Kali ini gue akan melanjutkan episode yang lalu,lo semua masih ingetkan dengan semua kajadian yang gue alami pada saat gue jadi pratama,dan harus kerja keras bisa ngemimpin mereka,kira-kira setelah itu,apa lagi yang akan terjadi selama gue masih jadi pratama. yu mari simak yang satu ini.


Pernah waktu itu sekolah pulang cepat dari biasanya karena ada rapat,gue dan anak-anak pramuka yang gk punya acara mau kemana,gue ngajak meraka ke sanggar,ya untuk sekedar ngomongin yang gk panting juga sih. Waktu itu kita berempat,gue,Ali,Eki,dan Hendi,di sanggar hendi yang sedang duduk santai sambil baca buku membuka percakapan dengan gosip anak kelas 8E yang barusan kena marah Bu Neneng (ya Bu Neneng ini guru IPS kita,dia salah satu guru yang patut disegani dan diwaspadai,kalau perlu kita selama sekolah di SMP ini jangan sampe ketemu sama guru yang satu ini. Bukannya guru gue ini mukanya menakutkan kaya monster atau nenek lampir,keliatan dari fisik mah Bu Neneng ini cukup cantik dikalangan usianya. Tapi kalau kita sedikit ngelakuin kesalahan,dia bisa berubah jadi monster jahat yang siap mencekram kita). Gue,Eki,dan Ali yang sedang asik bermain bola di dalam sanggar,mendengarkan Hendi bercerita sambil bermain bola ”eh,kasian banget si Budi,tadi pas lagi istirihat ngelempar botol minuman ke tong sampah,gk taunya tiba-tiba Bu Neneng lewat didepannya,eh malah tanpa disengaja botol minumnya kena Bu Neneng. Udah deh dia dimarahin habis-habisan udah gitu pas habis istirahat pelajaranya dia lagi,di kelas dia malah dikeluarin.” Ali yang sambil bermain bola merespon cerita Hendi ”wah enak dong,bisa bebas dari pelajarannya Bu Neneng” gue yang lagi asik ngejunkling bola  menyanggah omongan Ali “enak kepala lo bebas dari mananya,punya masalah sepele sama Bu Neneng aja bisa jadi masalah besar,dan itu menghantui terus sampe bermingggu-minggu.” Eki langsung memotong gue “oh iya Mi,lo kan pernah punya masalah juga sama Bu Neneng,waktu itu lo bilang aneh ke Bu Neneng kan? Terus lo malah diejek habis-habisan sama Bu Neneng hampir semua kelas 8 tau semua lagi.” Ali tertawa mendengarkan cerita Eki “ Hahaha.... iya ya gue inget,waktu itu Bu Neneng ngajar di kelas gue,1 jam pertama dia malah ngomongin Fahmi. Dia bilang,itu anak kelas 8C,yang orangnya item,bego,jelek. Udah gitu bukan mukanya aja lagi yang jelek tulisannya juga jelek. Dia kurang ajar ke Ibu bilang ANEH... Udah tau diliat dari hasil nilai ulangannya gk lulus,masih aja gk percaya malah bilang aneh. Bu neneng jelek-jelekin lo Mi selama 1 jam pelajaran,emang sih ada untungnya juga lo punya masalah sama Bu Neneng. Jam belajar kita jadi berkurang gara-gara dengerin cerita dia,terus selama pelajaran gk ada yang jadi tumbal marahnya dia lagi. Lo sering-sering aja ngelakuin gitu mi. Hahaha....” Gue langsung menyanggah Ali” enak aja lo,lo semua yang enak selamat,jam belajar lo pada berkurang,nah gue yang sengsara terus,punya satu masalah kaya gitu aja gue jadi ngerasa terdiskriminasi di SMP ini,gue ogah lagi punya masalah sama dia,rasanya tuh kaya diambang kematian,antara nyawa mau diambil atau hidup lagi,tersiksa.” (gue emang pernah punya masalah sama dia,itu juga gue gk sengaja bilang gitu. Waktu itu gue spontan bilang "ANEH !",kerana waktu pengumuman kelulusan nilai yang pertama gue lulus,eh gk tau kenapa pas diumumin lagi gue gk lulus. Maksudnya gue bilang aneh tuh bukan ke Bu Nenengnya tapi ke hasil nilainya,kok bisa kaya gitu,eh malah Bu Neneng salah pengertian lagi. Gue mau jelasin juga udah keburu kena marah habis-habisan dulu,udah aja gue pasrah diam dari pada gue membela diri bisa-bisa tar malah suasananya jadi kaya perang dunia ke 2. Udah deh gue selama 1 bulan ngerasa didiskriminasikan oleh bu neneng. Ngimpi apa ya gue semalam bisa kaya gini ).

