"Segeralah selesaikan tugas yang satu ini,sebelum tugas yang lain datang dan menghadang" - Mr. Semata Wayang. Sudah sewajarnya kita sebagai pelajar dipenuhi dengan tugas-tugas yang menumpuk dan super daedline.

Memasuki SMA, gue sepulang sekolah  mulai disibuki dengan tugas-tugas sekolah, karena ini juga gue jadi jarang main bareng lagi sama anak-anak geng coro. Begitupun dengan mereka sepulang sekolah gue jarang liat mereka, entah itu di kantin ataupun di kelasnya, mereka juga sibuk dengan tugas-tugas sekolahnya, mulai dari individu sampai tugas kelompok.

Gue pulang sekolah itu jam 3 sore, sepulang sekolah gue langsung balik ke rumah, nyampe di rumah jam 4 sore. Awal-awal mah gue ngerasa pegel tiap hari pulang sore-sore terus udah gitu dihantui dengan tugas-tugas yang super daedline, sepulang sekolah dirumah gue bukannya langsung buka buku ngerjain tugas, eh malah gue santai-santai dulu tiduran sambil nonton TV.

Nyari chanel TV yang lagi nyiarin acara lucu biar otak gue yang seharian penuh sehabis dipake bisa direfresh kembali, gue udah muter-muter nyari chanel yang acaranya lucu, yang nongol  malah berita infotement semua yang isinya kebanyakan gosipnya, ini mah acara kesukaan nyokap gue, gue pikir apa TVnya yang rusak ya dari tadi kebanyakan acara infotement semua.

Gue coba ganti TV pake TV LCD, muter-muterin antena (kaga ngaruh juga sih sebenernya, mau pake TV yang gedenya kaya layar bioskop kalau antenanya Cuma pake antena biasa mah, apalagi yang pake antena tutup panci sampe lebaran monyet juga kaga bakalan ketemu). Setengah jam gue nyari-nyari acara TV, akhirnya ada juga acara TV yang bisa membuat gue terhibur, ya walaupun ceritanya agak sedikit konyol sih, tapi tak apalah dari pada gue nonton berita infotement kaya emak-emak.

Gue pun nonton acara TV kartun Spongebob, yang menceritakan persahabatan mereka antara Spongebob, patrick, dan squidward. Bagi gue film kartun ini yang cerita-ceritanya absurd + konyol terkadang gak masuk dalam logika juga, tapi kartun ini mengajarkan bertapa berartinya arti sebuah persahabatan dalam kondisi apapun, dan setelah gue nonton kartun ini otak gue bisa kembali fresh lagi.

Setelah makan malam, gue langsung duduk manis di meja belajar gue menyantap tugas-tugas yang sudah siap menanti gue. Satu persatu gue bakar buka buku tugas gue, mulai dari pelajaran yang santai, seperti bahasa indonesia, PAI, sosiologi, sejarah, TIK  ,sampai pelajaran yang absurd bagi otak gue, seperti fisika, kimia, matematika.

Tiap malam gue berjibaku dengan tugas-tugas, ya waktu SMP dulu gue jarang banget dapet tugas sebanyak ini, paling tugas pelajaran itu seminggu sekali dikasihnya. Lah ini giliran gue SMA setiap pertemuan pelajaran pasti ada aja tugasnya, terkadang gue juga sampe lembur tengah malam jagain lilin (kebutulan waktu itu gue lagi ngerjain tugas mati lampu jadi pake lilin, bukanya gue jagain lilin bantuin ngepet ya hehehe).

Terkadang gue juga tidur sampe jam 2 malam, pernah waktu itu gue lagi ngerjain tugas sejarah nyiapin buat presentasi pake PPT, gue udah lama-lama nyari bahannya terus ngedit ngedesain PPTnya ,eh pas bentar lagi mau selesai ngerjain page terakhir tiba-tiba mati lampu. Kampret udah cape-capenya gue bikin malah mati lampu. Ah sial,kenapa tadi gue nyalain laptopnya gak pake baterai aja ya, seandainya aja gue tadi pake baterai gue udah tenang.

