Dalam relantionship kita mengalami 4 siklus yaitu : PDKT,ngegebet,pacaran dan move on. Setelah kita melewati fase pacaran entah ngegebet kita akan melewati fase move on, terkadang ini sulit untuk dilakukan. Tapi sulit itu bukan berarti kita gak bisa move on atau gak berhasil move on, ya pada dasarnya untuk melewati fase ini itu berawal dari niat si pelakunya serta usahanya.

Niat ada, tapi terkadang usahanya masih menjadi hambatan bahkan sampe salah melakukannya, yang ujung-ujungnya kita teringat lagi pada mantan dan sulit lagi untuk melakukan move on. Seperti contohnya ketika awal-awal beranjak move on terkadang didahului dengan persepsi ini,

“Mantan ? apaan tuh mantan,sejenis setan ya ? yang kerjanya manas-manasin terus”

Perlu kita sadari ketika kita sudah tidak lagi bersama, kita dimata dia sama-sama dianggap sebagai mantan, kalau lo menganggap mantan adalah setan, berarti lo juga setan. Atau ada juga yang bilang seperti ini

“Mantan, sana deh mending ke laut aja.”

Kalau semua mantan disuruh ke laut, berarti kita bakalan ketemu lagi dong, kan kita juga mantannya, dan ujung-ujungnya kita gak bisa move on lagi. Dan yang perlu digaris bawahi mantan itu jangan dianggap sebagai musuh yang kita benci, kalau lo terus-terusan membenci mantan, dan lo akan terus-terusan mengingat dia entah sampai kapan. Walau bagaimanapun juga mantan adalah seseorang yang pernah mewarnai dan mengisi hari-hari kita.

Memang gak ada salahnya kita masih teringat tentang mantan, tapi alangkah baiknya kita bisa bangkit dari keterpurukan dan melupakan masa lalu, serta mencari yang baru. Dan biarlah yang berlalu itu menjadi kenangan dan pembelajaran, dan kini kita harus siap membuka lembaran baru.

Dan oleh karena itu gue akan memberikan tips move on ala Semata Wayang, untuk kalian yang sedang berjuang move on dan siap membuka lembaran baru.

1.       Perbanyaklah ketawa
Ya dengan tertawa kita bisa melupakan rasa sedih, kegalauan, dan sebagainya. Karena tertawa itu membawa kebahagiaan, dan untuk melakukan ini lo bisa tonton acara komedi, serial film lucu, atau bisa saling bercanda dengan teman, tapi bercandanya jangan sampe kelewatan bacok-bacokan ya. Dan gue saranin, lo jangan tertawa sendirian di depan umum ya, tar dikira lo orang gila lagi.

2.       Alihkan pikiran
Untuk yang satu ini lo bisa mengikuti perkembangan dan mengkritisi  fenomena-fenomana yang terjadi di masyarakat,  jangan yang lo ikutin cuma perkembangan mantan dan mengkritisinya terus, dengan stalkingin akun media sosialnya. Dan walaupun fenomena yang terjadi di masyarakat sekarang tentang begal, tapi lo jangan sampe ikut-ikutan jadi tukang begal motor ya. Kalau tukang begal hati mah gak papa, gue rela kok hatinya dibegal sama lo. (khusus yang cewe loh)

3.       Jangan terlalu banyak menyendiri
Nah untuk yang satu ini sudah jelas, jangan terlalu lama menyendiri dan terus meratapi dengan semua yang telah terjadi. Menyendiri itu gak enak apalagi jadi jomblo, oke kita gak akan bahas tentang jomblo dulu, tetap fokus ke UN eh move on ding, kenapa setelah mendengar kata jomblo gue jadi gak focus gini.

Oke kembali lagi ke topik, ya perbanyaklah berkumpul bersama teman-teman dan melakukan aktivitas yang menyenangkan, kaya main petasan atau kembang api, asalkan jangan tawuran aja.

