Episode : Camping (4)

Jam setengah 2 gue dibangunkan sama kak Lala untuk persiapan malam puncak, ketika bangun gue liat disekeliling gue, gue baru nyadar kalau gue tidur di tenda panitia cewe, sebelah kiri gue kak Firda, sebelahnya kak Hasan Kak Yanti, sebelahnya Kak yanti Kak Lala. (Tuhkan ketangkep basah, lo tidur bareng cewe di tenda.) Eh bener deh gue juga gak nyadar sama sekali, gue di dalam tenda juga gak ngapa-ngapain kok, suer deh, gue cuma tidur doang. (Udah deh ngaku aja, gak papa kok.) Eh serius kampret gue gak ngapa-ngapain, udah lo diem gak usah bikin cerita gue jadi mesum.

Gue langsung bangunin kak Hasan yang tidur di sebelah gue, dan kita berdua langsung keluar dari tenda untuk persiapan acara malam puncak, (Wah udah berbuat gak mau bertanggung jawab nih, main kabur-kabur aja). Eh kampret bisa diem gak lo, sumpah gue gak ngapa-ngapain, beneran,   berani deh gue disamber geledek.

Gue langsung bangunin panitia yang lainnya untuk persiapan malam puncak, gue bangunin Eki di tenda sebelah,

“Ki bangun Ki, persiapan malam puncak.”

Eki nyautin langsung bangun “Hmmm yo...”

Gue nanya “Eh si Evan kemana Ki ?”

Eki jawab “Gak tau dia semalam gak tidur sama gue.”

Gue keluar dari tenda tarus nyari Evan, ketika gue jalan sambil nyalain senter gue arahin ke tengah lapangan, gue lihat di sebelah api unggun ada kayu gede banget, perasaan gue semalam kayu bakar udah habis semua, kok masih ada sisa ya. Gue mengecek deketin api unggun.

Ketika gue cek, eh buset tenyata ini si Evan. Dia lagi-lagi tidur di luar disemuti sama sleeping  bag, gue langsung bangunin dia.

“Van bangun Van udah jam setengah 2.”

Gue udah goyang-goyangin sleeping bagnya dia tetep gak bangun-bangun, gue coba bangun lagi.

“Van bangun woy... kebakaran-kebakaran...”

Dia tetep juga gak bangun, gue cari akal apa ya, yang bisa bangun dia. Gue lihat di sebelahnya ada kayu bakar yang udah jadi arang dan masih menyala, gue taruh di deket pantatnya. Dan tak lama kemudia Evan bangun, dia kagetnya dia langsung bangun ngeluarin silat jurus bango kepanggang. (Wis.. yeah.. ceat... ceat).

Gue kaget liat Evan bangun langsung ngeluarin jurus silat, ini anak ke surupan setan apa. Gue tepuk pundaknya “Woy sadar, kenapa lo kaya orang kesurupan gitu.”

Evan langsung sadar “Gue lagi pemanasan dulu, biar gak kedinginan.”

Ini anak padahal udah tidur deket api unggun tapi masih tetep aja kedinginan. Dan setelah semua panitia bangun, tepat jam 2 malam acara puncak di mulai. Para panitia yang udah siap di depan tenda-tenda peserta, dengan sadis langsung membangunkan mereka.

“Woy bangun woy... bangun...”

“Bangung woy... ini tenda apa kandang kambing, berantakan kaya gini.”

“Bangun – bangun pake bajunya cepetan.”

Dari tengah lapangan lewat pengeras suara, gue bilang,

“Perhatian, untuk semua peserta dalam hitungan 30, sudah baris di lapangan dengan memakai seragam pramuka dan atribut lengkap.”

Setelah gue bilang gitu, kegaduhan dan keseruan pun dimulai. Para peserta dengan cepatnya dan terburu-buru langsung memakai seragam dan lari ke tangah lapangan. Akhirnya balas dendam gue di tahun kemarin terlaksana juga (ketawa jahat).

Suasana ramai dan gaduh semakin terasa setelah para panitia berteriak kepada mereka untuk segera baris di lapangan.

“Woy buruan pake bajunya cepet baris di lapangan.”

“Disini kalian udah gak bisa santai-santai lagi, cepat woy baris di lapangan.”

“Bangun woy bangun...cepetan baris, kalau gak keluar juga dari tenda, akan saya rubuhin ini tenda.”

Para peserta mulai berlari ke tengah lapangan dan baris sesuai gender, gue menyuruh salah satu panitia cowo yang udah baris di lapangan untuk menghitung,

“Hey kamu hitung yang keras sekarang, mulai dari 60.”

