Episode : Pintu Rahasia

 Karena kelas Social ada pintu rahasianya (pintu penghubung), terkadang pintu ini sering disalah gunakan oleh beberapa anak IPS, gak cewe gak cowo sama aja. Ketika sedang pelajaran berlangsung dan jam pelajaranya ngebetein, dan tau kalau di kelas sebelah lagi ada jam kosong.

Terdakang beberapa anak kabur secara diam-diam ke kelas sebalah lewat pintu kemana saja penghubung ini, lalu ikut mainan bersama anak-anak kelas sebelah. Aksi ini pun ada yang sukses dan lancar sampe gak ketangguan guru, tapi ada juga yang gagal dan ketangguan.

Pernah waktu itu temen gue si Sidik dia kabur ke kelas sebalah ketika pelajaran bahasa indonesia, dan ketika itu di kelas sebalah sedang pelajaran bahasa inggris sedang menonton film. Waktu itu guru bahasa indonesia kita ijin sebentar meninggal kelas, dan kita ditinggalkan tugas untuk mengerjarkan LKS.

Setelah sekitar 10 menit guru bahasa indenesia kita balik lagi ke kelas, nampaknya guru bahasa indonesia kita ini sadar, bahwa anak didiknya ada yang ilang kurang satu, dan setelah di cek satu persatu siapa yang gak ada di kelas, tenyata itu Sidik . Lalu guru bahasa indonesia bertanya ke kita

“Eh Sidik kemana ? kok dia gak ada di kelas. Sebelum keluar tadi Ibu liat ada, kok sekarang gak ada.”

Desi memberitahunya “Di kelas sebalah tuh bu, lagi nonton film.”

Bu guru tanya lagi “Emang kelas sebelah gak ada gurunya ?”

Desi menjawabnya “Ada bu lagi pelajaran bahasa inggris, biasa bu pak Tisno mah kalau pelajaranya sering nonton film.”

Guru bahasa indonesia pun langsung menjemput Sidik ke kelas sebelah lewat pintu penghubung, setelah membuka pintunya bu guru bilang,

“Sidik... lagi ngapain kamu ? Bukannya ngerjain LKS malam nonton film di sini”

Sidik menjawabnya sambil senyum-senyum “ iya bu ini juga saya lagi ngerjain LKS” sambil menunjukan LKSnya.

Bu guru bilang “kerjainnya di kelas sendiri aja, ayo balik lagi ke kelas.”

Sidik pun balik lagi ke kelas seperti anak kecil yang main gak pulang-pulang, dan dicari sama emaknya lalu disuruh pulang ke rumah. Kita-kita tertawa melihat Sidik balik lagi ke kelas dan dimarahi sama bu guru.

“Kamu tuh kerjaannya kabur-kabur aja, katanya ngerjain LKS, mana ? LKS kamu masih kosong begini.”

Sidik cuma bisa senyum-senyum aja di bangkunya.

Tidak hanya digunakan untuk kabur dan lalu-lalang ketika gak ada guru aja, lewat pintu penghubung ini juga kita pernah dikerjain dan dikagetkan sama guru agama. Ketika itu waktunya palajaran agama dan udah 15 menit gurunya gak datang-datang, biasanyakan guru kalau masuk kelas itu lewat pintu utama, nah ini guru agama kita masuk lewat pintu rahasia (pintu penghubung) secara diam-diam.

Karena guru tak kunjung datang suasana kelas mulai tidak kondusif, beberapa anak kalas main gitar-gitaran sambil nyanyi dengan musik regenya, dan ada juga anak-anak cewe yang lagi pada ngegosip duduk di lantai depan kelas (bukan latar kelas ya, tapi depannya papan tulis) yang volume suaranya hampir ngalahin konser metallica yang bikin telinga penging mendengarnya, dan sebagian laginya tidur nyenyak dengan mimpi basahnya indahnya.

