Cinta itu kaya jalangkung, bisa datang tiba-tiba tanpa diundang, bisa pergi begitu aja tanpa diantar.

Gue kini udah menjadi anak SMA, ya umur gue pun beranjak dewasa mungkin lebih tepatnya gue sekarang udah mulai memasuki masa remaja. Tapi masa remaja gue tak seindah masa remaja pada umumnya, kebanyakan anak-anak lain dimasa remaja ini sibuk dengan kisah cintanya, mulai dari yang namanya pedekate di kantin makan siang bareng, terus nganterin pulang ke rumahnya, pacaran berduaan sambil nonton film di bioskop, dan sampe kalau mau tidur dan bangun pagi selalu ada yang ngucapin
“selamat tidur semoga mimpi indah”

“good morning happy your today”.

Ya semua itu berbeda 1800 dengan gue. Gue sekarang udah menjadi anak SMA, dimana dimasa putih abu-abu ini kita mencari jadi diri kita yaitu cita dan cinta. Ngomongin tentang cinta, gue sampe sekarang belum menemukan jawabanya. Gue inget omongan kak Angga ketika malam api unggun di TTCT susulan, kata dia

“Cinta itu memang mudah datang dan pergi, tapi ketika lo merasakan cinta dan lo merasa malu-malu kucing, lo gak akan pernah dapet yang namanya cinta.”

Ya, yang gue rasakan sekarang setelah pengalaman gue ketika SMP dulu, gimana dradisnya kisah cinta gue. Gue sekarang lebih memilih bermaian aman di zona cinta, gue Cuma hanya bisa mengaguminya tapi tak pernah mencoba untuk mendekatinya.

Di kelas orang yang selalu dengerin curhatan gue serta ngasih solusinya dia adalah Herdi teman sebangku gue. Ya gue dan Herdi ini di kelas kalau gak ada guru, bahkan ada guru sekali pun yang pelajaranya membosankan, kita berdua malah curhat-curhatan satu sama lain dan pastinya tentang cinta (bukan tentang cinta diantara gue sama Herdi ya, tapi tentang cinta kita masing-masing. Gue cinta laura,dan si Herdi cinta monyet hehehe ).

Curhat-curhatan kita bukan hanya di kelas aja, ketika udah waktunya pulang sekolah dan anak-anak yang lain udah pada pulang, kita berdua terkadang masih asik curhat di kelas,sampe-sampe kita berdua gak sadar kalau udah waktunya pulang sekolah dan kelas sudah terlihat kosong.

Gak di sekolah atau di tempat les, kita berdua terkadang masih tetap aja curhat, sampe-sampe kalau kita lagi kena super galau stadium akhir,pulang les pun boncengan di motor kita berdua masih sempet-sempetin curhat. Gue kalau pulang sekolah ini seering bareng sama Herdi naik motor, dianterin sampe bunderan Kedawung (tempat angkot pada ngetem cari penumpang) dan dari situ gue lanjut lagi pake angkot.

Sampe di rumah terkadang gue baru nyadar pelajaran selama sehari ini yang gue dapet Cuma tentang curhatan gue dan Herdi, dan karena kita berdua sering curhat-curhatan dan kemana-mana selalu berduaan (Ecie... So sweat nie.... Eh ngapain pake cie-cie segala,gue masih normal kali), kita berdua di kelas sering dijuluki pasangan sendal jepit.

Waktu itu gue mulai naksir lagi sama temen sekelas gue (yang pasti cewe ya,bukan cowo apalagi Herdi) namanya Nila. Awalnya gue juga gak tau kenapa tiba-tiba gue bisa suka sama dia, mungkin ini yang dinamakan magnet cinta, dari dua jenis yang berbeda ketika kita berdekatan pasti akan ada aliran listrik dalam hati yang bisa mengakibatkan untuk bersatu, ya waktu itu memang kita bedua sempet deket gara-gara gue duduk dibelakang bangku dia.

Ketika lagi belajar gue sama Herdi dari belakang sering gangguin Nila dan Anisa, goyang-goyangin bangkunya,lempar-lemparin kertas, dan ngasih lipatan kertas diatas kerudungnya. Dan karena posisi bangku kita depan belakangan, pada saat kerja kelompok kita sering satu kelompok, mungkin karena itu gue mulai ada rasa sama dia.

