Episode : kursus yang kejebak banjir

        Mengingat gue dalam pelajaran bahasa inggris kurang berbakat, gue,Herdi,Ardi dan Akri memimilih mengikuti kursus bahasa inggris demi mendongkrak nilai bahasa inggris kita, serta kalau di kelas pelajaran bahasai inggris gak terlalu malu-maluin banget.Ya walaupun guru bahasa inggris kita orangnya enjoy dan santai, tapi sebenernya guru bahasa inggris kita bukan hanya Pak Udin aja, masih ada guru bahasa inggris kita satu lagi yaitu Pak Andra.

Dia ini yang melatih dan mengajarkan kita dalam Speaking berbahasa inggris. Mengingat dia ini termasuk gurunya yang Killer juga, dan gue sgk mau jadi korbanya karena bahasa inggris gue blepotan, kita berempat pun mau gsk mau harus ikut kursus bahasa inggris. Kita waktu pertama masuk kursus bahasa inggris itu mulai dari level yang paling bawah, kita masuk level tersebut bukannya kita semua bego dalam bahasa inggris ya.

 Tapi ini semua gara-gara idenya Akri, ya waktu itu padahal kita ada tes untuk penempatan level kebetulan bentrok dengan acara MOP (Masa Orentasi Pramuka) hari terakhir. Kita pun yang gak mau dapet kelas paling bawah, mau gak mau izin dan gak mengikuti MOP terakhir lalu mengikuti Placement Test.

Setelah sholat jum’at kita pergi ke tempat kursus, sampainya disana Si Akri ngasih ide yang berlian sekali ke kita, yaitu kita datang ke tempat kursus dan bilang

“maaf,kita gak bisa mengikuti placement test kerena di sekolah ada kegiatan MOP hari terakhir dan diwajibkan ikut.”

 Kita berempat pun ditawarkan lagi “apa bener kalian gak mau ikut Placement test, kalau kalian gak ikut tar kalian di tempatkan di level yang paling bawah ?”

Si Akri langsung menjawabnya “Ya Mba gak papa mau gimana lagi,kita sama panitianya disuruh ikut MOP hari terakhir. Ini aja kita kesini izinnya susah Mba, udah gitu Cuma dikasih waktu 30 menit lagi.”

Dan kita bertiga pun diem aja mengikuti intruksi dari Akri. Mba costumer servives bilang
“Owh yaudah kalau gitu mah, kalau memang ini udah keputusan kalian. Padahal sayang loh, kalau kalian ikut Placement test dulu, mungkin kalian bisa di tempatkan di level IN 4.”

Dan baru deh kita bertiga bilang “Ya udah gak papa Mba, dari pada kita gak kursus sama sekali.”

Dan saat itu juga kita berempat mendapatkan level paling bawah, kita bertiga sebenernya gak mau dapet level paling bawah, tapi ini semua idenya Akri, Herdi nanya

“Heh Kri, kenapa kita gak ikut Placement test aja sih, lumayankan kalau dapet levelnya diatas ini ?”

Akri bilang “Udah ikutin gue aja, lagian kalau kita ikut Placement tes belum tentu kita bisa ngerjainnya, udah pusing-pusing ngerjainnya tar ujung-ujungnya dapet level bawah juga. lebih enak gini kan kita gak ikut MOP terus gsk pusing-pusing lagi ngerjain soal placement test ,dan yang  penting kita udah pasti ikut kursus, terus kita bisa pulang ke rumah deh buat istirahat, cape bro tiap hari pulang sore terus, kapan lagi kita punya waktu luang gini.”

Ide Akri cukup berlian juga sih mengingat gue juga pengen istirahat di rumah, setelah beberapa bulan ini pulangnya sore terus. kita berempat pun akhirnya ijin bohong sana-sani dan memilih untuk pulang ke rumah masing-masing.

Kita kalau kursu itu jam 4 sore setiap hari selasa kamis, selesai sholat ashar kita berempat langsung cabut lagi ke tempat kursus. Kalau kursus kita berangkat bareng pake motor, gue boncengan sama Herdi dan Akri boncengan sama Ardi. Kita berempat emang bisa dibilang sepaket, gak di kelas,tempat kursus, selalu aja berempat.

Sampe-sampe kalau di kelas salah satu dari kita ijin ke toliet, yang lainnya ikutan ijin juga. Dan si Ardi dimarahin sama guru killer, kita bertiga bilang
“dia bukan teman kita Bu hukum aja”.

