Di episode 11 ini masih berhubungan dengan motor antiknya Maul, navigator insting, dan ghost rider, kira-kira bakalan terjadi seperti apa lagi ya ? yuk simak catatan tangan gue yang satu ini.

           Gue juga terkadang berangkat berdua doang dengan Maul, pernah waktu di bimbel lagi ada Try Out buat persiapan UN,Try Out mulainya jam setengah 4 sore. Karena masih banyak waktu setelah pulang sekolah,gue sama Maul yang rumahnya jauh dari SMP dan kebetulan kita berdua itu rumahnya searah menuju tempat bimbel, kita berangkat meninggalkan basecamp lebih awal. Dari basecamp gue sama Maul itu nyari jalan tikus yang paling cepat dan terdekat, karena motor antiknya ini bensinnya udah hampir habis, udah gitu kita berdua Cuma punya duit Rp 5.000,gue Rp 3.000 dan si Maul Rp. 2.000. 

          Keluar dari gang rumahnya doni si Maul langsung ngambil jalan tikus jalan sempit berbatu dan berlumpur pinggir sawah lagi, awalnya gue dan Maul yakin ini jalan pasti nembus kearah rumah Maul yang tercepat, eh gak tau kenapa jalan tiba-tiba semakin menyempit dan banyak semak-semak tinggi gitu. eh gak taunya kita nyampe di kandang kebo yang baunya naudubile, lebih parah dari ketek bokap gue, udah gitu gue liat dari balik kandang ada kebo yang liatin kita aja, nampaknya kebo itu udah siap mau nyeruduk kita, soalnya dia merasa terganggu dengan kehadiran kita berdua dengan suara motor antiknya Maul yang suaranya udah kaya mesin penggilingan daging. 

         Mungkin si kebo ngira kalau kita ini tukang penggiling daging. Gue dan Maul cepat-cepat kabur dari situ, keburu kebonya ngejer kita dari kandang. Pas udah keluar dari kawasan kandang kebo, kita bingung milih jalan yang tadi kita lewatin yang mana, dalam kondisi kaya gini insting kita berdua malah gak sejalan, kalau insting gue milih jalan yang ke arak kanan, eh insting si Maul mengatakan jalan yang ke arah kiri, karena insting kita berdua gak sejalan akhirnya kita memutuskan untuk mengambil jalur tengah. Sebenernya sih kita berdua gak yakin juga ngambil jalur tengah ini, tapi daripada kita berdua ribut ngomongin jalan mana yang harus dilewati, ya udah deh kita milih tengah-tengah aja.


Setelah memilih jalur tengah,kita jadi gak tau ini jalan menuju kemana,udah gitu kanan kirinya sawah semua lagi gak ada tanda-tanda pemukiman warga, mau nanya ke orang gak ada siapa-siapa, yang ada Cuma dua anak malang yang kesasar entah dimana ini keberadaannya (khayalan gue apa mungkin gue udah ada di papua nugini, terus tiba-tiba ada penghuni suku setempat yang nyerang kita berdua secara tiba-tiba dari semak-semak sawah, mereka ngira gue makhluk jadia-jadian kali dengan muka yang abnormal gini).

        Dari kejauhan kita berdua ngeliat ada orang, kita pun marasa senang (saking senangnya si Maul langsung guling-gulingan di sawah sambil nyanyi ‘bunga-bunga....’ hahaha) akhirnya di tengah-tengah sawah ini ada orang juga yang bisa kita tanyain, kita dengan semangat juang 45 langsung menghampiri orang tersebut, eh gak taunya pas kita nyampe sana ternyata itu Cuma orang-orangan sawah, semangat kita pun kembali drop udah gitu kita kehausan lagi di tengah-tengah sawah yang panas ini. 

