Episode : Green Mission (2)


       Sebelumnya gue mau ngucapin terimakasih kepada Blogger Energy, Ranger biru, yang udah memberikan gue Award di bulan ini. Dan gue juga ucapkan terima kasih kepada para gyerz dan pembaca lainnya, yang udah nyempetin mampir ke blog gue.

       Berkat cerita "Bukan Tulisan Tangan" ini, yang sekarang udah sampe eps. 52, hampir nyaingin sinentron Cinta Fitri,Tukang Bubur Naik Haji. Film drama Jaka Tarub yang ada adegan naik elangnya, atau malah Tukang Bubur Naik Elang. Gue bisa mendapatkan Award creative gyerz male edisi bulan April. 

       Mungin lo bertanya-tanya tentang cerita "Bukan Tulisan Tangan" ini, kenapa sih judulnya selalu itu, ada apa sebenernya di balik itu. Bahkan sekarang udah menjadi misteri, setiap kali mampir ke blog gue.

       Oke deh, gue akan mengungkap misteri ini, tapi gak sekarang, tunggu postingan gue minggu depan ya tentang misteri cerita "Bukan Tulisan Tangan". Jadi bagi yang penasaran mohon bersabar dikit ya hehehe. Kali ini gue akan malanjutkan dulu episode yang kemarin, yuk simak dulu yang satu ini. :)


Setelah perjalanan sekitar 45 menit, mobil elf yang kita naiki berhenti, dan kita semua turun di ladang-ladang.  Fahri, Eki dan beberapa anak cowo lainnya langsung menurunkan barang perlengkapan. Sedangkan gue turun dari mobil langsung menghampiri Adi yang ada di mobil depan. (Gue sengaja gak ikutan nurunin barang, biar gue gak ikutan bawa barang).

“Di kita nanam pohon di sini ? gila ini tempatnya gersang banget.”

 “Bukan di sini boy tempatnya, masih jauh lagi.”

“Lah, terus kita ngampain turun dari mobil ?”

“Buat jalan ke sana, mobil gak bisa masuk boy. Jalannya setapak, udah gitu nanjak lagi.”

“Jadi kita jalan kaki nih kesananya, masih jauh gak Di ?”

“Sekitar 1 KM Mi. Lo kan anak Pramuka udah biasa hiking. Eh Mi bantuin gue bawa tabung oksigen ya.”

1 KM mah bagi gue kecil, tapi setelah gue mendengar Adi menyuruh gue bawa tabung oksigen, gue langsung nelen ludah. Gue menghampiri dia ke sini, sengaja untuk menghindari biar gak bawa barang, eh malah Si Adi nyuruh gue bawa tabung oksigen, mana tabung oksigen itu beratnya 8 Kg lagi, kampret ini mah, mendingan gue tadi diam aja di sana terus bawa ember atau kardus air mineral deh. Gue bilang ke Adi,

 “Jangankan 1 KM, 10 KM juga gue jabanin Di. Eh buset.... ini tabung oksigen buat apa dibawa-bawa, di dalam hutan kaya gini masih aja kekurungan oksigen.”

“Buat Tasya anak PMR, diakan punya penyakit Asma,barang kali Asmanya kambuh, kita udah siapin perlengkapan buat nanganinnya.”

 Setelah Adi bilang gitu, lalu menurunkan tabung oksigennya di depan gue, dia malah pergi meninggalkan gue, “Oh gitu. Eh lo mau ke mana ? masa gue sendirian bawa tabung yang segini beratnya.” Seru gue ke Aldi yang berjalan meninggalkan gue.

Adi meninggalkan gue sambil bilang “Gue bantuin anak-anak yang lain bawa bibit tanaman, lo bawanya minta bantuan sama yang lainnya aja.”

Ah kampret si Adi, tadi bilangnya bantuin gue bawa tabung, kenapa dia malah ninggalin gue sendirian, ini sama aja lo nyuruh gue bawa tabung. Karena gue gak mau bawa tabung yang beratnya 8 kg ini sendirian, gue manggil Fahri yang baru selesai nurunin barang dari mobil.

“Ri, sini lo !”