4.       Mandinya jangan terlalu lama.
Kayanya untuk tips yang satu ini gak penting sama sekali nih, ya keliatannya memang gak penting, tapi lihatlah efeknya yang akan terjadi nanti. Kalau kita terlalu lama berada di kamar mandi, apalagi ada showernya, bisa-bisa malah kebawa suasananya lagi, ya showerkan tempatnya galau . Ditambah lagi kamar mandi adalah tempatnya setan, bisa-bisa kita terus-terusan dipengaruhinya untuk mengingat-ngingat tentang mantan. Tapi ingat mantan bukanlah setan.

5.       Seringlah melakukan Jogging
Ya sering-seringlah melakukan jogging atau berlari, tapi bukan berarti kita malah lari dari kenyataan setelah ditinggal mantan, apalagi lari-lari dipikiran mantan.

Kenapa harus lari, karena lari itu bisa mendongkrak gairah atau semangat, ini cocok sekali bagi yang beranjak move on  agar bisa mendapatkan semangat untuk bangkit dan bisa menjalani hari-hari seperti biasanya lagi.  Dan satu lagi ketika kita jogging, barang kali aja kita ketemu jodoh baru kita di jalan. Kan lumayan dari pada lu manyun terus mikirin mantan.

6.       Kunjungilah tempat yang belum kita kunjungi
Ya tempat yang baru pasti bisa membawa kita untuk melupakan kesedihan, kesepian, kegalauan dan sebagainya dengan pesona keindahan tempat tersebut. Dan dari situ kita bisa menemukan lagi gairah hidup kita serta dunia baru kita.

Bukan berarti tempat yang belum lo kunjungin, terus malah lo datang ke kuburan ya, apalagi malam-malam. Yang ada bukannya ketemu pasangan baru malah ketemunya pocong sama kuntilanak lagi mojok pacaran.

7.       Mulailah membuka hati untuk seseorang
Tips yang satu ini jika lo lakukan berarti tandanya lo udah hampir 80% sukses move on. Karena dengan hadirnya seseorang yang baru, pasti akan membawa lo untuk lebih berani membuka lembaran baru.

Dan itulah tips-tips dari gue semoga bermanfaat. Setelah lo melewati fase pacaran yang terus akhirnya putus, atau ngegebet yang ujung-ujungnya diPHPin, digantung, atau hilang entah kemana, semoga lo bisa secepatnya bangkit dari fese ini dan menemukan yang baru.

Move on itu sama halnya dengan kita berusaha bangkit dari tidur nyenyak kita, disaat bangun terkadang kita sulit untuk bangkit dari tempat tidur, dan masih teringat-ingat dengan mimpi indah semalam. Tapi sadarlah waktu itu terus berjalan ke depan, dan tak selamanya kita terus-terusan tertidur.

“Hidup itu berpacu dengan waktu, jangan sampai hidup mu habis oleh waktu yang terus terbelenggu”


(Teruntung orang yang sedang berjuang Move on)

11 komentar:

  1. persibuk aktivitas sih kalau intinya.
    tapi, sejauh perjalanan gue nyoba move on,
    mencoba membuka hati untuk yang baru itu emang lebih efektif. kebanyakan orang belum move on karena merasa sudah terlalu nyaman dengan yang lama. gitu deh..

    BalasHapus
  2. Sibukin diri aja. Banyakin ikut organisasi atau ikut komunitas-komunitas. Buat memperbanyak hubungan pertemanan. Siapa yang tau someone-nya ada di sana. :)
    Hitung-hitung sekalian memperbaiki diri, mengembangkan diri. Jangan cepet-cepet punya pacar lagi juga aja. Hahaha. Nikmati saja masa-masa transisi itu. Move-on. Masa transisi dari jomblo ke taken. #ApalahIni -__-

    BalasHapus
  3. Pada dasarnya yang menentukan kita mau move on atau nggak ya kita sendiri. Mau kita baca jutaan tips, tapi hati dan pikiran kita menolak move on, ya kita gagal move on. Tapi ada juga orang yang nggak baca tips sama sekali, langsung bisa cepet move on karena hati dan pikirannya memerintahkan dirinya untuk segera move on.