       Gue berharap tiba-tiba ada bidadari cantik yang turun dari kayangan dan ngasih gue air minum kalau bisa mah sekaligus dia juga jadi pacar gue hehehe, udah minta yang engga-engga, ngarep lagi. Setelah mengkhayal yang gak bakalan terjadi kita pun kembali melanjutkan perjalanan ini terasa sangat menyedihkan (play lagu berita kepada kawan by Ebit G. Ade) baru juga berjalan beberapa meter tiba-tiba motor jalannya goyang-goyang gini (padahal gk ada suara musik dangdut,kok malah motor bisa goyang ngebor gini) 

       Pas kita cek,buset deh ini motor bannya bocor. Nasib bener deh kita berdua, rencananya mau cepet nyampe rumah, malah sengsara gini di tengah sawah yang entah di dareah mana. Udah kita gak tau mau cari bengkel kemana nemu pemukiman warga aja gak ada, terpaksa deh kita berdua menuntun motor di tengah sawah yang panasnya bukan main udah serasa kaya di dalam oven aja (gue kalau kelamaan disini terus bisa-bisa gue jadi nambah gosong aja nih,muka bukannya semakin ganteng malah semakin ‘guteng’ bahasa jawa yang artinya hitam pekat).

Setelah cukup lama kita berjalan sambil menuntun motor dengan perjuangan yang menyedihkan,akhirnya kita sampai juga di tempat pemukiman warga. Gue langsung nanyain ke salah satu penduduk situ 

      “Bang,di deket sini ada tambal ban gak ya ?”

       Orang itu  menjawabnya “ada de,tar tinggal lurus aja dikit, terus ada perempatan belok kanan, nah tar bakalan nemuin tambal ban.” 

       Gue pun mengucapkan “terima kasih ya bang.” 

       Kita pun langsung menuju tempat tambal ban,setelah nyampe tempat tambal ban, kita baru inget kalau kita berdua Cuma punya duit Rp.5000, udah gitu cek bensin udah hampir menipis lagi, kita berdua bingung mau ngisi bensin apa tambal ban. Kalau seandainya kita ngisi bensin, percuma aja ini motor juga gak bisa dinaikin bannya masih bocor gini, dan seandainya kita milih tambal ban terus ditengah jalan kalau tiba-tiba bensinnya habis, ujung-ujungnya kita bakalan nuntun motor ini lagi. Si Maul nanya ke abang tambal ban 

       “bang tambal ban berapa ?” 

       Abang menjawabnya “Rp.5000 de”. 

       Wah pas bener nih sama isi kantong kita,terus si Maul nanya lagi. 

       “kalau bensin berapa bang ?”. 

       Abang menjawabnya “bensin Rp.6000 de”. 

       kalau buat beli bensin uang kita malah kurang, yaudah deh akhirnya kita memutuskan untuk tambal ban aja dan berharap ini bensin bisa cukup sampai rumah tanpa harus kita tuntun lagi. Selama kita nungguin ini motor ditambal bannya,gue sama Maul hanya bisa ngelamun meratapi keadaan dihari ini (buset dah mimpi apa gue semalam bisa sial bareng si Maul, bukannya gue bisa nyantai istirahat dirumah dulu, malah sengsara bareng si kutu kupret ini).

        Gue yang kahausan gara-gara abis nuntun ini motor mau beli air juga uang gue udah ke pake buat tambal ban,gue liat di meja ada teko air,gue pun minta minum ke abang tambal ban 

      “bang boleh minta air minum yang di teko gk ?” 

       untung abangnya baik “ya boleh ambil aja de”. 

       Gue sama maul pun langsung menyerbu air teko itu,rasanya seger bener setelah jalan panas-panasan nginum air putih dingin (serasa gue nemuin dunia baru yang sejuk yang dihuni oleh 7 kurucaci dan putri salju yang cantik,udah kaya dunia dongeng aje hehehe)

Setelah 10 menit kita berdua nungguin, akhirnya kelar juga ini motor ditambal bannya. Si maul pun langsung membayar abang itu dengan uang terakhir yang kita miliki,sambil membayar maul menanyakan arah jalan pulang ke rumahnya 

        “Bang,kalau dari sini mau ke daerah keramat kemana ya arahnya ?“. 