Terkadang juga gue kalau kursus gak berangkat bareng dengan mereka, terkadang Cuma gue dan Ardi aja kalau kursus. Pernah waktu cuaca lagi mendung gelap gulita, Si Akri lagi sakit dan karena dia tar pulangnya gak mau ujan-ujanan dia memilih gak kursus. Dan si Herdi yang pulang sekolah mau ada urusan dulu dengan teman SMPnya dia bilang ke gue dan Ardi, tar katanya dia nyusul ke tempat kursus.

Gue sama Ardi pun berangkat berboncengan pake motor, di jalan gue bilang ke Ardi
“Di,kayanya tar sore bakalan ujan gede nih, langitnya keliatan gelap gitu.”
Ardi menjawabnya sambil bercanda “Jangan-jangan mau kiamat lagi mi, tapikan 2012 udah kelewat hahaha.”

Gue bilang ke Ardi sambil menepak helmnya “Hutss... sembarangan aja lo kalau ngomong, jangan kiamat dulu napa, gue kan belum punya pacar hehehe.”

Ardi nyautin candaan gue “Hahaha... yaelah lo mi, kiamat aja nungguin lo punya pacar dulu, kayanya kiamat gak bakalan ada deh hahaha.”

Sambil menuju tempat kursus kita berdua saling bercanda, dan setelah sampai di tempat kursus baru juga Ardi parkirin motornya tiba-tiba hujan langsung turun deras. Gue bilang ke ardi
“untung kita udah nyampe sini Di, kalau gak basah kuyub deh.”

Ardi bilang ke gue “iya mi untungnya kita udah nyampe, eh si Herdi kursus gak ya ? ujannya gede kaya gini.”

Gue jawab “Bagi Herdi hujan bukanlah halangan, kan halangan dia Cuma satu yaitu matahari, kalau sinar matahari panasnya sampe 320 C tuh, baru dia gak bakalan datang.”

 Ardi ketawa mendengarnya “Hahaha.... iya bener-bener, dia mah kalau ujan gini malah seneng, soalnya musuh bebuyutannya gak ada.”

Kita berdua tungguin di tempat kursus, sampe kursusnya udah mulai itu anak batang idungnya gak nongol-nongol juga, gue bilang ke Ardi
“Di,coba SMS ke Herdi dia barangkat kursus gak ?”

Tak berapa lama Ardi hubungin Herdi, dia bilang “udah gue SMS,ditelfon,HPnya gak aktif mi.”

Gue bilang “oh yaudah deh, itu anak kayanya gak berangkat.”

Ardi bilang “Kayanya tuh anak hanyut ke bawa air hujan lagi hahaha.”

Gue balas candaa Ardi “Biarin deh dia Hanyut, bukan anak gue ini hahaha.”

Dan  sampe selesai kursus, ini ujan gede masih terus turun gak berenti-berenti, pas kita keluar kelas Ardi bilang ke gue
“Mi, ini kita udah ada di tengah laut ta ? Banyak air gini.”

Halaman kursus mulai kebanjiran digenangi air, dan gue bilang ke Ardi
“Di Mancing mania yuk.”

Ardi balas candaan gue “Ah mancing cewe aja lo gak bisa, apa lagi mancing ikan hahaha.”

Kampret ini anak ngeledek gue enak aja,udah ngomongnya kenceng, udah gitu banyak anak-anak yang lain lagi, bikin malu gue aja. Pas kita berdua mau pulang, motor Ardi gsk bisa keluar karena kehalangan motor-motor lain, terpaksa kita nungguin pemilik motor ini keluar dulu.

Sambil nungguin, kita berdua nonton TV di lobi, pas gue mau ke lobi liat kedepan jalan, buset udah banjir aja, sungai yang di depan tempat kursus udah mulai meluap sampe ke jalan-jalan. Gue liat ada rumah nanas, rumah batu, sama rumah wajah pada hanyut, terus Spongebob, patrick, dan squidward pada keasikan berenang, dan Mr.Crab malah sibuk mancing duit di sungai.

