Malam minggu adalah malam-malam yang ditunggu, apalagi yang udah pacaran, malam minggu adalah malam-malam yang indah bagi mereka, tapi tidak bagi para jomblo menurut mereka malam minggu adalah malam yang paling menyeramkan dari malam jum'at kliwon, karena di malam minggu ini banyak orang yang bergentayangan untuk pacaran, dan itu menyakitkan bagi para jomblo. Malam minggu ini pertama kalinya gue keluar rumah, tapi bukan untuk pacaran melainkan menjadi panitia di acara TTCT Susulan.

Setelah 2 minggu selesai TTCT, bagi yang kemarin tidak mengikutinya dan belum dilantik wajib mengikuti kegiatan TTCT susulan. Di TTCT susulan ini gue terpilih jadi salah satu panitianya, ya karena gue sudah terdaftar jadi calon anggota pramuka, kebetulan juga waktu itu Pradananya (ketua pramuka) adalah kakak kelas gue ketika SMP yang pernah juga jadi senior gue waktu aktif di pramuka dulu. Dan karena dia kenal dekat dengan gue, gue diajak untuk menjadi panitia TTCT susulan. Gue pun merasa senang (lompat-lompat kegirangan) karena bisa ngerasain juga jadi panitia lalu pesertanya adalah temen angkatan sendiri (wajah kejam balas dendam).

Yang terpilih jadi panitia susulan dari kelas X bukan gue sendiri, ada Eki teman gue waktu SMP sekaligus temen gue waktu aktif di pramuka dulu, dia diajak jadi panitia alasanya pun sama dengan gue, karena dia udah kenal dekat dengan kak Budi senior kita waktu pramuka di SMP, dan ada juga Fiki teman gue waktu SMP mantan anak genk coro, Evan anak kelas X 3, Janu anak kelas X 1, Yara anak kelas X 1, Uci anak kelas X 7, Wiwi anak kelas 8, Ayu anak kelas X 6, dan Tika anak kelas X-2, ya meraka semua yang menjadi panitia TTCT susulan sudah terdaftar menjadi anggota pramuka sebelum TTCT diadakan.

Kebetulan dari kelas gue ada 2 temen gue yang waktu itu gak ikut TTCT karena sakit yaitu Rahma dan Herman, karena mereka temen kelas gue, gue kasih sidikit bocoran tentang gambaran TTCT susulan nanti. Di TTCT ini karena  kita masih kelas X dan belum tau tentang sistem dan mekanisme TTCT, gue dan anak-anak cowo manjadi seksi perlengkapan yang menyiapkan segala peralatan yang dibutuhin untuk acara nanti, dan yang cewe-cewe jadi seksi konsumsi yang menyiapkan makanan bagi panitia dan peserta.

Karena TTCT susulan ini Cuma 2 hari sabtu dan minggu serta tempatnya di sekolah, kita tidak terlalu ribet untuk menyiapkan segela sesuatunya, H-1 menjelang TTCT anak-anak cowo mulai bertugas mempersiapkan perlengkapan acara, dan karena segala keperluan acara sudah ada semua di sanggar bekas TTCT kemarin kita Cuma ditugaskan untuk membersihkannya dan merapihkanya, kayu bakar dan minyak tanah yang tersisa waktu TTCT kemarin kita manfaatkan lagi, dan setelah semuanya lengkap kita tinggal menunggu besok untuk memulai acaranya.

Keesokan hari setelah pulang sekolah, gue langsung balik ke rumah buat siap-siap acara TTCT susulan, gue balik sekolah itu jam 2 siang sedangkan acara TTCT susulan dimulai setelah sholat ashar sekitar jam 3 lebih. Buat sekali jalan balik ke rumah aja gue membutuhkan waktu 45 menit, udah gitu gue pake angkot lagi belum ngitung ngetem dan kena macetnya, dijamin gue bakalan datang terlambat buat pembukaan acara TTCT susulan.

Dan bener juga perkiraan gue,gue nyampe rumah aja udah hampir jam 3 sore, gue mau langsung berangkat lagi tapi gue kecapean dan ngeliat jam juga kayanya udah gak memungkinkan bagi gue untuk bisa datang tepat waktu, mau secepat apapun berangkat lagi ke sekolah udah pasti gue bakalan terlambat juga.