Gue coba pasang baterainya, eh kampret... gak taunya baterainya habis lagi, ya udah laptop gak bisa nyala lagi udah gitu belum disave lagi. Perasaan gue saat itu kesel banget, rasanya gue ingin naik ke atas genteng dan teriak

“AH TIDAK..... KENAPA GUE JOMBLO TERUS....”

“WOY BERISIK.... itu derita lo. Gk tau orang lagi tidur aja.”

 Gue liat jam udah jam 11 malam, buset gue udah ngantuk banget gak kuat lagi mau tidur, tapi ini tugas harus selesai sekarang juga karena besoknya gue presentasi. Mau gimana lagi gue tungguin juga sampe listriknya nyala lagi, gue nyari-nyari lilin di ruang makan, pas gue nyalain lilin gue kaget “Astafirlullah....” liat dari jendela ada bayangan hitam menyeramkan, gue udah bacain ayat kursi kok bayangannya gak ilang-ilang.

Gue deketin, bayangannya juga ikut deketin, pas gue liat dari deket, eh kampret ternyata itu bayangan gue sendiri. Gue gak nyangka ternyata kalau gelap gue terlihat menyeramkan juga, pantesan kalau nonton bioskop orang yang gak kenal gue langsung pada teriak hantu. Tapi walaupun muka gue menyeramkan gini, tapi isi hatinya mah gk seperti setan, ahay....

 Sambil nungguin listriknya nyala lagi di kamar gue mainan lilin, ditiup nyalain ditiup nyalain (Eh pas gue tiup lilinnya tiba-tiba dari bawah kolong kasur, dalam lemari pada keluar dan teriak ”Surprise.... Happy birthday to you...Happy birthday to you....” ah apaan sih ini.) Satu jam setengah gue tungguin untungnya listrik nyala lagi.

Gue berharap tugas yang tadi masih ada dan gak ilang, pas gue buka laptop. Haduh sialnya gue, gak ada satu pun dokumen yang ke save, udah deh gue terpaksa nyari lagi bahan-bahanya terus langsung cepet bikin PPTnya, dan tugas gue pun bisa selesai jam 2 pagi, waktu tidur gue pun sedikit karena gue harus bangun jam 5 pagi lalu siap-siap lagi berangkat sekolah.

Gak semua tugas sekolah gue kerjain sendiri, apalagi itu tugas-tugas yang tergolong absurd bagi gue, gue udah berusaha buat ngerjain sendiri sampai gue minta bantuan Mbah Google, eh malah laptop gue yang lemot dan langsung nyerah karena gak kuat dengan tugas-tugas gue. Kalau udah gini jalan satu-satunya adalah gue lupakan tugas itu dan langsung tidur, terus besoknya berangkat lebih pagi dari biasanya dan nyalin tugas temen yang udah selesai (terpaksa kalau udah kepepet).

Ternyata banyak juga yang ngelakuin cara gue ini, apalagi kalau tugasnya matematika dan fisika, langsung anak-anak kelas hari itu juga gak ada yang pake acara datang terlamabat, semuanya pagi-pagi udah pada kumpul di kelas buat senam pagi (senam jari nyalin tugas). Untungnya kelas kita ini punya anak yang pinter, baik hati, dan tidak sombong namanya Nurul.

Ya Nurul ini temen satu SMP gue, tapi waktu SMP dulu gue gak terlalu kenal deket sama dia, ya karena dia itu waktu SMP masuk program kelas unggulan yang selama 3 tahun di SMP temen-temen kelasnya gak pernah ganti  itu-itu mlulu, udah gitu jam belajarnya beda dengan gue yang kelas reguler sampai jam 12 siang, kalau dia ini jam belajarnya bisa sampai jam 3 sore.

Nurul ini orangnya baik banget kalau setiap ada tugas matematika dan fisika,dia selalu berangkat pagi dan siap menolong kita-kita dari jeratan tugas. Kelas kita ini memang super solid mulai dari tugas-tugas sampe ulangan semuanya dilakukan dengan bergotong royong.

Ngomongin soal tugas pasti gak lepas dari yang namanya tulisan, ya tulisan tangan gue ini jelek, bisa dikatakan jelek banget atau amat jelek pake banget. Temen-temen gue aja pada ngeluh setelah baca tulisan gue

“hey Mi,ini tulisan lo apa lukisan abstrak sih. Acak-acakan gini udah gitu gak jelas lagi.”

