Jaman sekarang itu udah maju gara-gara modernisasi dan globalisasi internet jadi berkembang pesat,dulu sebelum ada internet dan telefon buat berkominikasi dengan teman atau kerabat masih pake surat-suratan (bukan surat kaleng ya,yang isinya teror bom),contoh ada 2 sejoli,si cowo lagi merantau di jakarta dan si cewenya ada kampung. Mereka pedekate lewat surat-suratan,kalau kita kirim surat lewat pos itu lamakan,bisa sampe 2 minggu lebih nyampenya. Kebayang deh kalau si cowonya pedekate kirim suratnya Cuma nulis “Hay... lagi ngapain ?”. dikirim 2 minggu yang lalu dijawabnya 2 minggu kemudian,terus nyampe ke si cowonya 1 bulan kemudian. Si cewe jawabnya malam-malam”Hay juga mas... lagi mikirin kamu gk bisa tidur nih”. Nah kebayangkan lo nanyain lagi apa doang dari 1 bulan yang lalu,si cewe jawabnya lagi mikirin kamu gk bisa tidur. Si cowonya bisa-bisa stress ngebuat anak orang sampe gk bisa tidur selama 1 bulan lebih. Jadi keliatannya pesan yang kita kirim itu pending banget,terus dari segi waktu juga diliat dari isi pesanya agak rancu gitu. dan kalau jaman sekarangkan pedekate paling lama itu 2 bulan lah,nah kalau pedekatenya masih pake surat-suratan udah gitu pesan suratnya pendek malu-malu kucing lagi,bisa-bisa pedekate dari lo umur 19 tahun, lo baru takennya umur 29 tahun,belum lagi masa pacarannya yang masih pake surat-suratan bisa-bisa lo kawin umur 49 tahun.

Terus ada juga jaman dulu kirim surat itu pake burung,gue gk ngerti sama yang ini,kok bisa ya burung kirim surat ke orang lain,kok si burung bisa tau ya orang yang gue maksud,kan dia kenal sama tuh orang aja gk. Jangan-jangan pas waktu perang dulu,ada prajurit kita lagi siap-siap mau nyerang markas belanda,sebelum mulai dia kirim surat dulu ke istrinya dikampung minta ijin sekaligus minta doa “nyai... kakanda sekarang udah dibelakang markas belanda,mau siap-siap serang mereka,izinkan kakanda dan doakan ya ?” terus surat ini dikirim pake burung. Kalau ditungguin balasan dari istirnya lama juga kan,bisa-bisa belanda udah serang mereka duluan,dan mending kalau si burungnya gk nyasar ke orang lain,saking pusingnya nyari alamat si burung malah nyanyi” dimana-dimana dimana,tinggalnya sekarang dimana....” dan kerana udah pusing nyari-nyari alamatnya si burung nyerah, akhirnya surat malah nyampe ke noni-noni belanda dan pihak belanda pun tau kalau kakanda udah ada dibelakang markas mau nyerang mereka.

Tapi jaman sekarang itu udah enak,semenjak internet berkembang pesat,Sosial media itu udah bertebaran dimana-mana,awal mulanya kita kenal sosial media itu waktu jamannya friendster pada tahun 2002,mungkin sekarang mah friendster udah jadul banget dikatainnya,orang-orang nganggep jaman sekarang masih online difriendster itu sama aja kaya lo ketinggalan jaman sampe 1 abad. Untung gue gk punya friendster,jadi bukan dikatain kalau gue jadul,tapi dikatain kalau gue gaptek, karena friendster aja belum punya. Semenjak friendster muncul beberapa sosial media lainnya pun mulai muncul dan bertebaran dimana (mulai di HP,smartphone,sampe di WC pun ada. Hehehe ). Gue juga gk tau deh sekarang social media udah ada berapa jenis jumlahnya,ya gue tau mah facebook,twitter,BBM,instagram,path,Line,soundcloud,google+,Dll. Tapi sebanyak sosial media yang ada gue Cuma punya 5 Sosmed,yaitu : facebook,twittet,BBM ,blogger,dan google+. Bukannya gue gaptek atau gk gaul ya,masalahnya kalau gue punya banyak-banyak sosmed itu ribet (takut banyak fans yang nyari-nyari gue buat nagih utang hehehe). + bikin BB tambah lemot. Di BB gue aja Cuma ada BBM sama Twitter doang,itu kalau diBBM dan digrupnya banyak yang ngechat, lemotnya BB gue bisa sampe 3 hari 3 malam. Udah gitu kalau Di grup BBM lagi rame sehabis BB lemot,gue ketinggalan info ini lagi ngomongin apaan,terus ngeroll keatasnya itu males banget sumpah. dan baru tau infonya ini lagi bahas apaan,gue mau balas BB gue udah lemot lagi,ya terpaksa gue harus nunggu 3 hari lagi buat ngebalasnya hehehe.