Dan gue pun malah milih buat tiduran di kasur dulu biar terlambatnya sekalian, sambil tiduran gue play lagu-lagu maroon five (she will be love,won’t go home without you,this love,nothing last fore,DLL) dari laptop gue, saking keasikanya dengerin lagu sambil santai tiduran di kasur gue liat jam udah jam 4 sore aja.

Gue langsung ngibrit lari ke sekolah (ettss...lo kan belum mandi badan lo bau,tar gak ada cewe yang suka sama lo lagi. Oh iya bener juga) gue langsung lari ke mandi (ngelanjutin tiduran sambil dengerin lagu maroon five), setelah gue selesai mandi mau masuk ke kamar, nyokap gue komen

“Mi, tumben jam segini udah mandi aja, mau malam migguan sama sama pacar ya ?”

ini nyokap gue nanya atau ngeledek ya, bikin sedih aja. Gue jawab sambil cepet-cepet make baju,

“malam mingguan, pacar aja belum dapet. Fahmi mau ke sekolah mah, Fahmi jadi panitia TTCT susulan.”

Nyokap gue bilang “owh kirain kamu udah punya pacar, ya udah ati-ati aja.”

Dengan muka yang lesu, gue jawab “iya mah.”

Setelah gue memakai baju dengan rapih, tapi wajah masih belum juga rapih gue langsung cabut dari rumah menuju ke sekolah.

Di jalan gue liat orang-orang pada rapih pake baju bawa motor buat malam mingguan,ada juga yang sambil boncengan dengan pacarnya, sedangkan gue sendiri terlihat aneh memakai baju pramuka lengkap dengan atributnya di malam minggu dan jalan sendirian (semakin terasa jomblonya),

Di angkot gue lihat di pojokan ada dua orang lagi pacaran mesra banget, pegangan tangan, bercanda sambil nyubit-nyubit pipinya, membuat malam mingguan gue samakin miris. Rasanya pengen gue tembak tuh dua orang (yang cowo ditembak mati, yang cewenya gue tembak jadi pacar gue, seneng deh hidup gue hahaha).

Sesampainya di sekolah gue lihat jam yang di lobi udah jam 5 sore, wah bisa dimarahin nih gue terlambat gini, sambil jalan menuju lapangan gue nyari-nyari alasan biar gak dihukum. Alasan gue terlambat mau bilang

“maaf kak,tadi gue ke sini naik elang, pas ditengah jalan elangnya masuk angin, terus minta di kerokin.”

Atau ”di jalan banyak polisi pada tiduran kak, maaf gue terlambat.”

Atau ini “jalanan macet kak, gara-gara ada kapal selam nyasar lewat jalan raya.”

Tapi kayanya semua alasan gue ini gak ada yang masuk akal, dan setelah gue sampe lapangan ketemu kak Budi, gue langsung bilang

“ maaf kak terlambat....”

Belum juga selesai ngomong kak Budi langsung motong aja

 “iya udah tau, udah gak usah pake alasan lagi, acaranya juga baru dimulai.”

Hah.. syukur deh kalau gitu, padahal tadi gue udah pusing-pusing nyari alasannya, ternyata acaranya baru mulai juga. Gue nanya ke kak Budi

“kak pesertanya pada kemana, belum pada datang ya ?”

kak budi langsung jawab “tuh pesertanya Cuma 10 orang, gak tau deh yang lainya pada kemana ditungguin dari tadi gak ada kabar.”

Gue gak nyangka yang ikut acara TTCT susulan ini sedikit banget Cuma 10 orang, padahal dalam daftar kemarin ada 32 orang yang gak ikut acara TTCT, ini mah peserta sama panitia banyakan panitianya. Kak Budi bilang lagi ke gue

“heh... dari pada lo diem aja disini, bantuin Evan aja tuh disanggar nyiapin perlengkapan buat api unggun.”

Disanggar gue liat Evan dan Janu lagi sibuk nyari-nyari kayu bakar sisaan TTCT kemarin

“heh lagi ngapain lo, semua barang diobrak-abrik ?”

