Episode : Non-Aktif (Lengser)

Setelah berakhirnya kegiatan TTCT (Tamu Tegak Calon Tegak) atau camping tahunan, yang udah menjadi tradisi bagi siswa baru di sekolah. Itu tandanya berarti tugas-tugas dan rentetan kegiatan yang ada di dalam program kerja kita sebagai pengurus Pramuka masa bakti 2012/2013 telah berada di ujung akhir, dan kini selangkah lagi kita akan menyelesaikan tanggung jawab kita.

Acara camping tahunan kemarin yang kita beri nama TTCT 3P, atau pelantikan 3 ekskul wajib bersama, yaitu Pramuka,PMR,dan Paskibra. Adalah suatu kegiatan yang sangat berkesan bagi gue, karena acara ini adalah kegiatan terakhir sekaligus menjadi penutup keaktifan gue di dunia  pramuka.

Dan bukan hanya itu saja, berkat acara ini juga hubungan antar anggota ekskul 3P (Pramuka,PMR,dan Paskibra), terasa semakin kompak dan menyatu. Dan berkat kerja sama, kekompakan, dan kerja keras yang dibalut dengan rasa kekeluargaan dan kebersamaan, acara tersebut bisa berjalan lancar dan sukses. Dan gue bangga bisa berkerja sama dan menjadi bagian dari mereka.

Tepat dua minggu setelah kegiatan TTCT. Kita pengurus angkatan satwika 33 melaksanakan musyawarah ambalan, yang isinya pelaporan pertanggung jawaban kita sebagai pengurus selama 1 tahun dan pelantikan sertijab pengurus berikutnya, yang akan mengambil kepengurusan

Jum’at, tanggal 25 oktober 2013. Setahun lebih kita menjadi pengurus pramuka masa bakti 2012/2013, terhitung dari tangal 5 oktober 2012. Dan kini saatnya gue sebagai Pradana (ketua pramuka) dan didampingi oleh pengurus lainnya, membacakan laporan pertanggung jawaban kita selama menjabat menjadi pengurus, di hadapan Pembina, Wakasek kesiswaan, calon pengurus baru, dan anggota pramuka lainnya.

Selama 45 menit membacakan laporan pertanggung jawaban kita sebagai pengurus, dan diterima serta tidak ada masalah dari Pembina, Wakasek kesesiswaan, dan yang lainya. Nanda  yang bertugas sebagai pimpinan musyawarah ambalan, dengan resmi mengetok palu, dan mengesahkan laporan pertanggung jawaban kita.

Dan kini kita secara resmi bukan lagi sebagai pengurus ambalan, tapi walaupun begitu tugas kita belum sepenuhnya berakhir. Setelah laporan pertanggung jawaban kita diterima, Gue dan Evan yang telah menjadi mantan Pradana dan Juru Adat, mengajukan 2 calon Pradana berikutnya di hadapan musyawarah ambalan.

Dua calon yang kita pilih untuk jadi Pradana selanjutnya adalah Genta dan Haris. Keduanya ini sebelumnya udah kita bahas di forum dewan kehormatan, yang dihadiri oleh pengurus dan pembina. Dan setelah semua sepakat, akhirnya kita memilih Genta dan Haris, untuk maju sebagai calon Pradana putra berikutnya. Sedangkan untuk cewe, karena keanggotaan cewe di angkatan berikutanya sangat minim sekali, yaitu dua orang, Umi dan Dina. Mereka berdua pun secara mutlak maju sebagai calon Pradana Putri berikutnya.

Setelah Genta dan Haris menyampaikan visi dan misi mereka di hadapan musyawarah ambalan, barulah saatnya kita melakukan proses perhitungan suara. Dan setelah hasil yang sudah kita dapet, gue sebagai mantan pradana membacakan hasil perolehannya dan menyatakan secara resmi dengan mengetok palu, bahwa Genta menjadi Pradana berikutnya masa bakti 2013-2014.

Dan kini beban kita sebagai pengurus masa bakti 2012-2013 sudah benar-benar berakhir, dan selanjutnya gue menyerahkan kepada pembina untuk melantik Pradana baru dan pengurus baru, sekaligus menyopot kita, angkatan satwika 33 dari jabatan kepengurusan pramuka.

