Di episode ini gue akan menceritakan tentang aktivitas gue di pramuka ketika SMP dulu,sebelumnya lo masih ingatkan dengan semua kebodohan gue dan kesialan gue,mulai dari ngelayap setelah pulang SD,berangkat pagi ke sekolah,kisah cinta gue,sampe pada saat gue lagi main bola. kira-kira gue di kegiatan pramuka ini akan seperti apa ya,apakah bernasib sama dengan kisah-kisah sebelumnya ? oke langsung aja simak yang satu ini.


Selain main bola aktifitas gue setelah pulang sekolah,gue biasanya kumpul di sanggar pramuka bareng anak-anak pramuka lainnya,terkadang latian atau buat sekedar ngobrol gk jelas dan gk penting juga. Ya sebelumnya udah gue kasih tau,gue di pramuka ini menjabat sebagai Pratama (ketua pramuka). 

         Gue juga gk tau,kenapa harus gue yang jadi pratama,padahal waktu pencalonan dan pemilihan ketua,gue keliatannya anak yang gk terlalu populer dikalangan mereka dan gk terlalu nguasain tentang kepramukaan. Gue juga pas waktu pemilihan,gue sempat grogi ketika harus ngomong di depan meraka untuk menyampaikan visi dan misi gue,gue takut pas gue ngomong jadi kaya Aziz gapap ditambah gue harus ngompol dihadapan meraka. 

         Kalau udah begini,udah deh habis riwayat gue,bukanya gue keliatan keren dan gagah pada saat pemilihan,ini mah bisa-bisa gue jadi sesi tertawaan mereka di depan kelas. Saingan gue waktu jadi pratama adalah Arul dan Eki,kalau diliat secara fisik mah dia lebih gagah,keren dan keliatan memumpuni buat jadi seorang pratama,dibandingkan dengan gue yang keliatan kaya orang-orang sawah yang gk ada pantes-pantesnya jadi pratama,ditambah penguasaan ilmu pengetahuan gue yang kaya anak kacangan. 

         Tapi entah kenapa pada saat penyampain visi dan misi didepan meraka,gue kaya dapet kekuatan baru yang barusan ditransfer sama Gatot kaca,gue nampak lebih pede,keliatan gagah (kalau diliat pake sedotan aqua dari atas monas),dan serasa dapet pencerahan untuk panyampain visi dan misi gue. Ini fantastik banget,gue gk nyangka dapet kekuatan begini tanpa harus puasa 40 hari non-stop,ditambah harus mandi kembang 7 rupa. Akhirnya pada saat penyampain visi dan misi gue,gue bisa ngomong lancar didepan meraka tanpa harus ngerep kaya anak hip hop (gagap),dan gue bisa jawab pertanyaan dari kakak kelas dengan lancar.

Setalah sesi pemilihan,gue waktu itu terkejut bener-bener gk nyangka gue terpilih jadi pratama dengan hasil suara yang cukup telak yaitu : 1 suara ,2 suara ,16 suara (Prok prok prok...). Gue dapat suara yang cukup banyak kaya gitu,gue disini gk main politik uang ya,yang sebelum pemungutan suara,gue shubuh-shubuh udah keliling ke rumah-rumah bagiin hadiah dengan harapan mereka milih gue dipemilihan nanti,dan gue juga gk pake pelet-peletan yang harus ritual puasa 40 hari + mandi dihari jum’at kliwon dengan bunga 7 rupa. Ini hasil pemungutan suara asli tanpa ada rekayasa.

 Dan akhirnya gue dilantik jadi pratama untuk masa jabatan 1 tahun kedepannya. Selama gue jadi pratama banyak hal yang gue alami,mulai dari keseruan dengan mereka,kekompakan,sampe hal kebodohan gue. Gue pernah nanya ke salah satu adik kelas gue,kenapa waktu pemilihan pratama lebih memilih gue. Alasan dia milih gue karena menurut dia gue orangnya lucu bisa diajak bercanda.