Menurut gue Nila ini orangnya agak misterius, karena diliat dari anak-anak cewe yang lain dia ini termasuk cewe yang pendiam, tapi ketika gue kenal dekat dengan dia ternyata dia ini orang easy going dan sedikit agak cerewet juga dan terlihat manis ketika sedang bercanda. Herdi yang tau kalau gue suka dengan Nila, dia mensuport gue. Dan gue bilang
“Her,tar kalau rolling tempat duduk lagi, kita duduknya dibelakang Nila sama Anisa lagi aja ya ?”

Herdi bilang “hayo lo mulai suka ya sama Nila ya,terus lo mau pedekatekan  sama dia kan ?”

Dan Gue jawab “iya udah diem,lo jangan kasih tau siapa-siapa termasuk Nila juga.”

Herdi mendukung gue “okelah bro santai aja, ditangan gue semua rahasia akan terjamin dan beres. Ya udah lo lanjutin aja pedekatenya gue dukung lo.”

Dan mulai saat itulah ketika rolling tempat duduk, gue sama Herdi pasti selalu ada di belakang meraka berdua dua. Selama 3 minggu gue duduk dibelakang bangku Nila,dan dia nanyain ke gue

“eh lo, kenapa sih setiap rolling tempat duduk, pasti lo selalu ada di belakang gue ?”

Gue bilang sambil bercanda “ya mungkin kita udah jodoh kali hahaha.” (padahal itu kode dari gue)  

Nila nyautin gue “ah itu mah lonya aja yang mau deket-deket terus sama gue,iya kan ngaku deh lo ?”

Gue bilang agak jaim “gak juga ah, biasa aja gue mah.” (malu-malu tapi mau)

 Nila bilang gitu dalam hati gue ngerasa senang, wah kayanya ini anak udah ngasih harapan ke gue nih. Dan setelah itu kita berdua sering ngobrol dan bercanda bareng. Sudah 1 bulan lebih gue kenal dengan Nila, tapi gue masih belum berani menyelam lebih dalam ke dalam hatinya, gue pun minta pendapat Herdi
“Her, gue bingung nih, selanjutnya gue sama Nila gimana ya ?”

Herdi ngejawab gue sambil bercanda “gimana ya.., kasih tau gak ya.... gimana hayo... gimana....”

Gue bilang “eh gue serius nanya nih.”

Herdi bilang “Serius udah bubar kali hahaha. Sekarang lo sendiri ngerasian deket dengan Nila gimana ?”

Gue jawab “perasaan gue sekarang seneng banget ketika gue deket dengan dia,kayanya gue menemukan cahaya yang bisa nyinarin hati gue. Gue liat Nila juga kayanya ada rasa deh ke gue”

Herdi bilang “ya udah tunggu apalagi sikat aja sekarang, lo gak mau kan kehilangan Nila ?”

Gue jawab “nah itu dia masalahnya, gue sampe sekarang masing trauma dengan pengalaman gue waktu SMP dulu, lo kan tau kaya gimana.”

Herdi ngasih nasehat ke gue “udah mi masa lalu biarlah berlalu, setiap manusia pasti mempunyai pangalaman buruk, kalau lo terus-terusan bercermin dengan masa lalu lo, lo gak akan pernah mendapatkan kebahagianya lo sendiri.”

Masukan dari Herdi membuat gue samakin percaya diri menyelam lebih dalam lagi. Ketika gue mulai lebih deket lagi dengan Nila, tiba-tiba ada yang ganguin kita yaitu Rian, dia bilang ke Nila
“Hayo Nila ketangguan selingkuh,gue bilangin nih sama Aziz.”

Nila hanya merespon dengan senyum-senyum dan bilang “Apaan sih ah Rian...”

Pernyataan dari Rian membuat cahaya yang bersinar di hati gue mulai redup dan perlahan-lahan membuat hati gue remuk. Walaupun Nila masih belum pasti apakah dia udah punya pacar atau belum, atau si Rian Cuma bercanda doang untuk gangguin hubungan gue aja.

Saat itu juga gue mulai cari-cari informasi tentang status Nila (Kau masih gadis atau sudah janda... Buka dikit joss – Gadis atau janda by Krisna Mukti), Setelah gue stalking di twiiter dan facebooknya, terus gue tanya-tanya ke Anisa temen sebangkunya, ternyata bener Nila udah punya pacar namanya Aziz anak SMA sebelah, mereka berdua udah pacaran sejak kelas 2 SMP dulu dan sampe sekarang hubungannya masih baik-baik aja.  Harapan gue pun mulai runtuh (play lagu Berhenti berharap by Shela on 7).

