Akihir-akhir ini kita masyarakat indonesia digemparkan dengan fenomena batu akik. Bahkan fenomena batu akik ini menyaingi top news di berbagai stasiun televisi, mulai dari berita tentang cicak vs buaya, yang sampe sekarang juga kita gak tau siapa yang menang dan mengangkat tropi piala dunianya, lalu berita mengenai pembegalan motor, yang sampai sekarang masih terus menjadi ancaman bagi kita ketika berpergian malam.

Dan satu lagi fenomena yang berada dikalangan masyarakat yang sampe sakarang masih tetep eksis dari kedua berita tersebut bahkan fenomena ini semakin lama semakin merabah luas, ya fenomena ini adalah fenomena batu akik, sejenis batuan vulkanik yang terlihat indah, cantik, dan memiliki harga yang sangat fantastik. Sampe mengalahkan harga emas dan berlian.

Dan karena dilihat dari keindahan dan harganya yang sangat fantastik dan bisa dijadikan investasi , banyak orang-orang yang beralih menjadi penjual dan kolektror batu akik ini. Mulai dari tukang bangunan yang dulu tangannya sering mecahin dan menata batu,sekarang tangannya beralih memoles batu akik. Tukang penjual somay yang dulu jualan somay, sekarang tiba-tiba jadi penjual batu akik, sampe-sampe yang dulu kerjanya menjadi donor batu ginjal, sekarang malah ikut-ikutan donor batu akik.

Tapi yang gue takutin kalau tukang penjual somay jadi penjual batu akik, kalau tukang bangunan kan udah biasa setiap hari selalu berhubungan dengan batu, nah ini kalau tukang penjual somay,jangan-jangan tar ketika ada yang beli malah jadi begini

“Bang ini batunya mau dikasih sambal apa gak ?”

Lah masih belum nyadar ini tukang penjual somay kalau sekarang barang dagangannya udah bukan somay lagi.

Tapi kita patut bangga dengan adanya fenomena batu akik ini, kerana dengan adanya fenomena ini, di beberapa daerah yang memiliki potensi mempunyai batu akik, bisa  mempromosikan dan mengangkat kekayaan alam yang dimilikinya sekaligus meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

Batu akik ini memiliki berbagai macem jenisnya, mulai dari jenis : kalimaya yang berasal dari Banten, bacan dari Garut,red baron asal Pacitan,bio solar dari Aceh, sampai jenis premium dan pertamax yang berasal dari SPBU. Dan batu akik ini konon katanya bisa membawa keberuntungan, membawa kekuatan, meningkatkan percaya diri, sampe bisa menyembuhkan penyakit.

Untuk batu yang bisa menyembuhkan penyakit ini sebenernya udah ada dari dulu, bahkan kehadiran batu ini lebih dahsyat dari beberapa jenis batu lainnya, ya batu ini adalah batu ponari yang harganya sangat murah sekitar Rp.10.000 dan bisa menyembuhkan beberapa penyakit, mulai dari jantung, ginjal, kudis,kurap, sampe syaraf. Tapi kecuali penyakit patah hati ya, nah itu gue gak tau tuh.

Tapi bener loh ,sebagian orang mempercayai batu akik ini bisa membawa keberuntungan dan sebagainya,  gue waktu itu lagi nonkrong bareng temen-temen di WC (warung copi), terus gue lihat temen gue punya batu akik baru

“Wih bro, batu akiknya baru nih”

“yoi bro, gue baru beli minggu kemaren, dan katanya nih, batu ini bagi pemakainya bisa terlihat kharismatik, gagah, dan bisa meningkatkan populeritas”

“wih habet bener tuh bro, tapi emang bener sih batu akik bisa membawa keberuntungan. Bokap gue aja dua hari yang lalu baru beli batu, dan besoknya langsung bisa bikin rumah 3 lantai bro.”

“wih hebat bener  tuh batu, bokap lo beli jenis batu apa ?”