         Tapi gue lucu bukannya gue suka ngelawak,gue lucu pada saat bercanda kalau gue sering dijadiin bahan candaan mereka dan terkadang gue juga malah ngelakuin hal bodoh yang membuat meraka lebih suka ngerjain gue. kebanyakan orang kalau memilih dalam pemilu itu diliat berdasarkan kualitas dan kriteria visi dan misinya,eh gue malah dipilih mereka berdasarkan kebodohan gue,gue juga gk tau tar mau dibawa kemana nasib ekskul ini ditangan gue yang anak kacangan ini. 

         Dan Gue juga gk tau kenapa alasan itu dibuat untuk memilih gue jadi pratama,tapi yudahlah tak apa,gue terima aja. Dan gue berharap nasib ekskul ini gk sejelek nasib cinta gue dari yang sebelumnya. hehehe

Awal-awal gue ngejabat jadi pratama emang cukup sulit buat ngeyakini mereka kalau gue sekarang ketuanya dan sekaligus ngatur mereka. Meraka terkadang malah ngerjain gue ketika gue suruh mulai latian. Jadwal latian pramuka gue itu setiap hari jum’at setelah sholat jum’at,biasanya kita mulai sekitar jam 1. 

        Sebelum mulai latian kita biasa sholat jum’at di masjid deket SMP,Kalau kita pergi sholat jum’at itu sepatu kita taruh di sanggar,terus kita pergi ke masjidnya nyeker deh. Gue dan yang lain kalau pake sepatu ke masjid tar pulangnya takut ilang,padahal mah sepatu yang gue pake juga gk bagus-bagus amat lagian harganya juga masih dibawah 50 ribu udah gitu bau lagi,ya maklum lah gue kalau nyuci sepatu kalau liburan semester aja. 

         Setelah pulang dari masjid nih terkadang gue sering dikerjain sama mereka,sepatu gue diumpetin di lemari tenda atau diatas genteng,ya tujuan meraka ngumpetin sepatu itu biar nunda mulai latian. Selama gue nyari sepatu yang diumpetin mereka,mereka malah asik-asiknya main bola di lapangan. Pas giliran sepatu gue udah ketemu aja,disuruh upacara pembukaan buat latian ,baru deh mereka pada kecapean semua gara-gara main bola. Alhasil yang biasa kita mulai upacara jam 1 malah mulai jam 2.

          Untung kalau setiap upacara pembukaan,gue terkadang jadi pembina upacaranya kalau latihannya gk didampingi sama pembina pramuka dan pelatih pramuka belum datang juga. Ya kalau jadi pembina itu posisi upacaranya enak gk kena panas sinar matahari,soalnya berdirinya di koridor kelas. Dan akhirnya gue bisa ngebalas mereka juga pada saat upacara,ya mereka yang kepanasan di lapangan gue malah enak berdiri adem di koridor kelas (hehehe pasang muka balas dendam). 

          Geu juga terkadang sering lama-lamain upacaranya,kalau mereka gk serius upacaranya masih banyak yang ngobrol,terkadang gue suruh mereka ulang lagi dari awal upacaranya (pasang muka jahat) Hehehe... akhrinya gue bisa ngerjain mereka juga,siapa suruh ngerjain pratama,gue kerjain balik juga lo pada saat upacara.

Di jamannya gue jadi pratama kalau latian ini gk pernah serius,ya mungkin ini salah satu faktor kenapa angkatan gue gk sebagus angkatan sebelumnya. Setiap latian kita lebih banyak bercandanya ketimbang seriusnya,ya sih ada baiknya juga latian sambil bercanda biar gk terlau kaku-kaku banget sama anggota lain. 

         Tapi menurut gue bercandanya kita udah ngelebihi komposisi latihan,udah gitu terkadang gue yang sebagai ketuanya sering dijadiin bahan sama mereka dan terkadang juga sering dikerjain sama mereka,kalau begini terus bisa-bisa reputasi gue sebagai pratama bisa ancur dan wibawa gue dihadapan mereka bisa-bisa gk dianggap lagi,sebenernya ini nih yang gue takutin kalau gue jadi ketua mereka,serasa gue jadi tambah culun aja bukannya keliatan gagah dan berwibawa dihadapan mereka. 