Hendi ngerasa simpati dengan gue ”kasian juga ya nasib lo Mi,untung lo gk dijadiin kambing guling sama dia”. Gue yang sedang menerima umpat lambung dari Eki mengabaikan simpati Hendi,dan menyundul bola ke arah Ali. Ali yang sudah siap menarima umpat gue mangambil ancang-ancang buat nendang seperti Tsubasa Ozhora yang mau mengeluarkan tendangan elangnya,bola mengarah tepat dikaki Ali lalu menendang keras bola itu ke arah gue lagi,tiba-tiba bola melambung keras keatas dan mengarah ke satu piala lomba yang tepat ada dibelakang gue,gue yang udah berusaha menangkap bola itu,tapi tendangan ali terlalu keras sehingga bola sulit dijangkau. “Goncranggg.....” suara piala jatuh itu mengheningkan suasana,gue dan yang lain pun sempet diam sesaat seakan-akan gk percaya piala lomba juara 1 yang sulit didapet tahun kemarin hancur begitu saja. Suara Hendi menyadarkan kami semua ”waduh.... bisa berabeh nih urusananya. Lo sih pada main bola di dalam sanggar.” Gue sebagai Pratama langsung ngambil tindakan cepat (disaat genting kaya gini jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab gue muncul,pas benget deh) “Li,tutupin semua pintu sama jendela biar gk tau kalau disini lagi ada insiden.” Ali pun langsung bergegas. Eki menanyakan ke gue “ Mi,gimana nih ? kalau beli yang baru nyari yang sama kaya gini susah. Kalau diumpetin bakalan ditanyain.” Gue pun nyari ide gimana caranya biar ini piala kembali utuh lagi,berharap ada doraemon yang ngebantu gue disaat kaya gini dengan alatnya seperti kain mesin waktu yang bisa ngubah barang menjadi seperti semula,atau gue masuk ke mesin waktunya daroemon,terus gue gk bakalan ngajak mereka main ke sanggar. Tapi itu semua hal bodoh dan mustahil bagi gue. Hendi tiba-tiba menunjukan sesuatu ke gue “eh,bentar-bentar gue kayanya punya foto ini piala di HP deh.” Setelah Hendi menunjukan foto piala ini,gue pun punya ide “nah itu dia solusinya,oke kita sekarang akan ngelakuin operasi piala ?” Eki menanyakan sesuatu ke gue “maksudnya kita nyusun lagi piala yang udah hancur ini ?”  Hendi pun mengiyakan ide gue “nah iya tuh bener,dengan adanya foto piala ini kita bisa nyusun piala ini lagi seperti semula.” Gue langsung membenarkannya dan memimpin operasi ini “ya tepat sekali,sama aja ini seperti permainan puzzle anak TK,kita kan udah SMP pasti bisalah ngelakuin ini. Oke kalau gitu siapin bahan-bahanya.”