Upacara pelantikan pun dilaksanakan dengan cara sederhana di dalam kelas. Angkatan Balvinda 34 kini dilantik oleh pembina, sebagai pengurus pramuka ambalan Candra Dimuka-Candra Buana masa bakti 2013-2014. Mereka diambil sumpah dan janjinya dihadapan bendera merah putih, dengan mengucapkan tri satya.

Seusainya acara pelantikan, menandakan secara resmi, kini gue dan teman-teman anggota pramuka angkatan satwika 33, sudah lepas dari tanggung jawab kepengurusan pramuka. Dan kita menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada angkatan Balvinda 34, serta mempercayainya dibawah kepengurusan mereka, ekskul pramuka bisa lebih maju lagi.

Di dalam kepengurusan gue, masih banyak kekurangannya, dan kegiatan yang belum terlaksanakan.  Kita juga belum bisa memberikan penghargaan atau trofi ke ekskul ini, tapi walaupun begitu, kita Satwika 33 sudah memberikan kontribusi cukup baik dan bisa mempertahankan ekskul ini terus tetap ada dan aktif sebagai mana mestinya.

Gue juga berterima kasih kepada seluruh anggota Satwika 33, yang selama satu tahun lebih udah mau berkerja sama dan berpatisipasi dalam kegiatan pramuka. Keberadaan merekalah yang selalu membuat gue betah berlama-lama berada di ekskul ini, mereka bergabung bukan hanya sekedar mencari pengalaman baru saja, tapi mereka bergabung juga untuk mencari keluarga baru, tempat dimana kita curhat,melepaskan lelah dengan tertawa bersama, serta berbarbagi cerita suka maupun duka.

Rasa jalinan yang kita bentuk udah lebih dari sekedar teman ataupun sahabat, berawal dari PB3, rasa kekompakan kita dan kekeluargaan kita dibentuk, dan kini kita bener-benar sudah menjadi keluarga. Lalu menjadi pengurus, dan melewati masa-masa sulit, tapi mereka tetep selalu ada dan bersama, hingga pada akhirnya kita bisa menyelesaikan beban dan tanggung jawab kita hingga akhir. Tapi walaupun kita sudah tidak aktif lagi di dalam dunia kepramukaan, rasa kekeluargaan itu selalu ada, dimana pun dan kapan pun.

Selama kurang lebih sembilan tahun gue mengarungi dunia kepramukaan, pramuka udah banyak memberikan gue pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga, mulai dari kemandirian, kedisiplinan, bersosialisasi dan berkerja sama dalam berorganisasi, hingga persaudaraan dan kekeluargaan yang selalu mengutamakan kebersamaan dan persatuan, dan tidak pernah memandang perbedaan.

Dan kini udah saatnya bagi gue untuk mengakhiri keaktifan gue di dalam dunia kepramukaan, sudah cukup lama gue berada di dunia pramuka dan dibesarkan oleh pramuka. Dan kini gue akan membawa semua pelajaran dan pengalaman yang gue dapet dari pramuka untuk bekal gue ke depannya.

Terima kasih pramuka, telah memberikan gue banyak cerita yang berkesan.Walaupun gue sekarang sudah tidak aktif lagi di dunia kepramukaan, tapi jiwa gue masih tetep seorang pramuka, because, once scout ever scout.






35 komentar:

  1. wah udah selesai ya acaranya?
    hemmm selamat ya?!
    semoga kegiatannya bisa memberi kesan terbaik untuk peserta...
    lagian udah miris juga bacanya.dimarah2in terus peserta nya.udah gitu hukumannya berat banget.
    jaman sekolah έmªπġ ga suka kegiatan kaya gitu.pramuka aja sering bolos :D
    kegiatan yg melelahkan.
    saya ikut lega karena udah selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya amin, semoga aja begal gue selama di pramuka sangat bermanfaat sekali.

      oh jadi lo ya, yang sering bolos pramuka maunya ikut campingnya doang. :d

      Hapus
  2. Wihhhh acaranya keknya khidmat bgt gitu yaaa. Sukseslah buat genta dan semua angkatan baik yg ke 33 atau 34.
    Salam pramuka!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin semoga pramuka bisa lebih berjaya lagi.

      Salam !

      Hapus
  3. widih pelepasan jabatan tu. gue dulu juga ketua pramuka. tapi dulu waktu gue smp, dan gue jadi pratama di gugus depan gue. jadi gue juga sama, udah dapat banyak pengalaman dari pramuka, mau sombong dikit nih, dulu gue waktu smp pernah ikut jambore nasional yang di adain di palembang wkwk. salam pramukaaaa !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama juga kaya gue, waktu SMP juga gue jadi pratama. wah enak tuh, pasti seru pengalamannya. salam !