Fahri langsung menghampiri gue, dan bilang “Ada apa lo, manggil gue ?”

“Lo kan gak bawa apa-apa nih, bantuin gue bawa tabung oksigen.”

Dan Fahri tanpa banyak omong, dia langsung mau membantu gue bawa tabung oksigen ini. Belum juga setengah jalan kita berdua gotongan bawa tabung, baru deh si Fahri ngeluh dan banyak omong.

“Buset, berat juga bawa tabung kaya ginian.”

Gue menanggapi Fahri “Kata siapa enteng bawa tabung oksigen, kalau enteng juga, gue gak minta bantuin lo buat gotongan.”

 “Ah ini bikin nyusahin orang yang bawanya aja nih, udah jalannya nanjak lagi. Emang ini tabung buat apaan sih Mi ?”

“Buat di isi ulang Ri, mumpung kita di dalam hutan, kan banyak oksigen tuh hahaha.”

“Lo lagi ngelawak ta Mi ? kok gak lucu ya.”

Kampret Fahri ngacangin gue, nampaknya dia udah mulai bete bawa tabung oksigen. Betenya Fahri, udah kaya betenya cewe lagi pacaran, setiap lawakan pasti dibilang gak lucu. Karena gue gak mau Fahri jadi tambah bete terus ninggalin gue bawa tabung sendirian, kaya cewe yang lagi bete sama pacarnya terus main tinggal begitu aja.

Gue pun jelasin kenapa kita bawa tabung oksigen “Ini tabung oksigen buat Tasya anak PMR Ri, diakan punya Asma, buat antisipasi takutnya Asma dia kambuh pas lagi nanam pohon.”

“Ah itu anak bikin ribet aja sih, kita kan di dalam hutan banyak oksigen gini. Kenapa harus bawa tabung oksigen segala, kalau si Tasya Asmanya kambuh, langsung aja pake selang air sambungin ke pohon, biar udaranya lebih Fresh, dan gak usah repot-repot bawa tabung segala, cukup bawa selang air aja.”

Kebetean Fahri emang udah kaya kebeteannya cewe, dia rempong benget. Sepanjang perjalanan, dia nyerocos terus ngebahas tabung oksigen. Dan gue menanggapinya udah kaya pacarnya aja, ketika lagi pacaran terus cewenya bawel, dengan bilang “Iya... iya...”

Tak lama kita berjalan Fahri juga udah mulai kecapein dan gak bawel lagi, tiba-tiba rombongan kita ketinggalan pemandu yang di depan, dan kita sekarang benar-benar tersesat di tengah hutan. Bu Iis yang berjalan paling depan nanyain ke kita
“Eh kita jalannya kemana lagi nih, ke kiri apa ke kanan ?”

Ayu bilang “Gak tau Bu, kita-kita juga baru ke seni.”

Bu Tati yang ada dibelakang kita bilang “Ngikutin anak-anak yag di depan aja Bu.”

Bu Iis bilang “Anak yang di depan gak tau kemana, mereka jalannya cepet banget.”

Gue rasa kenapa anak-anak lain dan pemandu yang berjalan di depan, jalannya cepet banget. Kayanya telinga mereka udah pada kesakitan kali, di sepanjang perjalanan ngedengerin Fahri yang nyerocos terus kaya burung beo. Bu Tati menyuruh Bu Iis,

“Ya udah Bu telfon aja, suruh balik lagi ke belakang nyusulin kita-kita.”

“Gak ada sinyal Bu. Eh anak-anak, Hpnya ada sinyalnya gak ?.”

Kita langsung mengecek sinyal HP, dan gue lihat di HP gak ada satu pun sinyal yang masuk. Kita bilang “Sama Bu, gak ada sinyal juga.”

Dan karena gak ada sinyal untuk menghubungi orang lain, kita berhenti menunggu para pemandu mencari kita. Di saat lagi menunggu dengan suasana genting kaya begini di tengah hutan, Fahmi nanyain ke gue,

“Mi lo ada korek gak ?”

“Buat apaan lo korek ?”

Fahri menyampaikan ide berliannya ke gue “Buat ledakin nih tabung oksigen, buat dijadiiin kode darurat, kalau kita terseset di sini.”

