Sebagai anak yang pernah sekolah gue pernah yang ngalamin silkus ini,lo juga pasti pernah juga kan ? sebelum gue kasih tau siklusnya kaya gimana,gue mau nanya dulu. Tujuan lo kalau sekolah itu buat apa ? ya kalau tujuan yang benarnya,sebagai anak rajin dan pinter pasti bilang mau belajar atau nuntut ilmu (nuntut ilmu disini bukannya lo pergi kepengadilan terus lo nuntut orang yang namanya ilmu,lagian si ilmu salah apa dibawa-bawa ke pengadilan,terus ngapain gue bahas ini juga),tapi sebagian anak ada yang bilang,mau sekedar main-main aja disekolah sama temen-temen,mau ngambil uangnya aja buat jajan atau shoping,mau cari pacar atau ketemu pacar,sampe ada yang bilang mau ikut tawuran pelajar (wah.. kalau bisa alasan yang satu ini jangan lo ikutin ya,dan kalau bisa budaya ini harus kita hentikan demi masa depan bangsa kita. Tumben ya kata-kata gue ini bener juga hehehe). Oke deh apapun alasan lo buat pergi ke sekolah,gue gk mempersalahkannya. Yang penting dengan lo beralasan begitu untuk pergi ke sekolah,jadi lo bisa rajin juga berangkat sekolah. ya walaupun alasan-alasan yang tadi gk sesuai sama tujuan sekolah,seagaknya dengan kita datang kesekolah ada ilmu yang kita dapet walaupun hanya beberapa.

        Siklus yang bener kalau kita sekolah itu kita datang untuk belajar, kita belajar menjadi pintar,tapi entah mengapa sesuai dengan perkembangan jaman siklus ini berkembang pesat dan tidak sesuai dengan koridornya. Seperti,kami datang kesokolah untuk minta uang dan kami dapet uang untuk jajan (wah kalau yang ini nih biasanya anak-anak cewe yang suka shoping,ngaku deh loh) Dan ada juga yang tipikalnya orang males yang kerjaanya tidur kalau dikelas atau main-main doang itu seperti ini,datang > duduk > diam (diam dalam artian kalau lagi ada guru yang ngajarnya serius dan gk bisa ngejawab pertanyaanya,tapi setelah gk ada guru dikelas langsung deh yang tadi diam langsung jadi ribut),malah ada juga yang mengibaratkan seperti jaman romawi pada masanya Juilius Caesar,yaitu kami datang,kami perang,kami menang. Ya prinsip ini yang biasa dipake sama anak-anak yang suka tawuran ( kalau denger siklus ini jadi gue inget film crows zero,sekolah suzuran yang kerjaannya tawuran terus,sampe-sampe gurunya aja pada takut ngajar mereka)

Fase-fase itu tidak hanya sampai disitu saja,terkadang kita kalau disekelas jika gk ada guru kita malah semakin merajalela mengembangkan siklus itu. Ya walaupun guru sempat ninggalin tugas buat kita,tapi itu hanya beberapa saja yang mengerjarkanya. Dan kebanyakan kita kalau udah ditinggal guru dalam kelas,suasana yang biasa-biasa aja jadi terasa luar biasa. Berbagai aktifitas masyarakat pada umumnya sudah cukup tergambar didalam ruangan ini. Mulai dari buka lapak maianan kartu,ada juga nyanyi-nyanyi sambil gitaran,main PES atau FIFA sampe buat kompetisi dadakan,buka bioskop dadakan nonton bareng satu kelas,ada juga yang mainan bola didalam kelas,yang mojok dibelakang kelas juga ada,yang ngegosip juga ada gk cewe gk cowo sama aja,yang tidur ngorok sampe ecesnya banjir juga ada,bahkan ada juga yang ngejualin barang daganganya. Dan gue sabagai anak yang pernah bersekolah selama 12 tahun cukup lama juga,gue udah pernah ngalamin itu semua.

Lo pernah dengarkan kata-kata belajar sambil bermain kan ? ya,tapi menurut gue kata-kata itu susah diaplikasikan ke dalam kelas. Seperti yang udah gue jelasin tadi diatas,kata-kata ini hanya bisa berfungsi jika ada guru aja,dan jika gk ada guru malah kata-kata itu bisa terbalik maknanya,jadi bermain sambil belajar,atau lebih tepat bermain tapi gk belajar. Ya kita kalau udah menemukan sesuatu yang menyenangkan terkadang cukup sulit bagi kita untuk melepaskaknya,sama aja kaya lo pacaran kalau lo udah menemukan yang nyaman,lo pasti gk mau juga kehilanganya.


Siklus-siklus yang tadi masih bisa kita maklumin sebagai pelajar,kecuali yang tawuran ya. Wajarlah namanya juga manusia,kita gk pernah puas apa yang kita dapet. Dan siklus tadi diatas bagi lo yang pernah ngalaminya,pasti akan menjadi cerita bahkan pengalaman yang gk bakal lo lupain seumur hidup lo. 

0 komentar:

Posting Komentar