      Hapus
  4. Yeay! Selesai sudah masa jabatanmu... :D
    Salut banget sama orang yang aktif di Pramuka, PMR, dan atau Paskibra. Soalnya mentalnya itu kuat. Nggak kaya aku yang disentak dikit dulunya nangis. Sekarang sih udah gak nangisan. Tapi jadi pemikir. Nggak baik ya.. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sang raja akhirny lengser juga dari singgasananya, :d
      aktif di organisasi dan ekskul emang banyak sekali manfaatnya mba. wah jadi pemikir keras nih, ati-ati mba tar jadi ubanan. hehehe

      Hapus
  5. Saya dulu ikut pramuka cuma ampe level Penggalang doang. #cupu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa yang penting, ada pengalamannya di pramukanya.

      Hapus
  6. wah...kegiatannya keren banget gan... nggak nyangka ikut pramuka ternyata gitu kegiatannya. kalau ada kegiatan ataupn trofi yang nggak bisa diberi pastilah pengurus baru yang akan melakukan itu gan.

    bangga aja karena selama setahun berhasil memimpin mereka. apalagi pas acara terakhir nggak ada masalah selain yang cewek pingsan itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru deh, pokokny ikut pramuka. ya semoga aja begitu.

      Alhamdullilah... :)

      Hapus
  7. Gue ikut pramuka cuma dari SD sampai SMP doang. Jabatan tertinggi pun cuma Pemru (pemimpin Regu). Hal yang gue suka dari pramuka adalah, kita bisa benar-benar menyatu dengan alam. Terus belajar gimana caranya hidup mandiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga udah bagus udah ada pengelaman belajra jadi pemimpin, iya gue juga di pramuka seuka karena sering aktif di luar dan menyatu dengan alam. Salam Pramuka !

      Hapus
  8. ternyata pramuka banyak sekali manfaatnya, saya jadi pengen ikut pramuka. Cuma waktu SD aja ada pramuka, selebihnya nggak pernah ikut lagi. Pengalaman yang menarik, menyerahkan jabatan untuk generasi selanjutnya, semoga generasi selanjutnya tidak mengecewakan, keren bisa jadi ketua pramuka, jadi terharu baca tulisannya ;-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di pramuka udah banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang gue dapet. ekskul ini udah mendidik gue sampe gue dewasa.

      ya semoga aja generasai selanjutanya dan seterunya bisa membawa pramuka kembali berjaya lagi dan diminati oelh banyak orang.

      Hapus
  9. aku ikutan pramuka smp ajah soalnya g suka-suka banget sih, tapi pas liat org lain kaya yang seru gituh :(

    BalasHapus
  10. Wih keren, jadi inget waktu pramuka dulu... pastinya bangga kalo ikut pramuka, karena kita dituntut punya rasa solidaritas, persahabatan, kerja sama dan rasa tanggung jawab yang tinggi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener bro, pramuka juga bukan hanya ekskul dan organisasinya aja, pramuka juga bisa dijadikan alat pendidikan karakter, serta pemersatu bangsa. :)

      Hapus
  11. Nah ini nih namanya pramuka sejati! Sebenernya sih aku gak ngerti tentang kepramukaan gini, terakhir ikut pramuka pas SMP, tapi lebih aktifan pas masih SD, cuma smpe penggalang doang. Dan selama ikut pramuka jg belom pernah yg namanya ikut2an camping gitu. Pas baca artikel ini jd tau deh suasana dan rasanya kayak apa, seru banget pastinya! Tp kayaknya klo aku disuruh ikut camping dan ikut pramuka lg gak mau deh..... Heheee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah kenapa, kok gak mau aktif lagi di pramuka ? ikut pramuka seru kok, dan dijamin gak bikin bosen. hehehe

      Hapus
  12. Wah..., ikut kegiatan pramuka selama sembilan tahun?
    Keren..., saya salut (h)

    Saya sebenarnya suka dengan pramuka tapi sayang tidak pernah ikut kegiatan pramuka ;( . Mungkin krn saya memang sedikit penakut jadi tidak berani untuk ikut kegiatan yang seperti itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gitu deh, gue nampak terlanjur cinta ekskul ini. hehehe

      tenang gak usah takut, dipramuka sebenernya gak ada yang senioritas, senioritas cuma sebagai alat menghormati yang lebih tua aja, bukan sebagai alat strativikasi. hehehe

