Episode : Tim SEPUR (2)

Malam hari setelah selesai sholat isya, Adi pulang ke rumahnya, dia pulang ke rumah bukan karena dia dicariin sama orang tuanya kaya anak SD yang main sampe magrib gak pulang-pulang, atau karena dia gak bisa tidur kalau gak dikelonin sama emaknya sambil  ngelus-ngelus telinga emaknya, atau jambak-jambakin ramput matannya.

Adi pulang karena besoknya, dia bertugas sebagai panitia yang mengatur keberangkatan peserta. Dan kini tim sepur berkurang saru orang, walaupun tim sepur sekarang sepuluh orang, tim kita tetep bernama tim sepur (Tim sepuluh pasukan tempur).

Sambil makan malam di tenda pleton yang sudah kita dirikan, kita menyusun strategi lagi untuk mempersiapkan area buper. Setelah selesai makan, kita tim sepur satu akan menyelesaikan kavling tenda yang belum terselesaikan, dan yang lainnya berkerja membuat tiang-tiang bendera, ,patok petunjuk jalan widegame dan penerangan.

 Lalu ketika tengah malam kita akan di bagi dua shift secara bergantian, jam 12 sampe jam setengah 3 pagi, Gue,Agis,Nendra, Yanto, dan Imam. Akan melanjutkan berkerja membuat tenda-tenda panitia, sedangkan kelima yang lainnya tidur beristirahat. Dan ketika jam setengah 3 pagi barulah Tim gue yang tidur beristirat, dan mereka berlima akan berkerja membuat gerbang gapura sampe jam 5 pagi.

Tengah malam jam 12, suasana area buper semakin terasa dingin oleh angin dan gelap mencekam, dan tim gue kini akan melanjutkan berkerja shift malam. Gue menyuruh Agis, Nendra, Yanto dan Imam membuat tenda-tenda panitia di sekitar posko, sedangkan gue malanjutkan membuat 2 tiang bendera yang belum terselesaikan.

Di posko panitia gue membuat tiang bendera sambil mengobrol dengan Evan yang belum tidur, ketika itu Evan mulai parno dan ngomongin horor. Sambil tiduran posisi tengkurap, Evan bilang ke gue,

“Mi, lo ngerasain gak. Kaya ada yang ngeliatin kita-kita terus ?”

Gue yang lagi menyimpul tiang bendera, kaget mendengar Evan yang tiba-tiba horor begini “Hah ? ngeliatin maksudnya gimana Van ?”

“Iya Mi, ada yang ngeliatin kita terus dari tadi, gue perhatiin di pojokan sebelah kanan yang deket sama pohon pisang itu, gue liat kaya ada bayangan putih ngeliatin ke arah kita terus.”

Tengah malam di lapangan yang berada di tangah-tangah sawah begini, suasana mulai agak mencekam setelah Evan marasakan hal aneh di tempat ini, bulu kuduk gue pun mulai agak merinding, gue menanggapi Evan,

“Maksud lo, ada mahkluk halus yang ngeliatin kita Van ?”

“Iya Mi, gue jadi ngerasa takut gini nih. Lo tau kan waktu 2 minggu kemaren, ada anak-anak kuliahan camping di sini. Dan baru juga sehari, tengah malamnya, mereka-mereka banyak yang kesurupan, terus tenda-tenda pleton pada ambruk semua. Kalau itu kejadian sama kita juga gimana ya ?”

Gue mencoba menenangkan Evan, yang mulai parno “Udah tenang aja Van, kita kan makai tempat ini udah ngikutin semua saran dan peraturannya dari Pak Kades. Lagian kita juga udah pengalaman camping di sinikan, ya walaupun tahun kamaren sempet ada inseden satu anak kesurupan, tapi itu kan udah gak terlalu parah banget. Udah gak usah dipikirin hal kaya gituan mah.”


 “Iya juga sih Mi. gue denger dari Pak kades juga, anak kuliahan pada ngelanggar sarannya sih, disuruh jangan pake pawang (paranormal), eh mereka malah pake pawang, terus juga kebanyakan dari mereka pada kencing sembarangan lagi. Ya udah deh, penunggu disini jadi tambah marah.”

