Episode : Green Mission (1)



Selain terjun ke masyarakat kita juga pernah terjun ke lingkungan, waktu itu kita berkerja sama dengan ekskul PMR dan Smandapala (Pecinta alam) untuk melakukan penanaman 300 pohon di taman nasional gunung Ciremai dalam memperingati hari jadi ekskul PMR di sekolah kita. 

Ya waktu itu ekskul PMR mengajak ekskul Pramuka dan Smandapala untuk mengadakan kegiatan pelestarian lingkuangan yaitu menanam 300 pohon. Kita dari pihak Pramuka meresponnya dengan positif dan ikut mendukung serta berpartisipasi dalam acara ini.

Hari minggu pagi kita kumpul di sekolah, dan bersiap-siap berangkat menuju taman nasional gunung Ciremai. Jam 6 pagi gue udah datang di sekolah, dan langsung menuju ke sanggar pramuka untuk mempersiapkan dan mengambil perlengkapan penanaman pohon, ketika gue lagi mencari ember dan sekop, tak lama kemudian Fahri dan Eki datang, mereka berdua langsung menghampiri gue masuk ke sanggar. Fahri menyapa gue,

“Pagi komandan, rajin amat lo datangnya, pagi-pagi gini udah sampai sini aja.”

Sambil mencari sekop gue balas sapaan Fahri “Woy bro, eh yang lain udah pada datang belum ?” gue menanyakan ke Fahri dan Eki yang masih santainya berdiri di pintu.

Eki menjawabnya “Gak tau Mi,kayanya yang dari pramuka baru kita bertiga aja deh, tapi gak tau juga sih, barang kali aja yang lain udah kumpul di UKS sama anak-anak PMR. Eh lagi ngapain lo, ngubek-ngubek lemari kaya lagi nyari tikus aja lo.”

Gue bilang ke mereka berdua “Lagi nyari alat-alat buat nanam pohon. Eh lo berdua, dari pada nganggur ngeliatin gue doang, lebih baik bantuin gue napa.”

Fahri bilang “Dari tadi napa bilang kalau lo itu lagi butuh bantuan.”

Gue bilang “Ah lo mah nunggu disuruh aja, udah cepet bantuin.”

Kita bertiga ngubek-ngubek seisi sanggar, mencari alat yang bisa dipakai buat nanam pohon mulai dari kompor, derigen, dispenser (eh lo mau nanam pohon, apa mau bikin dapur umum. Pake bawa kompor sama dispenser segala). Oke bukan perlangkapan yang seperti itu yang kita cari.

Setelah kita mendapatkan semua perlengakapan yang kita butuhkan, gue kaget di ember yang berisi alat-alat buat nanam pohon yang akan kita bawa, ada golok dan gergaji. Gue tanya ke mereka berdua,

“Eh siapa nih yang masukin golok sama gergaji ?”

Fahri bilang “Gue Mi.”

Gue bilang ke Fahri “Buat apa lo bawa golok sama gergaji ? kita di sana mau menanam pohon bukan mau nebangin pohon.”

Fahri bilang dan ngasih alasan ke gue “Ya buat nanam pohon lah Mi, ini buat galih tanahnya, kan kita bisa pake ujungnya tuh buat galih tanah, abis udah gak ada sekop sama cangkul kecil lagi sih, ya udah deh gue bawa aja ini buat dimanfaatin galih tanah, berlian kan ide gue.” Sambil menunjukan golok ke gue, dan sekarang gue lihat Fahri udah kaya tukang jagal (tukang sembelih sapi).

Boleh juga nih idenya, encer juga nih anak otaknya. Bisalah alasan dia dipake buat nanam pohon, dan gue memperbolehkan dia membawa golok dan gergaji. Dan gue harap golok sama gergaji ini bener-bener di pake buat galih tanah, bukan buat nebang pohon atau malah berburu hewan di hutan.

Eki menyautin omongan Fahri “Lo mah ada ada aja Ri, kenapa gak sekalian aja lo bawa derigen sama gorek, biar lo bakar tuh hutan sekalian.”

Fahri nyautin Eki, Sambil menunjuk-nunjuk pake golok, “Eh bacot lo, diem gak usah banyak omong.”

Fahri terlihat emosi, diledek sama Eki, Eki juga udah siap ancang-ancang ambil sekop. Gue takutnya mereka berdua malah jadi berantem, Fahri bacok Eki pake golok, Eki nangkis Fahri pake sekop. Ya jelas udah bisa ketebak, yang kalah pasti Eki, dan Eki mati kebacok sama Fahri di sanggar, kalau gitu bisa-bisa sanggar ini jadi angger nih. Sebelum semua itu terjadi, gue lansung tenangin mereka.Dan gue bilang,

“Udah lah biarin aja Ki, golok sama gergaji biar dia yang make buat galih tanahnya.”

