Episode : Tim Sepur (Ranjau Ngambang)

Jam setengah 3 pagi di posko gue membangunkan Evan, untuk bergantian Shift “Van, bangun Van, udah jam setengah tiga, sahur-sahur gantian giliran tim lo yang ngelanjutin kerja.”

Dari posisi tidur Evan langsung bangun dengan menguap, kaya beruang kutup yang baru bangun dari tidur panjangnya “Huaaa... Pekerjaan tim lo udah selesai semua ?”

“Udah Van, semua beres ditangan gue mah.”

“Oh yaudah kalau gitu.” Evan masih dalam posisi tidur

“Ya udah- ya udah aja, cepetan lo bangun, bangunin juga yang lainnya.”

“Iya-iya gue bangun. Ah lo mah kaya Emak gue aja kalau bengunin pagi di suruh ke pasar, lagi enak-enaknya tidur dibangunin.”

“Halah, gak usah nyamain gue sama Emak lo deh, apa lo mau, gue bangunin lo banjur pake air juga.”

Evan beranjak dari tidurnya, sambil meliak-liukan badan untuk melemaskan otot-ototnya “Iya-iya... Eh  anggota tim lo kemana Mi ?”

“Yang lain pada tidur di masjid, ya udah sekarang gantian gue mau tidur.”

Dan sekarang giliran Tim dua : Evan, Eki, Genta, Budi, dan Ahmad berkerja melanjutkan mempersiapkan area Buper, tugas mereka adalah membuat gerbang gapura. Ketika gue lagi asik-asiknya tidur, baru juga 5 menit, gue mendengar suara seperti hansip lagi memukul pentongannya, yang membuat gue gak bisa tidur.

“Tok, tok, tok ....” Sial banget tuh maling, pake acara ketangguan segala, bikin ribut aja.

Pas gue bangun dan liat, eh ternyata suara itu bukan dari pentongan hansip yang lagi nguber maling, suara itu dari Eki yang ada di deket gue, yang lagi memotong bambu dangan golok. Gue bilang ke Eki

“Woy kampret berisik..., ganggu orang lagi tidur aja lo, gue kira suara hansip lagi nguber maling.”

“Eh ada orang tah tah di sini, gue kira, lo itu tumbukan tas-tas, habis lo udah orangnya hitam di selimuti sarung hitam lagi, jadi tambah gak keliatan aja.”

Kampret nih anak, udah ganggu gue lagi tidur, sekarang bukannya minta maaf malah ngeledek gue “Tumpukan tas kepala lo peyang. Lo motong bambunya jangan di sini gih, jauhan dikit sana, gue gak bisa tidur nih.”

 Eki menjauh dari gue, tapi lagi-lagi suara dia memotong bambu masih tetep kedengaran di telinga gue, ini anak motong bambunya semangat banget sih, kaya lagi bacok orang selingkuh aja, jangan-jangan semangat dia itu timbul dari panasnya api cemburu yang terus membara lagi, makanya dia motong bambunya pake nafsu bukan pake perasaan.

Dan gara-gara suara itu, gue jadi gak bisa tidur, dan kini gue duduk di tribun penonton sambil ngeliatin mereka pada berkerja membuat gapura. Ketika gue lagi duduk, tiba-tiba gue lihat Evan yang berlari dari arah pohon-pohon pisang menuju gue. Sasampenya Evan di tribun, gue langsung menanyakan ke dia

“Heh, kenapa lo lari-lari gitu, kaya abis ngeliat hantu aja lo ?”

Evan bilang sambil nafasnya yang ngos-ngosan “Iya Mi, barusan gue lihat ada bayang putih di deket pohon pisang.”

Gue kaget dan gak percaya “Hah ? yang bener sih lo ?”

“Serius Mi,kalau gak percaya lo liat aja sendiri.”

“Ah males gue ke sananya, ya udahlah biarin aja lah. Yang penting kita gak ganggu mereka aja, udah.” Gue beralasan begitu, karena gue juga sebenernya takut ngeliat yang kaya gituan, dari pada tar nyari masalah, mending gue biarin aja deh. Evan nanyain gue yang lagi duduk di tribun,

“Lo kenapa belum tidur ? bukannya tadi lo bilang ngantuk mau tidur.”

“Ya tadi sih ngantuk mau tidur, tapi pas lagi tidur, suara eki yang lagi memotong bambu, bikin gue gak bisa tidur aja, dan gara-gara itu juga gue jadi gak ngantuk lagi.”