          Tapi ya sudahlah gue maklumin aja sikap mereka kaya gitu,dan gue berharap dengan sikap mereka yang kaya gitu bisa mempererat hubungan kami sebagai pengurus dan dengan adik kelas kami. Pernah gue buat paraturan pada saat latian PBB kalau ada yang gk konsetrasi dan sering bercanda maka hukumannya dipush up 5 kali,waktu itu kami sedang latian buat persiapan display ekskul dan kita diharapkan bisa latian dengan serius. 

          Gue yang sebagai danton (sebutan komandan PBB),terkadang juga gue diejek sama mereka dengan sebutan “plangton” (kutu ijo kecil yang di film spongebob yang kerjaannya nyuri resep rahasianya tuan crab). Gila aja gue disamain sama kutu ijo itu,udah kecil idup lagi. Ya walaupun gue jomblo lumutan tapi gue gak seperti itu juga. Dan entah kenapa dalam peraturan itu yang sering dapet hukumannya malah gue,ya terkadang gue membuat kesalahan gue sendiri. 

           Terkadang gue lupa urutan formasinya yang membuat mereka gk bisa ngebentuk variasinya,dan terkadang juga gue telat ngasih komando,pernah waktu itu pasukan gue lagi langkah tegak maju udah mau hampir nabrak tiang basket,gue ngasih komando dua kali belok kanannya telat,alhasil meraka nabrak tiang basket dan bubar dari barisan deh. Dan ujung-ujungnya gue lagi yang kena push up. Bener deh ini mah peraturan senjata makan tuan,gue yang buat tapi malah gue yang sering kena pusp up. 

Selain PBB kita juga sering latian tekpram (teknik pramuka) di tekpram ini kita latian tentang pionering membuat tenda,tiang bendera,sampe jembatan gantung juga ada. Lo disini bebas mau berkreasi tentang buat apa aja bisa Cuma dengan tongkat dan tambang,asalkan lo jangan manfaatin tongkat sama tambang buat lo gantung diri aja. Selain pionering juga ada semaphore,sandi,dan navigasi darat. 

         Menurut gue pramuka ini ekskul yang paling kreatif,dan sekaligus bisa mengajarkan kita hidup mandiri,dan bermoral. Ya walaupun kita kalau di pramuka latian jarang serius lebih banyak bercandanya,mungkin lebih tepatnya mah dibilang main sambil berajar,dan itu yang gue suka di ekskul ini. Pasukan gue cukup ahli dibidang tekpram,gue dibagian tekpram spesialis pionering dan sandi. 

         Ya kalau keliatan dari tampang mah gue kaya anak kacangan,tapi dibalik kacangan gue,gue punya bakat juga dibidang ini. Walaupun gue kalau buat pionering terkadang lupa nama simpulnya ini jenis apa,tapi gue tau cara nyimpul itu kaya gimana,terkadang juga gue kalau lagi kepepet suka pake simpul S3 (simpul suka-suka sendiri). Patner gue kalau dipionering itu sama Eki dan Ali. Patner gue ini juga terkadang kalau sedang latian sering ngerjain gue,lagi-lagi gue jadi bahan candaan dan terkadang jadi kelinci percobaan. 

         Pernah waktu itu kita lagi buat tiang gantung,dikasih waktu 10 menit. Geu yang bertugas nyatuin tongkat dengan Ali,gue yang bagian nyimpul dan Ali yang bagian muter tongkat (si Ali ini muter tongkat bukan mau akrobatik kaya singalaut yang di sirkus ya,ya walaupun kalau dipikir-pikir Ali mirip juga kaya singalaut dengan badannya yang cukup gendut ini) Ali muter tongkat itu salah satu strategi kita dalam membuat tiang bendera,kedua tongkat yang udah disimpul sama gue,terus langsung dibalut dengan tambang dengan cara memutar tongkatnya,dengan tujuan untuk menghemat waktu. 

