Di episode ini menceritakan akhir kisah gue di masa SMP,mulai dari mumetnya ngerjain soal ujian nasional, tes seleksi masuk SMA sampe bikin otak ngebul keluar asap, dan detik-detik perpisahan. Semuanya gue rangkum dengan tinta kenangan agar bisa menjadi kisah klasik di masa depan.


Nasib kita selama 3 tahun sebentar lagi dalam hitungan hari akan diuji lewat Ujian Nasional (UN), Para siswa yang berada di kelas tahun terakhir jika telinganya mendengar kata UN pasti bulu kuduk + bulu hidung + bulu kaki, tanpa bulu keteknya langsung merinding seketika. Ya UN ini selalu menjadi momok yang menakutkan dan selalu menghantui pikiran para siswa yang berada di tahun terakhir, dan itu rasanya lebih menyeramkan dari gue yang kalau pagi berangkat sekolah menaiki angkot yang rasa andrenalinya sama aja kaya naik wahana roller coster,atau ketika dimarahi sama guru yang paling kiler di sekolah. 

         Kenapa bisa begitu, ya soalnya nasib kita berada di sekolah selama 3 tahun yang merasakan manis asemnya cinta di sekolah, suka dukanya bersama teman, dan jungkir baliknya masuk got juga kita lalui, langsung terasa singkat dalam waktu 4 hari itu. Gue yang masa depannya gak mau hancur gara-gara 4 hari itu, udah mempersiapkannya dengan belajar bagaimana gue harus bisa keliatan ganteng kaya Cristiano Ronaldo sampe-sampe gue hijrah ke negeri china buat berguru kung fu dengan panda (tapi nampaknya gue gak akan berhasil keliatan ganteng kaya Cristiono Ronaldo, walaupun gue udah menguasai jurus bango kebelet pipis).

Dua hari menjelang UN sekolah gue ngadain acara istiqosah (doa bersama) harapannya kita semua bisa lulus dengan hasil yang baik, tepat pukul 7 pagi setelah para siswa kelas 9 berkumpul di lapangan upacara, pak Ustadz dan beberapa guru memulai acara ini dengan bersholawat. Gue dan anak-anak genk coro mengikuti acara ini dengan hikmat, ketika memasuki sesi renungan suasana langsung berubah menjadi dramatis, gue liat di sekeliling gue banyak para siswa yang meneteskan air matanya ketika mendengarkan pak ustadz memimpin berdoa memohon kepada Allah, hingga mengektuk pintu hati kita yang terdalam, yang membuat kita tak sanggup lagi menahan genanangan air mata ini. 

          Gue merasa ketika itu waktu begitu cepat sekali berlalu, selama 3 tahun gue berada disini begitu banyak cerita dan kenangan yang gue alami, dan sebentar lagi cerita dan kenangan itu akan menjadi memori putih biru dalam ingatan. Dan 3 tahun kita semua berjuang bersama di sini, merasakan manis, asem, pahit bereda di ruangan kelas untuk terus berjuang menggapai cita-cita kita, lewat para guru yang tak pernah lelah dan bosannya terus mengasah kita, dan kini kita akan melewatkan tantangan besar itu untuk bisa terus berlayar menggapai cita-cita kita. 

         Gue tengok ke sebalah kanan, Maul dan Ali terlihat sedih wajahnya hingga meneteskan air mata. Tapi tidak dengan Doni dan Gugun yang duduk di belakang gue, di situasi yang seperti ini mereka masih sempat-sempatnya bercanda. Dengan suara menangis, Gugun dari belakang menepuk-nepuk pundak maul dan bilang 

        “Nak, sudah nak. Jangan bersedih lagi, ikhlaskan kepergian chiko kucing kesayangan kamu itu, kalau kamu terus nangis begini ayah jadi ikutan sedih juga. Cep...cep nak, nanti ayah akan belikan kamu ice cream.”. 