“Oh ya udah deh, kalau gitu mah terserah lo mau tidur atau gak, lo bukan anak gue ini.”

“Gue juga ogah banget Van, punya bapak kaya, hahaha“

Eki yang telah selesai memotong bambu, menghampiri kita berdua,

“Van nih bambunya, udah selesai gue potong, diapain lagi nih ?”

“Ya udah, sekarang lo sama Genta, satuin tuh bambu pake simpul tambat.”

“Oke Van. Lah Mi, lo kok bangun sih, bukanya tadi lo tidur ?”

Gue yang lagi duduk di atas tribun, sewot ke Eki yang udah membuat nafsu tidur gue ilang “Ya nih, gara-gara lo yang motong bambu suaranya kenceng banget, jadi gue gak bisa tidur.”

Eki ketawa dengan ulahnya yang udah bikin gue gak bisa tidur “Hahaha... Sory deh sory. Dari pada lo bengong aja gak ada kerjaan, mending lo bantuin gue sama Genta bikin gapura, deh Mi.”

Gue menerima tawaran Eki “Ya udah deh, apa boleh buat, gue juga gak bisa tidur.”

Dan kini gue bener-bener kerja 24 jam nonstop, gue membantu Eki dan Genta menyimpul bambu-bambu dengan simpul tambat untuk dijadikan gapura. Sampe adzan shubuh gue membantu tim dua berkerja, dan kini gapura sudah hampir jadi, tinggal kita pasang aja di pintu masuk. Karena udah saatnya untuk sholat shubuh, pekerjaan kita hentikan dulu, dan kita akan lanjutkan setelah sholat.

Selesai sholat shubuh, dengan tampang muka lesu karena ngantuk dan belek-belek masih bergelayutan di mata, di posko gue langsung menyusun rencana. Kita akan di bagi dua tim, Tim pertama gue, Eki, Genta, Agis, dan Budi, akan terjun masuk ke hutan untuk survey rute widegame. Dan Tim dua, Evan, Nendra, Imam, Yanto, dan Ahmad, akan tetep stay di Buper untuk mendirikan gapura dan memasang tanda-tanda kavling sangga.

Setelah tugas udah kita bagi, jam setengah 6 pagi gue dan yang lain langsung meluncur ke area rute widgame. Rute widegame ini gak jauh berbeda dari tahun kemarin, hanya sedikit merotasi arahnya aja, kita akan menuruni terasering persawahan, lalu mengelilingi bukit dan masuk ke dalam hutan-hutan lalu keluar lagi di lembah yang dikelilingi oleh bukit dan terasering persawahan.

Setelah menuruni terasering persawahan, kita sengaja berhenti di sungai dulu. Air sungainya cukup dingin dan sangat jernih sekali,  kita-kita pun gak mau melewatkan kesempatan ini, kita semua langsung nyebur di sungai buat cuci muka, dan berharap sungai yang jernih ini setelah kita-kita cuci muka, gak jadi ikutan kotor kaya muka-muka kita yang penuh dengan komedo dan jerawat.

Setelah kita merasakan segarnya air sungai ini di pagi hari, Budi tiba-tiba melakukan garak-gerik mencurigakan,  dia membuka celananya lalu jongkok membelakangi  kita. Gue langsung sontak nanyain ke dia,

“Woy Bud, ngapain lo ?”

Dengan muka tegang kaya orang mau ngelahirin, Budi bilang “Sory kak, ini darurat. Gue gak tahan lagi.”

Eki langsung ikutan bilang “Jangan bilang, lo mau boker di sini ?”

Dengan tampang muka setengah ngeden, Budi bilang “Eghh... iyyah... kak.”

Kita-kita yang lagi asiknya bermain air tepat di belakang budi jongkok, langsung sontak kaget,

“Wah kampret lo, boker gak ngasih aba-aba dulu.”

“Oy kabur woy, cepet, sebelum bomerang Budi keluar menghantam kita.”

Kita semua yang lagi asik menikmati jernihnya air, langsung cepet-cepet mentas berhamburan keluar dari sungai. Ketika kita sudah berhasil naik ke pinggir sungai, barulah bumerang Budi berwarna kuning dangan sadisnya mengambang di sungai. Dan kini air sungai yang jernih dan segar itu sudah terkontraminasi oleh racun kuning yang di keluarin oleh Budi. Dengan kecewa Eki bilang,

“Anjir... sekarang airnya udah gak suci lagi.”