Padahal tadi gue belum hitung sama sekali, tapi gue langsung aja menyuru dia untuk berhitung mulai dari 60, itu tandanya berarti yang baris dilapangan semuanya telat (ketawa licik), dan dengan nurutnya peserta cowo ini mulai menghitung,

“60, 61, 62, 63,.....”

Panitia mulai berteriak lagi,

“Woy udah sampe hitungan 60 tuh, mana ini yang lainnya cepetan baris.”

“Cepatan woy, balis di lapangan, lama sekalai kalian ini.”

Tapi sayang gue gak bisa ikut ngelanjutin evaluasi malam puncak ini, karena gue dipilih buat jadi petugas upacara pelantikan , dan gue pun harus latian gelah dibersih upacara pelantikan bareng Fahri, Ardi, Uci, Inggit, dan Yara.

Dari tengah lapangan gue lihat para panitia mulai ganas,
“Kalian ini disuruh baris segitu aja lama, disuruh baris di lapangan dalam hitungan 30 detik malah ngaret sampe hitungan 315, angkatan polisi india kalian ini”

“Dasar anak mami suruh baris aja lama.”

“Masih ngatuk tak kalian, bangun woy ini palantikan, bukan lagi liburan, jawab woy...”

“Push up 10 kali semuanya sekarang, cepatan. Ambil posisi push up.”

Di sela-sela latian gelah dibersih ketika lagi istirahat sebentar, gue kabur ke tengah lapangan ikutan evaluasi. (jiwa balas dendam gue tiba-tiba muncul seketika)

Ketika sampai tengah lapangan mereka lagi diinterogasi barang-barang yang kena razia,

“Apa-apan ini camping, kalian bawa-bawa barang kaya ginian. Udah ditegasin gak boleh bawa barang elektronik, masih tetep aja, ada aja yang berani bawa, kalian ini bukan lagi liburan terus bisa foto-foto seenak kalian, ini camping palantikan.”

“Ini sisir, parfum, masker wajah punya siapa ini ? NGAKU WOY...”

“Ini lagi ada yang sampe bawa Hair Dryer, buat apaan ini woy... Kalian di sini mau buka salon.”

“Mau colokin di mana ? di sini gak ada listrik. Colokin tuh di hidung kalian.”

“Kalian ini angkatan apaan sih ? Angkatan cucok, Angkatan lenje, Angkatan banci.”

Gue lihat beberapa peserta maju kedepan, gue menghampiri salah satu dari mereka.

“Hah kenapa kamu baris di sini ?”

“Anu Kak... Anu...”

“Anu anu... Ngomong yang bener, gak usah pake anu.”

“Ini kak barang saya diambil.”

“Barang apa yang diambil ?”

“Parfum Kak.”

“Salah sendiri kamu bawa parfum. Kamu takut selama 3 hari ini badan kamu bau, terus gak ada cewe yang mau deketin kamu.”

“Enggak kak.”

Tiba-tiba dari pengeras suara kak Budi memanggil gue,

“Panggilan kepada Kak Fahmi, harap segera menuju ke Posko panitia.”

Aduh gak Budi ganggu orang lagi asik-asiknya evaluasi aja nih, baru juga gue interogasi sebentar, belum marah-marah makan korban, udah disuruh ke posko panitia aja. Gue langsung memberi anak ini konsekuensi aja, terus gue balik lagi ke posko.

“Ya udeh kalau gitu, kamu push up aja deh 10 kali.”

Sampe di posko gue ditanyain sama Kak Budi “Heh abis dari mana lo ? main kabur-kabur aja, bukannya anteng disini buat latian.”

Gue jawab “Abis evaluasi peserta sebentar kak.”

Kak Budi bilang “Ya udah buruan latian lagi.”

Setelah Evaluasi selama 1 jam, selanjutnya adalah renungan diri. Para peserta ditutup matanya pake kain mitela, dan mendengar renungan dari para guru dan panitia dengan kusyu. Ketika gue lagi ngambil air minum di dispenser, tiba-tiba salah satu peserta ada yang teriak.

“Air... Air....”

Gue kaget mendengarnya ketika lagi mengisi air di gelas, sampe-sampe air yang udah gue isi dan hampir penuh, gue buang lagi tuh air ke lapangan. Bu Tati yang ada di sebelah gue bilang,

“Loh kok airnya dibuang lagi, bukannya dikasihin ke peserta. Cepetan kasih tuh airnya.”