Eki dan ali menyari lem,double tip,gunting dan karter di lemari arsip,sementara gue dan Hendi memperhatikan foto dan pialanya yang mana dulu yang harus disusun.(kami semua mendadak seperti dokter yang ingin mengoperasi pasien penyakit kanker stadium akhir,serius ngelakuinnya dan dan berharap berhasil juga menyelesaikanya) setelah semua bahan terkumpul kita semua mencoba-coba untuk menyatukanya,selama 15 menit kita udah nyoba mengotak-atik ini piala tapi belum juga nemu kerangka awalnya. Gk disangka nyusun piala yang udah hancur itu gk semudah nyusun puzzle anak TK. Dan ditengah operasi piala tiba-tiba terdengar suara ketukan pintu dari luar,suara ketukan yang kencang itu seperti orang mau nagih utang menghacurkan konsentrasi kita semua,gue takut kalau yang ngetuk pintu ini pembina kita yang udah selesai rapatnya dan mau mampir ke sanggar,atau kakak kelas yang gk sengaja mau ngambil barang yang ketinggalan di sangggar. Prasangka buruk pun terus menghantui kita,gue suruh Hendi,Ali,dan Eki cepet ngebersin terus ngumpetin piala ini dulu terus gue buka pintunya. Jantung udah bertedak cepat sampe keluar keringat dingin ditambah udah mau ngompol aja,pas gue buka pintunya eh ternyata 2 makhluk ini yang bikin dek-dekan sampe jantung mau copot,ya mereka Selly dan Ana “ hay ngapain lo kesini ? bikin jantung copot aja.” Mereka pun masuk ke dalam terus menjawab gue “ ya lo semua juga ngapain disini,sekolah udah sepi gini masih aja di sanggar. Gue kesini mau ngambil buku catetan gue di Hendi,gue tau kalau lo semua ada disini dari Hendi,makanya gue kesini.” Si ana yang curiga dengan Ali dan Eki seperti menutup-nutupin sesuatu,bilang ”eh,itu Ali sama Eki kenapa tuh kaya orang nutupin sesesuatu aja,apaan sih itu ?” mereka langsung mendekati Ali dan Eki. Gue langsung bilang ke mereka “udah ceritanya panjang,lo jangan bilang siapa-siapa ya,cukup kita-kita yang ada disini aja yang tau kalau piala ini pecah.” Selly langsung menakut-nakutin kita “wah bisa berabeh nih,lo semua nyari bahaya ini mah,kalau kakak kelas bisa tau,lo semua bisa digantung di tiang bendera.” Eki langsung menyangkah Selly ”ya,maka dari itu lo semua harus jaga rahasia ini,kita juga disini lagi usaha nyusun piala ini lagi.” Si ali yang ngerasa kesal dengan Selly dan Ana yang kebanyakan nanya,bilang ”eh dari pada lo ngomong terus,bikin konsetrasi kita hancur buat nyusun piala,mendingan lo bantuin kita.” Selly dan Ana yang gk mau terlibat masalah ini mereka nolak ajakan Ali ”ogah ah... daripada kita tar malah kena marah juga,lebih baik kita balik aja ya Na,pura-pura gk tau.” Mereka pun setelah mengambil catetan dari Hendi langsung pergi dari sanggar,Ali pun yang ngerasa kesal dengan mereka bilang “wah dasar lo cabe-cebean... gk setia kawin sama temen sendiri.” Mereka pun tetep pergi tanpa menghiraukan kita.


Setelah mereka pergi,operasi piala pun kita mulai lagi “ayo kita mulai lagi nyusun pialanya,sebelum gerbang sekolah tar malah dikunci sama penjaga sekolah.” Gue mengajak mereka. Setalah 1 jam lebih lamanya kita berhasil menyusun piala ini,kita semua ngerasa senang (seperti tim dokter yang telah berhasil menyelamatkan nyawa seorang pasien yang kena penyakit kanker stadium akhir). Dan gue langsung menaruh piala ini ke tempat semula,Hendi yang menyamakan hasilnya dengan yang ada difoto ngerasa ada yang beda dengan piala ini “eh,sini bentar,coba liat ini kok kaya beda ya,pialanya dengan yang difoto.” Setelah kita semua memperhatikannya dengan detail,kita baru nyadar ada yang tertukar dengan susunan piala ini,seharusnya yang dibagian atas itu ditaruh dibagian bawah,dan yang dibagian bawah itu ditaruh dibagian atas,ya hasil karya kita pun nampak seperti bangunan monas yang terbalik. Karena kita semua sudah merasa kecapean terkuras habis pikirannya,kita semua pun memutuskan untuk tidak menyusun ulang piala lagi. Biar gk ada yang tau kalau piala ini pecah dan disusun kembali,kita pun menghapus foto piala yang ada di HP Hendi,agar tidak ada yang mengira kalau piala ini setelah disusun nampak terbalik. Setelah semuanya selesai, kita semua sebelum meninggal sanggar membersihkan serpihan-serpihan piala ini,agar tidak meninggalkan jejak yang mencurigakan.

Nah itu guys pengalaman gue ketika aktif di pramuka dan jadi Pratama,diliat dari track recond mah kayanya angkatan gue yang paling absurt deh hehehe. Bersambung...