 “Wah iya lo Bud, bikin rusak lingkungan alam aja, udah tahu airnya seger mana jernih gini, lo malah buang limbah seenaknya aja.” Gue menambahkannya

Dengan tampang tak berdosa yang hampir saja mengotori kita juga, sambil jongkok Budi cengar-cengir ke kita “Hehehe... sory deh sory, abis mau gimana lagi, gue udah gak kuat lagi.”

 “Kampret lo, untuk kita langsung cepet-cepet naik, kalau telat sedikit aja, bisa-bisa kita kena ranjau lo.” Agis sewot

Budi beranjak dari posisi jongkoknya sambil ngelus-ngelus perutnya lalu meluapkan rasa senangnya “Ahh... gue udah lega nih sekarang, perut gue udah kembali normal lagi. Eh lo mau lanjutin cuci mukanya gak ?”

 “Gila aja lo, masa kita harus cuci muka lagi di tempat yang udah lo bokerin.” Agis bilang

 “Kampret, yang ada muka gue, bukanya tambah bersih. Malah tambah kotor lagi.” Eki menambahkan

 “Gue juga ogah, nyuci muka pake air bekas boker lo. Ya udahlah, yuk lanjutin lagi surveynya, buat gue kehilangan selera aja, lama-lama di sini.” Gue ikutan ngomong

 “Ya udah, kalau lo semua gak pada mau mah, biar gue sendiri aja yang lanjutin cuci mukanya.” Budi bilang

 “Gila juga lo, air yang masih terkontraminasi sama ee lo, lo pake juga buat cuci muka. Ya udah deh bud, gak papa, biar muka lo tambah ganteng. Hahaha.” Ucap Genta sambil meledek Budi.

Jorok juga nih anak, jangan-jangan dia kalau boker di rumah itu biasanya sambil gosok gigi atau makan sambil kayang lagi. Dan kita berempat  mulai berjalan menaiki bukit untuk melanjutkan survey rute widegame, meninggalkan Budi yang masih asik bermain air di sungai yang dia eein. Dari kejauhan Genta memanggil Budi,

“Woy Bud, cepetan lo naik, mau kita tinggal lo ?”

Dari bawah sungai Budi teriak ke kita “Oh ya bentar, tungguin boy.”

Budi langsung beranjak dari sungai, dan berlari ke arah kita. Survey rute widegame ini adalah survey yang kedua kalinya, seminggu sebelumnya kita udah survey mencari rute widegame ini dan menggambarkannya untuk dijadikan peta pada saat widegame. Dan untuk survey yang kedua ini kita hanya menandakan rute jalan yang akan kita lalui pada saat widegame dengan patok petunjuk arah dan pilok.

Selama 2 jam lebih kita survey mengelilingi rute widegame. Jam setengah delapan kita kembali lagi ke Buper, setibanya di Buper Pak Abdul Pembina Pramuka sudah datang, dia datang sambil membawakan sarapan untuk kita. Dan kita pun sarapan bersama di tenda pleton sambil merencanakan pekerjaan selanjutnya.

Ketika sedang makan, Pak Abdul meminta kita untuk membantu dia membuat penampungan air, karena tukang yang direncanakan untuk membuat penampungan air ini gak bisa datang, karena sedang sakit. Evan sebagai ketua tim membagi tugas lagi, Tim pertama Evan, Ahmad, Nendra, dan Yanto, akan melanjutkan mendirikan gapura dan memasang papan pengumuman. Dan Tim kedua Genta, Agis, Imam, dan Budi, akan mendirikan tiang-tiang bendera,memasang spanduk-spanduk acara, dan membuat kaki tiga. Sedangkan Gue, Eki, dan Pak Abdul akan membuat penampungan Air.

Setelah selesai sarapan kita langsung bergegas sesuai dengan tugas kita masing-masing, dan tepat jam 10 semua pekerjaan yang kita lakukan selesai. Tugas-tugas agenda kita semua selama 1 hari di Buper untuk menyiapkan segala susuatunya demi kelancaran acara, berhasil kita selesaikan dan tuntaskan dengan baik dan tepat waktu.

Kata Pak Abdul, ini adalah kali pertamanya, panitia yang berangkat duluan untuk menyiapkan Buper, dapet menyelesaikan semua target yang direncakan. Ya mengingat dari tahun-tahun kemarin selalu ada aja kekurangannya. Tahun kemarin aja, tenda pleton tidak berhasil kita dirikan semua, dan kelengkapan area buper, seperti spanduk, bendera ekskul, papan pengumuman, gagal kita buat.

