Gue merasa sedih, tapi kesedihan gue kali ini bukan karena gue putus sama pacar gue, (Pacar dari mana ? gue kan masih jomblo), dan bukan karena gue jomblo juga, terus gue sedih lantaran ini adalah malam minggu, di mana orang pada sibuk pacaran sedangkan gue yang jomblo hanya bisa tiduran di kamar sambil meratapi kegalauan, gue sedih juga bukan karena gue kemarin barusan ditolak sama gebetan gue yang ke 100 kalinya, dan gue sedih juga bukan karena kemarin gue kena april mop, gara-gara ditembak sama cewe yang udah gue sukain dari dulu.

Tapi kesedihan gue kali ini kerana template blog gue yang kacangan, template blog gue yang pasaran, mungkin lebih tepat template blog gue yang kacangan yang banyak dijual di pasaran. Setelah sekian lama gue blogwalking ke berbagai blog, mengunjungi dan bertamu ke blogger lainnya. (Tanpa dikasih minum)

Yang gue lihat dari blog-blog yang gue kunjungi semuanya didesain dengan template yang keren, bagus, elegan,kreatif, dan beda dari yang lainnya, serta template blog yang mereka pake gak ada yang niruin sama persis.

 Gue lihat dari header blognya sangat cantik dan ganteng, dengan ditambahkannya foto atau animasi si pemiliknya serta ilustrasi dan effect-effect lainnya, yang memberikan kesan bahwa templeta blog ini bener-bener kreatif dan enak untuk di pandang, serta memberikan ciri khas juga bagi bloggernya, dengan template yang mereka gunakan.

Sedangkan template blog gue, keliatan biasa-biasa aja dan gak ada kraetifnya sama sekali, yang hanya bisa download dari web yang menyediakan template blog secara grastis (udah gak kreatif, gak modal lagi). Ditambah blog gue dari segi templatenya gak punya ciri khas yang patut untuk dibanggakan. Satu-satunya ciri khas dari blog gue cuma dari postingannya aja yang membuat cerita sampai berpuluh-puluh episode, udah kaya sinetron tukang bubur naik haji aja. (Itu juga kayanya keliatan biasa-biasa aja)

Gue pengen banget punya template yang keren, bagus, dan enak dilihat seperti para blogger lainnya. Biar juga gue gak kelihatan seperti blogger cupu yang gak ngerti IT, buat template blog aja masih acak-acakan. Lo bisa liat sendiri deh template blog gue kaya gimana, mulai dari headernya yang kosong blong gak ada gambar apa-apa, cuma tulisan judul blog dan selogannya doang, lalu bagian pagenya lagi masih pake bawaan dari blogger udah gitu ditaruhnya di header lagi bukannya di bagian tab navigasi.

Dan bagian tabs navigasinya lagi cuma satu tab yang bisa dibuka yaitu bagian beranda doang, tab yang lainya gak bisa dibuka sama sekali, cuma nampang namanya doang, diklik terus sampe lebaran monyet juga itu gak bakalan bisa kebuka. Gue pengennya sih itu dihapus atau diganti, tapi gue gak tau caranya gimana.

Untuk mengganti template blog ini, sebenarnya gue udah berusaha berkali-kali mulai dari jasa desain template online yang hanya bisa mengganti warna dan model colum blognya, udah gitu nambahin image juga cuma bisa satu doang. Ketika udah jadi gue pengen pake di blog gue, tapi ah kayanya keliatanya template blog gue semakin cupu dan kacangan aja.


Dan setelah gue tanya ke Mbah google, aplikasi apa yang bagus dan mudah untuk membuat template blog sendiri. Gue disaranin sama si Mbah untuk memakai aplikasi Artisteer 4. Gue pun mencobanya dan membuat template blog gue sebagus dan sekreatif mungkin, dan hasilnya seperti ini


            Setelah gue berhasil membuatnya cukup lama dan desain template blog gue keliatanya bagus, membuat gue sebagai blogger semakin pede ketika memakai template blog ini, Gue pun semangat untuk secepat-cepatnya mengexport ke blog gue, Setelah gue pasang di blog kelinci percobaan gue dan gue yakin bakalan sukses, malah yang jadi kaya gini


              OH DAMN... ada apa ini, kenapa jadi begini ?. Gue agak kesel, tapi gue gak menyerah begitu saja, gue otak-atik lagi template gue di aplikasi Artisteer 4 dan gue tanya lagi ke Mbah Google, Gimana caranya mengexport template buatan sendiri dari Artiister 4 ke blogger. Dan setelah diberitahu, gue langsung mengpraktekannya, lalu hasilnya seperti ini.


             SHIT ! Apa lagi ini, kenapa hasilnya begini ? awalnya gue udah seneng-seneng, template blog gue berhasil diunggah, pas gue lihat hasilnya malah jadi begini, gambar dan effect-effectnya gak keluar, cuma desain colum dan warnanya aja yang ada. Gue udah mulai frustasi, tapi gue masih terus mencobanya lagi, dan gue buat beberapa tipe dan format ekstraknya.