 Dan gue bilang “udah kalau mau liat-liat aja gak usah komen kaya di facebook”.

(Banyak temen-temen gue setelah baca tulisan gue, setelah pulang sekolah mereka pada langsung berobat untuk periksa mata, dan besoknya ada juga yang gk berangkat.

“Tama kemana hari ini gk berangkat ?”

“Tama lagi operasi Mata bu.”

“lah,kenapa tama matanya bisa sampe di operasi gitu ?”

 “ya bu, tama sakit mata, gara-gara kemarin habis baca tulisannya Fahmi.”)

Pada saat ulangan esai sebenernya banyak juga yang nanya ke gue, eh pas giliran gue kasih contekannya ke mereka malah pada ngeluh

“Aduh aduh,gak kuat jangan pake punya lo mi, bikin sakit mata aja, punya Herdi aja sini.”

Ini udah nyontek pake tawar-tawar lagi,padahal si Herdi tulisanya sama aja jeleknya kaya gue, ya tapi gue akuin sih tulisan dia agak lebih baik dari gue. Satu-satunya temen yang tahan ngeliat tulisan gue itu Herdi temen sebangku gue sendiri, gue juga gak tau ini anak pake obat mujarab apa bisa tahan gak sakit mata ngebaca tulisan gue. Bagi dia tulisan gue sama dia itu sama aja, sama-sama jeleknya dan susah untuk dibaca, makanya dia udah kebal dengan tulisan kaya gue ini.

Gara-gara tulisan gue jelek juga, guru biologi gue pernah ngasih award ke gue, tapi award yang dikasih bukannya bisa membahagiakan diri sendiri kaya aktor yang dapat panasonic award,ini mah yang ada setelah gue dapet award gue merasa didiskriminasikan. Guru biologi gue bilang

“Selama ibu ngajar jadi guru di sini udah hampir 20 tahun, baru kali ini ibu nemuin tulisan siswa yang jelek banget sampe kadang-kadang gak kebaca. Tulisan Fahmi itu bisa dikatakan tulisan siswa terjelek yang pernah ada di sekolah ini, tapi di angkatan kalian itu fahmi ternyata ada temennya juga yang tulisanya sama, ada Akil dari kelas X 2,terus KM kelas ibu sendiri si Putra anak kelas X 10. Tapi kalau ibu rangking, tulisan yang terjelek ketiga itu si Putra,terus keduanya Akil, dan baru yang pertamanya Fahmi.”

Buset deh tulisan gue memuncaki klasmen tulisan terjelek di sekolah ini, dan setelah guru biologi bilang gitu di kelas, anak-anak kelas pada ngakak semua dan puas ngeledekin gue.

“eh mi,lo TK lulus gak sih, tulisan lo sama anak TK juga masih bagusan anak TK kali hahaha.”

 Dan gue bilang “gue waktu itu gak TK,langsung ikut progam Accel ke SMP.”

Tapi walaupun tulisan gue jelek, gue punya kelebihan lainnya,yaitu membaca tulisan guru di papan tulis yang gak jelas dan gak bisa dibaca sama anak-anak, kalau lagi nyatet materi terkadang temen-temen gue sering nanya ke gue

“mi,itu setelah diantaranya adalah,apa itunya mi gk jelas.”

Dan gue dengan mudahnya bisa membaca tulisan tersebut “owh itu,diantaranya adalah yang menjadi ciri-ciri sistem ekonomi liberal. Ada lagi yang kurang jelas ?”

“oke sip mi makasih ya, untungnya tulisan lo jelek jadi bisa baca tulisan guru yang gk jelas juga.”

        Dan karena itu, gue juga di kelas jadi ahli penerjemah tulisan tangan, disaat mencatat tulisan guru di papan tulis, terkadang gue dihujani pertanyaan-pertanyaan dari temen gue.