Evan jawab “lagi nyari kayu bakar nih, gue cari dari tadi gak ketemu-ketemu.”

Gue bilang “nyari kayu bakar di sini, sampe lebaran monyet juga kaga bakalan ketemu,nyari tuh di hutan banyak tuh.”

Janu nyautin gue “ah lo udah datangnya telat, bukanya bantuin malah komen lagi.”

Dan gue bilang “hahaha... iya ya gue bantuin nyari.  kayu bakar udah gue sama eki pindahin tuh ke belakang masjid.”

Evan sama Janu kesel ke gue “ah semprul lo... kenapa gak bilang kalau lo pindahin kayu bakarnya.”

Evan bilang “gue sama Janu dari tadi udah pusing nyari-nyari kayu bakar di sini, malah lo pindahin ke belakang masjid.”

Dan gue bilang “ya lonya gak nanya ke gue, ya gue gak kasih tau juga lah hehehe.”

Janu bilang “ kampret emang, yuk lah buruan ke masjid ngambil kayu bakar.”

Kita bertiga ngambil kayu bakar di masjid,dan langsung nyiapinya di lapangan, setelah selesai karena udah mau masuk adzan magrib kita siap-siap di masjid buat sholat.

Sehabis sholat magrib, acara selanjutnya yassinan dan dilanjut lagi sholat isya. Ketika gue lagi ikutan yasinan bareng mereka, gue ngedenger suara menyeramkan kaya ada yang manggil-manggil gue

”Fahmi...Fahmi....”

Pas gue lihat disekiling gue semuanya lagi pada sibuk yasinan gak ada yang manggil-manggil gue, gue mulai merinding gue pun langsung ngelanjutin yasinan lagi, tak berapa lama dari belakang ada yang menepung pundak gue, bulu kuduk gue mulai berdiri gue langsung komat-kamit baca ayat kursi, pas gue nengok ke belakang eh gk taunya itu Yara, nyuruh gue,Eki,dan Fiki buat bantuin bawa makanan ke kantin

“heh dari tadi gue manggil-manggil gak nengok-nengok, bantuin gue bawain makanan ke kantin.”

Ini anak bikin gue jantungan aja, untung jantung gue belum keburu copot. Di kantin gue, Eki,dan Fiki ngebantuin anak-anak cewe nyiapin makanan buat panitia dan peserta. Setelah makanan semuanya telah siap diatas meja, gue,Eki dan Fiki ngobrol-ngobrol di kantin sambil duduk. Gue keinget omongan nyokap gue tadi setelah selesai mandi, gue bilang ke mereka berdua

“eh gue udah SMA tapi masih belum juga punya pacar, udah gitu tadi pas di anggot gue liat orang pacaran mesra banget lagi, jadi iri aja.”

Eki bilang ke gue “ya udah tinggal pacaran aja apa susahnya sih.”

Dan gue bilang “nah itu dia, gue kalau deketin cewe terus nembak. Gue trauma sama pengalaman waktu SMP.”

Fiki bilang ke gue “ya udah jangan disesali, nikmati aja hidup ini.”

Eki menyambung omongan Fiki “ya bro, kita berdua juga jomblo,tapi happy-happy aja tuh.”

Dan gue bilang ke mereka “tapi lo kan udah pernah ngerasain pacaran waktu SMP, nah gue belum pernah sama sekali.”

Fiki bilang ke gue “ya udah gini aja, lo sama gue kan udah lama kenal deket, terus kita sama-sama jomblo.”

Gue gak ngerti maksud Fiki apa “maksud lo gimana ?”

Tiba-tiba eki bilang ke gue “jadi gini biar lo kaga merasa kesepian lagi, Fiki ngajak lo jadian hahaha.”

Fiki bilang “nah iya gitu maksud gue hahaha.”

Telinga gue jiji mendengar mereka berdua “Kampret lo... amit-amit ogah banget, walaupun lo emang keliatan ganteng dan gue jomblo, tapi gue masih normal kali.”

Mereka berdua malah ngeledekin curhatan gue.