“Batu bata bro”  -_- (ambil batu bata dan langsung timpukin)

Fenomena batu akik ini sekarang itu udah mulai mewabah ke semua kalangan, yang dulu hanya diminati kalangan bapak-bapak dan kakek-kakek, sekarang sudah mulai menjalar ke kalangan anak-anak dan kaum hawa. Lo tau kan Alvaro anaknya vokalis band ungu, dia baru umur 9 tahun udah jadi kolektor batu akik. Yang gue takutin kalau anak seumuran gini udah jadi kolektor batu akik, bisa-bisa merubah pola hidupnya.

Ya anak-anak seumuran dia pada masanya kita kan lagi suka-sukanya main kelereng. Nah kalau anak seumuran dia udah jadi kolektor batu akik, bisa-bia main kelereng, kelerengnya diganti pake batu akik, udah gitu kalau kita main kelerengkan sebelum kelerengnya groak (pecah), kita gak akan berenti  mainnya.  Kalau gini kan kasian juga orang tuanya buat main kelereng aja harus ngeluarin biaya sampe puluhan juta.

Terus para kaum hawa khususnya ibu-ibu, ketika udah mulai menggemari batu akik, bisa-bisa ketika kumpul arisan, topik yang mereka bicarakan bukan lagi para selebretis yang kawin cerai kawin cerai lagi,melainkan membahas dan memamerkan batu akiknya.

“eh jeng, kamarin saya baru dibeliin batu akik sama suami saya loh,ternyata batu akiknya huh... euh...  bisa membawa kegairahan suami loh.”


“ah jeng Ida bikin saya mau aja nih” (mau dibeliin batu akik)

“eh jeng jeng tau ga, jeng Efa kemarin baru beli batu akik, eh gak taunya besoknya udah banyak laki-laki yang mau ngajak kawin lagi.”

Kalau fenomena batu akik sampe mewabah ke kaum hawa yang kaya gini, bisa-bisa para suami dibikin Stres dibuatnya.

Batu akik ini sekarang udah membuat gila para pencintanya, sampe-sampe saking cinta matinya kepada batu akik , bisa-bisa ketika meninggal jadi begini

“Maaf Mas,ini kuburannya batu nisannya mau pake apa ? mau pake kayu aja,batu bata,batako, atau marmer mas.”

“yang lagi ngetren sekarang, pake batu akik aja sekalian.”

Dan kalau semua kuburan batu nisannya pake batu akik, gak bakalan ada lagi cerita maling tali pocong, yang ada malah maling batu nisan.

Fenomana batu akik ini kita gak tau sampe kapan berakhirnya, dan kalau masyarakat masih terus tertarik dengan batu akik, bisa-bisa tawuran pelajar juga ikut-ikutan pake batu akik. Gak ada lagi tuh pelajar yang saling lempar-lemparan batu kali,batu bata,batu baterai sampe batu ginjal. Yang ada mereka pada saat tawuran lempar-lemparan batu akik.

“woy anak mana lo ? maju sini kalau berani.”

“Apa lo,ba##sat...”

Dan ketika lempar-lemparan batu akik, yang jadi tawuran malah bukan sama musuhnya melainkan sama temenyan sendiri.

“makan nih batu...” musuh

“aduh... ba##sat lo...” Si A

“yes akhirnya ada juga yang ngelempar batu akik jenis cincin safir, udah 4 kali ikut tawuran gue dapetnya batu giok melulu.” Si B

“heh.. heh.. apaan lo, itu batu cincin safir gue dulu yang dapet.” Si A

“yeh enak aja lo, orang  gue yang mungut kenapa lo yang ngarep.” Si B

“itu batu gue yang minta ngelempar dan kena kepala gue” Si A

“enak aja lo, orang  gue yang ngambil juga.” Si B

“Wah an##ing lo...” Si A

“apa lo ? berani sama gue” Si B

Nah kalau udah kaya gini malah musuhnya yang nonton dan manas-manasin,

“Ayo ayo... Sikat aja. Pelintir kepalanya. Uppercut.”