Ketika itu kita gak tau tiba-tiba di belakang udah ada pak guru aja, lagi duduk santai di kursi belakang sambil menyaksikan ke gaduhan kelas ini. April yang ketika itu sedang ngegosip di depan kelas dan bangun mau ngambil minum di mejanya, dia langsung memberi tahu dan mengejutkan kita,

“Eh eh udah ada Pak Abdul tuh di belakang.”

Setelah April memberi tahu, kita langsung kaget dan lari bergegas ke bangku kita masing-masing. Pak Abdul bilang

“Loh kenapa, kok pada bubar ? lanjutin aja gak papa.”

Sekar bilang “Gak deh pak belajar aja hehehe”

Feri nanyain “Lah Bapak gak bilang-bilang tau-tau udah disini aja, masuk dari mana pak ?”

Pak Abdul bilang “Bapak sengaja masuk dari pintu belakang, eh pas Bapak masuk kalian lagi pada keasikan main-main, ada juga yang lagi tidur, ya udah Bapak diemin aja dulu sambil ngeliatin kalian.”

Dodi bilang “Ah Bapak ngerjain nih, bikin kaget kita aja.”

Pak Abdul hanya meresponnya dengan senyum-senyum kepada kita, setelah melihat kelakuan anak didiknya yang brutal ketika gak ada guru.

Gara-gara pintu rahasia ini juga, guru-guru yang ngajar di kelas Social sampe bingung dibuatnya, tiba-tiba ketika sedang pelajaran berlangsung ada penampakan anak social 1 atau 2, ikutan belajar bareng, bahkan sampe gak hapal sama murid-muridnya, terkadang keliru manggil nama anak Social 2 sampe berkali-kali, padahal lagi ngajar di kelas social 1.

Bersambung...

9 komentar:

  1. Hahahahaha itu pintu bener bener ajaib ya Mi. Kebayang banget itu guru agama nyantai, senyum-senyum sendiri ngeliat kelakuan murid-muridnya sementara murid-muridnya pada sibuk masing-masing. Main, ngegitar, gosip, ngobrol, dan hal yang lainnya :-)

    Tapi bagus juga sih ada pintu gitu, jadi beneran bisa dipake kabur kalo lagi males belajar. Eh tapi kan guru-guru udah pada tau... ya. Yah gak jadi deh kaburnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mba, tapi kalau mau kabur mah sepinter-pinternya kita aja mba, dimana aja kesempatan disitu ada jalan :D

      Hapus
  2. Aku juga dulu pas SMP ada pintu pengubungnya, tapi nggak bisa di buka. Pas semester dua tiba-tiba ada temen yang ngeobrak pintu dan akhirnya kebuka. Asik emang kalo ada pintu penghubung kayak gini. Andai aja ada pintu penghubung kamar aku dengan kamar mantan *eh

    Gila, sampe-sampe guru lewat dari pintu belakang, pastinya anak-anaknya pada kaget banget tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha pintu penghugung kamar manta. kalau gue mah maunya pintu penghubung ke hati cewe yang gue suka, biar terasa lebih deket :D

      iya kagetnya kaya liat penampakan :D

      Hapus
  3. Pintu perhubung. Jadi inget di SD dulu, gue juga punya tu. Tepatnya, sekolah gue yang punya. :D

    Dulu, sering banget di Pintu perhubung jahilin temen lain dan pura2 bego gak ngelakuin.

    Meskipun bakalan jadi ajang buat kabur. Tapi kalo guru udah pada tau, ya mau gimana lagi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau SD pintu penghubung udah bisa dibuka kayanya,kelas bakalan gak kondusif sampe kaya pasar beneran :D

      Hapus
  4. asem jadi kangen masa-masa sma gue... tapi itu gurunya masih baik ya gak galak-galak amat... kalau di sekolah gue mah udah di strap :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya untungnya guru gue tau keinginan para siswa-siswanya :D

      Hapus
  5. Kenapa ngga ditutup aja sih pintunya? Apa sengaja dibuka sama siswa-siswanya ya? :D

    BalasHapus