         Tanpa disangka gue waktu itu yang lagi serius nyatuin tongkat sama Ali,tiba-tiba Eki dari belakang gue yang ngeliat tali sepatu gue lepas,langsung menyimpul tali sepatu gue dengan salah satu tambang yang udah disimpul menjadi tiang bendera. Alhasil ketika gue sama Ali buru-buru mau diriin tiangnya kaki gue kesangkut sama tiang bendera. Kesialan gue bukan sampe disitu juga setelah gue berhasil ngelepas simpul di sepatu gue,gue langsung diriin tiang bendera,gue yang waktu itu megangin patok.

         Dan Ali yang memukul patok untuk ditancepin ke tanah,karena waktu itu Ali mukulnya sambil ngobrol dengan Eki dan gk memperhatiin posisi patoknya,eh si Ali malah mukul tangan gue bukannya patoknya yang dipukul,untung waktu itu bukan pake martil atau palu,kalau Ali pake itu aja,udah deh tangan gue bisa-bisa gepeng. Untungnya ali pake tongkat terus mukulnya gk terlau keras juga.  Ya itulah tinggah laku mereka, lagi serius atau bercanda sama aja,tapi  kita malah ngerasa deket dan kompak dengan suasana yang kaya gini.


Bukan saat latian aja gue kumpul bareng dengan mereka,terkadang setelah pulang sekolah kalau gk ada kegiatan lain,gue sama anak-anak sering ngumpul di sanggar untuk sekedar tidur-tiduran,ngobrolin yang gk penting,dan terkadang latian kalau mereka lagi gk pada kumat malesnya,ya tapi latian juga ujung-ujungnya kita malah main-main.

         Pernah waktu itu kita lagi bersih-bersih sanggar,waktu itu si Ali nemuin ada kucing sama anaknya lagi sembunyi di tong air,gue yang takut banget sama kucing nyuruh Ali mindain kucingnya keluar sanggar,setalah Ali selesai mindain kucingnya keluar,gue sama Eki beresin peratan dapur dibelakang. Anak-anak yang waktu itu tau kalau gue ini takut sama kucing mereka ngerjain gue,gue yang gk ngira bakalan dikerjain sama mereka,waktu itu di sanggar Cuma ada gue sama eki yang lagi ngerapihin peralatan dapur,dan yang lainya pada diluar nyunci tenda,piring dan gelas. Eki yang waktu itu keluar bawa piring untuk dicuci. 

           Tanpa disangga Ali langsung ngunci gue dari luar,dan melempar kucing yang baru lahiran itu ke jendala belakang tepat dimana gue lagi ngerapihin peralatan dapur. Secara spontan gue langsung teriak ketakutan dan sembunyi dibalik lemari (gila kucing yang baru lairan dan masih sensitif dilempar ke gue,kucing yang biasa-biasa aja gue takut apalagi kucing yang kaya begini,udah suaranya yang bikin merinding lagi. Gue gk takut sama kucing kalau kucingnya kaya doraemon yang sering ngeluarin alat-alat ajaibnya. 

           Gue terkurung di dalam sanggar cukup lama juga ,udah serasa gue kaya lagi dikawinin sama kucing aja ini mah (kalau ada manusia yang kawin sama kucing itu berarti sejarahnya berawal dari gue yang lagi terjebak di dalam sanggar). Gue udah teriak-teriak nyuruh anak-anak yang diluar supaya cepet ngeluarin ini kucing ”woy yang diluar cepetan keluarin nih kucing. Gue gk mau mati histeris gara-gara ini kucing. Li,ini pasti kerjaan lo kan ? cepet buruan bawa nih kucing keluar” eh malah mereka tertawa keasikan ngeliat pimpinannya lagi disiksa sama kucing. Ya akhirnya gue bisa selamat juga dari kucing ini,si ali akhirnya ngeluarin juga tuh kucing “kenapa lo mi,kaya orang kesurupan gitu ? “. 