Fahri bilang “Iya oke, gergaji sama golok biar gue yang make.”

Ketika kita bertiga lagi ributin golok sama gergaji di sanggar, tiba-tiba Adi ketua PMR datang menghampiri kita.

“Heh pagi-pagi udah pada ribut aja, kaya bapak-bapak kehilangan ayam jagonya aja lo. Pada ributin apaan sih ?”

Eki bilang “Nih si Fahri bawa golok sama gergaji.”

Fahri nyautin Eki lagi “Emang kenapa gak boleh ?”

Adi bilang “Buset buat apaan tuh ? bawa-bawa kaya gituan.”

Fahmi nyautin Adi sambil menunjuk goloknya ke arah Eki “Buat bacok Eki, tar di hutan Di.”

Baru juga tenang, mereka berdua udah mulai ribut lagi aja. Gue yang berdiri di tengah-tengah, langsung nenangin mereka berdua lagi. “Udah-udah gak usah ribut, golok sama gergaji aja diributin. Eh ada apa Di ? mau berangkat sekarang ?.”

Adi menjawabnya “Iya, segitu aja diributin, kaya anak kecil aja. Oh iya gue mau minjem tiker sama terpal buat di sana, kekurangan tiker kita, segaligus buat jaga-jaga bawa terpal takut hujan.”

Gue bilang “Oh ya udah ambil aja Di, ada banyak tuh kita.”

Fahri bilang “Di sanggar mah semua lengkap Di, lo nyari apa aja juga ada, sekalian mau bawa tenda pleton gak nih, kita langsung siapin sekarang.”

Adi bilang “Buat apaan bawa tenda pleton segala, kaya kita mau nginep di sana aja. Tar aja itu mah dipakenya kalau kita TTCT nanti.”

Eki menyakan ke Adi “Eh Di, anak-anak pramuka udah pada kumpul belum di UKS ?”

Adi bilang “Udah pada kumpul, ada Janu,Ardi, Yara, Ayu, sama anak-anak kelas X. Si Evan kemana boy ? kok dia gak ada.”

Gue bilang “Oh iya si Evan lagi ada acara keluarga dia gak bisa ikut.”

Adi bilang “Oh gitu, eh boy kalau udah selesai semua, langsung ke parkiran aja ya, bentar lagi kita mau berangkat.”

Gue bilang “Oke sip, kita juga udah selesai sih, ya udah sekalian aja kesana.”

Kita berempat keluar dari sanggar dengan membawa peralatan menanam, terpal dan tiker lalu langsung menuju ke parkiran. Di parkiran, mobil elf yang akan membawa kita sudah ada, kita langsung menaikan barang perlengkapan kita ke dalam mobil elf dan menuju ke tempat penanaman pohon.

Di perjalanan di dalam mobil, ketika gue lagi duduk santai menikmati pemandangan, gue ditanya Kiki anak kelas X,
“Kak kita nanam pohonnya di hutan kan ?”

Gue jawab “Ya iyalah di hutan masa di sawah, kalau di sawah namanya nanam padi, bukan nanam pohon Ki, emang kenapa ?”

Kiki nanya lagi “Bukannya di hutan gunung ciremai itu ada harimau liarnya ya ?”

Ini dia dapet info isu itu dari mana lagi, Parnoan banget nih anak, gue jawab “Ah lo mah percayaan aja sama cerita kaya gituan, gak ada, di sana aman kok.”

Padahal gue sendiri juga mengkhawatirkan hal itu, bener juga ya si Kiki. Kita kan nanam pohon di dalam hutan gunung ciremai, hutannya masih agak liar gitu, kalau beneran ada harimau yang tiba-tiba nongol gimana nih. Ketika gue masih ngelamunin hal itu, ingatan gue kembali sadar ketika Fahri yang duduk di deket Pak supir nanya ke gue,

“Mi, ini kita udah masuk ke taman nasional gunung ciremai, kita lewat mana lagi nih ?”

Gue jawab “Ikutan aja mobil yang di depan, gue juga gak tau jalannya, gue belum pernah ke sana.”

 “Ikutin mobil yang mana, di depan kosong gak ada mobil.”

 “Lah mobil elf yang tadi di depan kita mana ?”

 “Gak tau tuh, mobil yang tadi kemana, dia ngebut aja sampe-sampe kita ketinggalan.”

Yara mulai panik “Gimana nih kita, udah di tengah-tengah hutan kaya gini, kita gak tau jalannya lagi.”

Kiki ikutan ngomong dan nakut-nakutin kita “Waduh gimana nih Kak,kalau ada harimau datang nerkam kita, gimana ?”

Suasana dalam mobil mulai panik dan histeris, suara anak-anak cewe udah pada rempong kaya emak-emak yang mau ngelahirin. Eki bilang ke kita-kita,

“Ya udah tar kalau ada harimau datang, salah satu dari kita harus ada yang mau jadi tumbal. buang aja keluar, Di lo keluar gih ?”