Ketika api unggun gue duduk bareng kak Angga di depan sanggar sembari ngeliatin peserta nyanyi-nyanyi di depan panitia, ketika gue lagi ngelamunin mikirin nasib cinta gue tiba-tiba kak Angga nanyain ke gue

“heh mi,ngelamun aja mikirin jorok ya ?”

Dan gue bilang “enak aja gak kak.”

Kak angga bilang “lo udah punya pacar belum ?”

Gue kaget ketika kak Angga nanyain begitu ke gue, disaat kita berdua duduk sendirian di depan sanggar, gue pikir  wah jangan-jangan kak Angga mau nembak gue lagi. Owh tidak... tidak... jangan sampe itu terjadi, gue liat derigen minyak tanah disebalah gue, rasanya mau gue guyur tuh minyak tanah terus gue bakar diri. Gue bilang

“belum kak emang kenapa ?”

Kak Angga bilang “mau gak lo pacaran ?”

waduh gawat nih, kak Angga mulai liar. Gue bilang

“mau lah kak, siapa sih yang gak mau punya pacaran.”

Kak Angga bilang “ya udah pacaran gih, lo deketin tuh salah satu peserta cewe, cantik-cantik lagi, liat tuh Resya sama Elise tinggal pilih aja lo mau yang mana.”

Huh selamat deh gue dari korban guy, gue bilang “ah masih belum berani kak. Masih bingung awal-awal deketinnya gimana”

Kak Angga nawarin bantuan ke gue “santai aja, gak bakalan gigin ini, mau gak gue bantuin, tar gue suruh salah satu dari mereka buat gombalin lo, dari pada nyanyi-nyanyi doang gak ada hiburan. Nah tar tinggal lonya sendiri deh terserah ngelanjutinya gimana.”

Dan gue bilang “jangan kak, gue malu gak enakan sama yang lain.”

Kak Angga bilang “ah lo mah malu-malu aja kaya kucing, kalau gak enak baru dikasih kucing.”

Gue pun balik nanya ke kak angga “nah kakak sendiri sih udah punya pacar belum ?”

kak Angga bilang “belum juga.”

Gue bilang “lah kenapa kakak gak deketin aja salah satu dari peserta cewe itu, kan lumayan tuh ada yang cantik.”

Kak Angga bilang “gue mah udah punya inceran sendiri temen satu angkatan juga.”


Selama api unggun gue sama kak Angga ngobrolin tentang cewe. 

Disaat kita terbelenggu dalam kesepian,terkadang malam minggu itu jadi terasa kelabu.
Bersambung...

22 komentar:

  1. iya ada perasaan bangga kalo buat gue misal gue dipilih jadi salah satu panitia sebuah acara hahaha, berasa senior dari temen temen kita :D

    ditunggu lanjutannya, ini yang paling terbaru kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha numpang eksis ya.

      oke sip,makasih ya udah baca ceritanya.

      Hapus
  2. Asik, itu mungkin malam minggu paling bermanfaat yang pernah gua ketahui. Keren! Btw, itu orang yang pacaran ngeselin juga mesra-mesraan gitu. Sabar ya, mblo. Hidup selalu dibikin panas

    BalasHapus
  3. Idih cieee, haha kenapa ga diterima aja tawarannya si Angga?

    Resya ama Elise diliat dari namanya pasti orangnya cantik. Peluang bro peluang :D

    Itu persertanya ilang kmana, setengahnya aja ga ada :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. gila lo dro... wkwkwk walaupun gue jomblo gini juga gue masih normal. hahaha

      cantik sih,kan semua cewe itu cantik hahaha,Tapi kayanya mereka udah pada punya pacar deh.

      mungkin mereka pada malam mingguan kali,takut diputusin kalau sekali absen gk malam mingguan :D

      Hapus
  4. Wah dari dulu gue malah ga suka pramuka hahaha ga tau knapa. Kayaknya mungkin karena perlu bnyak energy buat gerak-gerak gitu. Jadi capek hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya udah deh kita pramukanya nyanyi-nyanyi aja yuk :D

      Hapus
  5. Kenapa dari cerita curhatan malah jadi minta jadian. Kannnnn, sekrang emang gitu. Banyak banget yang tiba2 jomblo kelamaan, jadi pacaran sesama jenis. Oh, tuhan, sadarkan mereka. :D

    Malam minggu jomblo itu, seperti makan, tapi gak pake nasi. Ngerasa kurang terus. Meskipun udah kenyang, kalo gk ada nasi, tetep aja belum lengkap.