      Hapus
  13. Lah, apa itu namanya kok temu tegak calon tegak. Kayak nggak kreatif gitu -___-

    Forum dewan kehormatan? Hahh? pramuka ada dewan kehormatannya ya? kok aku baru tau ._.

    tapi 8 tahun di pramuka itu keren banget sih. nggak semua orang betah jadi anak pramuka. Yuk tepuk pramuka! #CumanItuYangAkuTau -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tamu tegak calon tegak, yang artinya pelantikan bagi para pramuka usia penggalang (SMP) yang akan dilantik menjadi pramuka usia penegak (SMA), yang datang ke acara camping ini sebagai tamu, dan calon penegak yang akan dilantik. TTCT bukan namaya acara camping, itu cuma istilah pelantikannya aja.

      iya pramuka juga ada dewan kehormatannya, kerenkan, hehehe. dewan kehormatan ini diisi oleh pembina dan para pengerus, yang mengatur segala adat istiadat dan kebijakan yang ada di dalam pramukan dan ambalan.

      iya gue kayanya udah terlanjur jatuh cinta sama ekskul ini, hehehe tepuk pramukanya berapa kali nih 2 kali atau 2 hari ? :d

      Hapus
  14. Ya ampun lama bangettttt 8 tahun? Aduh, aku paskibra aja 3 tahun udah megap-megap kecapekan. Ya meskipun sebenernya banyak senengnya juga sih hehe.

    Berarti kamu ngalamin dari SD ya? Anak pramuka sejati nih. Baguslah kalo kamu udah dapet banyak pengalaman di dunia kepramukaan, it means kamu udah bisa mengamalkan semua pengalaman dan pelajaran yang udah kamu dapet dari pramuka. Dan bisa bermanfaat juga buat orang lain ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitu deh mba, gue kayanya udah terlanjur cinta sama ekskul ini. hehehe

      iya gue ikut pramuka semenjak kelas 4 SD langsung masuk ke tim inti, dari gara-gara tim inti gue jadi keterusan dan keasikan dipramuka sampe kelas 12 SMA. hehehe

      Hapus
  15. Wedeee, keren. Selamat yaa dikit lagi udah selesai tugasnya. Pasti acaranya keren banget nih, nginep gitu ya??

    Btw, ini bukan tulisan tangan ya?? Terus pake apa nulisnya?? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk nginep kok acara, cuma sehari doang. soalnya gak boleh nginep sama pihak sekolahnya,karena kita-kita udah kelas 12. gak diijinin lagi untuk ngadain acara kaya gituan.

      hahah iya, bukan tulisan tangan, mua tau jawabanya cek aja di sini http://misterbocah.blogspot.com/2015/05/misteri-bukan-tulisan-tangan.html hehehe

      Hapus
  16. Masamu sebagai ketua pramuka sudah habis, tapi kenapa masa jomblomu pas lu dilepas dari ketua pramuka nggak lepas juga mi? :D

    Salut lah sama lu mi, setia banget sama pramuka. Udah 9 tahun mengarungi dunia ke-pramuka-an. Dan melahirkan banyak sekali cerita ya mi. Semoga lu selalu menerapkan sifat pramuka juga di masyarakat. Semangat mi, salam pramuka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sebenernya ketika gue lengser dari kursi singgasana, posisi gue ketika itu udah pacaran nco. hehehe jadi gue bukan menyandang gelar jomblo lagi. emag sih di bukan tulisan tangan ini gue gak nyeritain masa-masa gue pacaran. hehehe
      karena ada beberapa hal yang menurut gue itu sifatnya prifasi. hehehe tar deh kalau gue udah siap bakalan gue ceritain :)

      Hapus
    2. iya ( tahun adalah waktu yang panjang bagi gue untuk belajar tentang kehidupan, dan sekarang udah saat gue untuk berpamitan dan pergi mengejar mimpi-mimpi gue dengan membawa begal yang gue dapet dari pramuka. dan walaupun begitu jiwa gue tetep seorang pramuka nco. hehehe Salam !

      Hapus
  17. wah anak scout ternyata. dulu ane scout cuma ampe bantara =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih sama nih, satu tingkat kita, Salam Pramuka !

      Hapus