           Gue nyuruh ali cepet bawa kucing jauh-jauh dari gue “ kesurupan kepala lo,gue ketakutan gini,udah deh cepet bawa tuh kucing keluar kalau perlu lo kawinin aja sekalian.” Ali pun langsung gendong kucing keluar kaya gendong anaknya ”iya ya ini udah gue bawa,loh kok celana lo basah gitu,lo apain nih kucing apa lo ngompol dicelana ya?” “enak aja lo sembarangan nuduh gue gituan sama kucing,buat megang aja gue geli. Celana gue basah gini,tadi pas gue lari kesenggol sama tuh teko.” Gue pun ngebalas ali. Ali yang keluar dari sanggar seneng berhasil ngerjain gue tertawa pulas “ Hahaha... ada-ada aja lo,takut sama kucing,takut sama yang diatas mi” 

           Gue ngebalas ali dengan candaan “ diatas gk ada apa-apa li,kecuali cicak. masa iya lo takut sama cicak.” Setelah kejadian itu,sanggar yang tadinya hampir bersih jadi berantakan lagi gara-gara Ali yang nakut-nakutin gue pake kucing, alhasil kita semua pun ngarapihin sanggar lagi.

kapan-kapan nyambung lagi ya,
Bersambung...

16 komentar:

  1. Keliatannya asyik gitu ya aktif di pramuka, kalo di smpku dulu ekskul wajibnya pramuka kadang ikut kadang nggak. Jika ikutpun nggak akan serius banyak becandanya

    BalasHapus
  2. Ah, pramuka ya. Asik tuh, tapi gua males sama kakak pembinanya. Sok banget deh

    BalasHapus
  3. Ahhh. Cerpen lu mengingatkan masa gue SMP dulu bro. Tapi gini, gue dulu gak terlalu suka pramuka, sih. Gue lebih suka olahraga eskulnya, pramuka hanya kenal sandi Morse, sandi cinta. "Dan gitu2lah."

    Emang masa pramuka itu menyenangkan. Kata temen gue.

    Tapi bagi gua, apapun makanannya tetep harus pake minum. Kalo enggak, bakalan keselek. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih tepatnya minumnya teh botol sosro kali ya :-)

      Hapus
  4. Masih jaman ya pramuka? Biasanya dari eksul P4, pramuka itu paling gak laku makannya di wajibin banget hhe

    Btw tulisannya di rapihin ya, itu kok pargragraf sama spasinya amburadul loh

    BalasHapus
  5. engg... pramuka. aku kok gak suka sama kegiatan pramuka ya. aku takut disuruh joget dan nyanyi2 gitu. malu broh..
    sayangnya pas SMA aku kena karma. jadi kyk panitia gitu.. tetep aja gak mau nyanyi di depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pramuka gk cuma joget2 dan nyanyi2 aja kok,2 hari tepuk pramuka (h) :D

      Hapus
  6. Ngomongin tentang pramuka jadi inget pas smp, dulu aku punya impian jadi anak pramuka. Tapi gara-gara masalah sama kakak kelas yang jadi pembina pramuka, jadinya nggak ikut lagi.

    Di SMA juga gitu, awalnya mau aktif, eh ada masalah sama kakak kelas ;-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santai aja kakak kelas pramuka mah baik-baik kok,gk sampe ngegigit hehehe

      Hapus
  7. Jujur, di sekolah gua anak pramuka itu keren. Nah, berarti lu salah satu termasuk orang keren walaupun gak satu sekolah sama gue. :D

    BalasHapus
  8. Seserius-seriusnya pramuka, di sana pasti ada kampret dan bercandanya. Hahahaha, itu udah pasti dan wajib ada di daerah manapun. Gue juga gitu, gue dulu aktif banget di pramukan meskipun pas SD doang, sih. Buat gue kek nggak ada yang serius, malah kampret dan bercanda semua. Hahaha.

    Eh, keknya lo kalau nulis harus sering ganti paragraf deh, bro. Kasihan yang baca kalau misalnya satu paragrafnya panjang banget. Bisa bosen, loh. Itu aja saran dari gue. Tetep semangat, yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah yang gue suka dari pramuka. ya untuk kedepannya gua akan perbaiki lagi. oke sip gan

      Hapus