“ Udah bakar aja sekalian.”

Dan jika fenomena batu akik masih terus berlanjut, bisa-bisa batu akik ini bisa mengajak mantan balikan, ya ada satu jenis batu akik yang bisa ngajak mantan balikan, yaitu

“But you are still in my mind.”


33 komentar:

  1. Batu akik dan permata (Gemstone) kini sudah tidak lagi dianggap sebagai barang mewah. Memiliki batu AKIk juga bisa menjadi bahasa pergaulan atau life style seseorang. Saya banyak menulis soal BATU AKIK ini sejak beberapa hari terakhir ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya batu akik sekarang udah life style di masyarakat.

      Hapus
  2. Bahkan anak sd sudah memakai batu akik.
    Fenomena yang ruart biasaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus didampingi dan diberi bimbingan biar gak terlalu fanatik banget.

      Hapus
  3. fenomena banget nih ... sampe temen2 gue pada make semua. tapi kok gue gak ada tertarik2nya sama sekali yah.. mungkin kalau batu ruby masih suka sih liatnya.. liat aja karena itu mahalnya minta ampun hahahaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gue juga gak tertarik sama batu akik, batu ruby gue juga gak tau tuh (katro ya gue -__-)

      yang gue tau batu bata,batu baterei,sama batu ginjal :D

      Hapus
  4. Anjir. Iya batu ponariiii. Wakakaka. Dulu semept booming banget tuh. Sekarang ntah apa kabarnya. Hahaha.

    Yakaaaliiii main kelereng pake batu akik. Pffttt. Rangkayaaa banget.

    Wakakak. Horor abis yang tawuran poake batu akik. Itu malah jadi berantem sama temen seperjuangan sendiri. Pffftt. Lemah!

    Oke. Keren itu batu akik yang bisa ngajak mantan balikan. Pffft. Tapi... Nggak tertarik tuh. :p Wakakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang dia kabarnya baik-baik aja hehehhe, dulu pernah jadi paseinnya ya :D

      iya jangan mau tertarik sama mantan, emangnya kambing seenaknya ditarik-tarik :D

      Hapus
  5. padahal di kalimantan udah hits lama banget nih batu akik hahaha

    tapi seneng sih kalau batu akik ngehits lagi, jadinya makin banyak penjualan dari kita di kalimantan hihihi

    kemaren sampai liat yg jualan batu akik di pinggir jalan gitu kayak lagi jualan buah hahaha

    masnya gak tertarik buat jualan batu akik nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalimantan selain pusatnya batu bara,ternyata batu akik juga banyak ya di sana hehehe

      batu akiknya sekilonya berapa ? manis gak rasanya ? (lah emang dikira buah ya hehehe)

      ah gak ah, jualan hati aja ke orang lain :D (eh apaan ini. hati ampela kali)

      Hapus
  6. aku heran, kenapa batu akik tiba2 jadi trend ya. kemarin2 kemana aja?

    dari dulu ortuku suka koleksi batu akik, tapi biasanya gak dibuat cincin tapi kalung.
    Denger2, sekarang harga batu akik udah mulai turun lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya namanya juga orang indonesia ketika mengalami kekosongan fenomena, terus hadir sesuatu yang dianggap wah. bisa langsung jadi tren hehehe.

      Hapus
  7. Gak usah mewabah ke kaum hawa, tapi mewabah ke kaum adam aja, udah bikin bingung sama tingkahnya.

    Pada menggebu kalo liat batu. Tetangga gue, liat batu tembok, mau dibuat cicin. Kan serem makenya. -_-

    Semoga trand ini gak menimbulkan kematian lagi, soalnya udah banyak yang mati gegara nyari batu akik ini.

    Sadis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untungnya tetangga lo gak buat batu cincin dari batu ginjal ya,kan ngeri juga liatnya hehehe

      lah gue malah baru tau beritanya kalau udah ada korban jiwa,gara-gara fenomena ini. (kemana aja ya gue ?)