        Abang menjawabnya “Dari sini ade tinggal ngikutin jalan ini aja,terus tar bakalan nemuin jalan besar,nah tar belok kanan jalan terus ikutin jalan yang kearah kota, sampe lampu merah...” 

        Belum juga abangnya selesai ngasih petunjuknya, si Maul udah ngomong nyerocos aja 

      “Owh iya bang,kalau udah sampe situ mah udah tau,makasih ya bang.” 

        (blagu banget tuh si Maul,awas aja tar kalau sampe nyasar lagi,gue pites juga tuh bocah). 

        Tanpa menunggu lama lagi maul langsung starter motor, dengan bensin yang hampir low kita berdua cabut meninggal daerah yang antah berantah ini. Dan akhirnya kita berdua sampe juga dijalan besar yang ke arah kota, memasuki jalan besar si Maul langsung menjelma menjadi ghost rider dan memacu motor antiknya, serong ke kanan serong ke kiri lalala.... masuk kehutan ambil rambutan dikejar-kejar sama orang hutan (loh kenapa gue jadi nyanyi potong bebek angsa gini, ya tapi gitulah gaya Maul kalau udah menjelma jadi ghost rider, serong kanan serong kiri menyusul kendaraan yang ada didepanya,tapi untung kita gk sampe masuk kehutan dan dikejar-kejar sama orang hutan hehehe).

Tak lama dengan Maul menjelma jadi ghost rider kita akhirnya sampe juga dirumah Maul. Gila si Maul mengendarai motor gak punya perasaan apa sama orang yang dibocengnya, udah gitu gue dibelakang gk pake helm lagi. Muka udah abnormal gini naik motor ngebut-ngebut gak pake helm udah deh selama perjalanan gue sama aja kaya abis lulur muka pake debu + asap knalpot mobil truk, alhasil muka gue yang dari abnormal bukannya manjadi normal malah menjadi super abnormal. 

        Maul setelah turun dari motor liat kebelakang kearah gue,dia kaget orang yang diboncengnya berubah menjadi landak yang barusan kejebur di got. Ya ramput gue semuanya berdiri acak-acakan, udah gitu baju seragam gue kotor kena debu dan cipratan air dari kendaraan lain (emang kampret tuh Maul,dia malah ketawa sambil guling-gulingan dilantai liat gue yang kaya begini). Sampai di rumah maul bukannya gue disuguin makanan dan minuman apa, eh malah gue disuguin ember sama selang air (lo kira gue kambing apa,dikasih ember sama selang air). 

       Maul ngeliat motor antiknya kotor kena banyak lumpur gara-gara tadi kesasar, merasa gak tega liat motornya jadi barang rongsongkan yang habis kejebur di got gini. Gue dan maul pun terpaksa nyuci ini motor pake selang dan ember yang tadi, biar entar ke tempat bimbel gak malu-maluin bawa motor yang antik ini, malu jugakan bawa motor yang udah jadul + kotor kaya baru kejebur got udah gitu yang naikinya lagi mukanya abrnormal. Dan sekitar 15 menit gue dan Maul nyuci motor sambil keasikan mainan air kaya anak kecil yang kesenangan kalau dimandiin sama emaknya pake selang air,dan sambil nyanyi “basah,basah,basah.... seluruh tubuhku... ah ah ah menyentuh kalbu...” By Elvy Sukaesih – Mandi Madu.

Motor udah bersih + kinclong kaya baru keluar dari ketok magic, eh malah gue yang jadi nambah kotor dan basah kuyub gara-gara tadi keasikan mainan air. Sambil menunggu Maul mandi dan ganti baju,gue duduk di depan kedinginan udah kaya gelandangan yang lagi berteduh di kolong jembatan aja. Setelah Maul selesai mandi dan langsung cabut lagi ke tempat bimbel,gue minta ke dia buat ke rumah gue dulu buat mandi dan ganti baju, biar gk malu-maluin ditempat bimbel. Untungnya rumah gue sama maul gk begitu jauh dan searah ke tempat bimbel. 