 “Tanang aja Van, untuk kencing sembarangan peraturan udah gue ketatin kok, gue sama Eki juga udah kordinasi sama panitia keamanan dan dewan keamanan untuk selalu berjaga-jaga di pinggir lapangan.”

“Ya sih, kalau untuk masalah tingkah laku mah, gue juga yakin, para peserta kita juga bisa jaga tingkah lakunya. Oh iya Mi, lo tar kalau diriin tenda jangan di depan gawang sebelah utara ya, gue denger kata Pak Kades disitu ada penunggu kakek-kakeknya, dia gak suka kalau di depan gawang ada yang menghalanginya.”

“Tenang aja Van, untuk pemetaan area Buper, gue juga udah memperhatiin titik-titik rawannya kok, untuk gawang sebelah utara juga gue gak akan diriin apa-apa, paling gue pasang bendera Pramuka aja di atasnya. Udah gih, lo tidur sana, tar jam setengah tiga lo gantian sama tim gue.”

“Gue belum ngantuk Mi, gue kalau acara-acara kaya gini susah tidur, bawaannya pengen melek terus.”

“Ya udah deh terserah lo aja, mau tidur atau kaga, yang penting jam setengah tiga tim lo harus gantian sama tim gue.”

Selesai membuat tiang bendera jam 1 lebih, gue menghampiri anggota tim gue yang lagi membuat tenda-tenda panitia, dan gue tinggalkan Evan yang masih belum tidur sambil asik dengerin musik dan mainin HPnya, yang entah lagi chat-chatan sama gebetannya, atau malah stalkingin mantannya. Tapi yang gue lihat sih, Evan senyum-senyum sendirian, dan gue harap dia gak kesurupan setan.

Ketika gue menghampiri tim gue, Nendra nanyain gue yang sudah menyelesaikam membuat empat tenda “Kak, sisa tendanya mau di diriin dimana lagi nih ?”

Gue menyuruh mereka “Oh iya, lima laginya di diriin di pojok-pojok lapangan, sama di antaran kavling sangga cewe dan cowo.”

Yanto kaget setelah gue suruh diriin tenda di pojokan lapangan “Hah ? serius nih kak, diriin di pojokan lapangan tengah malam gini.”

Gue menjawab dengan yakin “Iya, emang kenapa ?”

Yanto bilang lagi ke gue “Gue rasa ada yang gak enak aja kak, soal gue tadi liat, dipojokan deket pohon-pohon pisang itu, kaya ada bayangan putih lewat.”

Wah bener nih, apa yang diomongin Evan dirasakan juga sama Yanto. Pikiran gue pun mulai berpikiran negatif. Ah tapi gue yakin gak bakalan terjadi apa-apa, walaupun gue mempercayai keberadaan makhluk lain disini, tapi gue yakin juga mereka gak bakalan ganggu keberadaan kita disini, dan kita juga gak bakalan ganggu dunia mereka, serta gue percaya aja sama yang di Atas, yang bakalan selalu ngelindungin kita. 

Imam bilang ke kita “Ya udahlah To, gak papa kali diriin sekarang juga, gak bakalan terjadi apa-apa kok.”

Gue setuju dengan Imam, dan gue bilang ke mereka “Ya udah tenang aja, kita yakin aja sama Allah, yang akan selalu ngelindungin kita, banyak-banyak berdoa aja kalian. Yuk lah gue temenin, diriin tendanya bareng-bareng aja gak usah mencar.”

Imam setuju dan paling bersemangat “Okelah kak, ayolah diriin, biar tugas kita cepet selesai nih, dan bisa tidur.

Dan kita berlima pun menuju ke pojokan lapangan untuk mendirikan tenda panitia, ketika lagi mendirikan tenda, Yanto kelihatan ngelamun sambil menyimpul tali tenda. Imam yang berada di belakangnya langsung mengaketkan dia dari belakang,

“WAYO ...!!! ngelemanunin jorok ya malam-malam kaya gini ?”