Ardi yang lagi enakan duduk santai sambil dengerin musik pake headset di HPnya, langsung nyautin Eki, “Ngapain ?”

Eki bilang “Jadi tumbal Di, lo kan badannya paling subur di sini.”

Ardi menyelah “Kampret lo, walaupun badan gue subur kaya gini, rasanya pait.”

Gue mencoba menenangkan suasana, “Udah-udah tenang. Eh di belakang masih ada mobil Elf lagi kan ?”

Janu bilang “Ada Mi, rombongannya anak-anak osis.”

Gue bilang da menyuruh Pak supir “Okelah kalau gitu, Pak supir berenti dulu aja di sini, tungguin mobil yang di belakang, tar kesananya bareng sama mereka.”

Kita pun berhenti ditengah-tengah hutan, suasana di dalam hutan agak sedikit mencekam dengan terdengarnya suara binatang-binatang kecil dan gesekan ranting-ranting pohon oleh angin, 5 menit kita menunggu, akhirnya mobil elf yang di belakang kita menyusul kita. Pak supir langsung tancap gas dan mengikuti mobil elf itu.

Bersambung...

23 komentar:

  1. Anak pramuka emang multi talenta, mau ikut kerja di organisasi apa aja bisa, mau bantuin jadi hansip eh pengawas pemilu bisa, sekarang diajak nanam pohon bareng PMR juga bisa, bangga dah gue sama anak pramuka :P

    Oh iya, masa sama harimau aja takut. Kan ada Fahri sama Eki. Fahri udah bawa golok buat ngebacok, kalau tetiba harimaunya nerkam, ada Eki yang nangkis pakai sekop. Tapi, kalau keadaan tersedak eh terdesak, ya terpaksa numbalin Ardi dah :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan slogan pramuka juga, bangga jadi pramuka indonesia. hehehe

      hahaha, bener juga tuh, tapi sayang mereka semua pada ketakutan.

      Hapus
  2. Ternyata anak pramuka fleksibel ya. Selain bisa digunain untuk ngehandle event-event, bisa juga jadi pecinta lingkungan bantuin anak PMR :D

    Lu nanem pohonnya di hutan liar gitu? Ihh.. serem. Mana katanya ada harimaunya lagi. Tapi nggak usah takut, soalnya itu kan masih rumor. Selain itu belum tentu mereka harimau beneran. Siapa tau mereka adalah 'manusia harimau' yang ada di RCTI. Makanya tanyain dulu sama mereka, "Kalian manusia hrimau?" kalo mereka nggak jawab dan lu dimakan, itu artinya bukan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah hebatnya pramuka indonesia. hehehe

      gak terlalu liar juga sih, cuma masuk ke wilayah taman nasional aja, ya memang denger2 hutannya cukup liar juga sih.

      kalau 7 manusia harimau yang di RCTI, udah deh kita langsung ngajak mereka selfie. :D

      Hapus
  3. Ngekomen sekaligus komentar yang diatas. Yoi, pramuka itu kan dasar dari segalanya. Pramuka is Amazing!!!

    Maaf nih, gue gk ngerti jalan ceritanya, soalnya ngebaca dari episode 51 langsung, ibarat gue langsung terbang ke lantai 51 dari bawah tanah, gk kesampean -.-

    Kasian banget kalian udah kehilangan jejak aja sebelum nyampe tempat. Ini murni pengalaman lu pribadi ya? Keren lo bisa numpahin pengalaman jadi sebuah cerita sedetail ini. Mantap Ehem ehem ini mah! Semangat terus bro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay this right.

      hahaha gk papa santai aja. iya pengalaman gue waktu SMA. okedeh siap bro.

      Hapus
  4. Kata orang, Pramuka itu satu. Tapi, bukan artinya cuman untuk 1 kegiatan doang. Bahkan, bisa menjadi pecinta lingkungan seperti yang lu ceritain. Gue sebenarnya kadang ngerasa kagum, kadang juga enggak. Entahlah.

    Tapi, gue agak kasihan sama lu. Masih dalam perjalanan aja, lu udah nyeset. Gimana memperjuangkan jalan cinta lu. "Ukhuk."

