Episode : Camping (3)

Pagi hari jam 7 setelah selesai sarapan, kita lanjut ke acara widegame dan master chef. Untuk master chef gue serahkan kendali ke Evan dan beberapa panitia yang stay di buper. Sedangkan gue dan yang lainnya terjun ke widegame stay di pos-pos.

Satu persatu kloter jamaah haji peserta diberangkatkan, gue di widegame bertugas di pos 3 tentang sandi-sandi pramuka, di pos 3 ini panitia dari ekskul pramuka hanya gue sendiri, yang lainnya panitia dari PMR 3 orang dan Paskibra 3 orang, yang bertugas sama seperti gue menguji materi dibidangnya masing-masing.

Mengingat gue diberi tugas juga oleh Kak Budi dan Kak Fadil untuk mengontrol dan mengendalikan waktu widegame agar bisa selesai tepat waktu sebelum Jam 2. Yang membuat gue harus sering bolak balik dari pos 3 ke pos bayangan 3, dan pos 4, untuk mengontrol waktu pengujian materi.

Pulul setengah 9 pagi, gue dapet laporan dari Ardi yang bertugas di pos bayangan 1. Semua kloter sudah diberangkatkan dari buper dan sudah melewati pos bayangan 1. Gue masih tenang karena  target pemberangkatan kloter sesuai dengan rencana, ada 9 kloter yang kita berangkatkan dan jedah waktunya dari setiap kloter 10 menit.

Jam 11 siang gue mulai ketar ketir, baru satu kloter yang udah ngelawatin pos 3. Ini udah diluar rencana, seharusnya jam 11 siang udah ada 5 kloter yang udah ngelewatin pos 3. Gue coba telfon Fahri yang bertugas di pos 1,

“Ri, di pos 1 masih ada berapa kloter lagi ?”

Fahri bilang “Masih banyak Mi, 5 lagi, disini numpuk kita-kita kekurangan panitia.”

Gue kaget dan gak nyangka masih banyak juga kloter yang masih di pos 1, dan gue bilang
“Waduh...  ngaret berapa jam nih kita. Oke-oke tar gue hubungin panitia pos bayangan 1 dan yang di buper suruh bantuin lo ngehandle di pos 1.”

Fahri bilang “Oke sip, buruan mi.”

Gue langsung hubungin Ardi di pos bayangan 1 dan Evan yang di buper untuk segera mengirim beberapa panitia untuk membatu di pos 1. Setelah gue menyuruh beberapa panitia untuk ke pos 1, tak lama kemudian Kak Budi nelpon gue,

“Mi gimana ini, udah mau dzuhur masa baru satu kloter yang udah selasai widegame, bilangin di pos-pos yang lain jangan terlalu lama.”

Gue jawab “Iya kak, di pos gue juga baru kloter pertama aja yang udah lewat. Ada penumpukan di pos 1 kak, Ardi dan sebagian panitia udah kesana buat bantuin.”

Kak Budi bilang “Ya udah, jangan sampe melenceng dari target.”

Setelah kak Budi nelfon, gue coba cek ke pos bayangan 3, dan di pos bayangan 3 juga sama kondisinya sepi sunyi gak ada aktifitas sama sekali, Yara yang bertugas disana nanyain,

“Heh mi ini pesertanya mana ? dari tadi baru satu kloter yang lewat. Gue bisa tua dulu kalau nunggu lama disini.”

Yara mulai emosi karena terlalu lama menunggu, dan gue bilang “Ya udah kalau lo gak mau cepet tua, makanya jangan marah-marah aja, tar tua beneran lo. Gue juga gak tau nih kloter yang lain kemana.”

Yara bilang “Eh kata Janu di Pos 2 ada masalah.”

Gue kaget setelah Yara bilang gitu “Hah... masalah gimana maksudnya ?”

Yara bilang “Tau deh gue juga gak ngerti,coba aja lo telfon dia.”

Gue langsung menelepon Janu “Hallo Jan, di pos 2 kenapa ? katanya ada masalah.”

Janu bilang “Iya Mi, gara-gara peserta ketika di tes PBB (baris-berbaris) banyak yang gak kompak dan gak bisa gitu, jadi setelah PBB semua kloter dievaluasi. Dan yang megang evaluasi panitia kelas 12, makanya disini ngaret banget.”