       Dan setelah keluar dari rumah Maul terus ngisi bensin eceran dulu, selama perjalan ke rumah gue, gue udah kaya kucing yang habis hanyut di sungai aja. Badan basah kuyub + kotor udah gitu kena angin naik motor. Sesampainya dirumah, gue takut nyokap gue gk ngenalin siapa gue, dengan pakaian basah kuyub + dekil and dekumel ditambah muka gue yang abnormal + cemang cemong kena oli waktu tadi nyuci motor. Takutnya nyokap, gue dikira gelandangan mau minta makan, udah guenya kurus ceking kaya gini. Pas gue masuk buka pintu 

      “Assallamualaikum...” 

       Eh gak taunya yang jawab tante gue,ternyata nyokap sama tante gue sama aja Cuma balas salam doang tanpa melihat ke arah gue, dia sibuk nonton berita infotement di TV 

      “walaikumsalam....” 

       Dengan respon tante gue yang kaya gitu,gue langsung masuk ke kamar lalu mandi, setelah gue selesai mandi lalu keluar dari kamar dengan pakain yang rapih, baru deh tante gue berkomentar 

      “Mi, tumben rapih banget mau kemana ? mau malam mingguan, emang ada cewe ya yang mau ngajak jalan kamu ?”

       Flek deh gue udah seneng awalnya dipuji, malah akhiranya down lagi. Gue ngejawabnya 

       “Mau Try Out di bimbel tan, kalau mamah kemana tan ?”. 

       Tante gue jawab “owh.... kirain udah punya pacar,lagian rapih amet. Mamah lagi pergi ke rumah sakit lagi nengok temennya,ya udah kalau gitu ati-ati.” 

       Dengan perasaan yang agak kesal, karena tante gue yang meremehkan gue yang belum juga punya pacar. Gue pun langsung cabut 

       “ya tan,fahmi berangkat dulu assalamualaikum....”.


Pas gue keluar dari rumah,gue liat ke jam tangan udah jam 3 lebih 20 menit aja, waduh tinggal 10 menit lagi nih TOnya bakalan dimulai. Gue langsung lari kearah maul 

       “Ul, tinggal 10 menit lagi nih TOnya bakalan dimulai !”. 

        Maul dengan santainya bilang “Tenang bro,ditangan Maul semuanya bisa diatur jangankan 10 menit 3 menit lagi juga bisa keburu kok”. 

       Gaya banget nih bocah,mentang-mentang titisan dari ghost rider dia santai begitu aja. Gue pun tak komentar panjang lembar langsung cepat-cepat cabut 

      “ya udah deh terserah lo aja,ayo buruan berangkat”. 

       Gue langsung pake helm,dan si Maul langsung Starter motor antiknya dan ngambil ancang-ancang layaknya pembalap moto GP class 800 cc. Dengan suaranya yang khas kaya knalpot bajaj yang kemasukan air “wrengggg...drongg...dronggg... dorong dong dorong dongggg...” (udah keren-kerennya kaya pembalap moto GP,lah malah ini motor minta didorong  dulu biar bisa jalan). 

       Akhirnya kita sampai juga di tempat bimbel gue liat jam tangan gue udah telat 5 menit, untungnya pas masuk kelas kita masuknya bareng sama pengawas TOnya. Eh pas gue buka pintu, kelas udah penuh aja kaya orang lagi ngatri sembako, gue dan Maul cari-cari tempat duduk terlihat ada satu tempat duduk di tengah yang masih kosong (tadinya gue mau suit gunting batu kertas dulu,siapa yang menang dia yang duduk disana, tapi kayanya bakalan lama dan dikira kita berdua mau main petak umpat terus yang kalah jaga disini,dan yang lainnya umpatan semua, tau-tau pas buka mata, kelas udah kosong aja hehehe). 

