Episode : Camping (2)

Malam harinya setelah melaksanakan sholat magrib dan isya berjamaah, acara berikutnya adalah lomba kerohanian, di acara ini gue serahkan kepada yang ahli di bidangnya yaitu anak-anak DKM. Sambil menunggu selesai lomba kerohanian, gue, Evan dan Kak Budi menyiapkan sebuah layar besar untuk menonton layar tancap yaitu film 5 elang.

Di acara layar tancap ini dijamin aman dari namanya orang pacaran, karena untuk cowo dan cewe tempat duduknya kita pisahkan (kalaupun masih ada yang pacaran berarti itu maho).  Jadi aman deh bagi jomblo-jomblo kaya gue, gak bakalan ada tengok kanan tengok kiri liat cowo sama cewe lagi mesra-mesraan sambil menonton, yang membuat para jomblo (termasuk gue) bisa nangis darah ketika melihatnya.

Setelah selesai menonton layar tancap, dan peserta berlahan-lahan udah mulai terhipnotis  tidur. Jam 11 kurang panitia mempersilakan para peserta untuk tidur dan menggiringnya masuk ke dalam kandang  tenda. Selesai nonton layar tancap mata gue mulai ngantuk dan mau tidur, ketika gue baru masuk ke dalam tenda, tiba-tiba Evan memanggil gue buat briefing dari tribun yang dijadikan pos pantia.

“Mi,jangan tidur dulu kesini sebentar.”

Gue menjawabnya dengan nada agak kesal “Aduh apaan lagi sih Van, gue ngantuk nih mau tidur.”

Evan membalasnya “Briefing buat acara widegame besok, lo kan penanggung jawab acara widegamenya.”

Gue menjawabnya “Kenapa gak besok aja, shubuh-shubuh. Badan gue udah cape-cape nih mau tidur.”

Tiba-tiba Kak Hasan yang berada di belakang Evan nyautin gue “Heh Mi sini, udah sekarang aja briefingnya biar besok gak keburu-buru.”

Setalah kak Hasan memanggil gue, mau gimana lagi gue terpaksa nyampirin mereka, dari pada gue dimarahin sama Kak Hasan. Sebelum tidur kita berlima: Gue dan Kak Hasan yang jadi seksi Acara, Evan yang jadi wakil ketua TTCT, KaK Fadil yang jadi ketua TTCT,dan Kak Budi yang jadi penanggung jawab TTCT. Mengadakan briefing dadakan untuk acara widegame besok.

Di acara widegame ini gue sebagai penanggung jawabnya, ya gue harus bisa mengontrol dan memastikan agar acara widegame besok dapet selesai tepat waktu, tidak seperti tahun kemarin lagi di TTCT angkatan gue, yang target selesai jam 2 siang malah sampe ngaret baru selesai jam setengah 6 sore.

Kita membahas dan mengantipasi Hal-hal tersebut, dan gue diberi kewenangan oleh Kak Budi dan Kak Fadil untuk mengambil keputusan sendiri, bila terjadi sesuatu di lapangan nanti. Karena Kak Budi, Kak Fadil, dan Kak Hasan ketika widegame harus Stay di Pos terakhir yaitu pos Ambalan, ya di Pos ini hanya boleh di pegang oleh pengurus organisasi aja. Yang nantinya di pos ini akan ada evaluasi habis-habisan.

Karena pada saat pelaksanaan widegame berbarengan dengan acara Master chef di Buper, Evan pun ditugaskan untuk menangani dan mongontrol acara Master chef. Dan setelah kita semua sepakat kita kembali ke tenda untuk tidur. Ketika gue hendak pergi ke WC bareng Evan, Kak Hasan mengingatkan gue,

“Eh Mi, tar jam 1 malam bangunin gue ya ?”

Gue jawab “Mau ngapain emang ?”

Kak Hasan bilang “Tar malam kita briefing lagi sama panitia keamanan sebelum paserta dibangunin.”

Gue baru inget tar malam gue ada jadwal buat briefing lagi sama panitia keamanan buat ngadain rajia benjong  perlengkapan peserta. Setelah selesai dari WC gue dan Evan kembali lagi ke tenda panitia, ketika gue masuk buset deh ini tenda panitia cowo penuh semua, gak ada tempat buat kita tidur.

