Ketika kita memasuki masa remaja sebenernya kita melewati masa yang paling sulit, karena di masa ini kita akan menghadapi problematika tentang asmara, dimana di fase ini kita akan melewati tahapan siklus sebagai berikut : Pedekate, ngegebet, pacaran, dan move on.

Ya sebagai remaja kita dimasa ini mengenal apa itu cinta ? lalu mengejarnya sampai tergila-gila. Di tiga tahapan awal kita bisa melewatinya dan beranjak ke fase berikutnya dengan mudah, tapi ketika kita sudah melewati ke tiga tahapan itu, atau baru aja kita berada di fase ke dua yaitu ngegebet, lalu tiba-tiba loncat ke fase berikutnya yaitu move on. Barulah kita di fase ini mengalami problematika dalam hidup kita yang sangat sulit untuk dilewati.

Ya move on itu bangkit dari keterpurukan, melupakan masa lalu dan mencari yang baru. Ketika kita sedang mengalami masalah tentang asmara, kita sering mendengar nasehat dari temen-teman kita seperti ini,

“Ayolah move on, ngapain mikirin dia terus. Cari aja yang baru, masih banyak kok yang lain.”

Ya move on itu selalu identik dengan asmara, tapi sebenernya move on bukan hanya problematika asmara aja. Move on ini ada dimana-mana, tidak memandang konteksnya apa, dan bisa terjadi kapan saja, maka waspadalah waspadalah !

Ya move on ini terjadi di berbagai bidang kehidupan lainnya, seperti pada saat pertandingan sepak bola, ketika komentator tersebut mengomentari jalannya pertandingan sepak bola.

Host “oke Bung pertandingan berakhir dengan skor 1-0, dan akhirnya Tim Z menang tipis dari lawannya Tim X. Bagaimana pendapat anda tentang jalannya pertandingan tadi ?”

Komentator “ya nampaknya Tim X sejauh ini belum bisa move on dari 2 pertandingan buruk sebelumnya yang gagal meraih kemenangan, 1 pertandingan ditahan imbang 0-0 ketika menghadapi Tim Y, lalu satu pertandingan lagi kalah di kandang sendiri dengan skor tipis 1-2 ketika menjamu Tim W.  Ditambah lagi di tim ini kehilangan sesosok gelandang serang Gogon, yang sampai sekarang belum bisa bermain karena cedera, dan karena kehilangan sesosok pemain tersebut membuat tim ini sulit  menemukan penggantinya yang baru, yang cocok dengan gaya permainan Gogon, yang agresif dan dapet membantu lini depan untuk mencetak gol.”

Ada juga move on dari lingkungan setempat, seperti ketika kita beranjak dari SMP ke SMA. Dimana ketika masa SMP kita sudah menemukan teman yang bener-bener asik, clop, dan akrab banget, tapi ketika kita melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, kita sudah tidak satu sekolah lagi dan bahkan jarangan banget ketemu, yang membuat kita kekurangan gairah ketika menjalani aktivitas di setiap harinya.

Yang dulu biasanya kalau dihukum di lapangan upacara bareng-bareng satu genk, sekarang dihukum gak ada yang nemenin, terus biasanya kalau ijin ke belakang bareng-bareng buat kencing atau boker berjamaah, sekarang ijin ke belakang sendirian. Sepulang sekolah biasanya selalu nongkrong bareng di warung atau basecamp, sekarang nongkrongnya sendirian di WC (ngelanjutin boker yang tadi belum selesai).

Untuk move on yang satu ini cepat atau lambat, kita pasti bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan mendapatkan teman yang baru.

Dan ada juga move on ketika gagal lulus masuk PTN. Iya ini yang gue alamin sendiri ketika mengikuti jalur SNMPTN, SBMPTN, dan UM lainnya. Udah 9 jalur gue ikutin kesana-kemari buat tes, dan belajar mati-matian (tapi gak sampe mati beneran juga sih), dan hasilnya gak ada satu pun yang mau menerima gue. (keliatan deh bego bangetnya gue).