         Dengan posisi kepala menunduk, Maul mencuekan Gugun yang terus menggodanya. Melihat tingkah gugun yang begitu, gue sempet mau tertawa, tapi gue coba tahan untuk tidak tertawa sambil guling-gulingan di lantai dan merusak suasana yang dramatis ini, dan akhirnya gue hanya bisa tertawa dalam hati. Tak lama setelah itu Doni dari belakang menepuk pundak gue, dan setelah gue lihat ke arah Doni dia malah mainan tisu yang ditempelkan di kedua matanya dan lidahnya, seperti tingkah Mr. Bean dalam pesawat yang mencoba menghibur anak kecil. 

         Dalam pikiran gue, ini si doni kerasupan setan apa tiba-tiba jadi gila gini, sempat juga gue punya pikiran untuk membawa doni ke pak ustadz yang berada di tengah lapangan yang sedang memimpin renungan ini, dan gue memintanya untuk mengruqiyah doni.
                                       
                                          ***

         Keesokan harinya gue bersemedi dalam rumah untuk mempersiapkan diri menghadapi UN. Di hari minggu ini gue relain gak nonton kartun Spongebob (yang menceritakan bagaimana rasa kasih sayang yang dinamakan dengan Sahabat, antara Patrick dan Spongebob), Doraemon (yang menceritakan robot kucing dari masa depan, yang membantu seorang bocah kelas 5 SD dari kesialan dan kebodohannya). Seandainya aja gue punya robot ajaib seperti doraemon gue gak perlu lagi deh jungkir balik kaya gini buat UN besok, gue tinggal minta aja deh alat yang bisa menditeksi soal-soal UN besok dan sekaligus Jawabanya hehehe. 

        Bangun-bangun mulai dari pagi gue langsung sarapan rumus -rumus Matematika, menu makang siang gue paragraf induktif dan deduktif, dan makan malam gue dilanjut soal-soal menghitung percepatan dan gaya gravitasi. Di kasur menjelang tidur gue masih sempet kepikiran 

        “gue masih gk percaya kalau besok udah UN aja,gue ngerasa masih belum siap buat menghadapi besok,gue berharap semoga besok gue diberi kemudahan untuk menjalaninya”. 

         Setelah berdoa buat besok, gue langsung tidur nyenyak.

Bangun-bangun gue langsung mandi tidak lupa menggosok gigi dan tanpa harus tidur lagi. Setelah gue sarapan pagi gue langsung berangkat, sebelum berangkat gue melakukan ritual seperti biasanya, cium tangan nyokap dan bokap tanpa harus cium keteknya bokap gue yang baru bangun dari tidur. Dan seperti biasanya juga gue berangkat ke sekolah menaiki angkot wahana roller coster, di dalam angkot gue buka-buka lagi catatan hati seorang istri (loh kenapa gue jadi ngetiknya catatan hati seorang istri, padahalkan gue mau ngetiknya catatan si boy hehehe). 

          Dalam angkot gue merasa ada yang beda, tumben banget angkot yang gue naikin ini gak ngebut seperti biasanya, pas gue tengok ke kaca belakang buset ini angkot jurusannya Kadipaten bukan Arjawinangun, waduh gue salah naik angkot nih gue langsung nanya ke kenek angkotnya 

         “bang,bang ini angkot jurusanya ke arjawinangun bukan ?”. 

          Kenek angkot menjawabnya “Arjawinangun dek...”. 

          Gue tanya balik “loh kok trayeknya jurusanya kadipaten bang ?”. 

          Abang kenek menjelaskanya “owh itu mah trayek yang dulu dek, belum diganti lagi, sekarang trayeknya ke arjawinangun”. 

          Owh ternyata ini angkot baru pindah jalur trayek, pantesan ini angkot gk seperti angkot yang biasa gue naikin setiap hari, dia belum tau kali karakteristik angkot arjawinangun kaya gimana. Dan gue liat dari balik kaca angkot, ada dua angkot jurusan arjawinangun lainnya yang menyalip angkot gue sambil kebut-kebutan ngejer penumpang. Tapi beda dengan angkot yang gue naikin ini masih tetap santai dengan prinsip yang terpasang di kaca belakanganya yaitu alon-alon asal kelakon.

Turun dari angkot gue langsung ketemu doni,dan menyapa gue 
“hoy mi,tumben lo berangkat ?”. 