Gue dan Evan menghampiri tenda panitia yang lainnya, ketika gue buka emang sih ini tenda masih kosong cukup lah buat tidur 2 orang lagi, tapi sayangnya ini tenda panitia cewe, masa iya gue dan Evan harus tidur di tenda ini juga, bisa-bisa tar malah jadi ah sudahlah. Gue bilang ke Evan,

“Kita mau tidur dimana lagi nih ? semua tenda panitia udah penuh semua.”

Evan bilang “Udahlah tidur di pos panitia aja, di tribun juga gak papa deh, yang penting bisa tidur.”

Gue bilang “Serius lo, dari kemarin kita tidur diluar melulu nih, gak dingin apa lo ?”

Evan bilang “Mau gimana lagi orang udah gak ada tempat lagi, survival Mi namanya juga anak pramuka harus menyatu dengan alam.”

Survival gak gini-gini juga kali, ini mah namanya bukan anak pramuka, anak gelandangan namanya. Tidur masih ngampar di tribun. Evan nanyain ke gue,

“Eh masih ada tenda yang belum di diriin gak ?”

Gue jawab “Gak ada van, 9 tenda udah diriin semua.”

Evan bilang “Yah bakalan kedinginan lagi nih malam ini, gak ada tenda yang bisa dijadiin selimut.”

Gue balikin omongan Evan tadi  “Udalah gak papa, survival Van.”

Kita berdua kembali sengsara di malam ini, tidur diluar tanpa diselimuti apa-apa. Setelah sampai di tribun, gue lihat Kak Budi tidur di situ juga dengan hanya disamaki tikar doang. Ya akhirnya kita bertiga pun terpaksa tidur diluar karena gak kebagian tenda. Padahal tenda gue yang diriin, tapi malah gue yang gak kebagian tidur di tenda.

Sambil menunggu tidur beneran, gue mengobrol dengan Evan sambil memandang langit-langit yang dipenuhi bintang-bintang, gue memulai ombrolan dengan curhatan jadi panitia,

“Eh Van cape juga ya jadi panitia, harus ngurusin ini itu, lebih ribet dari peserta, udah gitu waktu tidur kita juga gak karuan lagi.”

Evan nyautin gue sambil tiduran “Iya mi pegel banget, baru juga 2 hari badan gue rasanya udah remuk banget, sakit sana sini.”

Gue bilang “Gak kebayang ya Van, jadi panitia itu seribet dan secape ini. Dulu ketika kita jadi peserta, ngeliat panitia tuh kayanya kerjanya enak banget, apa-apa tinggal suruh,fasilitas dikasih lengkap sama sekolah, udah kaya raja aja. Tapi kenyataannya setelah kita jadi panitia,ternyata tak seenak dan semudah yang kita bayangin ya.”

Evan hanya nyautin gue dengan bilang “Hemm... iya Mi.”

Gue lanjutin emongan gue “Tapi untungnya aja Van, TTCT kali ini panitianya digabung dari 3P. Jadikan lumayan bebannya gak terlalu berat banget, dan semoga aja dengan adanya bantuan panitia 3P ini TTCTnya bisa lebih sukses lah dari yang sebelumnya ya.”

Gue menepuk nyamuk yang gigitin gue di tangan dan di pipi, dan gue bilang “Kampret deh ini, banyak banget nyamuknya, darah gue kotor kaya gini masih tetep aja dihisap juga. Van lo ada lotion anti nyamuk gak ?”

Evan gak nyautin gue, dan gue masih sibuk ngusirin nyamuk-nyamuk yang pada genit nyiumin gue, “Haduh ini nyamuk banyak banget sih, Van lo punya lotion anti nyamuk gak ?”

Evan tetep gak nyautin, dan gue bilang lagi “Van lo punya lotion anti nyamuk gak ? kalau kaya gini gue bisa mati digigitin nyamuk nih.”

Udah 3 kali gue nanyain ke Evan, tapi dia gak jawab-jawab pertanyaan gue, ketika gue tengok ke samping, eh ternyata dia udah tidur duluan aja, ngebiarin gue disiksa sama nyamuk-nyamuk ini. Udah gitu dia tidurnya ngorok lagi. Dan gue liat, di bawah lubang hidung dan mulutnya yang terbuka sedikit, ada sekitar 4 nyamuk yang asik nongkrong dan berkeliaran di situ. Pantesan aja di sekitar gue banyak nyamuk, ternyata sarang nyamuknya dari gua berhantunya Evan.

Gue lihat Evan yang tertidur nyenyak sambil mengeluarkan genduman khasnya kaya katak keselak biji duren “Ngokkr... Ngokkr...”