Selama 3 hari kayanya tubuh gue gak ada jiwanya. Makan enak rasanya tetep aja kaya makan sayur tanpa garam, tidur gak nyenyak, boker gak keluar-keluar, sampe pacaran juga rasanya tetep aja kaya jomblo. (eh tar dulu, emang gue punya pacar ya ?). Dan menurut gue ditolak PTN sampe 9 kali itu sama aja kaya ditolak  gebetan yang ke 100 kalinya. Sakitnya tuh disini nih (nunjuk  kepala sampe turun ke hati.)

Tapi mungkin move on yang paling ngetren adalah move dari gebetan atau pacar, ya semua orang dari semua kalangan ketika mengalami asmara, dan tanpa disangka tiba-tiba hubungan asmaranya berakhir, pasti akan melawati masa-masa move on.

Menurut gue move on dari gebetan itu lebih sulit dibanding dari pacar, kenapa ? karena putus sama pacar itu masalahnya udah jelas, biasanya hati kita udah tidak sejalan lagi, yang satu maunya begini yang satu maunya begitu, dan terkadang masalah yang kecil aja bisa dibesar-besarkan. Yang menyabkan hubungan kita retak dan berhenti ditengah jalan.

Tapi kalau move on dari kehilangan gebetan itu lebih sulitnya karena, kita udah deket-deketnya udah memulai menyatu, tiba-tiba gak ada hujan gak ada badai, dia pergi meninggalkan kita begitu aja tanpa ada masalah dan alasan yang jelas. Dan itu menurut gue titik permasalahnya, ada apakah gerangan ?

Memang masa move on dalam hubungan asmara ini sangat berat, dan wajar aja ketika ada seseorang yang baru putus cinta atau gagal mendapatkan cintanya, orang tersebut keliatan galau, merasa kehilangan, dan masih mengenang dan membayangkan masa-masa indah bersamanya.

Tapi berat itu bukan berarti kita sulit dan gak bisa move on, dan terus-terusan berada di kegelapan. Dan bagi yang belum bisa move on, gue punya tipsnya disini. (khusus buat orang yang sedang berjuang move on)

Move on itu bisa dikatakan sulit, bisa juga dikatakan tidak. Tergantung dari diri kitanya sendiri. Ketika kita yakin dan percaya semua yang telah terjadi pada kita ini bukan suatu kegagalan atau kesialan bagi kita, tapi ini adalah jalan terbaik bagi kita untuk ke depannya, dan kita yakin juga suatu saat nanti kita bakalan mendapatkan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Dan Insya Allah semua itu bisa dilalui dengan lancar dan dimudahkan untuk kedepannya.



"Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy".

26 komentar:

  1. Move on ngga gampang.. Butuh niat dan jugak praktek.. :' Dulu pernah ngga bisa move on karena ngga berhasil masuk SMA negeri, tapi akhirnya bisa setelah dapet temen-temen yang seru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang semuanya butuh proses,tapi lama kelamaan juga kita akan menikmati prosesnya. :D

      Hapus
  2. Move on itu, seperti apa, ya. Gue gak terlalu ngerti. Masih kecil :D

    Perjalanan move on, emang harus diniati dengan faktor yang kuat banget. Jangan setengah2. Kalo kek gitu, udah, deh. Kalah dan gagal Move on. _--

    BalasHapus
    Balasan
    1. move on itu kentang goreng bumbu balado pangeran (eh itu mah mustofa ya) :D

      Hapus
  3. w ga bisa move on karen dosen w sering phpin soal skripsi
    haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dosen emang kaya gitu (kamu jahat) :D
      semangat ya skripsinya

      Hapus
  4. Move on, move on banyak yang bikin artikel ginian ternyata mau diikutin artikel terbaik, pingin bikin tapi gak pernahpacaran gimana dong..

    Eh yg tes masuk ptn beneran sampai 9 kali gagal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. move on itu bukan hanya tentang asmara aja kok, semua promblematika di dunia ini pasti akan berkaitan dengan move on :D

      iya. di situ saya merasa sedih ;(

      Hapus
  5. Aku udah berhasil move on dari sang mantan *joget joget
    Kecepatan move on seseorang itu berbeda-beda, dan cara buat move on seseorang itu berbeda-beda. Ada yang move on nyari temen sebanyak-banyaknya, ada yang move on nyari temen banyak malah tambah galau gara-gara iri temen-temennya ini udah punya pacar semua.