Gue bilang “Oh iya Ibu, tadi kaget Bu.”

Gue mengisi lagi air minum di gelas, lalu gue kasihin ke peserta yang tariak tadi, ketika gue sampe di sana, gue langsung kasih air minumnya,

“Nih Dek diminum, cepetan.”

Gue kasih air minumnya ke dia, malam air minumnya ditumpahin, Bayu yang disebelah gue bilang “Heh lo, orang lagi kesurupan, malah di kasih air minum.”

Gue kaget dan bilang “Loh emangnya dia kesurupan, bukannya tadi dia teriak minta air.”

Bayu bilang “Liat tuh matanya kosong kaya gitu, ya udah bantuin gue bacain ayat kursi.”

Gue kira kalau anak ini minta air itu karena haus, eh gak taunya gara-gara kesurupan, padahal gue tadi ngambil air itu buat gue sendiri karena gue haus, dan ini gue udah kasih air minumnya yang seharusnya diminum sama gue, malah di tumpahin sama dia, dan sekarang gue  malah tambah ke hausan.

Gue langsung bantuin Bayu baca ayat kursi, biar setan yang ada di dalam dirinya cepet keluar, Gue udah baca ayat kursi sampe 3 kali, tapi ini anak belum sadar-sadar juga, malah tenaganya semakin kuat. Karena kita takut merembet ke peserta lainnya, kita pun membawa dia ke posko panitia, dan dinetralisir sama guru agama, dan akhirnya setan yang ada di dalam dirinya bisa keluar juga dan dia mulai sadar lagi.

Setelah renungan barulah para peserta dilantik menjadi usia penegak pramuka, untuk cowo dan cewe upacara pelantikannya dipisah, di upacara palantikan ini gue menjadi petugas pembawa bendara merah putih, sedangkan Ardi sebagai pemimpin pasukan, dan Fahri sebagai pemimpin upacara.

Setelah Pelantikan ini, berarti acara TTCT udah berakhir, tugas gue sebagai seksi acara mulai selesai. Tinggal upacara pelantikan antar ekskul PMR dan Paskibra, lalu sebelum pulang akan ada acara bakti sosial untuk membantu warga setempat dan pembangunan masjid, setelah itu baru ditutup degan upacara penutupan.


Kampak yang tertancam di buah kelapa selama 3 hari yang lalu ketika upacara pembukaan, kembali diambil oleh pembina upacara. Dan itu tandanya semua rangkaian acara TTCT ini sudah berakhir. Dan kita bersiap-siap untuk kembali lagi ke sekolah.

Bersambung...

cuma foto ini yang gue punya

18 komentar:

  1. ketawa jahat, kejam sekali, balas dendam itu tidak baik. Bangun woi bangun, cepetan baris, kalau nggak saya rubuhin nih tenda, kejam sekali wkwk. Anu kak anu, anu anu.. nggak usah pake anu, ngomong yang bener, wkwkw. Dari dua dialog tadi, sepertinya jadi panitia menyenangkan :)

    Kok bisa ada yang kesurupan gitu. Sayang sekali tuh airnya dibuang, padahal udah haus, hehe... Untung ada guru agama, selamat, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita bukan kejam,kita hanya mencoba untuk tegas, agar mereka mau disiplin :D
      jadi panitia emang menyenangkan apalagi pada saat evaluasi. hehehe

      gue juga gak tau itu kenapa bisa-bisa ada yang kesurupan gitu, iya untungnya selamat.

      Hapus
  2. Awal-awal baca cerita ini, gue langsung berpikiran yang nggak-nggak. Lagian lu ada-ada aja sih, masa tidur di tenda cewek. Gue tau itu lu sengaja kan!! Itu lu modus kan!! Hayoo ngaku!!
    Emm.. lu emang iseng ya. Masa ngebangunin si evan tidur pake kayu yang masih nyala. Bisa gosong tuh pantatnya Evan bro. Tega lu ! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pirikiran udah gak bener nih. hahaha
      gak suer deh, gue juga gak tau kalau itu tenda cewe, soal waktu kita berdua masuk tenda masih kosong,makannya gue tidur disitu. eh pas bangun gak taunya. tapi gak papalah dapet rezeki juga. hehehe

      lagian dia udah gue bangunin berkali-kali gak bangun-bangun juga, ya udah deh terpaksa gue bangunin pake cara yang sewajarnya hahaha.