Dan gue lihat juga nyamuk-nyamuknya malah keasikan dan tambah betah ketika bibir Evan mengeluarkan gundamannya dengan bibir yang sedikit bergetar. Gila ini anak makan apa ya, mulut dan lubang hidungnya sampe dijaga ketat sama-sama nyamuk-nyamuk.

Dan malam itu juga, gue lagi-lagi gak bisa tidur karena nyamuk-nyamuk yang terusan-terusan nyiumin tangan dan muka gue ini, (muka gue mungkin bagi cewe-cewe bisa dibilang biasa-biasa aja bahkan gak ada gantengnya sama sekali, tapi bagi nyamuk-nyamuk ini muka gue udah cukup kelihatan sangat mempersona hingga mereka tergila-gila nyiumin muka gue).

Gue lihat di deket gue ada lilin dan korek, gue nyalain tuh lilin biar nyamuk-nyamuk ini pada pindah ngerubungin lilin. Gue juga lindungin ini lilin biar gak ketiup angin dan mati, tapi tetep aja lilin yang gue nyalain gak ngaruh sama sekali, nyamuk-nyamuk masih tetap betah berkeliaran di muka dan tangan gue. Yang ada malah sekarang gue kaya orang yang bertugas jagain lilin ngebantuin orang ngepet.

Ngeliat gue yang berkelakuan aneh nyalain lilin, Bu Marni yang keluar dari tenda guru mau ke WC nanyain gue,

“Mi lagi ngapain ? terang-terang begini nyalain lilin.”

Gue kaget dan jawab “Eh Ibu, bikin kaget aja. Ini Bu banyak nyamuk pada gigitin.”

Bu Marni nawarin gue “Pake lotion anti nyamuk aja nih, Ibu bawa banyak. Bentar ya ibu ambil dulu.”

Bu marni kembali lagi ke tenda guru untuk mengambil lotion dan memberinya ke gue, “Nih Mi lotionnya, udah bawa aja semua bagi-bagi ke yang lain biar gak di gigit nyamuk juga. Ibu sengaja bawa banyak.”

Bu Marni memberi gue 1 lusin saset lotion anti nyamuk, dan gue bilang “Iya Bu makasih ya.”

Bu Marni berjalan menuju ke WC, dan gue langsung mengoleskan lotion anti nyamuk ke sekujur tubuh gue sambil bilang, “Nih nyamuk, kalau berani cium nih tangan sama muka gue. Makan nih lotion. Teler, teler lo.” (gue nakut-nakutin nyamuk).

Setelah gue memakai lotion anti nyamuk, gak ada yang berani lagi nyamuk yang deketin gue. ketika gue mau tidur, pas liat jam. Wah udah jam setangah 1 malam aja nih, gue mau tidur tanggung. Setengah jam lagi mau briefing sama panitia dari dewan keamanan (DK). Gue batalkan tidur gue, dari pada tar gue ke blabasan bangunnya, tar malah gue dimarahin lagi sama Kak Hasan.

 Biar gak ngantuk gue operasi dapur, bikin kopi sama nyari makanan. Ketika gue lagi bikin kopi di dapur panitia, gue lihat ada martabak telor. Wah enak nih kayanya, pas banget deh gue lagi laper lagi. Ya dari pada mubajir ini martabak gak ada yang makan gue pun membawanya ke posko panitia.

Sesampe di posko panitia, gue lagi duduk santai menikmati martabak dan kopi yang panas ini sambil menghangatkan badan di malam yang dingin, gue lihat ada bebarapa makanan lagi di meja, ada bolu dan keripik-keripikan. Wah beruntung banget nih gue kali ini, bergadang ditemenin banyak makanan. Malam itu juga gue kenyang nimkatin cemilan di posko panitia.

Setelah gue selesai ngopi dan ngemil, ngatuk gue pun udah ilang. Gue membangunkan Eki sebagai kordinator panitia keamanan, dan segera mengumpulkan dewan keamanan untuk melaksanakan briefing.

“Ki Eki, bangun oy... briefing. Kumpulin dewan keamanannya.”

Eki bilang “Mi gue gak ikut briefing ya, perut gue sakit. Gak tau kenapa tiba-tiba mules. Gue diwakilin aja, tar anak-anak gue telfon suruh pada kumpul.”

Gue bilang “Mules kenapa lo ? ya udah deh kalau gitu, lo telfon  Ambulans dewan keamanan ya. Lo kalau sakit ke pos kesehata aja gih”

Eki bilang “oke oke mi siap. Makasih ya.”