Super kampret sekali ide dari Fahri, benet-bener berlian buat matiin kita semua. Gue bilang “Gila lo, yang ada malah kebakaran.”

Ini anak emang bener, kayanya ikut ke hutan punya niatan mau ngerusak hutan, udah bawa golok, ditambah sekarang punya rencana mau bakar hutan. Dan tak lama menunggu, akhirnya para penjaga hutan yang memandu kita itu balik lagi dan menjemput kita. kita pun melanjutkan lagi perjalanan untuk menuju tempat penanaman pohon.

Setelah cukup lama kita berjalan akhirnya kita sampai juga di tempat penanaman pohonnya, kita beristirahat sejenak sambil menikmati pesona gunung Ciremai yang terlihat jelas. Setelah beristirahat sekitar 10 menit kita langsung dikumpulkan untuk diberikan pengarahan dalam melakukan penanaman ini oleh pihak taman nasional.

Dalam penanaman kali ini kita menggunakan metode baru dari jepang yaitu Metode Miyawaki.  Suatu metode penanaman untuk merestorasi areal kritis yang dikembangkan oleh Profesor dari Jepang (Prof. Miyawaki) yakni konsep penanaman pohon menggunakan jarak tanam rapat, yaitu jumlah penanaman antara 20.000 s.d 30.000 pohon/ha. Dengan tujuan agar fungsi ekosistem kawasan hutan dan tutupan lahan dapat dipulihkan dalam kurun waktu yang lebih singkat.

Setelah kita diberi pengarahan kita langsung melakukan penanaman pohon. Gue langsung ambil sekop untuk menggalih tanah, gue lihat Fahri bener-bener menggunakan golok yang dia bawa dari sanggar untuk menggalih tanah. Fahri bilang ke kita-kita,

“Nih liat, gue benerkan goloknya dipake buat galih tanah, kreativkan gue.”

Fahri langsung memprakteknya, menggalih tanah menggunakan golok. Janu yang berada di deket Fahri bilang,

“Eh kampret, kreativ sih kreativ,tapi tanah yang lo galih kena muka gue, lo galih tanahnya gak usah pake tenaga kaya orang nebang pohon segala.”

 “Eh sory jan, maklum gue megangnya golok, jadi kebawa semangat kaya orang mau nebang pohon hehehe.”


Gue gak ladenin Fahri dan Janu yang ribut gara-gara sepele masalah tanah yang kena mukanya Janu ketika Fahri menggalih tanah, mereka berdua udah dewasa ini, gak perlu dipisahin kaya anak TK lagi. Ya walaupun mereka berdua ditangannya sama-sama memegang alat tajam, Si Fahri megang golok, dan Si Janu megang cangkul kecil. Tapi gue yakin mereka gak mungkin gara-gara masalah sepele ini, mereka sampe berantem beneran terus bacok-bacokan.

Bersambung...

15 komentar:

  1. eh sebentar

    “Mi lo ada goreng gak ?”

    “Buat apaan lo korek ?”


    Goreng apa korek sih?

    BalasHapus
  2. Cie... yang dapat award, semangat ye, emang kayaknya rubrik 'Bukan Tulisan Tangan' lu ini bikin penasaran, udah 52 episode lagi. Kayaknya ini gegara ratingnya tinggi jadi ditambahin terus episodenya, tapi bukan kayak sinetron yang cuma asal tayang karena rating, ini emang bener-bener berkualitas setiap episodenya walaupun udah banyak :)

    Oh iya, itu gimana tangan lu sama Fahri abis bawa tabung oksigen 8 kilo? 1 kilo naik ke atas bawa beban 8 kilo, gak bisa bayangin dah gue. Gue bawa satu galon kecil air 3 kilo ke atas aja cape, ini 8 kilo ._.