Dan di breafing ini Pak Abdul memuji hasil kinerja kita selama satu hari di sini, semuanya bisa terselesaikan dengan baik tanpa ada kekurangan sedikit pun, dan yang paling disaluti oleh Pak Abdul adalah, untuk melakukan semua ini kita hanya berkerja 10 orang saja ditambah Adi, yang semalam pulang duluan karena dia besoknya harus menyiapkan keberangkatan peserta disana.

Dan kita semua menyambut respon ini dengan senang, dan berharap kesuksesan Tim SEPUR (Sebelas Pasukan Tempur) ini, adalah awalan dari kesuksesan acara Camping tahunan ini. Setelah breafing terakhir tim sepur ini, gue dapet kabar dari Fahri yang bertugas mengatur keberangkatan perwakilan sangga, dan panitia. 

Kalau kloter pertama keberangkatan sudah meluncur menuju Buper, dan sambil menunggu mereka datang, kita mengecek sound system dan merapihkan area Buper. Dan kini tugas terakhir Tim Sepur adalah, mengkawal acara camping tahunan ini hingga selesai. 

Bersambung...

12 komentar:

  1. Sudah jarang main kesini, tau-tau udah part 59 aja. Terakhir kesini masih 40 an deh kayaknya.

    Ceritanya juga gak jauh-jauh dari camping, pramuka. Bener-bener anak pramuka sejati nih bang fahmi.

    Ada gitu ya putih-putih di pohon pisang, biasanya putih-putihnya di pohon beringin. Aku kuga kasian sama sungainya nanti tercemar gara-gara dipakai cuci muka sama muka-muka kumel yang jarang mandi itu. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah masa sih, lo aja nih yang kemana aja selama ini. :d

      pramuka udah manjadi bagian hidup gue. hahaha

      ada ki, katanya mah pocong itu lebih suka berdia diri di pohon pisang, iya itu sungai udah tercemar banget sama limbah dari budi. hahaha

      Hapus
  2. ahahaha.... ranjau.

    emang keterlaluan tuh si budi, main buang aja ampasnya.
    Ane pernah mandi di sungai cuma waktu ke desa aja. emang sering ada yang nganyut tuh di sungai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kampret tuh anak.

      iya kalau di desa mah airnya masih jernih, dan seger, tapi kalau udah dikota airny jadi butek dan banyak limbah, mulai dari sampah sampe ranjau kuning. hahaha

      Hapus
  3. selamat atas kesuksesan tim sepur.
    salut, ketika tau kalau tahun kemarin... ada aja kekurangannya.
    kampret... iu budi jorok amat dah -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tim sepur emang super. :d
      emang kampret tuh anak, kita kampret-kampretin aja yuk. :d

      Hapus
  4. Aku bingung mau komentar apa, soalnya kan ga ngikutin dari awalnya. Nanti deh yah aku baca part-part lainnya dulu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk papa mba, udah mampir mau baca postingan gue aja, gue udah berterima kasih banget. :)

      Hapus
  5. Lama nggak mampir kesini, terakhir mampir pas cerita lu gagal dapetin cewek mi. Dan sekarang udah mulai kemah lagi. Kayaknya kehidupanmu dipenuhi dengan cerita pramuka dan kemah ya. Asik banget bisa jadi panitia, walaupun capek kalo lihat acaranya sukses jadi seneng.

    Kayaknya Budi harus diajarin kesopanan deh. Biar bokongnya itu tau bagaimana step-step ketika mau buang hajat. Parah banget si Budi, untungnya kalian cepet banget menyadari hal-hal aneh yang terjadi pada bokong budi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pramuka is my life. :D

      Kucing sama budi kayanya masih pinteran kucing deh, dia kalau habis buang hajat, langsung di tutupin dan di sembunyiin biar gak ada orang tau, lah ini si budi bukan di umpetin juga malah di sebar bagi-bagi ke kita. hahaha

      Hapus
  6. Bener - bener anak pramuka sejati. tapi geli juga liat tingkah budi yang begitu, joroknya ga ketulungan :v duh.. duh.. menjijikkan kalo membayangkannya. kalo dulu widya pernah liatnya bukan itu tapi popok bayi *iyakksss tapi intinya sama2 aja jijik ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. once scout ever scout :d

      jangan sampe dibayangkan mba, gue aja yang ngeliatnya terus gue tulis lagi disini dan inget-inget kejadian itu lagi, jadi pengen muntah. hehehe

      Hapus