waktu zaman gue SMP dulu facebook itu masih populer,dan kebanyakan yang gue tau orang-orang sering nongkrong di warnet itu Cuma buat facebookan doang,entah mainan yang disediakan oleh facebook,seperti poker,ninja saga,dll. Atau Cuma chating sama orang yang gk tau siapa dia sebenernya tiba-tiba difacebook jadi sok akrab,ya dulu juga facebook itu sebagai ajang banyak-banyakan cari temen,mulai dari temen sekolah,temennya temen,sampai temen gaib yang pake nama facebooknya alay atau pake nama artis dan karakter carton favoritnya. Gue pernah punya pengalaman dari facebook,waktu itu gue kenalan sama cewe cantik selama 1 minggu gue sering banget chat-chatan sama dia,sampe-sampe gue mulai timbul rasa cinta,padahal gue gk tau kalau dia ini sebenernya siapa dan belum pernah ketemuan sama sekali. Eh gk taunya cewe yang gue chat difacebook itu temen cowo gue sendiri,dia bikin facebook pake nama cewe. buset deh gue malah kerjain,dan semenjak kejadian itu gue udah gk pernah lagi kenalan sama cewe baru difacebook. (bukan berarti terus gue malah doyan kenalan sama cowo-cowo ya,tapi gue kenalan sama cewenya lewat surat-suratan yang dikirim lewatburung,eh gk taunya malah sampenya ke cowo juga. hehehe )

Gue itu gk punya instagram bukannya gue gk gaul ya atau gk bisa narsis,masalahnya foto-foto gue pantes gk dipajang di instagram,muka gue abnormal gini kayanya lebih pantes di pajang dimuseum argeologi deh. Terus kalau gue liat instagram minjem punya temen,kok kebanyakan foto-fotonya setengah badan ya,kaya lagi traveling,fotonya Cuma kakinya doang pake sepatu,atau tasnya doang,terus kaya lagi ngumpul bareng makan-makan yang difoto malah makanannya semua,ini mau narsis apa mau onlineshop. guekan walaupun gk punya intagram mau kepo juga ini orang mukanya kaya gimana,senasib kaya gue atau gk hehehe. Gue juga gk ngerti kenapa orang-orang hobi banget ya ngoleksi sosial media sampe ada yang 20 lebih,padahalkan sebanyak-banyak sosial media kita,temannya juga itu-itu doang. Gk di facebook,twitter,dan Dll. Lagi-lagi chat-chatanya sama si budi,ujang,beti. Emang sih di sosial media itu ajang kita nyari teman sebanyak-banyaknya,tapi yang gue takutin selain dapet teman dari dunia nyata teman sekolah atau teman main,dan dunia maya teman yang akrab di sosmed doang belum pernah ketemuan sama sekali, kita juga bisa dapet teman dari dunia lain,nah loh brabeh jugakan serem juga tuh. Kita cek di akun pertemanan kita ada yang namanya kuntilanak foto  profilnya lagi selfie diatas pohon toge,terus ada lagi pocong foto profilnya lagi main poker. Terus satu lagi suster ngesot,foto profilnya lagi jadi cabe-cabean sama suster keramas.

4 komentar:

  1. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    BalasHapus
  2. Makasih Bung Fikri udah bertamu ke blog ane,maaf ya gk disuguhin minum hehehe...

    BalasHapus
  3. Masih bersyukur sama jaman kecilku dulu, masih belum terkontaminasi sama yang namanya media sosial :))))

    BalasHapus