      Nah ini tulisan tangan gue,jelek ya gak bisa kebaca. Dan karena ini kenapa Cerita gue diberi nama "Bukan Tulisan Tangan" Kalau cerita gue dibuat dengan tulisan tangan gue sendiri,bisa-bisa lo semua baru juga liat tulisan gue udah langsung lambaikan tangan ke kamera,karena gak kuat bacanya. Oh ya semoga setelah lo liat foto tulisan tangan gue, mata lo gak kenapa-kenapa ya. hehehe
Bersambung...



10 komentar:

  1. Bro, lo typo. Deadline bukan dateline.

    Gue baca dari awal sampe akhir, pengen tau emang seberapa jeleknya sih tulisan lo. Tulisan lo gak turunan dari muka kan?. Baca terus sampe akhir, ada foto kertas yang berisi tulisan, dan gue klik ....

    Fakk.. Itu tulisan alien dari planet mana? Memang gak salah kalo lo dapat award itu dari guru. Selamat ya Fahmi, selamat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya baru nyadar salah ngetik,sori bro sori...

      mungkin kali ya bisa jadi. :D
      mata lo gak papa kan setelah liat fotonya :D

      Hapus
  2. Udah seusia itu, nulispun masih berantakan. Hadehhh, mau jadi apa anak bangsa kita ini.

    Gue ngerasa ada yang benar-benar sekarang siswa pada malas semua buat nulis. Banyak main sosmed. Sampe lupa, cara menulis yang baik.

    Harusnya, sebagai siswa, kita belajar untuk menjadi lebih baik. Itu gunanya pendidikan. Gak cuman masuk telinga kira sama kanan terus keluar lagi. Tapi perlu ditulis juga.

    Biar ilmunya gak ilang. Makanya perbaiki tulisan mulai sekarang.

    Tulisan itu, masih perlu sampai kapanpun. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pangeran,kayanya gue harus ngulang TK lagi ya belajar nulis pake buku bergaris. ;(

      Hapus
  3. Perjuangan banget buat ngerjain PPT. Kadang gua juga gitu sih tiap ngerjain pr. Waktu itu gua dapet tugas ngerangkum. Udah hampir selesai, tiba-tiba buku gua ketumpahan teh.

    Tulisan itu berpengaruh sama kepribadian. Kalo berantakan, ya tau sendiri dong jawabnyaa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitulah namanya juga pelajar,yang namanya tugas harus tetap dikerjakan walaupun sudah tengah malam. hehehe

      berarti gue itu... :-?

      Hapus
  4. kebiasaan anak SMA yaa, selalu setelah pulang sekolah, meskipun ada tugas, langsung nyantai terlebih dahulu. lihat spongebob. btw, gue juga suka banget tuh tayangan spongebob. meskipun konyol seperti itu, tapi makna hidupnya banyak banget.

    wahh, gue tahu gimana perasaan lo ketika ngerjain tugas, eh tiba-tiba lampu mati, belum di save pula. rasanya seperti tiba2 diputusin sama pacar bro, sakit. gue pernah kayak gitu soalnya. udah ngetik lama2 eh malah belum gue save dan laptop gue ngedrop.

    gilaa yaa tulisan lo jelek banget kayak anak tk baru belajar nulis. sori bukannya gue mau menghina, gue cuma bicara apa adanya saja.

    BalasHapus
  5. Iya bro sama aja kita lagi pedekate sama cewe,eh pas tembak ternyata dia udah punya suami bro, :D

    wkwkwk ya santai aja,gue mah kalem. hehehe

    BalasHapus
  6. Yaaaaaaa sama sih aku juga kalo dapet tugas mah ditunda dulu. Pulang sekolah maunya nyantai-nyantai, nonton, ya refreshing setelah seharian gitu mumet sama sekolah.

    Aduh, iya itu tulisannya kayak adek aku di kelas 2 sd. Ini seriusan loh. Maaf ya, kok bisa sih Mi? Kamu sering nulis gih latihan lagi biar lebih rapih. Nanti pas psikotes, tulisan tangan itu bisa dinilai juga. Ini just info aja:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya maaf saya atas tulisan saya yang jelek ini ;-(

      oke siap mba gue akan berlatih keras untuk mengasah otot-otot tangan ini biar nulisnya bagus :D

      Hapus