      Hapus
  8. hahahaa... lucu nih cara nyampaiin pendapatnya tentang fenomena batu akik-nya. sampe ngakak bacanyan...

    tapi palingan fenomena batu akik ini gak akan lama. sama kayak fenomena daun gelombang cinta jaman dahulu kala... cuma selembar daun aja harganya sampe berpuluh-puluh juta...

    fenomena sejarah selalu berulang...

    dulu daun gelombang cinta.... sekarang batu akik...
    ckckckk....
    *nonton aja gak ikut-ikutan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya, aku jadi malu hehehe

      iya paling juga cuma setahun fenomena ini,jangan lama-lama deh tar bisa-bisa batu akik bisa dijadiin mas kawin lagi hehehe

      Hapus
  9. Bener tuh kata bang heru aka pangeran. Pernah baca berita orang tewas keseret di sungai gara di tasnya penuh batu akik

    Guru-guru disekolahku juga pada suka ngomongin batu akik, malah pas si guru beli ditawarin mau yang kosong apa ada isinya? Kayak mau beli tahu isi aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berita udah mulai tersebar ya,kok gue gak tau ya.

      wah batu akiknya mau diisi toge sama wortel ya :D

      Hapus
  10. Ah tapi gak berlaku buat gue sih. Hehehe biar antimainstream gue koleksi batu batre aja. Batre hape. Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gue juga gak tertarik,yuk kita koleksi batu baterai aja, biar antimainstream. hahaha

      Hapus
  11. Bener nih, di Indonesia lagi ngetren banget batu akik. Gue masih bingung kenapa orang-orang Indonesia pada suka(?) :)

    Kayak sodara gue, di rumahnya banyak banget batu akik. Sampe-sampe ada tempat sendiri buat naruh batu itu. :)

    Biar antimainstream, mending ngoleksi batu ginjal. Itu mahal kan?? Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue juga bingung,kita bingung berjamaah yuk :D

      saudara lo koletor batu akik ya,hebat dong.

      buset ngeri juga,koleksi batu ginjal. :D

      Hapus
  12. Batu yang ngga bisa bikin move on.. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. move on dari batu akik kayanya bakalan lama dan butuh proses yang panjang deh :D

      Hapus
  13. Emang inj fenomena banget ya..malahan gue pernah baca tuhada ggnyuribatu akik di sungaidipedalaman sana seharga500 juta. Untungnya bisa diselamatkan sama warga setempat yg nantinya akan djualdandbagi rata bersama. Itu namanya eksploitasi klo smpenyuri sgala. Dan bahkan murid gue juga pake batu akik dia baru kelas 4 sd bayanginnnnn..bener bener dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuju buneng ini anak SD udah ngerti sama batu akik aja, belajar dulu tuh yang rajin. jangan ikut-ikutan bapak-bapak. :D

      rampas aja batu akiknya bu guru, kan lumayan tuh hehehe

      Hapus
  14. Jujur gue masih gak tau apa kerennya batu akik, gue malah tertarik sama uangnya. Hahaha bagi gue batu akik cuma dipake bapak-bapak, jadi lalo lihat anak muda pake batu akik gue aneh aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya namanya juga anak ABG, maklumlah masih labil. ketika ada fenomena yang bikin keren dan wah pasti ada aja yang ikutannya. tapi gue mah gak tertarik sama sekali.

      Hapus
  15. dan yang paling laku di beli konsumen, cuma premium dan pertamax dari spbu. gitu kan. haha

    BalasHapus
  16. gue juga ikut keracunan nih batu gara-gara temen ada yang pake :'(
    punya gue Bungur Tanjung Bintang :D

    BalasHapus
  17. wkwkwkw

    anak sd tempatku udah pada tahu soal batu loh
    tapi yang murah-murah kayaknya, nggak yang mahal

    BalasHapus