Dan mulai itu juga gue menjauh dari Nila. Minggu-minggu berikutnya gue udah tidak lagi duduk dibelakang bangku Nila, gue dan Herdi kembali lagi ke banggu favorite kita di pojok kanan paling belakang (tempat dimana gue dan herdi sering melakukan kebodohanya sebagai pelajar), Herdi waktu itu nanyain ke gue
“Eh mi kenapa duduknya gak dibelakang bangku Nila lagi ?”

Gue bilang “Semuanya udah berakhir, gak ada harapan lagi.”

Herdi penasaran apa yang terjadi dengan gue “Lah emang kenapa ? lo ditolak lagi.”

Gue bilang “Gue ngungkapin perasaan gue aja belum.”

Herdi semakin penasaran “Lah terus kenapa ?”

Gue bilang “Dia udah punya pacar Her, namanya Aziz anak SMA sebelah. Mereka berdua udah pacaran sejak SMP.”

Herdi semakin kepo “Lo tau dari mana ? kalau dia udah punya pacar.”

Gue Jawab sambil ngerjain LKS sosiologi “gue tau dari Anisa sama Rian,mereka berduakan temen sekelasnya waktu SMP.”

Herdi nyemangatin gue sambil dengerin musik pake handset “Eh tapi gue liat, kayanya Nila juga suka sama lo deh, kenapa lo gak lanjutin aja. Lagian sebelum janur kuning melukung,lo masih punya kesempatan bro buat dapetin dia.”

Gue jawab “Tapi gue bukan tipe orang yang kaya gitu Her, gue gak mau mutusin tali silaturahmi orang, gara-gara gue suka sama Nila walaupun dia udah punya pacar.”

Herdi bilang “Weh mantep banget kata-kata lo mi, walaupun otak lo agak sedeng kaya gini ternyata kalau lagi patah hati omongan lo ada benernya juga. Bener bro, gak baik ngerebut pacar orang itu, ya udah santai aja bro masih banyak ikan dilaut.”

Dan gue bilang ke Herdi “iya udah,gak usah kebanyakan jeramah, ini bukan lagi sholat jum’at. Kerjain tuh tugas lo.”

Herdi bilang “Santai aja gue mah, nungguin lo selesai aja dulu,tar baru gue kerjain hehehe.”

Semenjak itu gue jaga jarak dengan Nila, gue sama dia udah jarang lagi ngobrol bareng, jangankan ngobrol bareng pas kita ketemu berpapasan di tempat les buat saling sapa aja udah gak pernah lagi, pernah waktu itu di kelas Nila gak sengaja liat ke arah gue, dan pas gue kasih senyum ke dia, eh malah dia buang muka.

Dan ketika itu gue lihat Nila kayanya jutek dan benci ke gue, gue juga gsk tau apa salah gue, apa iya sebenernya dia juga suka sama gue, tapi mungkin lebih baik gini dari pada gue ngerusak hubungan mereka.

Setelah sekian bulan gue udah gak deket lagi dengan Nila, ketika herdi sedang curhat ke gue masalah gebetannya dan ketangguan sama bakti, eh malah gue dijomblangin sama mereka berdua. Bakti dari belakang yang dengerin obrolan kita, dia bilang

“Hey pasangan maho, lagi curhat-curhatan apa nih ? Berdua aja kaya sendal jepit.”

Tiba-tiba Herdi mengalihkan pembicaraan kita “Ini Bak,Fahmi katanya bosen ngejomblo terus,dia minta dicariin cewe,lo punya kenalan cewe yang masih single gak ?.”

Kampret ini anak, kenapa jadi ngomongin gue, udah gitu pake acara minta dicariin cewe lagi. Bakti ngeledek gue
“Ah lo mah jomblo aja dibikin susah, enjoy santai aja kaya di pantai, kaya gue nih bro.”

Herdi mulai nyerecos lagi ke Bakti “Eh eh kasian  Fahmi, dia tiap hari galau terus ke gue curhatin masalah jomblonya.”

Kampret nih anak bikin berita yang gak gak aja, yang lagi curhatankan lo kenapa gue yang jadi korbannya, gue bilang
“eh gak gak,sembarangan aja. Gue gak sampe segitunya kali.”