Dan jalanan mulai macet banyak mobil pada berenti, dan motor pada mogok, gue lihat juga anak-anak yang lain pada kesulitan buat pulang ke rumah, ketika itu juga gue liat ada Nila dan Lita lagi nungguin anggot. Gue sama Ardi nyampirin mereka, pas gue ngeliat mukanya Nila, kayanya dia dari tatapan matanya sinis banget ngeliat gue, Ardi bilang ke mereka
 “Eh kalian mau pada pulang sekarang, naik apa ?”

Lita menjawabnya “Naik angkot, iya takut tar ujannya tambah gede lagi terus banjirnya samakin tinggi.”

Gue bilang ke mereka “Angkot gimana, jalanan aja macet kaya gini mobil gak bisa jalan. Tar aja pulangnya, tungguin dulu aja disini bareng kita.”

Nila ngejawab gue dengan muka juteknya “kalau gak ada angkot pake becak juga bisa kok.”

Dan Nila langsung manggil tukang becak “Bang becak,bang.”

Dan mereka berduapun maksa pulang naik becak dan ninggalin kita. Setelah meraka naik becak di jalanan yang banjir kaya gini, gue dan Ardi kembali masuk ke lobi. Baru juga beberapa menit kita duduk sambil nonton TV, tiba-tiba listrik langsung mati dan suasana langsung gelap.

 Terdengar teriakan beberapa anak cewe yang ketakutan, dan dari toilet cewe kedengaran suara tangisan minta tolong, pas di cek dan dibuka pintunya sama salah satu guru ,eh ternyata itu anak SMP yang nangis ketakutan gara-gara dalam toilet gelap gulita. Gue kira ditengah-tengah kebanjiran dan suasana gelap gulita gini ada kuntilanak yang kesetrum gara-gara gak sengaja megang Sakelar listrik.

Udah kebanjiran motor gak bisa keluar, ditambah suasana gelap kaya gini gak ada hiburan. Kita berdua terjebak di tempat kursus ini, gue liat jam kayanya udah masuk waktu Magrib, kita berduapun pergi ke mushola yang berada di belakang, keliatan menyeremkan dengan suasana yang gelap kaya gini udah gitu sekarang malam jum’at kliwon lagi, tapi kita berdua tetep lanjut ke mushola untuk sholat magrib.

Selesai sholat magrib gue lihat motor Ardi udah bisa keluar, gue bilang ke Ardi
“Di motor lo udah bisa keluar tuh, balik yuk.”

Ardi menjawabnya “Tar aja mi pulangnya, nungguin banjirnya menyusut dulu, jalanan juga masih macet tuh.”

Ya kita berdua batal balik, dan masih tetep terjebak di tampat kursus ini. Sambil menunggu gue ngajak Ardi keliling kelas, ngerasain suasana gelap-gelapan di tempat kursus
“Di,ke ruangan 108 yuk tuh yang paling pojok, berani gak lo ?”

 Ardi bilang “eh sekarang malam jum’at kliwon, tar kalau ada apa-apa gimana ?”

Gue jawab “Santai aja Di, setan juga kayanya ketakutan liat muka gue hehehe.”

Dan kita berdua berjalan ke ruangan 108, gue buka pintunya terus kita berdua masuk, tak berapa lama kita berdua mencium bau sesuatu. Ardi langsung bilang ke gue
“Eh mi ngecium bau wangi-wangi gak lo ?”

Dan gue bilang “iya di gue ngecium juga, tapi ini buka kentut lo kan ?”

 Ardi bilang ke gue “Sembarangan lo gak lah, eh beneran serius nih baunya semakin kerasa.”

Dan gue bilang “hehehe Iya Di, baunya kok kaya bunga melati gini ya ?”

Ardi ngajak gue balik lagi “Tuh kan udah mulai gak enak nih, yuk lah cabut.”

Dan gue bilang “wah iya nih, bulu kuduk gue juga udah mulai berdiri, yuk lah balik lagi.”

Kita berduapun langsung pergi dari rungan 108 setelah mencium bau bunga melati itu, gue juga gak tau apa yang sebenernya terjadi di ruangan itu. Setelah kita berdua kembali lagi ke lobi, ternyata masih banyak anak-anak lain yang bernasib sama juga seperti gue,terjebak ditengah-tengah kemacetan dan kebanjiran ini.

Setelah gue tungguin sampe jan 8 malam ini ujan gak berenti-berenti, gue liat anak-anak yang lain, para guru dan karyawan staf, satu persatu mulai nekat nerjang hujan dan banjir meninggalkan tempat kursus.  Ardi nanya ke gue
“Mi balik jam berapa nih ?  kayanya kalau begini terus, bisa-bisa sampe pagi kita ada disini.”