Gue bilang “Loh koh bisa gitu, bukannya perjanjiannya evaluasi hanya boleh di pos lumpur dan 5 aja ya. kalau gini mah bisa banyak memakan waktu, pantesan aja ngaret. Bilangin Jan ke kordinator pos 2. Kita lagi dikejar waktu nih, udah hampir jam 12 baru 1 kloter yang udah selesai. Target kita widegame selesai jam 2. Kasih tau Jan evaluasinya di pos 5 aja.”

Setelah gue menelepon Janu, satu persatu kloter dari pos 2 mulai melanjutkan perjalanannya menuju pos berikutnya. Widegame kembali berjalan normal, jam 1 siang 5 kloter sudah melewati pos 3 dan sebagian dari mereka sudah selesai melaksanakan widegame. Setelah kloter 5 lewat pos 3, seharusnya 10 menit kemudian kloter ke 6 sampe di pos 3.

Tapi ini udah kita tungguin 20 menit gak ada tanda-tanda kloter yang masuk ke pos 3 atau pun banyang 3, tak lama kemudian gue mendengar laporan panitia dewan keamanan,

“Mi kode merah, 3 kloter nyasar. Kloter 6,7,dan 8 setelah melewati pos 2, mereka keluar dari jalur widegame.”

Gue langsung kaget “Waduh 3 kloter nyasar, buset deh, bisa berabeh nih.” (teriak dalam hati), dan gue langsung bilang ke Agung “Gung, kirim sebagian panitia dan dewan keamanan buat cari meraka.”

Setelah gue dapet kabar dari Agung, gue  kasih tau Kak Budi, “Kak, kode merah. 3 kloter nyasar, setelah melewati pos 2.”

Kak Budi bilang “Loh kok bisa gitu ? udah ada yang nyari belum.”

Gue bilang “Sebagian panitia dan dewan keamanan lagi nyari kak.”

Kak Budi bilang “Ya udah lo tetap stay aja di pos 3, ngatur yang lainnya, entar gue sama beberapa guru bantuin buat nyari mereka.”

Setelah kejadian 3 kloter kesasar,agar mempersingkat waktu, gue secara inisiatif langsung menutup pos bayangan 3, dan panitia yang bertugas di sana gue tarik untuk membantu pos 3. Gue pun memberi tau Janu juga yang berada di pos 2 untuk memberi tahu kloter 9, kalau pos bayang 3 udah gue tutup dan langsung menuju ke pos 3.

Jam setengah 2 kloter terakhir kloter 9 udah mulai memasuki pos 4. Kita tinggal menunggu kabar dari 3 kloter ini, setelah 20 menit menunggu akhirnya ada kabar dari Agung,

“Mi kloter 6,7,dan 8 udah kita temuin, sekarang lagi menuju ke pos bayangan 3.”

Gue bilang “Langsung jadi 1 kloter aja Gung, biar mempercepat waktu, gue juga udah menutup pos bayangan 3. langsung dipandu ke pos 3 aja ya.”

Agung meresponya “Owh gitu oke sip.”

Untungnya kloter ini bisa ditemukan juga, mereka kesasar ke ladang-ladang dan persawahan. Seharusnya setelah mereka dari pos 2 mereka memasuki hutan-hutan untuk menuju pos bayangan 3, tapi ketika di pertigaan, mereka malah mengambil jalan lurus bukanyan belok masuk ke hutan, karena tanda panah petunjuk jalan yang ada di situ, tertutup tumpukan kayu warga yang mereka cari dalam hutan.

Dan walaupun 3 kloter ini gue satukan jadi 1 kloter, pengujian di pos 3 dan seterusnya gue perketat, dengan memanggil panitia yang dari pos 1 dan 2 yang telah selesai bertugas. Di pos 3 dari pramuka gue dibantu sama Yara dan Fahri untuk menguji materi tentang sandi.

Setelah kloter terakhir selesai diuji di pos 3, kita semua memandu mereka untuk menuju pos-pos berikutnya. Ketika di pos 5 gue kena marah kak Hasan, dia menghampiri gue dan bilang.

“Hey Mi, liat sekarang jam berapa ? gimana sih lo widegame meleset dari target, banyak yang ngaret kaya gini, tiap kloter, waktu dan jedahnya beda-beda. Kalau dikasih tugas yang bener kerjanya.”

Gue lihat jam tangan gue udah jam 2 lebih 15 menit, dan ini kloter terakhir baru masuk ke pos 5. Gue diem aja gak jawab apa-apa dan kak Hasan kembali lagi menguji di pos 5. Widegame akhirnya bisa selesai jam setengah 3, semua kloter udah kembali ke buper semua.