          Gue sapa balik “ hoy Don, Iya bro liat situasi hari pertama kaya gimana,barang kali aja ada bocoran hahaha. Nah lo sendiri sih kenapa berangkat ?”. 

           Doni menjawabnya “gila aja lo, kalau gue hari ini gk berangkat bisa-bisa gue gk lulus SMP, dan ngulang tahun depan lagi terus jadi siswa yang paling pinter di SMP hahaha.”. 

           Gue balas candaan doni “kan lo kalau gk lulus UN bisa aja lo ikut ujian paket C tahun sekarang juga hahaha”. 

           Doni balas balik candaan gue “Lo kira gue mau ujian bikin SIM apa paka paket C segala hahaha”. 

           Menuju sekolah gue berjalan berdua bareng Doni tanpa harus berpegangan tangan kaya orang pacaran. Gue dan Doni satu ruangan pada saat ujian nasional, dan kebetulan waktu itu gue dan Doni duduk bersebelahan paling belakang. Sebelum ujian dimulai di dalam kelas Doni memimpin kiti-kita bedoa terlebih dahulu. 

          Setelah berdoa gue buka lembaran soal bahasa indonesia, buset deh ini soal apa koran ya, banyak bener bacaanya sampe 30 halaman (Enaknya mah kalau gini ngerjainnya sambil minum teh sama makan roti nih, udah serasa kaya bapak-bapak yang lagi baca koran di teras depan rumahnya). 1 jam berlalu Gue tengok ke arah Doni nampaknya dia udah mulai mabok soal bahasa indonesia dengan tanganya yang ngelus-ngelus jidaknya, gue bisik-bisik 

        “hay Don,lo kenapa udah gk kuat lagi ?”. 

          Doni menjawabnya sambil ngelus-ngelus jidaknya “iya Mi pusing euy, gila banyak banget bacaannya.”. 

          Gue bilang dan ngasih saran ke doni “ya udah Don, lo lambaikan tangan aja ke kamera, bilang udah gk kuat lagi, hantu UNnya udah mulai banyak menampakan diri hehehe”. 

          Doni hanya merespon gue dengan mangacungkan jari tengah ke arah gue. 

          Setelah 2 jam berjibaku dengan soal-soal bahasa indonesia (Ya mungkin keliatannya mah gampang ujian bahasa indonesia karena kita orang indonesia dan biasa menggunakan bahasa indonesia setiap hari, sampe ada yang bilang kalau lo gk bisa ngerjain soal bahasa indonesia, berarti lo bukan warga indonesia lebih baik lo pindah negara aja. Tapi kenyataannya kalau bahasa indonesia udah masuk kedalam ujian nasional, itu sama aja kaya kita mumetnya menghadapi ujian matematika. Mencari jawaban paling benar dari yang benar, hampir semua jawabannya mengacu ke kata benar) gue langsung mengumpulkan lembar jawaban gue ke pengawas ujian dan langsung keluar kelas pulang ke rumah. 

          Doni mengajak gue ke rumahnya  “Mi,lo gak mampir dulu ke basecamp ?”. 

          Gue menolaknya “gak lah don, besok matematika lagi ujiannya, gue mau nyiapin buat besok.”. 

          Doni membalasnya “owh ya udah kalau gitu, belajar yang rajin ya, biar besok gue bisa nanya ke lo hehehe”. 

          Sambil berjalan gue hanya merespon dia dengan memberikan tanda jempol.

                                               ***

          Akhirnya 4 hari yang penuh dengan perjuangan sampe bikin otak ngebul keluar asap Ujian Nasional selesai juga gue lewatin, sepulang dari sekolah gue langsung ke basecamp bersama doni, dan tak lama kemudian anak-anak genk coro lain pada datang juga. Di basecamp gue dan anak-anak lain mengrefeshkan otak yang selama 4 hari yang dipaksa bekerja keras dengan bermain PS. 

         Gue kalau main PS bareng anak-anak geng coro gue ini selalu jadi sarang gol mereka, ya soalnya gue yang paling bego kalau main PS, dan saking begonya gue kalau main PS, gue kalau ngegolin itu gk langsung buru-buru mencet tombol select atau star sengaja dilama-lamain liat replay golnya, merasakan gimana rasanya kalau ngegolin di PS, dan itu rasanya seneng banget padahal mah gue udah ketinggalan 5-1. 