Eki masih merintih kesakitan sambil memegang perutnya (kaya emak-emak yang mau ngelahirin aja). Gue keluar dari tenda dan pergi ke tenda sebalah buat bangunin Kak Hasan,

“Kak bangun kak,udah jam 1 katanya mau briefing.”

Kak Hasan nyautin “Hmmm... udah pada kumpul belum ?”

Gue jawab “Belum kak, mau dikumpulin sekarang.”

Kak Hasan dengan enaknya bilang “Ya udah kumpilin aja dulu,tar kalau semuanya udah pada kumpul, baru lo bangunin gue lagi.” (Ini kalau bukan senior gue, udah gue banjur pake air cucian, seenaknya aja nyuruh-nyuruh).

Gue pun keluar dari tenda mau bangun Evan dulu buat ngewakilin Eki, ketika gue baru keluar dari tenda, gue ketemu sama Wisma ketua Dewan Keamanan lagi patroli. Dia nanyain gue,

“Eh Mi, katanya briefing ?.”

Gue jawab “Iya Wis, briefing sekarang. Lo kumpulin ya anak-anaknya.”

Wisma nanya “Dimana Mi tempatnya ?”

Gue bilang “Yang jauh dari tenda peserta biar gak ketangguan, di parkiran aja deh Wis.”

Wisma bilang “Oke deh kalau gitu, gue tungguin ya di sana.”

Gue bilang “Oke sip, gue bangunin Evan dulu bentar.”

Ketika gue sampe di tribun, gue lihat si Evan masih tidur aja dengan suara ngoroknya kaya Kodok keselak batu akik, gue bangunin dia.

“Van, bangun van, briefing wakilin Eki, dia lagi sakit gak bisa ikut.”

Gila ini anak tidur nyenyak banget kaya kebo, gue bangunin sampe 3 kali ini anak gak bangun-bangun juga. Sampe gue bangunin pake sepatu gue yang bau, terus gue taruh di dekat hidungnya, ini anak tetap aja gak bangun-bangun. Dan gue pun tinggalin dia, lalu bangunin kak Hasan lagi untuk briefing di parkiran.

Sesampenya di parkiran dan semua dewan keamanan udah pada kumpul, kita memulai briefingnya untuk melaksanakan razia bencong yang malam-malam gini masih pada keluyuran (Eh bentar kenapa jadi bahas razia bencong, kita-kita bukan satpol PP woy, tapi para bencong yang gak lagi tugas mangkal karena jadi panitia TTCT. Lah sih hahaha).

Di briefing ini kita membahas mekanisme razia barang-barang peserta yang tidak diperbolehkan untuk dibawa ke acara TTCT ini (Barang kali ada anak yang bawa cangkul, linggis, sekop ,palu. Lah ini anak SMA apa tukang bangunan ya ? jangan-jangan mereka mau pada tawuran lagi).

Dan ketika acara sholat tahajud, semua peserta yang muslim dan gak berhalangan pada di lapangan untuk melakasanan sholat tahajud dan pemberian siraman rohani sampai menjelang shubuh. Panitia dari dewan keamanan ini akan masuk ke tenda peserta dan menggeledah semua barang bawaannya.

Jam 2 malam semua peserta dibangunkan dan disuruh mengambil air wudlu lalu malaksanakan sholat tahajud. Ketika rajia barang-barang peserta kita mendapatkan beberapa barang-barang terlarang, (seperti shabu-shabu, heroin, ganja, dan beberapa botol oplosan. Eh eh bentar bukan itu, peserta kita bukan orang-orang seperti itu, mereka anak baik-baik kok ).


Yang dimaksud dengan kriteria barang terlarang kita yaitu seperti : barang elektronik, rokok, sisir, parfum, masker wajah ,sun block, kosmetik lainnya,dan benda tajam yang gak penting dan membahayakan. Barang-barang ini untuk sementara akan kita amankan dibawa ke kantor polisi posko panitia sampai acara ini selesai.