Setelah sampai buper di pos panitia, gue mendengar obrolan panitia kelas 12 dari Paskibra dan beberapa guru menyalahkan kinerja gue, dalam mengatur dan mongotrol waktu widegame, karena ngaret dan meleset dari target rencana. Tapi gue gak menanggapinya, gue meresposnya hanya dengan diam aja sambil duduk di tribun dan minum.

Wajar kalau mereka menyalahkan gue karena widegame selesai dengan ngaret, tapi walaupun begitu, gue udah berusaha semaksimal mungkin mengatur dan mengontrol waktu widegame. Tak lama kumudian gue diajak ke rumah warga buat mandi sore bareng Akri dan Ardi, dan gue pun meninggalkan posko panitia ikut mandi di rumah warga bareng Akri dan Ardi.

Setelah jedah istirahat widegame, setelah sholat ashar acara berikutnya adalah santai-santai dengan bermain game bersama. Para peserta akan diuji kekompakanya dan kerja samanya dengan bermain game balon dan berita berantai. Keceriaan peserta pun kembali lagi setelah mereka di evaluasi pada saat widegame di pos lumpur dan pos 5.

Malam harinya setelah sholat isya kita lanjut ke acara api unggun, di acara api unggun ini seperti biasanya tiap-tiap sanggah menampilkan pentas seninya, mulai dari baca puisi, drama, nyanyi sambil main gitar, (sampe debus bakar diri di api unggun).

Setelah api unggun jam 10 lebih, waktunya untuk tidur. Peserta di giring masuk ke kandangnya tendanya masing-masing oleh panitia, dan seperti biasanya aturan ketika tidur tidak boleh memakai baju pramuka lengkap dan sepatu harus ditaruh di luar.

Setelah mereka pada masuk ke tenda, gue dan Eki keliling ke tenda-tenda peserta buat ngintipin mereka pada ganti baju,(wah gak bener nih panitianya, ngintipin para peserta ganti baju. Udah gitu yang diintipinya peserta cowo lagi. Ih gak nyanka ya).

Eh bukan itu maksudnya, kita ke tenda peserta itu Cuma ngontrol dan mastiin doang, kalau mereka beneran tidur apa gak dan pada ribut gak di dalam tenda, bukanyanya ngintipin para peserta ganti baju. (Wah alasan doang itu mah, emang kalau mereka udah pada tidur mau diapain ? pake mastiin segala). Wah apa lagi nih, pake ngira yang enggak-enggak aja. Udahlah intinya gue bukan melakukan hal-hal yang negatif.

Setelah gue beraksi (tuh kan ketangguan, hayo beraksi apaan ?). Eh-eh bukan itu maksudnya, oke deh gue ralat kata-katanya. Setelah gue keliling ke tenda-tenda peserta (Keliling ? kaya hansip aja. Apa lo, jangan-jangan abis ngepet ya.) Eh kampret lo diam gak usah banyak omong, kaya burung beo aja lo, udah ini cerita-cerita gue, terserah gue mau nyampeinnya kaya gimana.

Setelah gue dan Eki patroli. Udah diem, gak usah komen patroli kaya polisi aja. (iya iya, gue diem, udah lo sana lanjutin ceritanya, kapan selesainya nih). Oke sip. Setelah gue dan Eki patroli keliling tenda peserta, memastikan kalau mereka udah pada tidur semua dan gak ada yang berkeliaran lagi. Gue ditelfon sama Evan suruh ke posko panitia, buat briefing acara puncak.

Setelah sampainya di sana semua panitia dan guru udah pada kumpul untuk melaksanakan briefing, di briefing kali ini kita akan membahas acara pucak dan pelantikan sekaligus sampe pada saat pulang ke sekolah nanti. Setelah semua sepakat acara puncak akan di mulai dari jam 2 malam, dengan waktu 1 jam untuk evaluasi, 1 jam untuk renungan, dan dilanjut ke acara pelantikan sebelum shubuh dan setelah shubuh.

Di acara pelantikan ini ada 2 kali pelantikan, pertama pelantikan wajib bagi seluruh anak kelas X yang akan dilantik dari usia penggalang ke usia penegak Pramuka, setelah itu disusul lagi ke pelantikan anggota PMR dan Paskibra, bagi yang mengikutin ekskul tersebut.