    Oh, iya sedikit curcol. Awal mula gue bikin blog dan mulai nulis, itu semua adalah salah satu usaha gue buat move on. Gue mencoba untuk mencari satu kegiatan pengalihan yang menyenangkan. Dan itu berhasil !! :D

    BalasHapus
  4. Kalau pengen cepet mah, sibukin diri aja, jadi kagak bakal ingat dah sama mantan, ya walau kalau tetiba lagi sendiri, masih ada kemungkinan ingat mantan ._.

    Tapi, ada satu tips lagi dari gue biar cepet move on, jangan jauhi dia, tapi dekati dia. Jadi, habis putus, ya komunikasi biasa aja sama mantan, komunikasi kayak temen biasa. Lama kelamaan sih lu bakal lupa dia mantan lu, atau kalau masih ingat, rasa cinta lu yang kekikis, yakin deh, kalau dijauhin lu bakal makin susah. Hadapin aja :P

    BalasHapus
  5. Belum pernah punya mantan jadi belum pernah ngerasain move on [-( Tapi kebanyakan sih bilang kalo sedang tahap move on itu lebih baik perbanyakin kegiatan nanti bakal lupa deh sama si mantan

    Terus kalo perlu jangan sampe menyendiri, kalau menyendiri terus ngelamun bisa-bisa ngelamun mantan jadinya nangis dibawah shower deh

    Siapapun itu buat yang sejarabg lagi galau semoga cepet move on ya =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh typo maksudnya Siapapun itu buat yang sekarang lagi galau semoga cepet move on ya =))

      Hapus
  6. keren tipsnya, perbanyaklah ketawa, nanti dikira orang gila, hehe.. Mantan itu apa? Itu cairan putih hasil dari parutan kelapa. Mandi memang tidak boleh terlalu lama, soalnya banyak yang ngantri. Membuka hati? Bukalah hati, jangan kau nodai, bukalah hati, jendela hidup ini

    BalasHapus
  7. Barusan baca tentang kenapa kita belum juga bisa move on, sekarang ada tips untuk move on. Lagi musim move on sepertinya :D

    Gue setuju sama semua tipsnya. Untungnya kamar mandi gue gak ada showernya, jadi kalo galau gue minjam kamar mandi tetangga yang ada showernya. Tapi, keknya gak mutlak banget kita harus ngelupain mantan. Gue punya teman sebut saja Tomat yang mantannya jadian sama teman gue juga sebut saja Kubis. Tapi Tomat dan mantannya masih baik aja, sementara mantannya juga baik - baik aja sama kubis.

    Cara orang untuk move on memang beda, tapi perlu dicoba tips ini.

    BalasHapus
  8. kalo berusaha moveon tapi gak pernah punya pacar gimana mas? ato move on dari pacarnya orang. ato moveon dari pak RT. ah sulit spertinya

    BalasHapus
  9. mandi nya jangan terlalu lama. hahaha bisaan aja nih, tau aja dah. tapi emang kamar mandi itu tempat yg pas buat ngegalau yak rasa nya, abis nya kan muncul kata kalau galau bershowerlah hahaha.

    anyway tips nya mayan bikin ketawa juga coy =))

    semoga semua orang cepet move on termasuk yg ngasih tips ini nih :-)

    BalasHapus
  10. haha sama seperti gue dulu bro, ketika awal-awal putus gue selalu bertekad pengen move on dan selalu bilang kalo mantan gue itu nggak ada bedanya sama barang bekas. tapi semakin lama gue membencinya, ternyata semakin lama juga gue keinget terus sama dia. yaa begitulah, move on memang tidak segampang membalikkan telapak tangan.

    tips-tips lo ini mungkin bisa sedikit membantu untuk mereka yang sedang move on. poin yang jangan terlalu menyendiri itu lah yang dulu gue lakuin. setelah gue putus, gue langsung sering kumpul bareng temen. entah gimana caranya gue alihkan pikiran gue agar tidak kepikiran lagi sama mantan.

    kunjungi tempat yang baru mungkin juga penting untuk menghilangkan kenangan-kenangan bersamanya. dan yang paling penting harus membuka hati yang baru sih. karena seberapa pun kita berusaha untuk move on, kalo hati kita masih tertutup terus untuk yang baru, yaa percuma

    BalasHapus