      Hapus
  3. Nah, di postingan lu sebelumnya gue udah duga lu tidur di tenda cewek, yang nyuruh masuk kemarin malam kan cewek, eh ternyata beneran di tenda cewek. Dasar lu :P

    Si Evan ini tidur mati ya, dibakar baru kebangun xD

    Wah, ini senior kagak berperikemanusiaan, balas dendam kagak baik. Masa tiap TTCT balas dendam mulu tiap angkatan, kagak bakal habis-habis lah :P

    Yang sabar ya yang haus, awalnya pas mau ambil air, tumpah gegara kaget, terus ngambil lagi buat yang minta air, eh ditumpahin, ternyata dia kesurupan, seharusnya lu cium aja tu anak pas kesurupan, kali aja dia kehausan kasih sayang :P

    Oh iya, ini typonya kebangetan menurut gue = “Cepatan woy, balis di lapangan, lama sekalai kalian ini.” :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. awal gue masuk tenda itu, di dalam masih kosong gak ada siapa-siapa, karena udah cape dan ngantuk gue langsung tidur di situ tanpa nanyain ini tenda cewe apa cowo, eh pas bangun gak taunya, ya begitu deh. tapi emang namannya rezeki gak kemana. hehehe tapi suer gue gak ngapa-ngapain.

      tadinya si evan kalau gak bangun juga, gue mau gulingin tuh dia ke api unggun, biar kaya begal yang dibakar. :D

      gak kok santai aja, kita begitu bukan kerana alasan balas dendam, kita hanya tegas agar mereka mau untuk disiplin. hehehe

      kampret. hahaha kalau cewe mah gak papa kali, ini cowo gan, iya tar malah gue yang cucok lagi. :D

      oh iya sori gan, makasih iya atas koreksinya, pembaca yang baik nih. :)

      Hapus
  4. kan tidur di tenta cewe ? hayo ngaku ngapain lo ngapain ?
    hahaha

    Ga boleh dendam gitu toh yo ( padahal aku juga dulu gitu 8-) )

    Oh ya Ko banyak Yang Typo. besok diperhatiin lagi yah penulisannya biar makin keren ceritanya. (h)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya-iya gue ngaku tidur di tenda cewe, tapi gue bener deh, suer,gue gak ngapa-ngapain.

      bukan dendam cuma hanya tegas, doang. hehehe

      oh iya sori gan, makasih iya atas koreksinya udah di ingetin. oke sip gan.

      Hapus
  5. Entah kenapa setiap kau nulis, kau sukses buat aku kembali mengingat indahnya masa-masa pramuka atau camping yang pernah kujalani saat SMP.
    Pengen kembali lagi, tapi waktu gak mengizinkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue juga menulis cerita ini itu untuk mengenang masa-masa indah yang pernah gue laluin. :)
      kita sama-sama merindukan masa-masa itu, iya namun sayang waktu tidak bisa diputar ke belakang, waktu hanya bisa berputar kedapan.

      Hapus
  6. Fahmi, ini kayak sinetron bertema pramuka, nggak nyangka udah episode 45 :D hehe
    itu serem bgt sampe ada yg kesurupan. kalo kata guruku dulu, pas baca ayat kursi dan udah nyampe ayat terakhir.. ayat terakhirnya diulang2 sampe berkali2. untungnya yg lain nggk kena juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini cerita tentang pengalaman gue, tapi bukan hanya tentang pramuka aja sih, masa banyak certia lainnya, emang semasa sekolah gue lebih banyak berkecimpung di dalam dunia kepramukaan.
      iya alhamdullilah udah sampe sejauh ini.

      oh gitu iya, oke sip mba. iya untungnya cuma 1 yang kesurupannnya.

      Hapus
  7. Itu anugerah banget bisa bobok di tenda bareng cewek-cewek.. Ahahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa dibilang begitu, ambil aja hikmahnya. :D

      Hapus
  8. akakakakkakak.... seru nih bacanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha makasih ya, jangan pernah bosen mampir kesini. hehehe

      Hapus
  9. Ahahaha ngakak deh pas baca yg kesurupan malah dikasih air, pdahal kan situ haus. Seru kayaknya ya wlopun pasti menderita masih siang uda dsuruh bangun mana dingin abis. Itu episodenya udah mau ngalahin tersanjung, sampe 45. Waw bingittt!!tapi lucu dan seruuu!!! Masa muda emang seru yakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tuh yang kesurupan gak tau apa gue lagi kehausan, pake minta air segala.
      iya begitu deh, target ada 70 eps. mba. hehehe makasih

      iya kata bang haji roma mah masa muda itu masa yang berapi-api :D

      Hapus