              Sampe-sampe salah satu nama dari file ekstraknya gue beri nama 'Bismillah', berharap ketika gue unggah file ekstrak ini, template blog gue berhasil dengan sempurna terunggah. Tapi tetep aja template blog gue, gak berubah sama sekali masih tetep yang kaya tadi, cuma desain colum dan warnanya aja yang muncul. Dan gue pun sekarang udah bener-bener frustasi, gak tau lagi harus bagaimana.

          Sekarang gue keliatan sebagai blogger yang semakin cupu dan kacangan aja, buat template blog sendiri aja masih gagal dan berantakan.

         Adakah yang mau membatu gue untuk move on dari kesedihan gue ini ? dengan memberikan solusi atau mengrekomendasikan aplikasi lain untuk membuat template blog, syukur-syukur ada yang mau bikinin gue template blognya hehehe.

        Gue tunggu jawabannya di kolum komentar ya, sebelumnya gue mengucapkan terimakasih.

30 komentar:

  1. Sungguh tak terkira... Hehe template blog saja sampe membuat sedih. Padahal sejujurnya saya sebagai pengunjung blog tu tidak terlalu melihat template. Template tu nomer ke-3, setelah isi konten dan siapa pemilik blog nya :D

    Download template gratis aja bro ky saya, trus di utak-atik HTML nya biar bisa sesuai dgn selera mu.. Hehe

    Klo saya cm ngerti yg HTML saja bro, klo bagian header yang keren2 itu saya kurang bisa desain grafis. Yang jago tu si om pangeran wortel. Masalah desain grafis sudah tidak diragukan lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia ini template ini juga dapet gue download,tapi masalahny gue gak ngerti sama kode HTML. kalao kode cinta mungkin gue ngerti. hehehe

      iya nih gue juga nungguin komentar dari pangeran wortel,tapi dia belum nongol-nongol juga.

      Hapus
    2. Udah kaya selebritis aja ya pengeran :D

      Hapus
  2. owh sedih karena template, dulu pas awal ngeblog juga gue gitu kadang gak pede kalau liat tampilan blog orang, jadinya sering gonta-ganti template di banding merhatiin isi blog. :-)
    kalau ngomongin template buat gue sih asal loadingnya cepet, gak masang widget aneh-aneh, terus warnanya gak ngejreng, gak bikin lelah mata, itu udah bikin betah,
    kalau belum bisa bikin, donlot aja, sembari belajar gitu. gue sih suka ke sini > http://newbloggerthemes.com/
    ngeditnya juga gak ribet ko, menurut selera gue sih, tampilannya kece-kece 8-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke deh sip mba atas sarannya,tar gue coba liat-liat ke sana, kali aja ada yang cocok sama selera gue.

      Hapus
  3. Haha ini nih masalah gue pas dulu paket blogspot, template blog gue cupu abizzz.. Nyobain semua situs bikin template malah kacau. Padahal blogger yang lain tampilannya keren-keren. Sampai akhirnya gue beralih ke wordpress gak musingin template lagi karena wordpress punya banyak pilihan template dan bisa di ubah sesuai kemauan kita Haha. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa gue harus pindah ke wordperss juga, berarti gue harus ninggalin blog gue yang selama ini udah gue besarin sendiri dong. hehehe

      Hapus
    2. Ya janganlah kalo gak kuat. Hahah cobabanyak browsing deh kayaknya ada banyak template keren, tinggal edit-edit sesuai selera aja. :D

      Hapus
  4. gue juga pernah banget kayak lo!
    berulang kali nyoba template responsive, tapi semuanya diluar ekspektasi.
    dan ending2 nya, gue pake template dari blogger sendiri. tapi gue edit warna-warnanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mungkin gue bakalan nyobain edit sendiri lewat bawaan blogger,tapi gue masih perlu banyak belajar juga sih, biar ngeditnya gak terlalu cupu.

      Hapus
  5. Yang penting konsisten dulu aja. Masalah template mah belakangan. Kan sayang kalo template bagus tapi jarang update. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar lebih pede lagi aja ham, kalau konsisten mah Insya Allah gue bakalan konsisten. :)

      Hapus
  6. Masalah template biar nambah pd itu emang bener mi, dulu aku juga ngerasa gitu, sampe-sampe aku melek malam buat belajar ngedit html, dan sekarang udah lumayan rapi blog ku, walaupun headernya masih kosongan.

    Kayaknya aku pake template yang di sediakan di web yang ada di komennya mbak Iilajah mi, itu juga bagus-bagus dan enteng-enteng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sip deh,kalau ada template yang tertarik gua download, makasih bro.