         Setelah menghilangkan penak dan melupakan ujian nasional tar hasilnya gimana, gue pulang ke rumah diajak Maul 

        “Mi mau balik bareng gk, gue mau balik nih”

        Dengan senang hati gue menerima tawaran maul “yo ul balik, gue juga udah bete nih, di sini main PS kalah melulu udah gitu telak lagi kalahnya sampe 8-0”. 

        Doni membalas gue “ah itu mah udah takdir lo kalah melulu, lagian gak bisa main juga pake nantang-nantang yang lain segala buat main PS.”. 

        Gue membalasnya “ya namanya juga usaha don, tar juga kapan-kapan gue balas kekalahan gue ke kalian. ya udah deh gue balik dulu. yuk ul cabut,eh tapi kali ini lo gk usah pake nyobain nyari-nyari jalan terdekat dan tercepat lagi ya, gue gk mau lagi kalau sampe nyasar terus dorong-dorong motor lo” 

        Maul membalasnya “hahaha...waktu itu mah emang lagi sialnya kita aja, gue juga ogah lagi kepanas di tengah sawah, sekarang mah lewat jalan raya aja”. 

       Dan dengan suaranya yang khas Maul memacu motor antiknya meninggal basecamp.

Tapi setelah itu perjuangan belum berakhir masih ada satu lagi bagi kita yang harus dilewati ya itu tes seleksi masuk SMA, ya tepat 2 minggu setelah UN gue harus mengikuti ujian seleksi ini. Gue dan beberapa anak genk coro lain memilih untuk mendaftarkan diri ke salah satu sekolah yang paling favorit. Tiap malam pun gue terus belajar mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi masuk SMA, sampai pada akhirnya tes seleksi pun dimulai gue dan beberapa anak genk coro mengikuti tes seleksi, dan diantara kita yang mengikuti seleksi tak ada satu pun yang satu ruangan. 

         Gue mulai masuk ke dalam kelas dan terlihat banyak peserta lain yang masih terus belajar dengan membuka buku catatannya, kayanya yang mengikuti tes ini keliatannya semua pintar-pintar dan gue menatap diri gue 

         “apa bisa ya gue jadi salah satu siswa disini”. 

         Tak lama setelah gue duduk pengawas ujian masuk ke dalam ruangan (iyalah masa masuk ke dalam ruangan masa masuk ke dalam kulkas, emang dikira sayuran segar hehehe). Dan setelah pengawas membagikan soal gue langsung mengerjakannya, buset deh ini soal lebih susah dari Ujian Nasional udah gitu ada beberapa soal yang pake bahasa inggris lagi, matematika aja udah susah lah ini soalnya dibuat pake bahasa inggris,otak gue pun harus dipaksa 2 kali lipat bekerja lebih keras dari mengerjakan soal ujian nasional. 

         Dan akhirnya selama 4 jam tes seleksi pun selesai,gue keluar ruangan dengan penuh harapan walaupun jawaban gue agak sedikit meragukan,dan setelah itu gue langsung pulang kerumah dengan mulai banyak-banyak berdoa.

Ujian nasional dan tes seleksi SMA semuanya udah gue lalui, sekarang tinggal nunggu hasil pengumumanya. Sambil menunggu hasil pengumuman gue dan beberapa anak dari genk coro mempersiapkan penampilan kabaret untuk perpisahan nanti, di perpisahan ini gue diajak sama Hendi dan Ana untuk menampilkan kabaret, selama satu minggu kita bahas konsep dan alur ceritanya, dan setelah kita fix akan membahawakan kebaret tentang comedy romantis, kita langsung latian dan pergi ke radio buat rekaman suara. 

        Dan akhirnya perpisahan tiba, suasana antara senang dan sedih pun bercampur jadi satu di hari ini, ya 3 tahun sudah kita melewati hari demi hari kita dengan rasa senang maupun duka dan banyak kenangan dan cerita yang terjadi disekolah ini, kini tak terasa waktu begitu cepat berlalu dan mulai sekarang juga kita harus ukir cerita kita itu dengan tinta kenangan agar menjadi sebuah kisah klasik dimasa depan. 