Setelah briefing sebelum dibubarkan, gue gak nyangka dapet apresiasi dari pembina pramuka dan wakasek kesiswaan sebagai panitia terbaik, atas kinerja dan tugasnya sebagai penanggung jawab widegame, ya walaupun dalam kenyataannya widegame ngaret setengah jam dari target selesai jam 2 siang, tapi mereka menghargai kinerja gue dan ini suatu pencampaian yang luar biasa, diliat dari beberapa tahun sebelumnya.

 Ketika widegame pasti akan ngaret lebih dari 2 jam, di tahun TTCT kemarin dimana gue sebagai pesertanya, widegame sampe ngaret 3 jam setengah, dimana target selesai jam 2 siang, tapi widegame bisa selesai sampe jam setengah 6 sore. Dan ini bagi pembina pramuka dan wakasek kesiswaan suatu kemajuan yang luar biasa dilihat dari catatan TTCT sebelumnya.

Gue yang mendengarnya merasa senang dan bangga (hidung gue kempang kempis, gue langsung selebrasi buka baju terus harlem shake di depan mereka). Eh gak sampai segitunya juga kali. Gue kaget dan gak nyangka dinobatkan sebagai panitia terbaik, gue marasa bangga atas semua pencapaian ini.

Dan sebenernya dibalik keberhasilan gue dalam mengontrol dan mengatur widegame, yang hampir bisa selesai menyampai target, tidak luput dari semua panitia lainnya, yang turut membantu dan berkerja sama demi kelancaran dan suksesnya acara ini. Dan gue berterima kasih pada mereka atas kontribusi, kekompakan dan kerja samanya di acara TTCT ini.

Setelah selesai briefing waktu menunjukan jam 11 malam, gue dan Kak Hasan mencari-cari tenda panitia yang masih kosong untuk tidur. Ketika kita berdua lagi berjalan, Kak Lala dari luar tenda memanggil kita,

“San, Mi, tidur di mana ? di sini aja dalam masih kosong tuh.”

Karena kita berdua udah mulai lelah dan ngantuk kita langsung masuk ke tenda dan tidur. Ini adalah pertama kali di TTCT ini, gue bisa tidur di dalam tenda dengan nyenyak, setelah 2 hari sebelumnya gue merasa telantarkan tidur diluar.

Bersambung...

ulah kekejaman panitia

lagi camping SMA ngapain ada tukang balon gini ?
ini bukan camping anak TK

Kloter yang kesasar setelah ditemukan panitia.

sindikat para buronan


22 komentar:

  1. Akhirnya lu bisa tidur di tenda ye, hahaha. Eh, ngomong-ngomong itu tenda cowok apa cewek, jangan-jangan lu tidur di... *sinyal hilang* Cie... jadi panitia terbaik, selamat ya :D. Emang, gak ngaret dalam suatu acara itu susah, ada... aja halangannya :3

    Oh iya, dalam KBBI, gak ada kata 'jedah', yang ada 'jeda'. gue gak tau lu emang nulis itu atau salah tulis. Tapi, yang bener itu 'jeda' :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. temukan jawabannya di episode selanjutnya gan. hehehe

      Alhamdullilah...

      iya salah tulis (alibi hehehe) makasih gan.

      Hapus
  2. pengalaman yang menarik, ternyata jadi panitia itu berat sekali tugasnya. Tapi keren bisa menjadi panitia terbaik, lebih baik dari generasi sebelum-sebelumnya, (kayak naruto, hehe..) jadi nggak sabar menunggu cerita selanjutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Alhamdullilah, bisa dapet pengalaman yang menarik.
      hahaha film naruto, berarti gue narutonya dong. :D

      lanjutannya udah keluar lagi tuh gan.

      Hapus
  3. ciyee, selamet ya jadi panitia terbaik (h)
    kayanya dewi fortuna lagi berpihak nih, jadi panitia terbaik dan bisa tidur didalam tenda :d
    itu sindikat buronannya kok kaya peserta tawuran yang kena tangkep tuh :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah...

      tidur di tenda itu adalah suatu anugerah bagi gue. :D

      Bisa jadi tuh :D

      Hapus
  4. seru banget deh kegiatannya , gue mau dong jadi pesertanya, tappi lo harus janji harus baik sama gue ahaha.. btw congrats yah udah jadi panitia terbaik, tapi harus perlu di evaluasi lagi tuh biar nextime gaboleh sampe ngare lagi yah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya santai aja gue baik kok, apalagi kalau lo cewe bakalan gue baikin terus. :D

      Alhamdullilah... ya masih banyak kekurangan yang perlu gue perbaiki lagi untuk kedepannya.