Bersambung...

persiapan menjelang layar tancap :





17 komentar:

  1. inget gue waktu diklat pramuka di SMA persami di sekolah terus gue tidur gak kebagian tikar akhirnya pake spanduk bekas sponsor acara sekolah, alhasil paginya gue meriang dan izin gak ikut kegiatan lalu kerokan sama temen =))
    kayanya seru tuh pake layar tancap, terakhir gue liat layar tancap waktu gue belum TK (p)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Derita panitia :D

      Ada kalanya kita harus mengalah. hehehe

      Hapus
  2. pengalaman yang menarik, ternyata jadi panitia itu susah, mendingan jadi peserta aja, hehe.. Tapi kalau jadi panitia bisa menambah pengalaman baru tentunya, saya tidak sabar menunggu cerita selanjutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau jadi panitia itu banyak pengalaman dan pelajaran baru.

      oke sip deh. udah keluar lagi tuh lanjutannya. hehehe

      Hapus
  3. Sadis deh masa gak boleh bawa parfum, bau dong hehe.. :p

    Yang bikin penasaran itu martabak telor, punya siapa coba digeletakin gitu aja.

    Bener sih jadi panitia itu susah, tapi bersedia buat jadi panitia itu udah hebat lho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya namanya juga kita hidup di alam terbukan kita harus bener-bener menyatu dengan alam, dan demi menjaga kelestarian alam dan udaranya yang masih asri, kita melarang untuk memakai parfum. hehehe

      tau deh punya siapa, dari pada mubajir gue makan aja hehehe, tapi masih enak juga kok (yailah gratisan). itu martabak emang udah di sediain buat panitia.

      ya lebih hebat lagi kalau kita menjalani tugas sebagai panitia itu dengan bener dan penuh tanggung jawab.

      Hapus
  4. Wah, nonton 5 Elang pakai layar tancap seru tuh kayaknya, sayangnya cewek cowok dipisah, kagak bisa modus xD

    Waduh, sebelum acara mulai tidur di luar, pas acara tidur di luar juga ya, kagak ada selimut lagi, hahaha. Yang sabar bro :P

    Oh iya, gue penasaran nih kenapa Eki mules ya, jangan-jangan gegara makan makanan yang tadi lu makan lagi, hayo... jangan-jangan nanti lu lagi ikutan mules xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. demi mensejahterakan jomblo, cewe sama cowo kita pisahin. :D

      Survival bro. hahaha

      Eki mules karena kedinganan dan perutnya kosong aja, untuknya bukan kerana martabak yang tadi gue makan.

      Hapus
  5. hmm hampir sama nih kaya pengalaman gue. tapi gue jadi panitia pendidikan dasar ekskur Pecinta Alam di sma. over all sih gue liat jauh lebih kejem gue. kalo gue waktu itu pas pendidikan ada yg di kerjain lg mau tidur eh disuruh harus basah dari ujung kepala sampe ujung kaki di tengah hutan lagi itu posisinya, akhirnya pada lompat semua kesungai , kuyub dah semua haha. duh malah jadi curhat gini ._." btw salam kenal yah dari PinoBlog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sadis juga ya pelantikan lo, dingin banget tuh kayanya. untung gue gak pernah sekejam itu. gue kan masih baik sama peserta. hehehe

      oke bro salam kenal juga.

      Hapus
  6. Yahhh, nontonnya gak bisa modusin tu cewek. :D

    Tapi serulah, ya. Bisa nonton bareng orang serame itu, jelas serulah, ya.

    Sebenarnya kenapa tidur sampe gak pake selimut gitu. Kalo hujan gitu, gimana caranya, ya. Kan jelas dingin banget.

    Syukurnya bisa diatasi.

    Kok gue jadi inget lagi, waktu masa-masa pramuka dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. modusnya tar aja, kalau udah nyampe di sekolah. di sini gak ada modus-modusan dulu. :D

      mau gimana lagi, terpaksa ini mah, namanya juga anak pramuka harus survival bang. hehehe

      Hapus
  7. Tega banget, mulutnya si Evan disamain sama goa nyamuk, hahaha. Overall, ceritanya lucu. Sayangnya dulu aku nggak terlalu aktif pramuka sih. Lanjutin aktif pramuka ya, Fahmi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ya abis tuh mulut evan banyak banget nyamuknya, udah gitu gue lagi yang jadi korbannya, dia malah enak-enakan tidur. :D

      makasih mba. :)

      Hapus
  8. aduhhh... Gue jadi kangen masa masa itu baca cerita lo bro.. Masa dimana tidur kurang , makan kurang dan dibenci peserta padahal kita semua panitia mati- matian mensukseskan acara biar mereka happy ;-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener pada saat kita jadi panitia, terkadang kita di benci sesaat oleh para peserta. tapi pada akhirnya mereka pun ujung-ujungnya malah happy juga.

      Hapus
  9. Ih gilak rame banget yaaaak.. Tugas yang berat buat panitianya

    BalasHapus