         Di penghujung acara penampilan kabaret gue mulai, gue di sini memerankan sebagai siswa baru yang culun, gagap, tapi jago ngedance. Saat adegan gue yang memperkelankan diri di dalam kelas dengan suara gagapnya,tiba-tiba dilanjutkan anak-anak cewe dengan memplestkan omongan gue, serantak itu membuat para siswa-siswi lainnya tertawa. 

          Dan karena kedua temen gue Hendi dan Fiki yang memerankan jadi temen baru gue gk terima dengan tingkah anak-anak cewe yang merendahkan gue, mereka membela gue dan menantang cewe-cewe dengan batle dance. Pada saat adegan bettle dance disini gue diceritakan, kalau gue ini jago ngedance (alur ceritnya emang gitu guys, padahal mah gue gk bisa ngedance sama sekali, gue ngedance aja keliatanya kaya pertujukan topeng monyet hehehe), 

          Dan pada saat one by one antara Hendi dan Selly di adegan ini mereka diceritakan telah jatuh cinta pada pandangan pertama dengan adegan saling bertatapan dengan backsound lagu pandangan pertama by slank (Pandangan pertama awal aku berjumpa seolah olahannya impian yang berlalu....),dan tak lama kemudian musik berganti manjadi lagu dangdut, yang tadinya kita ngedance alhasil setelah mendengar lagu dangdut kita semua di adegan bettle ini tiba-tiba langsung mendadak dangdut, 

          Dengan gue yang bergoyang ala Dewi Persik dengan goyang gergajinya, terus Fiki yang bergoyang ala Inul Daratista dengan goyang ngebornya, dan dilanjutkan kita bertiga,gue,Fiki,dan Hendi yang berkelaborasi dengan goyang dangdut ala trio macan, serentak itu juga membuat siswa lainnya ngakak terbahak-bahak sampe keselak biji salak. Dan diending ceritanya cewe-cewe yang tadi merendahkan gue jadi berbalik berteman dengan gue, dan antara Selly dan Hendi mereka malah jadi pacaran.

          Setelah penampilan kabaret itu gue merasa senang, akhirnya di perpisahan ini gue bisa menampilkan sesuatu buat mereka dan bisa membuat mereka terasa terhibur dengan penampilan kita. Dan itu pun sekaligus menjadi kado terakhir dari gue untuk teman-teman gue, yang selama 3 tahun ini telah mewarnai hari-hari gue. 

       Setelah perpisahan itu 3 hari kemudian, hari yang ditunggu-tunggu selama 3 tahun sekolah di sini, akhirnya datang juga dan kita siap untuk mendengar hasil pengumuman kelulusan, dengan perjuangan dan pengorbanan yang begitu berat akhirnya kita semua lulus. 

          Dan selang beberapa harinya hasil pengumuman seleksi masuk SMA. gue,Doni,Gugun,Eki,Fiki dan beberapa anak lainnya dari SMP gue diterima di SMA 2, sedangkan  Maul diterima di SMA Nepal, Ali melajutkan ke SMK, lalu Hendi yang memilih mondok di jawa timur, dan Arul diterima diprogram accelerasi di SMA kota. Karena ada beberapa anak genk coro yang tak satu sekolah lagi, kita-kita pun akhirnya berpisah dan memutuskan untuk membubarkan genk coro ini, walaupun kita sudah tidak menjadi genk lagi tapi pertemanan dan bersahabatan kita masih tetap terus berlanjut. 

         Ada pertemuan pasti akan ada perpisahan, tapi perpisahan ini bukan menjadi akhir dari segalanya, melainkan menjadi awalan baru bagi kita untuk terus berlayar mencari ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Masa putih biru kini akan berubah menjadi masa putih abu-abu. Bersambung... 