        Gue tanpa basa-basi mempersilangkan Maul buat duduk duluan, dan gue ngambil kursi lagi dari luar dan duduk dibagian belakang. Setelah gue duduk dan nungguin kertas TO dibagiin, gue liat posisi temen-temen gue genk coro yang lainya, ternyata semuanya duduk mencar-mencar si Maul duduk tengah, dan si Eki sama Arul yang dapet posisi enak duduk di tengah bagian pojok kanan dikelilingin cewe-cewe, terus si Doni dan gugun duduk dibagian paling depan. Untungnya jadwal TOnya pelajaran Bahasa indonesia jadi gp perlu pake strategi menyontek (ini terpaksa kalau udah kepepet hehehe).

        Baru juga gue ngerjain 8 soal dan TO baru berjalan sekitar 15 menit, gue terkejut ngeliat gugun berdiri dari tempat duduknya dan langsung ngumpulin lembar jawaban TOnya,pengawas bilang ke gugun 

       “yakin kamu udah selesai,cepet sekali ?” 

       Si Gugun dengan pede menjawab “iya bu udah selesai, pelajaran bahasa indonesia mah gampang bu gak perlu pake mikir,kan kita orang indonesia hehehe”. 

      (blagu banget tuh bocah bilang gitu, kaya iya yakin bener aja jawabanya untungnya ini TO bukan UN,kalau UN terus tau hasilnya kecil bisa-bisa nangis darah selama 7 hari 7 malam tuh) pengawas tanpa menanyakan lagi dan langsung mempersilakan gugun keluar kelas 

      “owh gitu... ya udah kalau kamu yakin bener mah,sok kumpulin terus langsung keluar kelas”,

        Dan tak lama kemudian baru si doni ikutan nyusul Gugun keluar kelas udah selesai mengerjakan TOnya. Sementara gue masih sibuk ngejain soal, dan gue liat si Maul nampaknya dia serius sekali ngerjainnya gue perhatiin dia gk tengok kanan tengok kiri fokus ngerjain dan baca soalnya, gue liat ke arah Arul dan Eki eh malah mereka keliatan asik ngobrol sambil ngerjain TO dengan cewe sebelahnya. Dan selama 45 menit akhirnya gue selesai juga ngerjainnya dan langsung kumpulin lalu keluar kelas. 

        Pas gue keluar kelas si Doni sama Gugun malah asik nonton bola di TV bareng mas Budi, pantes mereka berdua buru-buru keluar ternyata mereka mau nonton PERSIB VS SRIWIJAYA FC. Dan tak lama kemudian genk coro keluar dari kelas juga dan langsung  nimbrung bareng nonto bola. Setelah selesai TO kita nobar sama anak-anak lain, dan ketika seru-serunya nobar kedudukan masih imbang 1-1 belum juga babak pertama berakhir eh malah mati listrik. Yah... kita-kita pun malah kecewa 

       “wah mas budi nih listriknya belum dibayarin nih, makanya mati lampu gini” terdengar suara anak lain yang menyalahkan mas budi karena belum bayar listrik. 

       Dan kita-kita akhirnya pada bubar dan pulang dengan kekecewaan karena listrik mati.

Episode ke-11 ini,episode yang terpanjang yang pernah gue buat dari yang sebelum-sebelumnya guys. kayanya cukup sampai disini dulu deh, tangan gue mulai keriting nih gara-gara kebanyakan ngetik, gue mau rebonding tangan dulu biar lurus lagi guys hehehe. Bersambung....