Yanto yang lagi dalam posisi ngelamun langsung kaget seketika “ASTAGFIRLULLAH HALADZIM...”  Yanto keliatan ngos-ngosan kaya abis di kejar bencong, dan yanto bilang ke Imam

“Ah kampret lo ngagetin gue aja.”

Imam ketawa dan bilang “Hahaha... abisnya sih, lo ngelamun aja.  Eh lo nyimpul sepatu apa nyimpul tenda ?”

Yanto sewot “Ya nyimpul tendalah, masa nyimpul sep....”

Belum juga Yanto selesai ngomong, Agis yang di depannya langsung bilang “Yakin lo nyimpul tenda, liat tuh ke bawah.”

Yanto langsung mengceknya, apa yang dia simpul sebenernya, ketika dai tau kalau yang dia simpul adalah tali sepatu dia sendiri dia malah nyengir ke kita-kita “Hehehe... lo kok bisa ya, tali sepatu gue sendiri yang di simpul.”

Imam ketawa melihat Yanto yang menyimpul tali sepatunya ke patok tenda “Hahaha... makanya jangan kebanyakan ngelamun, tali sepatu lo sendiri lo iket di patok. Hati-hati lo tar malah kerasupan lagi.”

Gue bilang ke Yanto “Yan, pikirannya jangan kosong, jangan banyak ngelamun juga. Udah, gak usah pikirin hal yang aneh-aneh.”

Yanto menjawabnya “Gak kak, tenang aja, gue ngerasa ngantuk aja, makanya kaya orang ngelamun gini.”

Imam bilang ke Yanto “Ah alasan aja lo, masa orang ngatuk bisa nyimpul tali sepatu lo sendiri.”

Yanto beralasan lagi “Ah itu mah, bagian dari ngelindur gue.”


Gue bilang ke mereka “Ya udah, cepetin selesain diriin tendanya, terus kita tidur.”

Dan akhirnya jam 2 lebih semua tenda sudah kita dirikan, dan tugas tim sepur pertama pun terselesaikan. Kini kita akan bergantian berkerja dengan Tim sepur dua, dan kita akan beristirahat  untuk tidur. Ketika kita mau kembali ke pos panitia, Si Yanto minta ditemenin untuk kencing.

“Eh gue mau kencing nih, temenin yuk.”

Imam bilang “Kencing aja sendiri sana, gue ngantuk mau tidur, Gis lo temenin Yanto gih.”

Agis bilang “Hah gue sendirian nih, gila mana jauh lagi, gelap jalannya, bareng-bareng aja yuk gue juga takut.”

Gue bilang “Halah segitu aja lo mah takut. Ya udahlah, yuk sekalian gue juga mau kencing. Yang mau tidur, tidur aja duluan, yang mau kencing yuk sekalian.”

Ketika kita baru berjalan menuju Masjid, Imam yang tadinya mau tidur duluan, eh gak taunya dia ikutan kita-kita ke Masjid. Yanto yang kesel sama Imam yang tadinya gak mau nemenin dia, bilang,

“Eh ngapain lo Mam, ngikutin kita ke Masjid, lo katanya mau tidur duluan, sana gih lo tidur gak usah ikutin kita.”

Imam bilang “Gak tau kenapa gue juga tiba-tiba mau kencing, dari pada tar gue kencing sendirian mendingan bareng-bereng aja sekarang sama kalian.”

Yanto ngeledek Imam “Ah alasan, bilang aja lo takut kan pergi sendirin ke posko, cemen lo.”

Imam menyanggah “Eh suer deh, gue juga mau kencing, gak percaya lo, gue kencing juga lo di sini.”


Setelah kencing berjamaah di Masjid, kita pun sekalian untuk sholat tahajud dulu, sebelum balik lagi ke lapangan. Setelah sholat tahajud, Imam, Nendra, dan Yanto memilih untuk tidur di Masjid karena tempatnya yang enak beralasan dengan karpet dan diselimuti dengan sarung, terasa hangat dan sejuk. 