Gue jawab “Gue mah terserah lo aja,lo balik gue juga ikut balik, kan gue nebeng ke lo.”

Ardi mulai bete dan ngajak gue balik “Ya udah balik yuk, biarin dah ujan-ujanan kena banjir juga, yang penting gue bisa pulang.”

Kita berduapun akhirnya meninggalkan tempat kursus dan pulang ke rumah, dan demi menghindari banjir dan kemacetan panjang kita berdua mencari jalan alternatif, keluar masuk komplek perumahan. Setelah keluar dari komplek perumahan dan masuk ke jalan raya kita berdua kejebak macet.

Cukup lama kita berdua diam aja disini gak bisa bergerak sama sekali, udah ujan gini ditambah gue gak pake jas ujan lagi, wah ini mah bisa-bisa besok gue sakit nih, tapi kalau gue sampe gak masuk sekolah, besok ada ulangan Matematika sama Geografi. Gue paling males kalau ikut ulangan susulan, udah sendirian ditambah kalau udah kepepet gak bisa tanya sana-sini.

Gue liat di Sekiling gue ini banjir udah mulai selutut, motor Ardi udah mulai kemasukan air nih, dan gue liat di depan gue ada kapal titanic lewat “TOOUUNNN....”, dan gue liat ke belakang waduh ini kapal selam kenapa bisa nyasar kesini, pantesan aja bikin macet jalanan. Dan sekitar 15 menit akhirnya kita berdua bisa lolos dari kemacetan ini dan karena arah pulang gue dan Ardi beda, gue turun di lampu merah dan melanjutkan lagi pake angkot.

Cukup lama juga gue nungguin angkot udah keujanan basah kuyub lagi, ini angkot gak nongol-nongol juga, giliran ada angkot lewat angkotnya udah penuh gak nerima penumpang lagi. Terpaksa gue nunggu angkot berikutnya lagi, dipinggir jalan gue udah kaya anak yang kesasar dan gak tau arah jalan pulang, dan aku tanpa mu butiran debu. (kenapa jadi mellow gini)

Dan setelah menunggu akhirnya ada angkot yang mau nerima gue yang basah kuyub gini, sepanjang perjalanan menuju rumah jalanan gelap gulita karena listrik mati. Dan seturunnya dari angkot jalan ke arah rumah gue keliatan gelap sekali, gue liat gak ada orang-orang udah gitu ini malam jum’at lagi, dan tadi di tempat kursus gue ngecium ada bau melati,waduh gimana nih.

Gue pun ngeberaniin diri, sambil jalan ke rumah gue baca-bacaan ayat kursi, buat antisipasi barang kali ada pocong dan kuntilanak ngasih kejutan ke gue. Akhirnya gue bisa sampe ke rumah juga dengan selamat, nyampe rumah gue langsung mandi dan makan. Gue liat jam udah jam 10 lebih, mengingat besok ada ulangan Matematika dan Goegrafi, tapi karena sekarang mati lampu dan gue cape juga mau tidur, gue melupakan ulangan besok dan berharap besok gue dapat  “ilham“ jawaban, dan gue pun memilih untuk tidur.

Keesokan harinya gue berangkat sekolah seperti biasanya, dan setelah sampe di sekolah gue kaget ngeliat halaman sekolah yang penuh dengan lumpur-lumpur dan beberapa barang bekas hanyut sisaan kebanjiran semalam.

Ya gue denger-denger sekolah gue semalam kebanjiran hampir sepinggang, dan gue lihat di kelas-kelas bawah ruanganya berantakan dan berlumpur, sampe-sampe ada ban bekas, sepatu boat, dan beberapa barang kiriman dari sungai, sampe-sampe di lapangan ada lele tergeletak yang gedenya sepaha, untungnya kelas gue diatas dan selamat dari musibah banjir.

Ya dalam sejarah sekolah ini dibangun hampir 50 tahun baru sekarang sekolah gue ngalamin kebanjiran. Dan karana seluruh ruangan yang berada di lantai bawah kotor dan berantakan, Wakasek mengintruksikan hari ini kita kerjabakti bersih-bersih sekolah.