    Move on itu bukan perkara yang mudah bagiku, apalagi yang sama gebetan itu, agak bener emang. Kita udah deket banget dan ngarep banget, eh tiba-tiba dia ngilang atau nggak kita ditolak, itu nyesek banget. Tapi sepertinya yang salah kitanya, kitanya terlalu pede :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nyesek ketika berharap lebih sama gebetan,tau-tau ujungnya di PHPin atau ditinggal begitu aja. :D

      Hapus
  6. Sesulit-sulitnya move on, mau gak mau kita harus ngejalanin yaa. Iya kan?? :)

    Move on paling berat adalah move on sama temen. Itu berat broo. Apalagi temen yang udah deket banget. Udah kayak sodara lahh. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget, go ahead.

      walaupun begitu, kita udah berpisah dengan sahabat,dia tetap selalu ada di hati. dan akan selalu menjadi sahabat sejati.

      Hapus
  7. Move on, move on, move on. Yaaah, gitu deh namanya hidup. Semuanya emang harus move on dalam hal apapun. Move on dari kandugan kemudian jadi bayi, kemudian jadi remaja, dan fase-fase selanjutnya. Sebenernya emang kehidupan manusia ini akan selalu move on. Nggak tahu juga kalau pelakunya cuma mau stuck dan nggak bergerak untuk kebaikannya sendiri. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hidup ini kita akan terus-terusan move on,terus bertahap melangkah kedepan dan meninggalkan kenangan yang dibelakang, sampai pada akhirnya kita.

      Hapus
  8. ya move on memang bukan melulu tentang asmara.Kalau ada niat yang kuat pasti move on akan mudah dilakukan :)

    BalasHapus
  9. hmmm, ngomongin move on nih. emang dalam kehidupan ini kita nggak akan bisa menghindari fase yang namanya move on. dan move on itu memang bukan dalam urusan asmara doang.

    move on dari kebiasaan bareng temen kayaknya lumayan sulit juga deh. soalnya ketika kita berpindah dari SMA ke perguruan tinggi, misalnya. kita pasti akan bertemu teman baru dan harus nyesuaiin diri lagi. dan semua kebiasaan pasti akan terasa beda. tapi lama-lama pasti juga akan terbiasa.

    nah, gue setuju sama lo! move on dari gebetan emang lebih sulit daripada dari pacar. kalo move on dari pacar sih ada alasannya memang, tapi kalo move on dari gebetan yang ninggalin tiba-tiba itu emang sakit banget. ada mantan pacar, tapi masa ada mantan gebetan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya move on dari temen-temen terdekat juga butuh proses yang panjang sama halnya kaya dari gebetan :D

      paling nyesek ketika dibilang mantan gebetan,jadian aja belum udah dibilang mantan :D

      Hapus
  10. iye bener coy, yang paling tren dari segala move on di atas cuma move on dari asmara haha :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah udah berapa kali nih ngalamin move on tentang asmara ? hehehe

      Hapus
    2. segini 193856277418479356 hahahaha

      Hapus
    3. Buset banyak amat,kayanya semua cewe yang ada didunia ini udah lo cobain semua ya ? :D

      Hapus
  11. bro ,itu fasenya habis pacaran langsung move on ya?
    kan belum putus, ngapain lah move on kl masih pacaran :p

    namanya juga move on, tetep harus bergerak kan. ada kata move nya soalnya :D
    jadi ya jangan stuck di situ2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau putus itu udah sepaket sama pacaran, kan resikonya pacaran pasti ujung-ujungnya akan putus juga,kalau memang gak jodoh :D

      Hapus
  12. wah kapan yah gue bisa move on dari mantan *mojokditembok*

    kayanya perlu bantuan dari pak presden nih, semoga dia bisa ngasih kartu move on :-d

    BalasHapus