19 komentar:

  1. ceritanya sih oke, gaya tulisannya juga bagus mudah dimengerti tapi itu loh,, enternya digunain ya dek, dirapiin gitu, biar bacanya gak bikin mata siwer :-(

    BalasHapus
  2. gue juga mau ngomen gitu, keknya bakal lebih bagus kalau setiap 5-6 baris dikasih enter broo, jadi yang baca matanya tetap sehattt, selebihnya manteb lahhhhh ^^

    BalasHapus
  3. Sial banget nih anak, pertama lu pernah punya masalah sama guru yang suka besar-besarin masalah. Itu emang nggak enak banget, aku juga pernah jadi omongan guru di kantor gara-gara sering ngelawan kalo dikelas ;-(

    Itu akhirnya ada yang tau kalau pialanya pecah nggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah sampe detik ini kayanya tuh piala gk ada yang tau kalau udah pernah pecah. :-)

      Hapus
  4. Ehm. Sedikit mengingatkan. Setiap paragrafnya dikasi entar dong. "Sakit mata unyu2 Pangeran, ni."

    Syukurnya gue gak pernah jadi bahan omongan guru, ya. Gue dulu, seringnya jadi cerita juga, tapi bukan hal buruknya. Tentunya menceritakan keberhasilan gue yang sangat membagakan.

    Iya, ya. Ada yg tau, gk. Pialanya pecah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap paragraf udah gue kasih jedah kok,dienter satu kali.
      Alhamdullilah sampe detik ini kayanta itu piala gk ada yang tau kalau udah pernah pecah :-)

      Hapus
  5. Ehm. Sedikit mengingatkan. Setiap paragrafnya dikasi entar dong. "Sakit mata unyu2 Pangeran, ni."

    Syukurnya gue gak pernah jadi bahan omongan guru, ya. Gue dulu, seringnya jadi cerita juga, tapi bukan hal buruknya. Tentunya menceritakan keberhasilan gue yang sangat membagakan.

    Iya, ya. Ada yg tau, gk. Pialanya pecah?

    BalasHapus
  6. Sekedar saran: sebaiknya gunakan font yang standar aja. Dan sebelum dipublish, di rapikan dulu tulisannya. Biar para pembaca lo betah ketika membacanya. Hehe.

    Gue juga pernah ga sengaja pecahin lampu sekolah gara-gara lempar koin keatas. Ya, tapi gabisa diumpetin kesalahannya kayak elo gitu . Hehe. Alhasil, selain kena marah suruh ganti juga. Huft.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue udah pake font standar juga kok,maklum masih belajar nulis,ya kedepanya gue akan mencoba lebih baik lagi.:)
      ya waktu mecahin lampu koridor gara-gara main bola mah,gue ganti. sebagai cowo gue bertanggung jawab atas apa yang gue perbuat. tapi kalau piala mah,gantinya susah cari yang sama,jadi cuma disusun ulang lagi aja deh. hehehe

      Hapus
  7. Idem sama yang di atas tentang paragraf dan tek tek bengeknya.

    Btw, gak apa-apa kali jadi bahan guncingan, kan lumayan jadi eksis. Toh, guru juga jadi pada kenal, meskipun yah begitulah. Gue juga sering di omongin kok karena kegantengan gue yang luar binasa hha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kedepannya akan gue perbaiki
      itu mah lo namanya dapet pujian bukan gunjingan :D

      Hapus
  8. main bersih ya, anggep aja kejadian piala itu engga pernah terjadi haha...

    btw gue ikut sama komentar yang diatas ya, dirapihin, dikasih nafas bacanya, jujur baca tulisan ini gue agak pusing, setiap baca satu baris, gue kebaca sampe tiga kali, ketuker terus sama baris yang dibawahnya.. pfttt... tapi buat cerita keren!!

    Tetap semangat ngeblognya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha lupakan kejadian itu.
      ya kedepannya akan gue perbaiki lagi.
      makasih ya udah sempetin sampe baca 3 kali

      Hapus
  9. Ceritanya keren, tapi buat saran aja ya.
    Mungkin paragrafnya bisa diperhatiin lagi, jadi tulisannya nggak numpuk-numpuk hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat kedepanya akan gue perbaiki lagi. maklum masih belajar nulis hehehe

      Hapus
  10. masa masa pramuka emang masa masa paling asyik yahh, apalagi urusan sama guru killer..cuman kalau boleh saran cc, itu foontnya deket deket amat terus nggak dirapiin jadi agak puyeng bacanya..kalo bisa jangan terlalu gede tapi rapi dan per baris ada jaraknya pasti asoyyyy hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sory untuk yang episode ini belum gue edit lagi,gue lagi ngejar tayang buat episode2 selanjutnya. hehehe makasih ya udah baca tulisannya.

      Hapus