Mulai dari jam 7 pagi sampe jam 11 siang gak ada KBM sama sekali, semua siswa turun untuk membersihkan sekolah yang habis  kebanjiran ini. Mulai dari kelas-kelas, Laboratorium, kantin, aula, sampe masjid, kita semua bergotong royong membersihkannya. Gue dan anak-anak kelas merasa senang walaupun kebanjiran, karena gara-gara kebanjiran ini kita jadi gagal ulangan Matematika dan Goegrafi.

Bahagia di atas penderitaan orang lain ternyata gini ya rasanya,setelah sekian lama salalu menderita akibat jomblo hahaha Bersambung...

Bonus nih 


Nih yang penasaran sama Herdi (nama samaran)
ini orangnya.

Suasana kelas ketika lagi istirahat makan siang


Ini Suasana kalau kelas lagi gak ada guru
Foto ini seharusnya ada di episode 16,
tapi gue baru dapetnya sekarang, setelah liat lagi di akun twitter kelas X.


11 komentar:

  1. Wah salut deh demi bahasa inggris lo segitunya bela belain kursus

    Tapi itu tempat kursus atau kuburan kenapa serem amat kaya gitu sampe ada bau melati segala,

    Baca postingan lu, gue jadi kangen Masa masa SMA gue pengen balik ke masa masa SMA, iya kuliah itu ga enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bangunannya ja udah agak tua gitu.
      memang masa-masa SMA itu yang paling mengasikan hahaha

      Hapus
  2. Bro, coba komen bahasa inggirs, gih. Kan lo udah kursus. Haha!

    Hadeuuhh!! Itu lo abis kehujanan sakit nggak?? Kalau gue kehujanan pasti esok harinya langsung flu nggak karuan. Iya, gue cowok lemah. Kena hujan aja langsung flu.

    Kagak jadi ulangan adalah surga bagi anak sekolah apalagi bagi yang nggak belajar. Hahahaha. Btw ceritanya mau sampe episode berapa ini ceritanya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. I Can a little bro hahaha

      ya cuma flu sedikit doang lah,tapi gak papa I always strong hahaha
      sampe cerita masa SMA gue kelar bang.

      Hapus
  3. Ciee kursus bahasa inggris nih, sekarang udah mahir kan berbahasa inggris..

    Tapi curiga deh tempat kursus kok serem amat, jangan2 yang kursus disana bukan hanya manusia tapi hantu pada ikut kursus bahasa inggris biar kekinian gitu.. Nila itu yang lu ceritain kemarin kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah belum seberapa,belum jadi bule hahaha

      iya bangunannya agak tua,nah gak tua juga deh barang kali,jam malam ada yeng kursus juga khusus yang lain hahaha

      Hapus
    2. iya bro,Nila orang yang gue taksir di cerita yang kemarin,gak tau tuh kenapa dia tiba2 jadi cuek jutek gitu ke gue.

      Hapus
  4. Kalo udah kursus bahasa inggris. Lu udah bisa ngomong bahasa Inggris belom? Soalnya, temen gue banyak kursus, tapi belepotan ngomongnya. Kalo gue, ya responnya Haaaa, huuuu, masa' sih.

    Nanti kalo lu punya anak, kan bisa tu, ajarin anaknya buat bahasa Inggris. :D

    Jadi, anaknya gak usah kursus. Tinggal ngobrol sama bapaknya aja. :D

    BalasHapus
  5. Eh kamu les di LIA bukan sih? Kok sama ya kelasnya ada ruangan 108. Ya maksudnya nomor 100an gitu. Dulu aku dapet 101. Ini aku kok jatohnya sotoy deh-_-

    Sebenernya belajar bhs inggris gak mesti kursus loh. Kalo kamu rajin, bisa juga otodidak. Lewt nonton film barat tanpa subtitle Indonesia, denger lagu, baca buku, latihan soal, latihan ngomong grammar, ya banyak deh caranya. Yang penting ada partner aja buat saling ngedukung.

    Hiiii ngeri dong banjirnya sampe sepinggang. Mana udahnya harus ngebersihin lumpur-lumpur. Enggak banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gue waktu itu les di LIA mba.

      ya sih sebenernya bisa juga,tapi mau gimana lagi ini disuruh sama orang tua,ya uda deh ikutin aja,dari pada tar jadi anak durhaka hehehe

      tapi dibalik kebajiran ada hikmah yang kita dapar mba :)

      Hapus