14 komentar:

  1. Bener keliatannya ini episod terpanjang sampai bosen bacanya (eh?)
    Kalo lo tadi milih bensin 6000 selain kurang ini cerita juga nggak bakal jadi, lagiann percuma bensin penuh tapi gak bisa dikendarai

    BalasHapus
  2. Nonton bola tau2 listrik mati itu emang kampret banget bro.. sama kayak lagi naksir cewek, pedekate, gak taunya yang ditaksir cowok, tapi cantik.

    ini episode mau sampe berapa bro? Gak ada judul lain buat penyegaran gitu? -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha itu juga gue pernah ngalamin tuh lagi pedekate sama cewe cantik lewat facebokk,eh gk taunya itu temen cowo gue,ngerjain gue ;-(

      kayanya ini episode bakalan sampe cerita dimasa sma gue kelar,mungkin sampe 35 eps kayanya gue udah patet nih pake judul ini hehehe.

      Hapus
  3. Itu si Maul apa Syahrini? Haha.. pake guling-gulingan sambil nyanyi bunga-bunga.
    Emang kampret sih kalo lagi jalan trus ban motor bocor. Tapi kok murah banget tambal bannya, cuma 5000 -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya si maul lebih cocok jadi syahrimin pergi ke pasar deh :-)
      iya bro itu tambal bannya waktu tahun 2011,dimana BBM belum naik turun kaya sekarang. hehehe

      Hapus
  4. Keknya, ini bakalan jadi novel bentar, lagi. Udah eps 11. Gimana kalo lu buat sinetro aja, bro. "Viss"

    Gue agak ngerasa kampret, beli bensin penuh, tapi gak bisa jalan motornya. :D

    Terus, gue sendiri jujur, kadang ngerasa frett banget. Pas enak-enak nonton bola. Eh, lampu malah mati. Tapi sekrang ada solusinya, pake streaming aja, bro. TAPiiiiiiiiiiiii, kalo paket internet masih ada. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doain aja semoga aja gue bisa nerbitin buku. :) kalau gue bikin sinitron gue gk sanggup bayar pemain filmnya bro. hehehe

      Hapus
  5. Gak pernah bosen ngingetin tanda baca dan paragraf hhe

    Idem ama yang di atas-atas, gak minat buat ganti judul gitu, biar bikin penasaran yang bacanya gitu, emang mau sepanjang apa sih? Ada season ramadhan gak ntar hhe

    Btw, ini jadi ngingetin gue waktu sekolah dulu. Kalau ada bola, pasti kelas heboh, kadang minta ijin buat nyalain TV *kelas gue ada TVnya loh *ea . Kadang kalau lagi di kelas biasa, malah pada nonton pake hape cina hha

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklum aja untung tanda baca gue masih belajar untuk jadi penulis,dan kalau untuk paragraf gue udah pendekin sesuai dengan jedahnya.

      untuk judul gue udah paten,gk mau ganti lagi. karena judul ini sama aja kaya nama buku,yang berisi episode2 cerita gue ketika masih sekolah.

      HP china emang waktu dulu memang lagi ngetren2nya,gue juga kalau bimbel sering nonton TV lewat HP china :D

      Hapus
  6. Kayaknya tiap episode lo selalu panjang deh, bro!! Yang bac bisa bintitan ini. Hahahahaha. KAsian banget nasib lo pas dibonceng, segitunya liarnya ya, temen lo?? Udah kayak kucing nggak makan 3 hari aja kalau naik motor. Hahahaha

    BalasHapus
  7. Perjanan panjang modal 5000 rupiah. Modal nekat bro,,, haha

    BalasHapus
  8. Kasian banget lu broo. Tapi kayaknya perjalanan yang kayak gitu seru deh. :D
    Anjeer, itu Gugun gaya banget ya, hahaha. :D

    BalasHapus
  9. Benar-benar sial banget, udah nyasar dan akhirnya ban motor pun bocor ;-(

    Hal paling nyesek selain nggak bisa keluar malam mingguan bareng pacar karena nggak punya pacar adalah listrik mati ketika nonton bola. Itu rasanya pengen nge bom PLN =))

    BalasHapus