        

16 komentar:

  1. Gue jadi Inget masa SMP dulu, bro. Cuman, dari semua yang gue lakukan dulu, gak separah yang lu lakuin sekarang. :D

    Sedih memang, tapi harus bagaimana dunia emang harus tetap berjalan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bro dunia ini terus berputar,biarlah yang berlalu menjadi sebuah catatat sejarah bagi kita. :)

      Hapus
  2. Aduhh, gue jadi inget masa SMP gue yang hina :(

    BalasHapus
  3. hahaha, sekolah emang gitu, udah lama-lama sekolah, tapi penentuannya cuman pada waktu UNAS doang. ga adil banget kan. menurut gue, yang paling nggak kerasa pada waktu sekolah itu masa-masa SMA, bro. mungkin disitu kebersamaannya terasa banget, sampe-sampe ga kerasa kalo sekarang gue sudah lulus.

    eh, gila, kalo gue jadi lo, gue nggak mau ikutan main ps daripada harus menanggung malu kayak gitu. lo cuman dijadiin mainan doang sama temen-temen lo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti kita 3 tahun gk usah datang ke sekolah lagi ya b ro,yang penting pas UN 3 hari kita datang. eh hahaha

      ya bener banget tuh masa SMA juga gk kalah serunya.

      ya itung-itung latian buat main ps lah,dan sekarng gue main PSnya udah cukup jago nih,bisa ngalahin mereka-mereka yang dulu sempat ngetelak gue. hahaha

      Hapus
  4. Kok abis baca ini gue jadi kangen sama story masa smp gue ya :" zzz... setuju banget gue perpisahan hari itu bukan menjadi akhir dari segalanya.. :'D tapi tetep aja sedih, abis pisah terkadang langsung pada menghilang :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. bernostagia bro... ayo inget-inget lagi masa-masa smp lo. hehehe

      suatu saat kita pasti akan bertemu lagi bro,dengan membawa kisah klasik kita.

      Hapus
    2. bernostagia bro... ayo inget-inget lagi masa-masa smp lo. hehehe

      suatu saat kita pasti akan bertemu lagi bro,dengan membawa kisah klasik kita.

      Hapus
  5. Iya nih, UN itu emang serem banget :D
    Parah, main PS dibantai kayak gitu, sama sih waktu SMP juga kadang aku dibantai, hahahaha.

    Masa-masa SMP emang enak, daripada masa-masa SMA, menurutku enakan SMP soalnya rame, kalo SMA sekarang, rasanya suram :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. suatua saat lo pasti akan bisa ngebantai mereka lagi,tingkat terus skill PS lo. hahaha

      mungkin lo belum menemukan masa-masa SMA yang sebenernya bro. masa-masa SMA itu tempatnya kita mencari cita dan cinta. hehehe

      Hapus
  6. Setelah baca ini... kayak ngubek-ngubek kenangan masa lalu gitu. Sedih memang kalo udah ngomongin kisah sekolah dulu. Apalagi kamu sampe ngebubarin genk coro. Kayak ada yang hilang gitu mungkin ya? Ya meskipun tetep bersahabat, tapi rasanya pasti lain dibanding zaman smp dulu.

    Yah bener banget. Hidup itu intinya hanya tentang pertemuan dan perpisahan. Ada yang datang dan pergi. Mungkin, di sma kamu bisa nemuin orang-orang baru buat ngukir kenangan baru. Intinya sih nikmatin aja tiap masanya biar bisa dikenang di masa depan nanti^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya cukup berat juga sampe bubar dari genk coro,tapi lambat laut kita semua mengerti hidup itu terus berputar dan berjalan kedepan.

      yap bener banget RT :D

      Hapus
  7. Cirebone ning endi wa? Hahaha
    Kita di ciwaringin. Deket kalo naik angkot arah nangun mah..

    Ingatan lo tajam juga, yah.. Gue mah sebagian udah lupa masa2 SMP..

    Saran ajah si. Sekalipun ini cerita kasih lah gambar satu atau dua mah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. umah kita ning plumbon ang. hahaha
      ya waktu SMP dulu mah sekolahnya di AWN.
      sekarang lagi merantau menuntut ilmu di Jakarta ang.

      ya alhamdullilah masa bisa keinget ang,dikit-dikit.

      iya ang,kalau pas di ceritanya ada yang ngedokumentasiin waktu itu,pasti gue upload juga ang.

      Hapus
  8. jadi inget jaman ujian nasional dulu
    setelah dilewati bersama-sama akhirnya mesti harus berpisah

    BalasHapus