Episode : Sensei 

Di kelas XI kita mendapatkan pelajaran tambahan yaitu pelajaran Bahasa Jepang, dengan gurunya bernama Bu Nunung. Ketika pelajaran Bahasa jepang anak-anak yang tukang bolos, tukang kabur, tukang ribut sampe tukang begal (begal hati orang), semuanya berubah total menjadi siswa yang alim dan rajin.

Dan ketika pelajaran bahasa jepang sebelum gurunya masuk ke kelas, kita semua udah siap-siap duduk manis dibangkunya masing-masing dengan buku pelajaran yang udah ada di atas meja, dan meja pun sudah kita sterilkan dari yang namanya botol minum, makanan, mantan (eh ngapain nih mantan ada di atas meja ? bikin ilang kosentrasi belajar aja), bahkan tempat pensil pun gak boleh ada di atas meja, yang boleh ada di atas meja hanyalah buku tulis, buku LKS, bulpen dan tipe-X. Dan gak ada satu pun anak yang berani jalan-jalan atau ngobrol, semua duduk siap menyambut kedatangan guru.

Guru yang satu ini termasuk guru yang killer, tegas dan disiplin. Bahkan saking tegangnya kita ketika pelajaran bahasa jepang, sebelum gurunya datang, suara ketukan sapatu hak tingginya dari kejauhan sudah mulai terdengar di telinga kita. Ketika beliau masuk ke dalam kelas dengan auranya yang tegas yang membuat orang takut dan tegang ketika melihatnya, saat itu juga suasana kelas langsung sunyi dan mencekam.

Ketika pelajaran bahasa jepang selama 2 jam mata pelajaran, kita diusahakan harus bisa duduk tegak dengan pandangan mata lurus kedepan, gak boleh tengok kanan-tengok kiri (lalu menyabrang jalan), apalagi nengok ke arah jam. Kalau ada yang ketangguan melanggar itu siap-siap aja disamurai, disemprot atau disuruh maju kedepan buat nulis huruf hiragana di papan tulis.

Ketika pelajaran beliau kita juga dari segi penampilan harus bener-bener mencerminkan seorang pelajar, dari ujung ramput sampai ujung sepatu semua harus rapih dan sesuai peraturan sekolah, untungnya beliau gak memasukan kriteria muka, kalau itukan bahaya juga, bisa-bisa gue disuruh keluar kelas.

Ya guru yang satu ini memang super tegas, disiplin dan perfeksionis. Saking tegas dan disiplinnya suasana kelas selama 2 jam mata pelajaran, sama aja kaya kita lagi pelatihan militer di bataylon. Dan semua anak kelas mana pun jika besoknya mendapatkan jadwal pelajaran bahasa jepang dan gurunya Bu Nunung, malam harinya kita semua langsung pada rajin belajar bahasa jepang untuk besok.

Gak peduli mau besoknya ada ulangan matematika, fisika, ekonomi, pelajaran bahasa jepang langsung jadi prioritas utama. Yang penting ketika besok pelajaran bahasa jepang, jika kita disuruh maju untuk nulis hiragana dan ditanya, kita bisa jawab dan lolos dari hukuman.

Awal-awal belajar bahasa jepang itu belajar nulis huruf hiragana, ketika mempraktekannya cara nulis hiragana yang bener, kita semua harus mengikuti alunan tangannya yang melenggak lenggok ke kanan, kiri, atas dan ke bawah seperti dirigen. Serta kita juga harus mengikutinya ketukan suaranya,

“Esatu... edua...” (ketukan khas ala Bu Nunung)

Dan disaat kita disuruh mempraktekannya kembali, kita harus bisa mempraktekanya dengan mata yang tertutup. Cara nulis huruf hiragana ini harus sesuai dengan ketukan dan langkah-langkah yang diberikanya, gak boleh asal-asalan seenak kita nulisnya dan gak boleh dimodifikasi tulisanya. Disaat kita udah mulai menghafal huruh-huruf tersebut, satu per satu dari kita di tes maju kedepan, dan menulisnya di papan tulis. Saat itu nama gue disebut,

“Fahmi, maju ke depan tulis tosho sitsu” yang artinya perpustakaan.

Gue pun maju kedepan dan menulis dengan huruf hiragana, disaat gue udah selesai dan bilang,

“Bu, udah cebokin !.”

Bu Nunung bilang “ Sok dibaca yang kenceng.”

Gue pun membacanya sambil menunjuk huruf demi hurufnya “Tosho sitsu”

Bu Nunung bilang dengan logat sundanya “Eta su apa sa, tulisana meuni irit pisan.”

Gue bilang sambil membenerkan tulisannya “Su, Bu”.

Bu Nunung bilang “Ai nulis nu bener jang,tulisan siga cacing kapanasan kitu, sok nulis deui nu bener. Kyoshitsu.” Yang artinya kelas.

Anak-anak  pada ketawa melihat gue dimarahin, gue kembali menulis hiragana dan bilang

“Udah malam ikan bobo, Bu”

Disaat Bu Nunung melihat tulisan gue yang jelek dan gak karuan dia bilang

“Naon eta,teu jelas kitu, sok dieja deui.”

Gue dengan tegangnya bilang “kyoshitsu”

Bu Nunung bilang “Fahmi-fahmi, nulis sakitu wae teu bisa-bisa, salah deui salah deui, iye huruf shi na kurang panjang ka luhur, dieu ibu ajaran deui nulis na.”