      Hapus
  7. Masalah template ya,, sama nih aku juga dulu pas pertama punya blog juga bingung mau pakek template yang apa, soalnya banyak yang bagus-bagus. Terus pas mau masuk BE template blognya kuganti biar lebih ringan. Ini aja masih mikir mau ganti template lagi apa nggak

    Sebenarnya punya fahmi ini udah bagus lo, loadingnya ringan, simple. Justru yang simple itu malah keliatan bagus lo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Ki,akhirnya template gue ada yang bagus juga. hehehe

      Hapus
  8. sepertinya ini permasalahan semua blogger.
    kan blog itu udah kayak rumah buat para blogger. jadi wajar kalau mau keliatan rapi dan kece. aku juga gitu kok. dulu sering banget utak-atik tampilan blog sampe akhirnya menyerah dan jadilah tampilan blog yang sekarang ini. biar gak jenuh, mungkin ganti2 backgroundnya aja. kalau templatenya udah gitu aja, udah pewe... :D

    lagipula kalau menurutku, blog yg asyik itu blog yg loadingnya ringan pas dibuka. gak terlalu banyak widget dan gak annoying (misal dipasangin background2 lagu). trus kontennya asik buat dibaca...

    dan so far, blog kamu udah masuk ke kriteria asik menurutku kok.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya blog adalah ibarat rumah kita sendiri,yang harus keliatan bagus dan keren,biar ketika ada tamu gak malu-maluin. :D

      Hidung gue kembang kempis,dibilang blog gue masuk kriteria lo. hehehe makasih ya. :)

      Hapus
  9. Sama bro. Awal ngeblog gue juga gitu, nggak tau sama sekali tentang HTML. Makanya dulu gue gonta-ganti template mulu, udah gitu templatenya acak-acakan lagi. Tapi gue nggak patah semangat dan terus mencoba. Gue search ke google apa aja yang mau gue pelajari. Kalo nggak ketemu, cari dengan kata kunci yang lain. Selain itu, gue juga sering nanya ke beberapa blogger senior gimana caranya ngerapihin template. Dan Alhamdulillah, sekarang tampilan blog gue udah lebih rapih, walaupun header masih kosong.

    Gue saranin lu download template gratis aja bro. Terus lu edit sendiri HTMLnya. Tutorialnya cari di google juga banyak

    BalasHapus
  10. Ehm, gue harus mulai dari mana, ya. hahaha.

    Gini, gue bahas soal aplikasi yang lu pake. "Itu pernah dengan lugunya, gue pake. Malah versi trial dulu." Udah lama banget. Nah, sebenarnya, aplikasi ini bukan buat desain template yang bisa mengubah tampilan blog kita seketika menjadi sama seperti yang lu desain. Itu hanya harapan palsu. :D

    Semuanya gak semudah yg lu bayangin. Kalo pengen desian template sendiri. Pahami yang paling dasar dulu. Coba buka website ini : www.w3schools.com di link barusan. Lu setidaknya dapet gambaran mulai dari dasar sampe profesonal. "Kuncinya tekun dan sabar." :D

    Kedua, cara lu publish itu salah. Harusnya, lu setelah publish. Cek codingnya di Notepad, biar tau isinya. Supaya hasilnya gak berantakan seperti itu.

    Ketiga, jangan terlalu percaya sama aplikasi desain template dengan cepat. Itu gak ada kawan. Semua bermula dari kata perkata yang lu lihat di edit html.

    Soal desain header. Kalo mau order boleh. :) Sekalian promosi. Intinya, pelajari dasarnya. Baru coba terapkan pelan2. Jangan takut salah. Oke. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh jadi begitu ya pengeran, cukup rumit juga ya. oke tapi gue akan berusaha dan belajar biar template gue gak keliatan kacangan lagi. hehehe.

      makasih ya pengeran atas sarannya. :)

      Hapus
  11. Kesedihanmu ini semuanya pernah mengalami, Mas, pasti. Hahaha. Aku juga gitu. Suka nggak pede sama tampilan blog sendiri. Rumput tentangga memang selalu lebih menarik, ya. Hahaha. :(
    Aku juga sempet mau coba belajar html. Baru niat doang. Tapi, belum dipelajari. Baru baca awal-awalnya malah udah migran duluan. Akhirnya pake template gratisan juga, hasil download. Pfftt.

    Mengenai header. Aku baru aja bikin header. Nggak bagus, sih. Hahaha. Tapi merasa puas aja, soalnya hasil buatan sendiri. Hehehe. :)

    Blog, Mas Fahmi udah asik, kok. Kalo mau tinggal ditambah headernya aja. Aku juga nggak paham, sih. Hahaha. XD

    Semangaaaat, ya! Jangan menyeraaah! Pasti ada jalannya, kok. Hahahaha. \o/

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kode HTML lebih susah dari soal-soal UN matematika.:D

      gue ligat header punya lo bagus kok.

      oke deh siap. :)

      Hapus
  12. Hehehehe..pwnyakit blogger adalah masalah tampilan yang harus nerasa udah cool banget sebagai tempat baca....hampir semua blogger pernah ngalamin....

    Sebenernya nggak sulit..dan kayakny temen udah pda jelasin dg sejelas jelasnya...

    Tinggal coba aja...dan semoga berhasil...
    Pantang menyerah

    BalasHapus
  13. Template blog gue juga... kayaknya... lebih pasaran daripada punya lo, deh :D

    BalasHapus
  14. Aku ngga tau sih kalok aplikasi pembuat template. Biasanya ngutak-ngatik sendiri. Yang gratisan en tinggal donlot ada banyak kok. Tinggal pilih aja, kalok ngga mau ribet. :3

    BalasHapus