    Sabar, ya bro. Jomblo itu emang sering digituin. Karena kepepet cinta, harus macarin sesama. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak-tidak gue bukan seperti itu,walaupun gue suka jeruk,tapi gue bukan jeruk makan jeruk :D

      Hapus

  6. Nyokap : malam mingguan, pacar aja belum dapet.

    Lo : mau ke sekolah mah, Fahmi jadi panitia TTCT susulan.

    Nyokap : owh kirain kamu udah punya pacar, ya udah ati-ati aja.

    Ngakak asli gue bacanya haha, gokil juga nyokap lo ngomongnya hehe, btw ya masa masa begitu lah kadang memang kegiatan lagi banyak2nya.. hmm harus pinter2 juga jaga kesehatannya :D

    BalasHapus
  7. Rasanya baca tulisan ini jadi ikut ngenes deh apalagi yang pas diangkot..

    Tapi itu nyokap kayanya pingin buru2 cari mantu. Yaudah deh ditunggu ya yang part 22, 23 sampai seterusnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha mungkin nyokap gue udah ngidam gendong cucu kali ya. :D

      oke sip siap bro.

      Hapus
  8. Seneng banget dipilih jadi panitia, walaupun capek tapi kegiatanya asik. Nah aku ? jadi peserta aja males, gimana mau jadi panitia ;(

    Kampret, gara-gara kelamaan ngejomblo kalian berniat pacaran sesama jenis. Nyesek bro. Inget stok cewek masih banyak.

    Btw, boleh dong kenalin sama kak Angga =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi penitia itu mengasihkan tapi melelahkan juga, emang jadi pasereta itu malesin lebih enek jadi panitia,cobain deh hahaha

      TIDAK... untungnya gue tolak tawaran mereka,iya bro masih banyak ikan di laut :D

      wah ternyata lo suka jeruk juga :D

      Hapus
  9. wah, angga itu perhatian juga ya sama lo :))
    sebenernya, terkadang punya pacar bukanlah hal yang mengasyikan. soalnya banyak orang2 yang punya pacar tapi ngerasa kayak nggak punya pacar. ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. perhatian cuma hanya sebatas teman doang kok,gk sampe selebihnya.

      ya terkadang banyak juga orang statusnya pacaran,tapi dalam kenyataannya kaya lajang.

      Hapus
  10. Kalo belum dapat jodoh cewek kayaknta lubhatua coba cowok deh. Coba aja dulu kali aja emanf Pas! Hahaha temen lu ufah ngasih kode gitu yaudah embat aja. Lagi zaman pacaran kek gitu. xD

    Jadi panitia emang keren banget, tapi sayang lu gak bisa bales dendam karena pesertanta cuma dikit. Haha ditunggu cerita peserta gombalin lu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak Tidak gue bukan orang yang seperti itu :-b :D

      walaupun gue jadi panitia gue gak ada maksud buat ajang balas dendam kok hehehe

      Hapus
  11. malam minggu sih kalo menurut gue sebagai orang yang single biasa-biasa aja kok. malah gue setiap malam minggu selalu berduaan, iya, berduaan sama laptop haha.

    makanya kalo malam minggu itu sebagai jomblo di rumah aja, kalo keluar dikit pasti banyak pemandangan yang bikin nyesek.

    kayaknya lo langganan banget yaa kalo masalah telat. oh iya, itu kenapa kesempatan emas dari kak Angga nggak lo ambil aja. pede dikit lah sama cewek. coba deketin aja, urusan diterima apa enggak masalah belakangan. yang penting maju duluu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro mendin malam minggu itu di ruamh aja bareng laptop yang selau setia menemani kita dalam kesepian hahaha

      nyali gue waktu itu masih menciut

      Hapus