Gue pun diajarkan nulis hiragana di papan tulis dengan tangannya dituntun untuk menulis hiragana, ketika itu gue kaya anak TK lagi yang lagi belajar nulis. Setelah itu bu Nunung bilang.

“Nah tulisan huruf hiragan tuh kaya gini, tong kaya gitu, tulisan meuni goreng pisan siga cacing kapanasan.”

Gue pun bilang sambil senyum-senyum “Iya bu.”

Anak-anak yang lain ngetawain gue, karena tulisanya diejek sama Bu Nunung, dan si Sekar bilang ke Bu Nunung,

“Tulisan Fahmi mah emang kaya gitu Bu, gak jelas susah dibaca.”

Dan Bu Nunung bilang ke gue “heh... enggeus SMA tulisan masih kaya kitu wae, belajar nulis deui nu bener, tong siga budak SD tulisana.”

Gue pun dengan mesem-mesemnya bilang “Iya Bu. “ dan duduk lagi ke bangku.


Tulisan gue emang jelek,  jangankan untuk nulis huruf hiragana, buat nulis huruf abjad aja temen-teman gue udah pada banyak yang ngeluh setelah ngeliat tulisan gue. Lah ini satu lagi gue harus bisa nulis huruf hiragana yang bentuknya beda gak seperti biasanya, tapi setelah gue di kritik sama Bu Nunung gue mulai memperbaiki tulisan gue sedikit demi sedikit, ya walaupun dalam berkembangannya gak jauh beda juga sih hehehe. 

Bersambung...

13 komentar:

  1. hhaha... Tuh guru teliti amat ya...

    tenang aja sob, Orang sukses nggak harus pinter bahasa jepang kok. lagian udah takdir kita kalau "murid itu selalu salah" dan "guru iru benar"...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro udah kaya alat detektor bom aja :D

      nah iya tuh bener banget.

      Hapus
  2. Kenapa bisa sampe tegang banget. Kok gue jadi ikutan tegang, ya (baca guru killer). :D

    Emangnya guru lu itu, sekiller apa, sih. Sampe seakan pelajaran lain gk penting, hanya pelajaran bahasa jepang yang penting.

    Lu emang harus belajar nulis lagi mi. Biar

    BalasHapus
    Balasan
    1. awas ati-ati tar keluar (ah apaan ini) :D

      ya mungkin kita-kita aja ya,yang terlalu takut gak bisa menghapa guru yang satu ini,jadi akhirnya mengorbankan pelajaran yang lain :D

      Hapus
  3. Ah teu ngarti urang mah bahasa sunda :p
    Aku ora mudeng boso sunda hahaha

    Wah gue ga ada pelajaran bahasa jepang tapi katanya bahasa jepang termasuk bahasa yang paling susah dipelajarin ya dari hurufnya aja udah bikin pusing. Bahasa inggris aja belum bener eh udah diajarin bahasa jepang

    Haha selamat menempuh hidup dengan guru killer :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah tadi sih barusan ngomong bahasa sunda, Priben iki,jadi aku kang ora ngudeng :D

      iya untuk pelajaran bahasa jepang aja baru dari tulisannya kita harus bisa menguwasai 3 jenis hurup jepang,yaitu hiragana,katakana,dan kanji.

      buset deh kaya gue nikahan aja :D

      Hapus
  4. wah, enak banget kelas 11 ada pelajaran bahasa jepang.
    gue nggak pernah ada pelajaran bahasa tambahan selain inggris, mandarin, indonesia.
    ah, lumayan banget tuh bahasa jepang. kampret, gue pingin banget deh..

    tapi kalau gurunya begitu, mungkin gue akan berpikir dua kali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi lo dapet pelajaran bahasa mandarin, keren juga tuh.
      ya udah pindah ke sekolah gue aja,biar bisa belajar bahasa jepang :D

      Hapus
  5. Mbuh mi, aku ora paham bahasa sunda :p

    Kalo belajar bahasa asing itu kita emang serasa kayak anak SD lagi, bahkan TK. Yagitu susahnya belajar bahasa asing, tapi asik juga sih. Sayangnya sekolahku bahasa asingnya bukan bahasa Jepang.

    Itu gurunya serem banget ya, aku juga ada guru yang kayak gitu, rela deh nggak belajar pelajaran yang lain, yang penting pelajarannya si guru killer paham dan bisa jawab kalo ditanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha

      iya bener kalau belajar jepang pas SMA itu, kita kalah sama anak TK jepang. yang udah faseh ngomongnya :D

      ngorbanin sesuatu demi gak selamat dari guru killer.

      Hapus
  6. Hiragana sih masih gampang.. Cobak kalok disuruh nulis kanji.. Keliyengan kali.. Hahah :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gila hiragana sama katakata aja gue udah pusing 7 keliling,gimana kanji kayanya bisa-bisa gue langsung hilang ingatan :D

      Hapus
  7. Mantap bahasa Jepang. Jadi ingat pernah belajar bahasa Jepang juga waktu SMP. Eh tapi kamu nulis huruf latin aja nggak becus disuruh buat nulis Hiragana. Sering-sering minta diajarin tulisan rapih sama adekmu.

    BalasHapus