Kalau UAS udah berakhir itu berarti tandanya udah mendekati liburan (libur telah tiba... libur telah tiba,hati ku... gembira...),tapi nampaknya dalam praktek dilapangan lagu tasya ini tidak sesuai,ya dalam kamus pelajar itu yang ada setelah UAS terbitlah remedial,dan yang ada juga setalah UAS hati kita sengsara bukanya gembira. Dan biasanya menjelang UAS kita yang biasanya gk pernah belajar,tiba-tiba kesurupan arwahnya albert einsten,langsung rajin dan super sibuk. Tidur bela-belain sampe jam 3 malam buat pelajarin materi,dan sesampenya di sekolah bukanya ikut belajar sama yang lain malah tidur dikelas. dan ada juga selama 1 semester,belajarnya kalau mau UAS aja,ya pake SKS (sistem kebut semalam),cara yang ini nih terkadang jika kita tidak berhasil mengerti materi yang kita pelajari dan takut kalau besoknya gk bisa ngejawab soal,terpaksa kita melakukan ilmu gaib (bukan berarti kita main dukun loh,terus nyantet gurunya biar besok gk jadi UAS) ilmu gaib ini maksudnya menyontek,ya ilmu yang gk pernah dipelajarin disekolah tapi kita semua bisa menguasainya dengan cepat dan mudah. Ya jika kita udah kepepet begini terkadang kita bikin suatu catatat kecil buat dijadiin bahan contekan,lalu besoknya kita bawa ke ruang UAS dan disembunyikan di saku,kaos kaki,bahkan ada juga yang sampe menyelipkannya dibagian terlarang (ya itu... gk usah dibahas lagi bagian terlarangnya itu apa). niatnya mah udah bagus mau belajar,tapi sayang gk sesuai sama waktu dan tempatnya. Ya tapi namanya juga pelajar lebih baik telat dari pada tidak sama sekali.
 
Semua pelajar pasti pernah juga yang ngalaminya remedial, yang kerana remedial itu bagian dari siklus bejalar. Kita datang ke sekolah itu untuk belajar,kita belajar itu untuk ulangan,dan kita ulangan itu untuk diremedial. Namanya juga proses belajar,kita pun memaklumin hal ini. Waktu gue SMA dulu,gue pernah yang ngalamin remedial yang bukan seperti biasanya. Ya waktu UAS mata pelajaran matematika,ya mata pelajaran yang sebagian siswa dianggap mematikan. Gue sebelum ulangan udah belajar jauh-jauh hari,sampe gue juga pake sistem SKL,tapi besoknya gue ngerasa kaya ada yang belum ngerti,akhirnya gue terpaksa bikin catetan kecil buat jaga-jaga barang kali bagian yang gue gk ngerti ini keluar (terpaksa kalau udah kepepet hehehe...) soal ulangan dibagikan,gue liat temen-temen gua yang lainya keliatan pada tegang semua,serasa mau di eksekusi mati. Tapi beda dengan gue,ngerasa lebih pede, ya kerena gue udah punya solusinya hehehe. Waktu udah hampir lewat 1 jam lebih,tapi gue baru bisa jawab 2 soal. Terpaksa gue pun buka surat wasiat,pas gue liat surat wasiat ternyata soal sama contekanya gk sesuai. Ya alhasil gue pun terpaksa ngerjain sendiri atau nunggu temen yang prihatin dengan kondisi gue,tapi gue juga kurang yakin dengan jawaban temen,keliatan dari mukanya aja udah nyerah pada nasib kesusahan gitu. ya udah terpaksa gue ngerjain sendiri.

3 hari setelah ulangan matematika hasilnya langsung keluar siapa-siapa aja yang lulus dan gk lulus. Pasti juga lo udah nebak nasib gue kaya gimana,ya gue gk lulus ulangan matematika gue dapet nilai 46,gue dapet nilai segitu bukanya gue fans beratnya valentino rossi ya. Tapi gue malah seneng juga diremedial,ya soalnya dari 31 siswa, yang lulus Cuma 4 orang, dan sisanya remedial semua (akhirnya ada temenya juga kan,dan inilah yang dinamakan setia kawan hehehe). Ya waktu itu sistem remedialnya udah dapet fasilitas lengkap,kami di remedial dengan soal yang sama dan ngerjainya boleh liat buku juga + boleh berkelompok. Tapi gk tau kenapa gue masih tetep aja diremedial dari hasil remedial,gue waktu itu salah milih temen kelompok sih,nyari temen yang setara kemampuanya dengan gue,ya udah deh pengetahuannya pun Cuma sampe disitu-situ aja. Ya terpaksa gue dan ke 5 temen gue ikut remedial tahap 2,kali ini gue yang bikin soalnya sendiri sebanyak 200 soal bro, kebayangkan lo gimana ribetnya,25 soal aja gue udah setengah mati,apalagi 200 soal. Tapi untungnya dari soal yang gue buat gue jawab sendiri jawabanyanya tapi gk boleh sama dengan temen yang lainya. Dan bukan karena gue dalam matematika yang bisa Cuma penjumlaha,pengurangan gitu terus gue bikin soalnya 1-200 soal-soal anak SD semua (keciri deh gue bego banget dimatematika).  ya itulah gue baru pertama kalinya dapet remedial dari hasil remedial,makanya gue namain remedial yang bukan kaya biasanya tapi luar biasa. Dari pengelaman gue yang kaya gitu,mungkin sebagain dari lo ada juga yang bernasib sama kaya gue. ya sudah abis uas terbitlah remedial juga gk papa,asalkan jangan abis remedial terbitlah nilai pensil dirapot,nah ini nih yang bisa-bisa tar gk dapet jatah liburan karena dikurung dirumah harus ngerjain tugas susulan. Tar bisa-bisa lirik lagunya tasya berubah lagi “libur telah tiba... libur telah tiba.... diriku sengsara....”

0 komentar:

Posting Komentar