      Hapus
  5. Ciee. Yang jadi panitia terbaik. Ciee selamat yah. Untung sih acara widegamenya siang gitu bukan malam. Bayangin kalo malam2 di hutan terus nyasar. Hhh

    Eh acara api unggunnya ada acara bakar-bakatr begal motor gak (balas dendam nih masa postinganku ldks ada begal dibakar segala)

    Selamat lagi ya udah bisa tidur dalem tenda..Btw acaranya ini berapa hari sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah deh mending gue bunuh diri aja, dari pada gue disalahin ngilangin anak orang banyak. :D

      Hahaha balas dendam nih, oh ya gue pernah komen kaya gitu ya di postingan lo. hehehe
      santai begal disini memang banyak, tapi bukan begal motor, melainkan begal hati orang, ya kalau dibakar api cintanya bakalan tersu membara. :D

      Alhamdullilah... 3 hari ki.

      Hapus
  6. Ciyeee yang bisa tidur ditenda. Ciyeee masih jomblo. :D

    Eh, selamet ya. Udah bisa menjadi Panitia terbaik. Wajarlah, soalnya lu kelihatan paling sibuk di acara tersebut. Rasa andil dalam acara, begitu lu tampakkan. Seakan lu yang ngadain acara. :)

    Kasihan, ya. Sampe ada yang kesesat. Gue kira, itu ulah lu gambar dengan tulisan yang gak bagus. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya akhirnya bisa tidur di tenda juga, itu suatu anugerah bagi gue. :D

      iya nyesek ;(

      Alhamdullilah...

      gak kok, peta yang gue buat itu udah bener dan udah dibuat ulang oleh kak Budi. itu mah sakingan aja para pesertanya yang gak bisa baca peta. hehehe

      Hapus
  7. memang ada kesan tersendiri waktu tidur di tenda :")
    gue jadi rindu alam...

    selamat, bapak panitia atas penghargaannya. semoga bisa terus berlanjut... dari panitia terbaik jadi... panitia kamu terlalu baik buat aku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesan bener-bener sangat mengesankan, apalagi di episode berikutnya. wah banget deh pokoknya. hehehe

      hahaha Alhamdullilah...

      Hapus
  8. wahaha... Akhirnya bisa negrasain tidur ditenda dan kayanya dari yang nawarin itu tendanya ........ ah sudahlah lupakan.

    Keren bro untuk kerja tim lo di widegame.. Calon Pemimpin nih :D

    bravo bravo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap bener sekali dugaan lo, tenda yang gue tidurin adalah tenda cewe, mau tau kaya gimana ceritanya, baca aja lanjutannya ya. hehehe

      Amin... :)

      Hapus
  9. Gue jadi ingat awal-awal ikut training organisasi pas awal kuliah gitu juga. Haha ada pos-pos untuk pembekalan. Masalahnya juga sama selalu melenceng dari waktu yg usah ditentuin. Ya karena panitia di pos awal selalu lamaaakk. Bikin KZL aja...

    Eh gue mau juga dong tidur bareng kak lala.. *ehapasih

    BalasHapus
  10. Aku jadi inget waktu panitia inagurasi dulu.. Preparenya sampek setahun :D

    BalasHapus
  11. Akhirnya setelah lu dulu jadi peserta sekarang bisa jadi panitia, bisa modusin anak-anak cewek lu mi, dan bisa balas dendam setelah dulu lu dikejamin para panitia, hahahaha.

    Tapi emang lu keren banget mi, ngehandel dengan baik gitu, mungkin orang lain bakalan gugup kalo sampe ada kejadian-kejadian yang nggak di duga gitu, ada yang nyasar juga. Tapi lu ngehandel dengan penuh kesabaran dan baik banget, salut deh.

    Dan akhirnya lu dapet apresiasi dari mereka, walaupun sempet ada yang ngomongin elu juga kan, tapi akhirnya mereka sadar kehebatan lu dalam ngehandel :D

    Mi, Lala itu cewek kan, lu tidur se-tenda bareng cewek nih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdullilah.

      hayo siapa hayo. hahaha baca aja Co lanjutannya, dan temukan jawabannya, dan liat apa yang terjadi. :D

      Hapus