Sedangkan gue dan Agis kembali lagi ke lapangan, sebenernya gue juga mau tidur di Masjid, tapi gue belum laporan kalau tim gue udah selesai dan bergantian dengan tim kedua. Gue dan Agis terpaksa balik lagi lapangan dan tidur di posko.

Bersambung...

10 komentar:

  1. sayang sekali nggak bisa tidur di masjid, padahal enak lho tidur di masjid, hehe.. (pengalaman)
    takut kencing sendirian, wkwk, kayaknya gue juga pernah. Lebih baik bersama-sama, dengan bersama-sama, ketakutan dan kegelapan bisa dihadapi.

    BalasHapus
  2. Temennya bisa ngelihat makhluk halus ya gan, wah hati-hati ntar diculik terus dibawa ke alam gaib loh.

    untungnya rame tuh, coba kalau agan sendirian, pasti merending banget

    BalasHapus
  3. gue udah sering baca kalau si pocingkk ini suka nampaknya deket pohon pisang gitu,, ditambah cerita ini, duh jadi parno kalau ada pohon pisang gini :(
    lagian kalian ko beranian tidur dilapangan cuma 10 orang, hii ngeri gue ngebayanginnya, pasti sepi.
    btw, gue cuma pengen ngasih saran aja sih, coba judulnya di kasih sub judul gitu, biar ngeh, oh episode ini tentang ini, episode itu tentang itu, kalau cuma ditandain dengan angka kadang kan lupa, episode ini nyeratain tentang apa ya?
    misalnya [bukan tulisan tangan#58] ngelihat pocingkkk
    dengan gitu kan jauh lebih menarik.. itu menurut gue doang siih :)

    BalasHapus
  4. Yaah kirain bakal muncul setan gitu, ternyata gak muncul-muncul haha

    asik nih ana pramuka ya? nginep di alam terbuka terus. gue sih gak berani, bikin tenda tengah malem gitu wkwk, gue emang cupuu

    BalasHapus
  5. Kalau masalah mistis dlm dunia perkemahan, aku percaya.
    mahluk halus fenomena yang biasa. tapi, asalkan jangan parnan kayak si andy ya?
    cuek aja. mungkin dia nengokin elo semua karena ngiri kali gak bisa ikutan camping

    BalasHapus
  6. Bentar, sebenarnya kamu lagi kemah dimana dan dalam rangka apa sih, masa di tempat kemah ada masjid ._. kok nggak dijelasin -___-

    tapi sebenarnya seru kan ya kemah ada horror horrornya gitu, jadi nggak flat. untungnya juga rame rame, daripada sendirian kan bahaya :|

    BalasHapus
  7. hahahaha, nyimpul sepatu :))
    hmm, gue jadi pusing.....
    kayaknya acara2 petualangan lo yang kayak gini nggak ada habisnya.....

    BalasHapus
  8. Good.., jadi penasaran putih-putih itu apaan? Jangan bilang mau dibikin twist, itu hanyalah kain yang kecantol di pohon. Ada motif manusia, jadi kaya ada matanya gitu. Hehehe..

    BalasHapus
  9. duhhh, pohon pisang itu emang horor banget deh. tapi kalo lagi kemah gitu sih asalakan rame-rame suasanya nggak bakal horor-horor amat kok. kuncinya yaa sama seperti yang lo bilang, jangan sampai melanggar peraturan aja. kalo kita nya nggak ganggu, 'mereka' juga nggak bakalan ganggu kita kok.

    gue juga heran sendiri kenapa temen lo itu bisa nyimpilin tali sepatunya sendiri yaa haha. kebanyakan ngelamun sih.. makanya kalo di tempat seperti itu jangan kebanyakan ngelamun. banyakin bercandaan sama temen-temen aja, biar horornya ilang.

    BalasHapus
  10. wkwk salah baca, gue bacanya malem, agak horor sih wkwk langsung kebayang bayang gue sama sosok putih __- btw nyimpul itu apa ya maksudnya, kayaknya dulu pernah tau tapi lupa -_-

    BalasHapus