Episode : Study Tour

Di kelas XI ini gue pergi study tour bersama teman satu angkatan ke Batagor (Bandung,Jakarta,Bogor). Sebenernya waktu itu untuk study tour kita dikasih 2 pilihan, mau ke arah timur (Semarang,Jogja,Malang) atau arah barat (Bandung,Jakarta,Bogor).

Kelas kita kompak untuk milih ke arah timur dikarenakan PTN yang kita kunjungin di wilayah barat semuanya basis untuk anak-anak IPA semua yaitu : ITB dan IPB, ya karena kita anak IPS kita lebih memilih ke wilayah timur yang akan mengunjungi UGM dan UB, karena informasi tentang jurusan IPS disana lebih banyak ketimbang di wilayah barat.

Tapi pada saat pemilihan kita kalah, beda satu suara kelas dengan pilihan yang ke barat, dengan hasil suara 5 kelas memilih ke arah timur, dan 6 kelas memilih ke arah Barat. Walaupun begitu kita-kita anak IPS tetap legowo, dan tetap mengikuti study tour dengan senang hati.

Kita pergi study tour selama 5 hari, mulai berangkat dari hari minggu malam dan kembali lagi ke sekolah hari kamis pagi. Hari pertama kita pergi mengunjungi kota Bandung, di kota pertama ini kita pergi ke tempat wisata situ patenggang dan kawah putih yang berada di Ciwidey. Pada saat kita mengunjungi kawah putih, untuk bisa menyampai kawah putihnya, kita harus menaiki kendaraan yang disebut dengan odong-odong, sejenis angkot yang hanya ditutupi bagian atasnya aja.

Waktu itu gue menaiki angkot ini bersama anak-anak cewe teman sekelas, gue naik angkot bareng mereka karena waktu itu gue lagi pergi ke toilet dulu, terus ditinggal sama temen-temen cowo gue yang udah pada berangkat duluan naik ke atas.

Dan pada saat kita menaiki angkot ini untuk bisa sampai ke kawah putih. Selama perjalanan  kita merasakan adrenalin yang sangat luar biasa, sama hal dengan kita menaiki wahana roller coster, dengan kecepatan tinggi angkot ini bermanuver tajam ke kiri dan ke kanan.

Selama gue menaiki angkot ini bersama anak-anak cewe, suara yang gue dengar hanya teriakan histeris anak-anak cewe yang ketakutan (Suara knalpot angkot ini yang kaya bajaj aja gak kedengaran sama sekali), yang membuat telinga gue sakit. Suara teriakanya udah kaya petir yang menyambar pohon,

“WAHHH.......”

“TIDAK.....”

“YA ALLAH.... YA ALLAH...”

“Mamah mau pulang mamah, TOLONG....”

Gila ini anak cewe rempong banget, tapi emang sih adrenalinnya lebih-lebih dari menaiki roller coster, karena angkot ini tidak diberi sabuk pengaman bagi penumpangnya, udah gitu disetiap sisinya gak ada pintu pembatasanya. Cukup berbahaya juga ketika angkot ini melaju kencang dengan berbagai manuvernya.

Saking bahayanya aja temen gue yang gak seangkot sampe jadi korbanya, tapi bukan orangnya yang menjadi korban melainkan HP BBnya yang menjadi korban, kerena terpental keluar ketika menaiki angkot ini.  Ya ketika itu dia menaiki angkot duduk di paling pojok sebalah kanan, serta HPnya ditaruh di saku celana sebelah kanan juga, disaat angkot ini bermanuver ke sana kemari dengan kecepatan tinggi, HP dia pun terbang melayang entah kemana.

Dan gara-gara HP Izam yang ilang entah kemana, perjalanan menuju tempat berikutnya yaitu kampus ITB menjadi terhabat, khususnya bagi rombongan bis anak IPS. Ya tour guide dan para guru yang barada di rombongan bis kita berusaha untuk mecari HP Izam terlebih dahulu sebelum meninggal tempat ini.

30 menit belum ada kabar akhirnya rombongan bis lain pun pergi duluan menuju ITB, sedangkan rombongan bis kita masih menunggu pencarian HP Izam, dan selama 1 jam lebih dicari-cari dan hasilnya nihil, kita akhirnya kembali melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi ITB.

Setelah sampe di ITB karena rombongan bis kita telat 1 jam dengan rombongan bis yang lainnya, kita anak-anak IPS tidak mendapetkan materi apa-apa dari ITB, kita di ITB cuma datang mengunjungi untuk numpang sholat di masjidnya doang, dan dilanjut berjalan dari depan pintu gerbang utama menuju gedung saboga (sasana budaya ganesha) yang berada di belakang kampus ITB,  lalu menaiki bis lagi yang sudah terparkir di sana. Ya nasib kita waktu datang mengunjungi ITB pun kaya anak ilang, yang gak tau kemana lagi arah tujuannya.