    Lah, jalan yang real aja, keseset. Gimana jalan di hatinya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikagum-kagumin aja. hehehe

      Aduh jalan hidup gue mah emang udah tersesat, bahkan sampe nyasar dan gak tau arah jalan pulang.... aku tanpa mu butiran debu... :D

      jalan hati gue banyak lubangnya, gejlak-gejluk, rusak parah. :D

      Hapus
  5. seru juga tuh kalo jadi angker sanggarnya. Sekop lawan golok, ting, ting, gue lagi ngebayangin serunya pertempuran tersebut. Tau kalo tiba-tiba dateng harimau gimana? Waaaa, dibelakang ada harimau lewat, langsung panik semua. Untung nunggu dulu, dan tak lama kemudian lewat mobil sebelumnya. Keren acaranya menanam pohon, semoga acara seperti ini tetap konsisten dilakukan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak tidak gue gak mau, jadi saksi pembunuhan di pengadilan.
      kalau ada harimau lewat, ya udah terpaksa kita tumbalin si ardi di mangsa sama harimau. :D

      amin semoga angkatan di bawah gue, termotivasi lagi untuk terus malakukan event ini.

      Hapus
  6. hahaha, temen lo lucu dan nggak peka banget yaa. biasanya temen gue juga gitu tuh, kita nya butuh bantuan, udah ngode berkali-kali eh tetep nggak dibantuin hehe. nungguin kita minta totlong dulu, baru dibantuin.

    lucu banget ketika mereka ngeributin golok sama gergaji. kalo gue jadi Eki sih gue heran juga, ngapain si Fahri bawa golok dan gergaji segala. kan mau nanam pohon, bukan mau nyunat babi hutan hahaha. kayak anak kecil banget lah pokoknya mereka

    eh ini cerita lo udah nyampe episode 51 yaa, kayaknya dibikin draft novel udah cukup nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitulah orang lenje. :D

      hahaha mungkin iya kali, si fahri semalam udah janjian sama bapaknya babi hutan nyuruh nyunatin anaknya, makanya dia bawa gergaji sama golok. :D

      iya juga ya, tar aja deh liat kedepannya kaya gimana. :)

      Hapus
  7. Fahri otaknya encer juga ya. Karena nggak ada alat lagi, akhirnya dia pake gergaji. Lumayan deh haha.

    Jadi, yang mau nanam pohon di sana itu siapa aja selain pramuka dan osis? *ini aku yang nggak merhatiin atau emang gak kamu ceritain ya?*

    Tapi baguslah kegiatan semacam ini, Mi. Soalnya emang sekarang banyak proyek hotel, apartemen, perumahan yang nggak mengganti lahan tanah untuk bangunan jadi taman lagi. Jadi penyerapan air di bumi kita nggak sempurna. Saranku nih, jangan cuma ditanam aja, tapi diurus juga nanti ya~

    Tapi yah Mi, kalo aku jadi cewek-cewek di mobil, pasti bakal ngelakuin hal yang sama. Soalnya gimana nggak panik. Udah kesasar, di hutan liar, nggak ada petunjuk dan orang lai pula. Pasti udah nangis di pojokan sambil merapal doa :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. encer sih encer tapi kontroversi. :D
      ada PMR dan smadapala (pencinta alam) Mba, kayanya Mba gagal fokus deh, padahal gue udah jelasin di atas. hehehe

      nah iya tuh, para pembisnis cuma hanya bisa memikirkan uang aja, gak bisa memikirkan nasib bumi kita ke depannya bakalan kaya gimana. iya mba awalnya sih begitu, setiap 3 bulan sekali kita ngecek kesana, tapi apa daya waktu yang terbatas, membuat kita gak ada agenda lagi buat ke sana, tapi semoga aja angkatan di bawah kita bisa mengagendakan kegiatan itu lagi.

      ternyata semua cewe emang kaya gitu ya Mba. hehehe

      Hapus
  8. Gergaji buat galih tanah? :o
    wkwk kelewatan genius nih si fahri, tolong sampaikan ke dia : "mantap bro lanjutkan" (o)

    Sekarang agenda nya nanem pohon yah, asik dah pengalaman lagi nih.. hehe
    km kegiatan nya banyak bener yah bro, dari pramuka aja kegiatannya macem-macem gini. Hehe rugi saya dlu ga ikut pramuka :3

    waduh harimau, ckck semoga bukan jelmaan dari 7 manusia harimau :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itulah ide berliannya si Fahri.

      ya begitu lah, banyak pengalaman dan pelajran yang gue dapet dari pramuka.

      Hapus
  9. Eh tapi beneran yah, katanya harus ada yang 'dibuang' biar ngga sial semuanya.. Hiks.. :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya gitu, tapi masalahnya siapa yang mau dikorbanin untuk dibuang, gak ada yang mau.

      Hapus
  10. Anak pramuka emang sesuatu banget. dulu waktu SD aja pernah ikut pramuka dateng ke pertemuannya sekali kalinya aja abis itu ga ikut lagi xD suka salut sama org yg ikut pramuka. bisa kerja sama bareng anak PMR. terlebih lagi pnya pengalaman menanam pohon di hutan itu keren banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nyesel nih mba, gak aktif di pramuka. hehehe

      Hapus
  11. yah bersambung -_-
    kapan lanjutnya mas :))

    BalasHapus