Si bakti mudah terpercaya omongan dari Herdi, dia bilang “Ya udah kalau lo mau pacaran, gue punya kenalan anak SMA sebelah, orangnya cantik, baik, gak neko-neko lagi namanya Devi.”

Gue bilang ke mereka “udalah ganti topic pembicaraan, kenapa jadi pada ngejomblangin gue gini, gue lagi gak mikirin dulu tentang cinta.”

Si herdi mulai lagi mojokin gue “Ah bohong lo bohong... tadi aja minta dicariin pacar ke gue, pas di tawarin cewe sama bakti aja, pura-pura gak mau. Udah sikat aja mi,oya gue tau tuh Devi temen SMP gue dulu, bener mi orangnya cantik, baik,dan gak neko-neko. Nih kalau gak percaya gue punya contact BBMnya, inikan Bak bener orangnya ?”

Bakti ngejawab “nah iya tuh bener, orangnya itu cantikan mi ? Kriteria cowo dia Cuma satu mi, yaitu perhatian udah itu aja, gsk macem-macem.”

Herdi bilang ke gue “Wah pas banget tuh mi, kapan lagi lo punya pacar secantik dia. Apalagi kalau diliat dari tampang lo, kayanya gak bakalan ada deh cewe cantik seperti ini yang mau nerima lo kecuali dia mi, tinggal lo ngasih perhatian lebih aja ke dia, semua langsung kelar.”

Kampret nih anak, udah buat cerita yang gak gak ngeledek gue lagi. Emang sih cewe yang bakti kasih tau itu orangnya cantik dan keliatanya juga orangnya baik, tapi gue sekarang lagi bermain di zona aman dulu setelah gue gagal mendapatkan Nila, karena hati gue belum bisa lepas dari bayang-bayang dia.

        Biasanya mah orang menyebutnya belum bisa move on,tapi move on kan buat orang yang putus sehabis pacaran, nah kalau gue kan masih gebetan yang statusnya kandas di tengah jalan. Ya apapun namanya mau move on,move in,atau mostofa intinya gue belum bisa nerima orang lain.

      Walaupun cinta mudah datang dan pergi begitu aja, tapi gue yakin semua itu akan indah pada waktunya. Bersambung...

9 komentar:

  1. Wah cinta pertama di SMU ya :D btw selamat ya udah masuk SMU moga aja makin nambah... Cerita ngenesnya :D

    Yah lu pasti kecewa banget si nila udah punya cowok, gue juga pernah ngalamin, youre not alone bro

    Gapapa kalo emang blm bisa move on karena move on adalah kesiapan bukan kepaksaan

    BalasHapus
  2. Indah pada waktunya. Kok masih ada orang percaya, ya. Kata ini, harus sebanding sama usahanya bro. Lu usaha baru nyari tau. Belum nyoba.

    Keknya saran gue, lu mending pacaran sama si Herdi, deh. Tampaknya, kalian cocok gitu. :D

    Devi itukan kesempatan, kenapa lu harus bilang enggak. Kesempatan datang jarang2, manfaatin harusnya. Ini, malah enggak. -_-

    Selamat jomblo terus, deh. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang juga gue lagi usaha lagi pangeran buat deketin cewe,ya semoga aja usaha gue kali ini gak sia-sia lagi.

      gila ogah banget gue sama herdi :D

      Hapus
  3. Penasaran nih, mungkin di part ke 24, 25 atau di part berapa pasti akan ada cerita kalo si fahmi pacaran.

    Eh kok nggak sama si herdi kan udah deket banget, lagian cinta datang karena terbiasa lho.. *pis

    Sesulit apapun harus bisa move on, lagian kan belum pernah nyatain perasaan ke nila pasti lebih mudah move on.nya, daripada yg udah pacaran bertahun-tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pasti gue ceritaan ketika gue pacaran semasa SMA,tapi entah di eps berapa,pantengin aja terus ya hehehe

      kenapa lagi-lagi si herdi dijomblangin sama gue,ogah banget.

      Hapus
  4. Pacaran? hmm pacaran masa SMA gw kelabu. Saran dari Gue kalo nyari cewe buat jadiin pacar mending cari yang jelek.

    BalasHapus
  5. Hmmm... Ceritanya lagi move on dari gebetan ya? Udah move on aja. Namnya itu juga move on kok. Hehehehe katanya juga masih bnyak ikan di lautan. Itu deva lo udah liat blum orangnya?

    BalasHapus