Setelah dari ITB sore harinya kita langsung lanjut lagi menuju puncak Bogor, dan check in di hotel. Di hotel ini kita bermalam selama 3 hari 2 malam untuk berkeliling di sekitar Bogor, mulai dari Istana Bogor, taman matahari, sampe kampus IPB. 

Tak Hanya Izam yang mengalami kesialan ketika study tour. Hari-hari berikutnya selama study tour, gue juga mengalami kesialan yang beruntun ! Bersambung...

Moment - moment :

Odong-odong kawah putih


Sesi galau, Jongkongin kebelakang enak tuh.

udah cocok kaya cover album belum ?
Lagi ngedayung perahu diajak ngobrol. Kapal oleng kapten !


Gue nemu batu akik tuh

Rombongan perawat nyasar.


Muka-muka belum mandi.


Nyasar di ITB

Gak usah nyari gue, gue emang gak ada disitu.




13 komentar:

  1. Waahhh.... abis cerita study tour yaa... pasti seru tuh...
    Jadi inget jaman dulu pernah study tour juga ke Bandung-Jakarta. Ke Observatorium Bosscha.

    Semoga perjalanan study tournya yg diinget bukan cuma pas jalan2nya aja yaa... tapi info tentang universitasnya juga diinget. jadi bisa buat bahan pertimbangan pas mau kuliah nanti... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba seru bisa jalan-jalan sama sama temen satu angkatan, tapi pas sampe itb kita malah gak dapet materi apa-apa.

      Hapus
  2. Wih, ke kawah putih.. pasti seru tuh..

    Odong-odongnya aja keren, apalagi pemandangannya tuh (apa hubungannya?)

    Itu foto lu yang kayak boyband salah urat keren juga bro. Smash kan udah bubar, siapa tau lu dan semua temen-temen lu bisa jadi the next nya tuh wkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bukan boyband salah urat tuh, tapi boyband salam muka, tampang-tampang mukannya gak ada yang pantes jadi boyband. :D

      Hapus
  3. Ayeee, kawah putih, ya. Tjakep tuh, pemandangannya. Di Pekanbaru juga ada, lo!!

    Tapi kami kawah biru. :D

    Foto2 lu rata2 ngawur pada, ngedanyung, wajahnya syahdu nan saling sayang sama temen cowoknya. "Tampaknya begitu." :D

    Kalo inget2 lagi, kira2 gue kapan, ya study tour-nya. Entahlah, udah lama banget. Paling keren gue ke Malaysia. Udah itu doang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jodoin yuk kawah biru sama kawah putihnya. kali aja setelah merema nikah bakalan ada kawah hijau hahaha (apaan sih ini).

      kalau gak salah kawah biru yang di pekanbaru itu yang dipuncak gunung ya ?

      wah udah study ke malaysia. enak nih.

      Hapus
  4. Study tour itu kegiatan sekolah yang paling asik, tapi nyatanya kita enggak 'study' malah kebanyakan 'tour' nya. Hahahaha :D

    Itu kayaknya kendaraanya serem banget, dan pas lihat foto kendaraanya ternyata emang serm banget. Pantesan Hp Ijal bisa sampe jatuh, pinggirnya kosong gitu, cuma ada pegangannya aja. Kasihan ya si Ijal, semoga hp nya tenang di alam sana.

    Mungkin kalo lu nggak sial, perjalanannya jadi enggak seru mi, lu kan udah biasa sial, hahahaha piss :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bener selama gue study tour gak ada studynya sama sekali, malah jalan-jalan aja kerjaannya.

      Hahaha kampret lo, tapi emang bener sih kalau gak ada kesialan dan kenyolan gue, kayanya ini cerita gak bakalan seru. :D

      Hapus
  5. Pemandangannya bagus, tapi kebanyakan foto grufie. Wkwkwk :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau foto sendiri tar dikirain model majalah. :D

      Hapus
  6. Cie yang main ke Bandung. Gimana gimana? Seru kan di sini? Kulineran nggak? Harusnya kamu coba deh kuliner di Bandung, banyk banget macemnya dan enak-enak. Kamu baru ngunjungi salah satu tempat aja, masih banyak tempat keren yang lainnya, Mi.

    Aku ngakak banget liat foto kalian kayak cover album. Pake masker pula. Udah kayak buronan abis Miiii hahaha.

    Odong-odongnya masih lucuan yang di kampus aku loh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bandung mah gak ada bosennya mba buat dikunjungin walaupun udah sering banget kesana.
      odong-odong UNPAD ya mba, doain ya mba, semoga tahun ini saya bisa diterima di UNPAD biar bisa merasakan sensasinya naik odong-odong UNPAD :)

      Hapus
  7. Asik nih. Dari kemarin aku lagi nyari artikel tentang liburan ke bandung Belum pernah kesan soalnya.

    Catet, Kawah putih utk jadi destinasi. Besok kalo kesana HP jangan di taroh ke katong karena bisa ilang, hehe.
    Nice artikel.

    BalasHapus