    Oh iya, itu Fahri sama Janu kagak bacok-bacokan ya? Dari awal pas ngambil cangkul sama golok perasaan berantem mulu xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya nih, tinggal nunggu masuk nominasi panasonic global award aja. hehehe

      gila begelnya bukan main, Fahri mah gitu orangnya, hahaha

      Hapus
  3. Sebelumnya gue mau ngucapin selamat dulu buat lu nih mi yang udah dapetin award 'Creative Gyerz Male' bulan April kemaren. Semangat terus ngeblognya mi! :D

    Oh, nggak usah lah bantuin si Asmanya, bilangin ke temen lu kalo ngeluh nanti nggak dapet pahala :D

    Itu kampret juga idenya yang buat ledakin tabung oksigen. Emang gila tuh bocah wkwk :D

    Itu teknik penanamannya 'miyawaki'? kenapa yang melintas di kepala gue malah 'miyabi'. Ah, lupakan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ri, oke sip.
      fahri mah gitu orangnya ri, :D

      hahaha miyaki kan kakeknya miyabi. :D

      Hapus
  4. Wah selamat ya fahmi.. duh kayaknga aku mesti bikin tulisan tangan 2000 episod kali biar menang -_- iya nih penasaran sama kenapa namanya tulisan tangan, padahal tulisan tangannya fahmi kan jelek *ampun

    Fahri mulai lelah tuh masa lawakannya di bilang gak lucu, padahal mah iya..

    Kayaknya gara2 tabung oksigen jadi deket sama fahri nih. Cieee.. btw kalo si ari kata miyawaki kepikiran miyabi. Kalo aku malah kepikiran miyawaki sakura membernya akb48. Kalo gak tau googling pasti seneng..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... itu ganya sebuag keberuntungan aja ki, tapi kalau mau bikin cerita ratus2 episode, bikin aja ri, temenin gue, biar ada temenya. :D
      ah kalau malasah tulisan gue yang jelek mah gak usah dibahas lagi.

      iya kayanya lawakan geu emang jayus,
      gue liat miyawaki sakura di google, gak jauh beda pose fotonya sama aja kaya miyabi, cuma pake bikini doang. :D

      Hapus
  5. wahahaha, congrats yakk bro dapet award BE.
    fahri terlalu berenergy tuh ngegalih nya. sama kayak blogger energy, yang selalu berenergy.
    tapi lucu juga ya, jadi ada korelasi antara golok dan rasa semangat -___-

    BalasHapus
  6. seandainya itu temenmu yang megang benda-benda tajem berantem bacok-bacokan, aku yakin pasti yang megang golok itu menang hahaha.
    BTW, selamat ya udah dapet creative blogger, semoga edisi bukan tulisan tangan ini, bisa ngalahin 1000 episodenya cinta mak fitri

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ya iyalah, dia pake golok, sekali tebas nyawa langsung malayang. :D
      ya makasih, hehehe
      kalau buat ngalahin cinta fitri mah kayang gue harus bikin sama season 8 deh. :D

      Hapus
  7. sebelumnya gue mau ngucapin selamat yaa buat lo yang sudah menjadi creative gyerz male! semoga makin semangat ngeblognya dan cepet menungkap cerita 'bukan tulisan tangan' ini hehe.

    haha, apes banget yaa lo disuruh bawa tabung oksigen beratnya 8 kg. gue aja kalo bawa tabung elpiji 3 kg aja keberatan haha. si Fahri lucu juga tuh, kayak cewek lagi pms, mungkin waktu itu dia lagi dilep. habis bete, eh si Fahri malah jadi gila, idenya ekstrim banget buat ledakin tabung oksigen. yaelaah, fahri... fahri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makasih gan.

      iya padahal gue tadi niat gak mau bawa apa-apa, eh malah disuruh bawa tabung oksigen, gue lagi apes banget itu. gue juga curiga, jangan-jangan dia itu bukan cowo lagi tapi... :D

      Hapus
  8. Tapi Cah, kan kalo sakit asma kayaknya tinggal pake obat hirup atau botol oksigen udah cukul nggak sih masa iya pake tabung segala. Itu beneran tabung oksigen apa tabung elpiji???? 😩

    Ceritamu penuh dengan petualangan ya, masa muda yang indah...hehehe...
    noh temenmu sebaiknya dilerai..takut yg satu bacok yang satu nggali lubang...bacok2an di liang lahat. Khan syerem

    BalasHapus