleh juga tuh temen lo,dukunnya dimana tuh :D

      hahaha iya kayanya kalau dia jadi presiden,indonesia bakalan jadi negara indoor pertama di dunia. biar dia kalau blusukan gk kepanasan. :D

      Hapus
  6. hahaha temen lo si herdi aneh banget sih yakk, udah takut sama matahari, kalo tidur banyak ecesnya lagi. cowok sejati iitu padahal cowok yang tidak takut dengan sinar matahari loh *duhh apaan sih*

    nah, gue boleh curhat sedikit yaa. gue pernah tuh ngalamin apa yang dialami Herdi. sama, waktu itu gue kan lagi ttidur di pelajaran fisika, (dan gue akui emang tidur di pelajaran eksak itu nikmat banget). kemudian kata temen gue, gue gabisa dibangunin. dan alhasil pun gue disuruh maju ngerjain soal di depan kelas dengan seluruh kelas nertawain gue yang masih belum genap nyawanya hehe.

    duhhh, masa-masa SMA~ emang bener-bener indah banget yaa. surga bagi anak SMA itu ketika mata pelajaran eksak gaada gurunya, terus bisa nonton film. itu udah surganya banget lah. serasa ada bioskop di dalam kelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. tau tuh anak itu,gue juga aneh kenapa gue bisa jadi temenya dia ya :-)

      tapi lo tidur gk sampe ngeces juga kan eh :-)

      emang masa-masa SMA itu masa yang paling indah. hehehe wah bener baget tuh ketika pelajaran eksak terus gk ada gurunya,itu udah surganya bagi palajara. :D

      Hapus
  7. Nikmatin aja nikmatin. Selama umur lo masih belum masuk 20 tahun. Soalnya katanya setelah umur 20, perjalanan lo menuju ke 30 bakalan cepet banget. Ngeri bro. Sorry gw oot. *salim

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bro,waduh bisa gitu,ngeri juga ya. gue akan puasin masa-masa muda gue. hehehe

      Hapus
  8. episode 16? berasa nonton sinetron gue.
    ternyata kerjaan anak sekolah dimana mana engak jauh beda. gue dulu juga gitu waktu jaman sma. malahan gue dulu pernah sampe bawa setrikaan segala ke sekolah. karena kosan gue mati listrik dan seragam gue belum di setrika.
    satu hal yang penasaran, emang temen lo kenapa sih kalo kena matahari? albino ya dia.
    selama masih bisa, emang masa sma itu harus bener bener di nikmati. gak akan terulang lagi soalnya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mungkin suatu saat nanti bakalan jadi sinetron komedi. hehehe
      gila sampe bawa setrikaan segala,itu sekalian sama mesin cucinya gak ? :D
      Gue pernah nanya sih katanya,dia kulitnya gak mau item seperti gue. gak sampe albino juga,dari fisik mah dia keliatan normal2 aja.

      Hapus
  9. Baca postingan ini jdi pingin sma lagi..masa masa indah emang ya..dan kalo temenmu herdiitu cewek mah kagam ape ape kan takutbedaknya luntur..lah ini...buset dah.

    Iyaaaa samaaaa...dlu kita jga suka nobar pke lcd jdi semua anak liat..gue msh inget pernah liat laskar pelangiterus nyanyi breng breng...ahh lo hrus nikmatin dlu masa masa sma krna nantibkalan kangen abisssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap bener banget,masa-masa SMA itu masa-masa yang paling indah, tapi sayang masa putih abu-abu itu telah berakhir,dan kini tinggal hanya menyisakan kenangan dan memori. tapi rasa kangen dimasa-masa itu masih terasa sampe sekarang. :)

      Hapus